Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Melawan Virus

Post a Comment


Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Melawan Virus - Menjaga Imunitas tubuh merupakan benteng pertahanan diri, yang wajib diperhatikan agar selalu kuat. mengapa? Agar terhindar dari bebagai ancaman penyakit.


5 cara meningkatkan imunitas tubuh tingkatkan imunitas tubuh untuk melawan virus cara meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari covid 19 pentingnya menjaga imunitas tubuh saat pandemi


 

Pentingnya menjaga imunitas tubuh saat pandemi, merupakan PR besar yang harus kita tangani. Selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat sebagai uapaya pencegahan. Bagaimana imunitas tubuh dapat terjaga dengan baik? Kunci utamanya ada pada gaya hidup sehat yag harus kita bah. Misalnya tadinya makan sembarangan, sekarang lebih diperhatikan dalam mengonsumsi makanan agar mendapatkan gizi seimbang. Dari pola tidur yang berantakan, ubah menjadi yang teratur. Olahraga yang tadinya males, harus mulai pelan-pelan dirubah.

 

Fungsi Sistem Imun dalam Tubuh Manusia

 

 

Dapat memproteksi tubuh dari bermacam penyakit yang disebabkan oleh patogen, termasuk jenis penyakit menular. Patogen merupakan mikroorganisme parasit yang dapat menyebabkan penyakit pada inangnya, seperti tubuh manusia ini. Meski sebenarnya di dalam manusia ini banyak bakteri mikroba yang hidup, yang melakukn proses simbiosis mutualisme yang menguntungkan kedua belah pihak. Nah, jika patogen ini masuk, tubuh akan mengalami berbagai macam penyakit.

 

  • Imun yang baik akan membuat keseimbangan homeostatis yang berfungsi memenuhi kebutuhan tubuh melalui interaksi seluruh sistem yang ada di dalamnya
  • Sitem imunitas tubuh yang baik akan mendeteksi jaringan sel abnormal dan mengeliminasi dari tubuh, serta menyingkirkan sel jaringan rusak dan mati
  • Imunitas yang terjaga bisa menghancurkan sel kanker atau zat asing lain yang menginvasi tubuh.

 

Mengenali Tanda Sistem Kekebalan Tubuh yang Menurun

 

 

Mengenali warna urine sendiri

Saya setiap kali buang air kecil, selalu melihat warna urin sendiri. Mengapa? Dari sini asupan mineral yang kita konsumsi dapat terlihat. Seperti misalnya warnanya kuning sekali, berarti kita kurang minum air putih nih. Dinkes mengungkapkan warna urine yang sehat itu, warnanya putih jernih atau kuning muda jernih. Tetapi kalau warnaya cenderung pekat, berarti sistem kekebalan tubuh kita sedang tidak baik-baik saja.

 

Urine yang keruh ini atau tidak jernih, pertanda patogen di dalam tubuh gagal untuk keluar. Maka kita harus minum air putih secukupnya, lebih justru sangat baik. Minimalnya 8 gelas dalam sehari.

 

Mengalami Bobot yang Bertambah

Siapa yang dapat menyangka, kalau ternyata bobot yang bertambah dengan cpeat ini, pertanda sistem imun seang lemah. Karena bertambahnya bobot tubuh sulit melawan infeksi, bisa mengganggu keseimbangan hormon dan bisa menyebabkan peradangan. Jadi mulai cermat dalam emngonsumsi makanan ya.

 

Mudah Jatuh Sakit

Rata-rata orang dewasa mengalami flu 2-3 kali dalam setahun, tetapi jika dalam setahun ada sudah lebih dari itu tandanya kondisi tubuh sedang tidak baik. Apalagi sering jatuh sakit, hal ini menandakan proteksi kekebalan tubuh kurang maksimal, sehingga serangan virus dapat masuk dengan lancar. Perbaiki pola hidup lebih sehat, ya!

 

Stres yang Berkepanjangan

American Psychological Assosiation mengatakan, stres yang berkepanjangan bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh manusia. Keadaaan yang gampang tertekan dalam jangka panjang, merupakan salah satu dari sekian tanda imunitas melemah.

 

 

5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

 

 

Banyak mengonsumsi sayur dan buah

Imunitas tubuh dapat terjaga dengan baik, salah satunya dengan mengonsumsi sayur dan buah, demikian Menurut Yufang Lin, MD, dokter pengobatan integratif di Cleveland Clinic di Ohio. Mengapa? Karena sayur dan buah punya banyak kandungan vitamin dan mineral, yang membantu organ tubuh berfungsi dengan baik.

 

Sayur dan buah dengan warna cerah menandakan tingginya kandungan antioksidan, yang berpean melawan radikal bebas. Rempah juga bisa membantu melawan infeksi, seperti cengkeh, jaher, jinten, dan lain sebagainya di mana rempah tersebut pastikan untuk dikonsumsi setiap hati.

 

Lakukan olahraga rutin

Olaraga dengan rutin yang dilakukan seseorang, bisa membuat imunitas tetap terjaga. Ulasan yang dimuat oleh Frontiers in Immunology, olahraga bisa menurunkan penyakit kronis seperti diabeters, jantung, obesitas, dan lain sebagainya

 

Memiliki pola tidur atau istirahat yang cukup

Saat tubuh merebahkan diri dan tidur, pada saat itulah tubuh dapat melakukan penyembuhan. Maka, atur lagi jadwal tidur dan istirahat yang kacau.

 

Mengonsumsi suplemen vitamin C

Jika vitamin C dari makanan tidak mencukupi, maka bisa dialokasikan dari asupan lain seperti vitamin C dalam bentuk tablet, suplemen, atau minuman serbuk. Dari jurnal Nutrients, mengemukakan bahwa kekurangan vitamin C bisa membuat tubuh gampang terkena penyakit. Jadi? Mulai perbaiki sekarang juga ya.


Menjaga kebersihan diri

Protokol kesehatan 5M wajib diterapkan di manapun, berada. Setiap selesai memegang sesuatu, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun, karena kita tidak tahu bakteri menempel di mana ya kan? Setiap kali dari bepergian, pulang langsugn mandi, agar virus-virus dari luar tidak terbawa dan mati. Gunakan juga sabun kesehatan yang mengandung perlindungan baik.

 

Demikian ulasan Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Melawan Virus, semoga bermanfaat ya. Semoga kita senantiasa sehat selalu, aamiin.

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment