5 Tips Bagaimana Cara Kalian Berhemat

Post a Comment


5 Tips Bagaimana Cara Kalian Berhemat - Hemat adalah hati-hati dalam membelanjakan uang, tidak boros, membeli yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan kemampuan. Singkat kata, pengertian  hemat adalah membelanjakan harta dengan cermat, dan tepat. Menurut KBBI sendiri, orang yang hidup hemat akan menjadi kaya, seperti halnya orang rajin belajar akan menjadi pandai.


bagaimana cara kalian berhemat hemat adalah apa akibat boros pengertian berhemat cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan
hemat adalah



 

Pengertian berhemat d atas, cukup membuat kita ketampar nggak sih? Dengan yang selama ini kita lakukan? Kalau saya iya, hehehe ... saya masih sering boros kalau keluar rumah. Karena hobi jajan, jadi apa aja jajanan yang keliatan enak saya beli. Makanya kalau suami belanja ke pasar, saya memilih tidak ikut. Pesan satu dua yang saya inginkan, biar nggak lapar mata.

 

Di keluarga saya, yang paling pintar berhemat itu ibu dan kakak saya laki-laki. Mereka bisa menahan dibandingkan saya. Kalau saya ingin ya beli, tetapi mereka masih bisa menahan ah ... di rumah masih banyak snack belum ke makan, atau masih banyak lauk jadi nggak perlu beli lagi. Karena setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk berhemat dalam rangka menyisihkan uang.

 

Nah, selain menekan keuangan untuk tidak membelikan sesuatu, apakah ada cara berhemat yang lainnya? agar bisa semakin berhemat lagi? Yuk kita praktikan.

 

 

7 Cara Sederhana untuk Bisa Semakin Berhemat

 

 

 

Hemat bukan berarti pelit ya, banyak yang salah kaprah demikian juga saya dahulu karena belum mengenal literasi keuangan. Karena sebenarnya hemat ini adalah usaha yang seminimal mungkin mengeluarkan uang. Menabung sendiri termasuk salah satu cara untuk berhemat, dan beberapa cara di bawah ini:

 

Menyiapkan uang kecil di dompet

 

Ibu saya ketika mengajak saya belanja ke pasar, sering banget menyiapkan uang pas. Jadi pas kepengen apa gitu, karena uang mepet jadi nggak ke beli. Beberapa kali sering saya marah, hahaha ... karena belum ambil uang cash kan, jadi jajan masih minta ibu. Padahal ibu saya sedang mengajari cara berhemat.

 

Jadi ibu sengaja membawa uang kecil, supaya uang yang besar-besar tidak dibelanjakan untuk hal yang tidak perlu.

 

Tidak menyimpan kartu ATM di dalam dompet

 

Selain ponsel, dompet menjadi barang yang sering kita bawa bepergian. Kalau udah ada ATM lega aja ya pergi ke manapun, karena dengan kemudahan gesek pembelian langsugn terselesaikan dengan mudah. Tetapi justru menyimpan kartu ATM di dompet ini tidak disarankan. Simpan di tempat yang aman, kalau bisa jauh dari jangkauan biar tidak tergoda untuk membawanya. Ingat ya, kita sedang belajar berhemat jadi sebisa mungkin tahan hasrat untuk berbelanja

 

Membawa bekal ketika bepergian

 

Cara berhemat yang satu ini biasanya membuat pengeluaran, sedikit berkurang. Dengan membawa bekal baik makanan atau minuman dari rumah, justru terjamin kebersihan dan kesehatannya. Yang paling utama, bisa membuat pengeluaran tidak bengkak.

 

Membuat akun baru

 

Kebanyakan orang sukses pandai dalam mengatur dan memisahkan uang. Misalnya nih antara uang usaha dan uang pribadi. Nah, kita pun  harus belajar demikian, memisahkan antara tabungan, dan rekening yang digunakan untuk sehari-hari. Biar nggak tergoda juga untuk memakainya.

 

Memotong rencana liburan jauh

 

Liburan ke luar negeri hampir sebagaian besar menjadi impin orang, padahal di negeri Indonesia sendiri tidak kalah luar biasa pemandangan alamnya. Hindari mengikuti tren gaya hidup mewah, nggak mau kan nanti kalau tua di masa mendatang kita terlilit hutang? Hanya karena menuruti gaya hidup mewah.

 

Semoga Tips Bagaimana Cara Kalian Berhemat, agar makin singset bisa nabung semoga bermanfaat ya. Karena menanbung dan memersiapkan dana darurat itu sangat penting. Biar nggak kelabakan di masa depan. Semangat!

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment