Sinopsis dan Review Deserter Persuit Drama Korea

10 comments


Sinopsis dan Review Deserter Persuit Drama Korea - Deserter Persuit atau disingkat DP drama, diadaptasi dari serial webtoon DP (Dog Days) karya Kim Bo-tong yang sudah rilis sejak 27 Agustus 2021 silam di saluran Netflix.


d p drama deserter pursuit sinopsis deserter pursuit webtoon deserter pursuit sub indo deserter pursuit pemain
Sinopsis dan Review Deserter Persuit Drama Korea


 

Premis ceritanya mengisahkan An Jun-ho yang harus mengikuti wajib militer negara, di sana ia ditunjuk untuk menjadi DP tim. Misi DP tim ini adalah menangkap mereka yang kabur dari wajib militer, ketika mendapatkan cuti keluar ataupun kabur dengan sengaja.

Deserter Persuit merupakan drama pendek 6 episode, yang dibintangi oleh Jung Hae-in, Koo Gyo-hwan, Kim Sung-kun, dan Son Seok-koo. Kolaborasi yang apik antar aktor, mengingat ini film dengan tema tentara militer yang didominasi pria.

 


Deserter Persuit Sinopsis

 

DP drama singkatan dari deserter pursuit, adalah tentara wajib militer yang ditunjuk untuk menangkap desertir, yakni tentara militer yang kabur dan tidak kembali ke kamp melaksanakan tugas.

 

An Jun-ho salah seorang tentara junior yang pendiam dan tenang. Ia dipilih oleh Sersan Park Beom-gu untuk menjadi DP tim, karena kegigihan dan kemampuannya mengamati. Jun-ho tidak sendirian, ia ditemani oleh Kopral Han Ho-yeol yang akan memberikan ia pengetahuan banyak tentang investigasi meski kadang sering menggodanya.

 

 

Deserter Persuit  Pemain

 

 

  • Jung Hae-in Sebagai Tamtama An Jun-ho tokoh utama tentara DP
  • Koo Gyo-hwan sebagai Kopral Han Ho-yeol Partner tentara DP dan Sersan Jun Ho
  • Son Seok-soo sebagai Letanan Satu Im Ji-sup
  • Kim Sung-kyun sebagai Park Beom-gu, atasan An Jun-ho sebagai DP
  • Park Se-jun sebgai Heo Gi-yeong, pegawai kantor bersama Park Beom-gu
  • Ko Gyung-pyo sebagai Park Sung-woo, tentara DP di eps 1 dan sebagai cameo
  • Bae Yoo-ram sebagai Kim Gyu, tentara DP dari pusat di eps 3&5
  • Han Woo-yul sebagai Tae Sung-gon tentara DP dari pusat di eps 3&5

 

 

Detail Deserter Persuit Sub Indo

 

Judul : Deserter Persuit

Bahasa : Korea

Negara : Korea Selatan

Rilis : 27 Agustus 2021

Jumlah Episode : 6 Eps

Director : Han Jun-hee

Writer : Kim Bo-tong (Webcomic&screenplay), Han Jun-hee

 

 

Review Nonton DP Drama Korea


d p drama deserter pursuit sinopsis deserter pursuit webtoon deserter pursuit sub indo deserter pursuit pemain
deserter pursuit sub indo



DP, Deserter Persuit merupakan drama Korea yang menceritakan unit Angkatan Darat yang mempunyai misi melacak para tentara yang kabur dari kewajibannya. Namun serial ini fokusnya kepada karakter tokoh An Jun-ho. Tentara wajib militer baru, yang memiliki kejelian, kegigihan, dan pendiam.

 

DP tim beranggotakan dua orang, karena yang satu masuk rumah sakit, jadilah An Jun-ho menemani seniornya dalam bertugas. Tetapi itu tidak mudah baginya, mengingat ia pun punya konflik batin tersendiri dalam hidupnya akan masa kecilnya yang tidak baik-baik saja.

 

Opening cerita dibuka oleh An Jun-ho yang menjadi pengantar makanan, di sebuah restoran. Ketika ia mengantar makanan, ia juga mengembalikan uang receh yang tersisa satu koin kepada anak pemesan. Tapi apa yang terjadi? Si Ibu pemesan berkata, sekalipun itu uang receh kamu tetap harus mengembalikan. Jun-ho membela diri dong, kalau dia sudah mengembalikan ke si anak. Eh ... malah dituduh ia penipu dan restoran tersebut di komplain karena kurir makanannya orang tidak bertanggung jawab.

