Cara Mencegah Komentar Spam di Website

19 comments


Cara Mencegah Komentar Spam di Website - Contoh komentar spam yang biasanya sering masuk di blog saya itu, modelnya seperti teman blogger berkomentar tapi mereka selalu memberikan link hidup yang menuju ke situs mereka. Link hidupnya kalau wajar-wajar aja sih nggak apa-apa, tapi kebanyakan negatif linknya. Taruhlah, judi online, dan lain sebagainya yang intinya SARA banget. Oleh sebab itu penting, melindungi kolom komentar website yang kita miliki.




 

Menurut Google sendiri, spam adalah konten/percakapan yang memberikan pengalaman negatif bagi pengguna, sehingga mereka sulit menemukan materi lainnya yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhannya.

 

Dampak buruk komentar spam untuk website jika tanpa pelindung, akan membuat kita membuang waktu dan tenaga untuk meghapus spam tersebut. Bandwith atau kuota internet kita juga banyak terbuang percuma, pun website bisa menjadi lambat loh karena banyak komentar spam yang nangkring. Saya sendiri kalau mendapati ada komentar spam masuk aja sebel banget, kenapa gitu lho memberikan komentar-komentar mengacau di blog orang kan? Hehehe ... jadi ya mending blognya dilindungi aja agar nggak sembarangan kometar spam yang masuk seenak udel ini menganggu ketentraman blog milik kita, iya nggak?

 

 

Ciri-ciri Komentar SPAM





 

Contoh komentar spam yang mampir atau menjejak di blog kita, bisa dikenali sebagai ciri-ciri sebagai berikut:

 

  • Nama pengirim tidak jelas siapa, biasanya 'anonim' gitu atau nama yang tidak jelas ketika dibaca
  • Isi dari komentar spamnya ada link aktif. Walaupun dia terlihat berkomentar bagus dan natural
  • Biasanya berusaha memuji, komentar spamnya bahkan kadang tidak relevan
  • Bahasa yang digunakan tidak lazim, semacam robot gitulah pasti terlihat sekali perbedaannya dari komentar kebanyakan
  • Komentar spam yang tanpa basa-basi, langsung aja mereka nulis kata-kata promosi, dan lain sebagainya. Jangan sampai kita terpancing untuk meloloskan komentar SPAM tersebut, atau kalau sudah terlanjur ke posting bisa diakali dengan cara menghapusnya.

 

 

Mencegah Komentar Spam di Website



 

Bagaimana cara mencegah komentar spam di website yang sangat menganggu ini? Jika kamu pengguna blogspot seperti saya, bisa langsung dipraktekan tutorial di bawah ini ya:






 

  • Buka terlebih dahulu dashboard blogspotnya di alamat : blogger.com
  • Pilih menu 'Setelan', lihat pada bagian 'Komentar', di situ ada banyak settingan yang bisa diatur ulang. Dari lokasi komentar, siapa yang dapat mengomentari, moderasi komentar, kirim email permintaan moderasi ke, captcha komentar pembaca, dan lain sebagainya. Milik saya sendiri hanya pada bagian 'siapa yang dapat mengomentari', dan 'moderasi komentar' yang settingannya saya ubah.
  • Selain moderasi komentar dahulu, kita juga bisa memilih untuk mengaktivkan captcha komentarnya. Jadi mereka yang berkomentar, nantinya harus memasukan verifikasi kata/teks/gambar tertentu jika akan berkomentar lebih dahulu. Caranya pada bagian 'captcha komentar pembaca', kamu tinggal geser panas ke arah kanan, nanti orang yang berkomentar akan otomatis mendapatkan verifikasi dari blogger. Cukup mudah bukan?

 

Buat teman-teman blogger yang sering melakukan aktivitas Blog Walking, sebenarnya agak menganggu kalau mengaktivkan captcha ini. Karena moderasi komentar saja sudah cukup, jadi tinggal nanti dipilih dan dilihat mana yang spam dan bukan sudah bisa terdeteksi satu persatu.






 

Nah, untuk pengguna WordPress bisa dengan menggunakan plugin Aksimet. Plugini ini akan membantumu menangani komentar spam yang masuk ke website.

 

Semoga Cara Mencegah Komentar Spam di Website, ini dapat bermanfaat ya teman-teman. Semangat untuk terus ngeblog dan menulis. Atau lagi iseng ingin mencari tahu popularitas website kita? Bisa mampir ke postingan Cara Mencari Tahu Popularitas Website dengan Alexa. Salam!


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku Apalagi membaca hatimu

Related Posts

19 comments

  1. Nah ini paling sebel sama yang kayak gini. Makanya saya selalu moderasi komentar di blog saya. Bahkan beberapa komentar dari teman-teman blogger pun masih saya saring lagi, biar rapih, hehehehe...

