5 Rekomendasi Kelas Terbaik untuk Pelatihan Prakerja di Skill Academy

46 comments


5 Rekomendasi Kelas Terbaik untuk Pelatihan Prakerja di Skill Academy - Gelombang Kartu Prakerja sudah kembali dibuka, selamat buat yang sudah lolos program Kartu Prakerja. Entah kenapa setiap kali saya mendaftar Kartu Prakerja gagal terus, namanya belum rejeki kok ya. Padahal saya sudah ngincer beberapa kelas di Skill Academy kalau memang beneran lolos.


skill academy login skill academy gratis form skill academy skill academy show
Skill Academy



 

For your information, Kartu Prakerja ini merupakan program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang dtujukan untuk pencari kerja atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi di tengah pandemi yang melanda negeri.

 

Tahu sendiri kan? Sudah dua tahun kita dilanda pandemi Covid-19 dan banyak karyawan yang dirumahkan. Pemerintah tidak tinggal diam, terus berupaya bagaimana masyarakat bisa terus bertahan, dengan menggandeng Kemnaker dan Startup Tanah Air menyediakan kursus online untuk mereka yang membutuhkan peningkatan kemampuan.

 

 

Syarat Penerima Kartu Prakerja

 

 

Buat teman-teman yang kelewat belum daftar, insyaAllah masih akan terus dibuka nih Kartu Prakerja untk masyarakat, tetapi dengan ketentuan sebagai berikut:

 

  • WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Berusia minimal 18 tahun untuk pendaftar
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  • Bukan berstatus sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, Perangkat desa, serta dreksi kmisaris, dewan pengawas pada BUMD atau BUMD
  • Tidak termasuk penerima bantuan lain dari pemerintah, seperti bansos, Kemensos, penerima BSU, BPUM, atau penerima Kartu Prakerja gelombang sebelumnya

 

 

Deretan Rekomendasi Kelas Prakerja di Skill Academy

 

 

Tips memilih kelas prakerja versi saya, pilih yang sesuai bidang yang dikuasai. Misalnya saya yang suka menulis atau ngeblog, berarti ikuti pelatihan yang meningkatkan kemampuan tersebut seperti: Membuat dan Memasarkan Konten Kreatif Digital untuk Menjadi Content Creator. Dengan memilih bidang yang tepat, harapannya kita bisa meningkatkan kemampuan dasar yang dimiliki untuk lebih terasah lagi. Siapa tahu buat bekal digunakan untuk melamar pekerjaan, atau justru kitalah yang menciptakan usaha sendiri.


1. Membuat dan Memasarkan Konten Kreatif Digital untuk Menjadi Content Creator

 

Di kelas Membuatdan Memasarkan Konten Kreatif Digital untuk Menjadi Content Creator, kita akan diajarkan cara membuat konten kreatif yang menarik dan berkualitas, mulai dari menyiapkan strategi konten, proses pembuatan konten, hinga memasarkan atau mempublikasikan konten. Tidak hanya itu kita akan diajarkan memroduksi konten kreatif ala content creator dan influencer.

 

Metode pengajaranya akan menggunaan LMS dengan ceamah, peragaan, studi kasus, dan membaca handout. Instruktur yang akan mengajar siapa saja?

 

Ada Astri Soeparyono, managing editor yang bertanggung jawab atas creative contnt di dalam hoempage aplikasi Gojek

Ada Carin Sanjaya, fashion designer, dan Yoga Arizona content creator akti di instagram dan memroduksi segala jenis konten hiburan.

 

 

2. Membuka dan Mengembangkan Usaha Kedai Kopi

 

Di kelas Membuka dan Mengembangkan Usaha Kedai Kopi, Instruktur yang sudah berpengalaman dibidangnya sebagai barista seperti : Djoko Pamungkas, Bernad Hasiholan, Gana Pratama, dan VIki Rahardja.

 

Instruktur akan mengajari pengenalan kopi culture, segala istilah pembuatan kopi, alat-alat pembuat kopi, cara memilih dan mengolah biji kopi sampai cara merack berbagai minuman kopi dengan metode seduh manual, dan cara membuat espresso beragam minuman turuannya.

 

Selain itu akan diajarkan juga materi cara membangun bisnis kopi untuk calon pemilik kedai kopi. Mulai dari cara mennetukan modal, mengelola transaksi penjualan, sampai cara mengembangkan usaha melalui promosi dan pemasaran. Metode ajar LSM dengan ceramah, peragaan, studi kasus dan membaca hand out.

 

3. Mengoperasikan Microsoft Office & Korespondensi untuk Sekretaris Umum

 

Di kelas Mengoperasikan Microsoft Office & Korespondensi untuk Sekretaris Umum,  ada dua topik besar yang akan diajarkan: Microsoft Office dan dasar Korespondensi. Pada Microsoft Office akan diajarkan tentang menggunakan Excel, Word, dan PowerPoint guna mengolah data, kata, dan elemen visual. Sementara untuk Korespondensi akan diajarkan bentuk-bentuk korespondensi, menulis e-mail, surat bisnis, membuat proposal, laporan, sampai dengan kesahalah umum yang sering dilakukan.

 

Metode ajarnya LSM ceramah dan demo tutorial. Untuk insruktur yang akan mengajari ada : Regina Rima Rianti - Executive Secretary di sebuah perusahaan swasta, Melani Niken Larasati - Manager Program, Riskawati Rauf - Talent Skill Academy, Annisa Ainina Novara - Trainer Personal Development, dan Adilla Inda- VP Sales & Marketing of Ruangguru.

 

4. Menyusun Strategi Pemasaran Digital untuk Spesialis Periklanan (Digital Marketing)

 

Di kelas Menyusun Strategi Pemasaran Digital untuk Spesialis Periklanan (Digital Marketing), peserta akan diajari strategi digital mareketing dengan mengidentifikasi pondasi bisnis yang terdiri dari kelebihan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan untuk membuat strategi pemasaran. Tidak hanya itu peserta diajarikan bagaimana mengidentifikasi value dan tujuan pemasaran bagi perusahaan. Cara membuat perencanaan iklan, mengidentifikasi tujuan iklan, merumuskan strategi kampanye pemasaran baik di platform, landing page, medsos, Google Ads, dan email marketing. Komplit pokoknya deh.

 

Metode ajarnya LSM dengan ceramah, peragaan, studi kasus, dan membaca handout. Instruktur yang akan mengajar di kelas ini, ada Ivan Suganda, digital marketing director TheTukkangMarketing.com dan Rama Dhonanto, CEO dari perusahaan digital agency Heroleads Indonesia.

 

5. Menjual Produk dan Mendapatkan Pelanggan Baru untuk Sales (Kanvas)

 

Di kelas Menjual Produk dan Mendapatkan Pelanggan Baru untuk Sales (Kanvas), peserta akan diajari menguasai kompetensi menjadi perawakilan penjualan profesional yang sering disebut sales. Materi yang akan diajarkan adalah menemukan prospek yang tepat ketika menjual ide dan produk, cara memberkan solusi yang tepat akan kebutuhan prospek, menangani penolakan dari prospek, melakukan closing dengan benar dan memberikan service terbaik.

 

Peserta akan dilatih untuk memersiapkan diri dengan matang, dibekali teknik negoisasi yang tapat. Metode kelasnya LSM dengan Ceramah, Studi Ksus, Membaca handout dan Peragaan. Instruktur yang akan menghandle kelas ini ada Hendra Hilman, business coach dan Rea Marta Fawzy, trainer Skill Academy yang sudah berpengalaman.

 

Buat teman-teman yang ingin mendapatkan potongan harga, bisa menggunakan kode referral yang saya miliki: NYIAVHB6SPXA1ZWY. Selamat mencoba, dan semangat untuk belajar melatih skill menjadi lebih baik lagi. Salam.


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

46 comments

  1. Saya enggak tahu kenapa tidak bisa daftar di Prakerja
    Padahal saya butuh pun suami juga
    Alasannya di KK
    Akhirnya kami mencoba cari akar masalahnya sambil belajar di Skill Academy

    ReplyDelete
  2. Wow, ada kelas untuk mengembangkan dan membuka usaha kopi. Waah ini kelas-kelasnya kesukaan saya semua nih. Jadi kepo deh apa saja yang mereka share untuk membatu membuka peluang kerja, apalagi dimasa pandemik gini, banyak yang di PHK

    ReplyDelete
  3. Aku jadi tertarik untuk mendaftarkan diri di kartu prakerja deh mam. Sepertinya kemampuan digital marketingku harus dipoles di skill academy biar branding makin kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari kita coba daftar lagi
      Siapa tahu sudah bisa
      Prakerja memang banyak peminatnya
      Jadi butuh ilmu

      Delete
  4. Adikku juga daftar prakerja tapi untuk ketrampilan digital. Alhamdulillah bermanfaat banget. Semoga banyak juga yg mendapatkan manfaatnya & terangkat kesejahteraannya.

    ReplyDelete
  5. Asyik jg ya pelatihan lewat online seperti ini. Suatu metode baru saat pandemi, dan sepertinya efektif ya mba...

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah lolos untuk ikut pelatihan prakerja. Sepupunya suami sudah pernah ikutan, ngambil kelas kedai kopi dan usaha kulineran. Memang asyik ya, bisa langsung praktek

    ReplyDelete
  7. Wah asyik nih kalo daftar ikutam Skill Academy yah. Apalagi kalo menggunakan kode referal tentu bisa dapat potongan harga ya.

    ReplyDelete
  8. Materi-materi yang ada di skill academy ini bervariatif banget ya. Pengen ambil salah satu kelasnya deh. Tertarik yang digital marketing itu deh. Kode voucher nya bisa sampai kapan tuh Mba?

    ReplyDelete
  9. Aku sudah Download aplikasinya, banyak materi pelatihan di sana dari make up, masak, public speaking dll

    ReplyDelete
  10. Pelatihan Prakerja banyak manfaatnya. Temanku ikut kelas salon sampe sekarang dia kerja di salon. Mau buka usaha modalnya belum cukup. Kayaknya di sini yang dipelajari nggak hanya materi dan praktek ya tapi juga mental

    ReplyDelete
  11. saya tertarik sama kelas yang mengembangkan usaha kopi mbak, karena saya dan suami penyuka kopi dan sedang berencana membuka coffee shop kecil2an buat masa tua kami hehee

    ReplyDelete
  12. Pengen juga nih kalau ada pembukaan lagi daftar prakerja, lumayan bisa belajar hal baru dan menambah skill, barangkali bisa utk ke depannya ya. Entah utk kerja kantoran lagi atau bahkan mandiri buka usaha baru TFS infonya

    ReplyDelete
  13. Aku pernah coba daftar kartu pra kerja, tapi gak di approve, hihi. Kelasnya keren-keren yaaa ternyata.

    ReplyDelete
  14. Wah ada pembukaan baru lagi ya Nyi kartu prakerja, lumayan banget buat menambah ilmu dan pengetahuan tentang suatu keahlian..jadi bekal buat kerja ya..

    ReplyDelete
  15. Ternyata pelatihannya macam2 ya nyi, bisa banget dimanfaatkan buat yg butuh kerjaan ya. Skill nya pasti bermanfaat kelak

    ReplyDelete
  16. materi pelatihannya menarik dan pas banget buat langsung dipraktekan saat bekerja. aku tertarik untuk belajar jualan online. pasti ada juga ya pelatihannya di skill academy

    ReplyDelete
  17. ada banyak macamnya ya mba untuk pelatihan prakerja ini senang nih sampe ada pelatihan membuka kedai kopi nih

    ReplyDelete
  18. Kelasnya bagus-bagus semua ya, ini beneran yang dibutuhkan untuk meningkatkan skill di bidang ekonomi kreatif. Makin kece karena ada potongan harganya, wah makin gak ada alasan untuk gak upgrade skill.

    ReplyDelete
  19. memang skill academy ini terkenal bagus bagi mengasah skill ya mbak
    pilihan kelasnya pun banyak
    harganya juga terjangkau

    ReplyDelete
  20. Sangat bermanfaat sekali pelatihan skill seperti ini. Para prakerja jadi siap bekerja pada waktunya nanti karena sudah memiliki bekal keahlian yang diasah dan sangat diperlukan

    ReplyDelete
  21. Kemarin baru lihat ada pengumuman baru mengenai pra-kerja.
    Untuk memperoleh skill yang baik, harus sesuai dengan apa yang disukai yaa..agar terasa mudah dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  22. Ada pelatihan untuk usaha kuliner selain kopi gak, ya? Saya pengen tau. Ya siapa tau suatu saat bikin usaha kuliner

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih nanti lama2 berkembang juga ya ke skill pembuatan kuliner yang lain. Kalau kopi soalnya emang basic banget mulai dari mengenali kopinya sampai teknik2 pengolahan harus punya pengetahuan dasarnya.

      Delete
  23. Bermanfaat banget ya Kartu Prakerja ini buat mereka yang mau cari kerja tapi bisa meningkatkan kompetensinya dulu

    ReplyDelete
  24. Akutuh daftar 5 kali ada loh Nyi, gagal maning gagal maning sampai sekarang enggak daftar lagi... Hiksss... Padahal loh pengen sihh daftar kartu prakerja

    ReplyDelete
  25. Bagus kelasnya ya Nyi dan memenuhi kebutuhan skill para pencari kerja era digital begini. Semoga lulusannya bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahliannya dan dapat mengembangkan dirinya sebagai entrepreuner

    ReplyDelete
  26. Dapat kartu prakerja ini lumayan banget ya, apalagi dpt kesempatan mengembangkan kemampuan dan skill. Jangan disia-siakan. Rekomendasi kelasnya pas banget dg kebutuhan saat ini ya

    ReplyDelete
  27. Keren ya kelas terbaik di Skill Academia ini, membantu banget terutama di masa pandemi gini.

    Jadi pengen ikutan deh, buat upgrade skill biar bisa bersaing di masa sekarang :)

    ReplyDelete
  28. Kelas-kelasnya bagus-bagus ya Mba, ini amat sangat membantu upgrade skill terutama di masa pandemi gini, wajib banget nih ikutan, biar bisa bersaing di masa kini :)

    ReplyDelete
  29. Kelas pelatihannya bagus bagus nih, tinggal ikutan aja sesuai dengan passion yang dimiliki. Semoga saja dengan adanya skill academy ini, makin banyak yang terbantu dalam melakukan pekerjaannya.

    ReplyDelete
  30. Sedih emang mba karna pandemi ini jadinya banyak yang di rumahkan. Dan bagaimanapun jangan henti meningkatkan skill. Aku jadi tertarik untuk bisa ikutan belajar tentang content creator mba :)

    ReplyDelete
  31. sayangnya saya gak bisa mendaftar kartu prakerja nih. padahal pengen juga daftar biar skillku ter-upgrade

    ReplyDelete
  32. Bermanfaat sekali mba rekomemndasinya, soalnya banyak tuh yang bingung mau ambil kelas apa setelah dapat dana prakerja, jadi nggak sia-sia waktu, tenaga dan biaya kalau dapat kelas yang tepat.

    ReplyDelete
  33. Kayaknya aku memenuhinsyarst nih untuk daftar kartu prakerja. Biar rajin ikutan kursus ya buat bekal bikin usaha sendiri.

    ReplyDelete
  34. Iya, di Skill Academy banyak pelatihan bagus untuk mengembangkan kemampuan diri. Tinggal pilih yang sesuai dengan passion kita ya

    ReplyDelete
  35. Jadi keinget kemarin dapat email berhubungan dengan kelas2 ini.
    Zaman krng mumpung aktivitas msh lbh banyak di rumah sebaiknya manfaatin utk belajar skill2 baru ya mbak, pasti akan sangat berguna buat masa depan kalau misalnya mau merambah ke ceruk lain

    ReplyDelete
  36. Aku pilih kelas yang kaya gimana ya? Bisa buat memotivasi kita nih

    ReplyDelete
  37. Kalau misal lulus Prakerja target saya juga pengen ambil kelas di Skill Academy tapi emang masih bingung sih karena pilihan kelasnya kan banyak. Untungnya dapat rekomedasi di sini :)

    ReplyDelete
  38. Lengkap ya rekomendasi kelas untuk pelatian pra kerja di skill academy, selain itu bisa juga nih untuk para pekerja yang perlu meningkatkan skill.

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah tahun lalu saya ikut Prakerja, waktu itu ambil kelas copywriting gitu, senang bisa nambah ilmu.
    waahh yang kelas korespondensi ini bagus deh ya, kelas lainnya pun juga.
    Ayoo semangat ya Mbak, moga di batch berikut bisa masuk kelas Prakerja :)

    ReplyDelete
  40. Skill akademy bisa untuk pelatihan prakerja, ini solusi bagus untuk masa pandemi ya mba. Rasanya kalau aku mau ambil, aku mau melatih skill marketingku heheh, kebetulan kan aku suka banget hal-hal yang berbau bisnis, selain menulis

    ReplyDelete
  41. Keren ya sekarang, semakin banyak aja nih tempat untuk menambah skill dan wawasan, secara online. Pastinya sangat cocok dengan milenial dan tuntutan sekarang yang mengharuskan kita untuk banyak beraktivitas di rumah saja. Ceki-ceki ah, kepengen tahu apa saja skill yang bisa ditingkatkan di Skill Academy ini.

    ReplyDelete
  42. Nomor empat menggiurkan banget, Mbak. Tengok dlu harganya, ah.

    ReplyDelete
  43. Kelasny rekomend semua ini ya, membuat peluang untuk membuka usaha dengan keahlian yang dipelajari, Keren deh ya ini produk Ruangguru

    ReplyDelete
  44. semangat terus untuk kalian yang sedang mendapatkan kartu prakerja dan belajarnya di skill academy aja agar lebih mahir. daan gunakan referral biar dapat potongan

    ReplyDelete

Post a Comment