 

An Jun-ho dimarahi habis-habisan, dan ia dipecat. Tapi sebelumnya dia memilih mengundurkan diri, dan meminta gaji beberapa bulannya yang belum dibayar juga. Parah banget sih ini pemilik restorannya, mempekerjakan pegawai tapi nunggakin pembayaran. Jadilah pas keluar dari restoran, Jun-ho membawa serta motor yang digunakan untuk pengantaran sebagai jaminan yang akhirnya dijual untuk bekal berangkat wajib militer.

 

Pinter banget nih writernimnya kalau bikin karakter, belum-belum saya sudah disuguhi empati kepada karakter Jun-ho yang memang pendiam dan penurut. Hal yang paling mengharukan lagi, dia menelepon adiknya untuk menjaga ibunya selama ia wajib militer selama dua tahun. Di tempat berkumpulknya orang-orang yang akan mengikuti wamil inilah, saya kembali disuguhi rasa sedih dan haru. Di mana yang lain diantar oleh orang tua mereka, Jun-ho tidak ada siapapun yang mengantar. Ia menyaksikan betapa bahagianya keluarga yang mengantarkan, sementara dirinya berbeda.

 

Hidup An Jun-ho mulai berubah setelah masuk ke kamp wajib militer. Setiap hari harus mengeluarkan tenaga untuk latihan, setiap hari tidak lepas dari ketegangan karena perintah senior yang lebih dahulu masuk. Jadi di kamarnya ini, ia sering dikerjai oleh senior yang masuk dan teman-teman lainnya. Adegan yang paling bikin miris ya kalau salah ia harus menempatkan diri berdiri di pojok tembok, di mana di belakangnya sudah ada paku yang siap menghantam kepala. Merinding jadinya. Ada yang terkena, ada yang menghindari seperti An Jun-ho ini, ia berusaha untuk kuat menahan.

 

For Your Information, wajib militer (wamil) di negara Korea Selatan ini diwajibkan khusus untuk laki-laki dengan rentang usia 18-28 tahun. Tujuan diadakannya program wamil ini, sebagai bentuk antisipasi dari serangan Korea Utara, meskipun kedua negara ini sudah mengakhiri perang tetap saja ada bebrapa konflik berskala kecil, sekaligus sebagai bentuk pertahanan negara.

 

Nah gara-gara nonton drama Korea Deserter Persuit, saya jadi memahami seperti apa wajib militer di sana itu. Kebanyakan yang diceritakan di DP drama ini, mereka yang kabur memiliki alasan tersendiri. Ada yang karena sudah tidak tahan digojlok terus dengan kekerasan atasan, meskipun itu bentuknya mengajari ketahanan badan tapi memang kenyataannya nggak manusiawi. Makanya mereka memilih kabur, daripada bonyok jiwa raga. Tetapi ada juga yang kabur karena alasan keluarganya, seperti salah satu diepisodenya, neneknya demensia dan rumahnya harus kena gusur.

 

Di episode awal pertama kali Jun-ho menjadi DP yang dipasangkan dengan Park Sung-woo, justru berakhir dia masuk sel wajib militer karena memukuli habis-habisan seniornya ini. Mengapa An Jun-ho berlaku demikian? Ya karena ditugaskan untuk segera menangkap Shin Woo-suk, eh malah mampir di karaoke mabuk-mabukan dan ngumpul dengan teman-temannya. Alhasil Shin Woo-suk bunuh diri duluan di motel tempat dia menginap, karena tidak tahan dijotosin di kamp sana. Ia merasa hidupnya sudah hancur berantakan.

 

Akhirnya Park Seung-woo yang babak belur dipecat dari DP dan dikeluarkan karena tidak mematuhi aturan bahkan membiarkan desertir terbunuh. An Jun-ho sendiri dikeluarkan dari sel dan kembali bertugas menjadi DP tim. Kali ini dia dipasangkan dengan Han Ho-yeol, ini tokoh yang gokil. Jadi semenjak datangnya Han Ho-yeol, yang pernah masuk rumah sakit ini dan kembali menjalankan tugas menjadi DP hidup Jun-ho kembali lebih berwarna. Ia mendapatkan banyak ilmu dan wawasan, bagaimana harus melakukan penangkapan kepada tentara yang kabur.

 

Ada lagi nih sosok Jeong Hyeon-min, yang diperankan oleh Lee Jun-young yang main di drama Korea Imitation, dia kabur karena tidak betah di kamp. Di rumah justru ia main games, dan sering membentak ayahnya. Dia juga menghabiskan banyak uang dari kekasihnya. Untuk menangkapnya An Jun-ho butuh waktu lama  nih.

 

Sepanjang 6 episode inilah, isiannya tuh aktor yang sudah mealang melintang di dunia hiburan Korea Selatan, jadi nggak bosan. Yang biasanya jadi tokoh utama, di sini dia karakternya jadi jahat. Lucu dan bikin sebel kadang, tapi salut banget dengan kemampuan akting-aktingnya. Seru! Enam episode DP drama saya merasa masih kurang.



Hikmah Nonton Deserter Persuit Korean Drama


 

d p drama deserter pursuit sinopsis deserter pursuit webtoon deserter pursuit sub indo deserter pursuit pemain
d p drama


 

  • Masa kecil, masa lalu memang akan terbawa dalam masa sekarang, tetapi berusahalah mengambil hikmah positif dengan takdir tersebut. Seperti yang dilakukan An Jun-ho, kenangan masa kecil ayahnya yang suka judi, mabuk, dan melakukan kekerasan di dalam rumah tangga membuat An Jun-ho dewasa merasakan konflik batin dalam dirinya.
  • Kasih sayang seorang ibu itu tulus tanpa mengharap balas, tetapi sebagai anak mumpung masih bisa bertemu, sayangilah ibumu. Kopral Han Ho-yeol mengajarkan kepada An Jun-ho berlaku baik terhadap orangtua. Meski Jun-ho sebal kepada ibunya karena masih memertahankan sang ayah yang berlaku kasar.
  • Tidak ada salahnya melawan apa yang dilakukan oleh orang lain, beberapa tentara wamil yang kabur ini karena tidak tahan oleh kekerasan yang dilakukan seniornya. Dengan kabur ia mengharapkan perubahan, dan pengorbanan adalah salah satu yang harus dilakukan.
  • Siapa yang berbuat buruk, ia akan menuai hasilnya. Seperti yang dilakukan  senior di kamar An Jun-ho, hidupnya tidak berakhir membahagiakan karena sering melakukan kejahatan kepada juniornya
  • Pembalasan dendam tidak baik, karena hanya akan mencelakakan dirimu. Tapi jika tidak melakukan balas dendam, orang yang berbuat sewenang-wenang tidak pernah jera. Serba dilema, menyerahkan semuanya kepada hukum adalah pilihan tepatnya
  • Bekerjasama dengan baik akan membuahkan hasil yang baik pula, seperti DP tim antara Jun-ho dan Han Ho-yeol
  • Hidup sudah berat, maka jangan dibuat beban. Nikmatilah sesekali, dengan melakukan hal yang santai. Suka banget sama karakter Ho-yeol yang santai, tapi tertarget

 

Masih banyak hikmah yang lain ketika menonton Deserter Persuit Drama Korea, seru, menengangkan, banyak inspiratifnya, dan mengajarkan hidup agar menjadi lebih baik serta menjauhkan dendam dalam diri.

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

10 comments

  1. Hampir seluruh pemerah film pada ikut wajib militer yaa, dari yang kutau aja sih. Apakah itu suatu hal kewajiban atau bagaimana.. Tapi emang keren sih kalau mereka ini pada masuk, gagah banget.

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen nonton drakor lagi deh nanti kapan-kapan kalau ada waktu deh sip kak makasih rekomendasi film seru pasti

    ReplyDelete
  3. Oh drama pendek ya cuma 6 episode. Nonton drakor itu emang biasanya dapet insight baru tentang suatu pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan karakter dalam dramanya. Keren yaa..

    ReplyDelete
  4. wah seru juga nih jalan ceritanya nih, apalagi kalo pendek 6 episode gini jadi cepet selesainnya

    ReplyDelete
  5. Seruuu banget ini, soon akan nonton juga karena udah lama penasaran sama sistem wamil di Korsel.

    ReplyDelete
  6. in beneran ya DP cuma 6 episode? Duh penasaran sama Jung Haein di sinii.

    ReplyDelete
  7. Aku tuh penasaran sama wajib militer di korsel gimana.. Sepertinya bakal terjawab dari film ini ya mba dan yang pasti dikemas menarik ga ngebosenin😍

    ReplyDelete
  8. Jujhr setelah baca sinopsinya jadi penasaran pengen nonton langsung. Siap siap nonton aah 🤭🤭

    ReplyDelete
  9. Aku juga selalu penasaran sih sama kegiatan wajib militer di Korea. Nonton film ini nampaknya akan membuka wawasan tentang wajib militer ya kak? Hmm.... apakah aku harus menontonnya? hehe

    ReplyDelete
  10. Aku udah nonton ini, ceritanya bagus, unik

    ReplyDelete

Post a Comment