    ReplyDelete
  2. Iya tuh beberapa kali dapat spam di kolom komentar. Jadi ada waktu khusus buat menghandle spam tersebut. Solusinya mau ak praktekkan deh. Thanks mba

    ReplyDelete
  3. Dulu aku juga tidak Moderasi komentar sama sekali mbak. Ada komentar Spam di artikel lama otomatis juga lolos gitu aja. Tapi karena berpengaruh sama blog, jadilah menerapkan tips yang seperti Mbak Nyi bagikan
    TFS yahh Mbak

    ReplyDelete
  4. Betul Nyi saya pengguna wordpress jadi tinggal mengaktifkan fitur plugin aksimet aja
    Alhamdulillah sih ga kecolongan lagi dengan komentar komentar spam yang bikin jengkel itu...

    ReplyDelete
  5. emang komentar spam itu bikin kesel, makanya dari dulu komentar aku moderasi. baik karena naruh link hidup, komentar jualan, dan lainnya.

    artikel ini pasti akan banyak membantu nih mbak. soalnya pasti bukan aku saja yang sebel dengan spam ini.

    ReplyDelete
  6. Blog saya juga diseting supaya komentar tidak langsung masuk alias dimoderasi terlebih dahulu. Hal ini saya lakukan karena suka ada komentar yang mengandung link hidup atau numpang jualan obat dan lainnya hehehe

    ReplyDelete
  7. wah aku belum pernah coba nih, baru sebatas memoderasi pesan saja, kalau sekiranya spam langsung aku hapus tanpa publish. Terima kasih tipsnya, bisa di coba

    ReplyDelete
  8. Sejak 2009 aku ngeblog, kebetulan udah jatuh hati di wordpress dan Akismet merupakan plugin pertama yang aku install. Selalu. :)

    ReplyDelete
  9. Dulu pas masih pakek BP saya juga mengaktifkan fitur-fitur di atas sehingga aman dari SPAM. Sekarang udah migrasi ke WP, jadi cukup pakai plugin saja. Emang sih, gak nyaman banget dapat komen begitu. Tapi kalau saya seringnya komen dari web luar. Semacam penawaran dan komen-komen yg gak nyambung dan disertai link.

    ReplyDelete
  10. Aku udah make semua cara yang dilakukan tadi, mbak.
    Memang bener kalau masuk ke kotak moderasi, komentar spam bakalan keliatan banget dan bisa langsung dihapus sama kita sendiri

    ReplyDelete
  11. Terima kasih Nyi, atas penjelasannya bermafaat banget nih. Kebetulan juga sering banget dapat komentar-komentar spam. Selama ini manual hapusnya.

    ReplyDelete
  12. wah terima kasih sudah nulis ini mbak
    kebetulan aku juga lagi PR banget ni buat memgurus komentar spam di blog

    ReplyDelete
  13. Komentar-komentar spam memang nyebelin sih, apalagi kalau sambil ngiklan (enak aja dia) haha. Kalau pengalaman pribadi saya di WP sih, ada plugin anti spam, jadi sekalinya sudah ditandai spam, komentar yang sama tidak akan muncul lagi. Yaa, walaupun masih ada sih yang baru (dikit tapi). But, thanks for sharing yaa kak.

    ReplyDelete
  14. Spam tu selalu ada ya di platform blog apa pun. Tinggal kitanya aja yang bsia mengantisipasi denagn cara memoderasi komentar yang masuk.

    ReplyDelete
  15. ya nih suka sebel kalau banyak komentar spam yang masuk. Memang sih dengan moderasi, bisa kita filter tuh komentar yang masuk. Tapi kalai komentar spamnya banyak, jadi kesel juga pilih-pilihnya.

    ReplyDelete
  16. saya sudah set di blog saya, agar tidak ada chat spam atau pun spam spam lainnya.

    ReplyDelete
  17. Di blog saya masih dibuat anyone siapa saja boleh komen karena nggak semua pengguna email yang komen datang dari google (gmail). Komen pun sudah dimoderasi sehingga tinggal delete saja kalau ada komen spam masuk.

    ReplyDelete
  18. Nice info banget ini Mbak. Aku pengguna baru wordpress. Tiap hari ada aja komentar spam. Kadang sampe belasan. Capek juga ngapusin satu-satu. Ternyata ada pluginnya ya. Langsung otw download nih. Thanks infonya 👍

    ReplyDelete
  19. Btw aku udah pake askimet, tpi masi ada spam masuk huhu kayak ya ada settinganyg kurang nih :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email