Cara Mengurus Surat Pindah Domisili

13 comments

 

Cara Mengurus Surat Pindah Domisili - Akhirnya saya mengurus juga syarat pindah penduduk, ke domisili mas suami berasal. Mau nggak mau harus diurus juga,  soalnya mas suami sebagai anak paling bontot diamanahi untuk menjaga kedua orangtuanya. Saya sebagai istri, harus mengikuti ke mana mas suami pergi, termasuk berbakti merawat mertua. Bismillah.



cara mengurus surat pindah secara online 2020 cara mengurus surat pindah domisili online 2020 cara cek surat pindah online syarat pindah penduduk contoh surat pindah domisili cara pindah ktp online 2020
Balai Desa Cepiring



 

Dua hari lalu, saya dan mas suami ditemani ibu bertandang ke Pak RT, Pak RW, lantas berakhir di Balai Desa untuk meminta izin mengurus surat pindah dimisili. Allhamdulillah, semuanya lancar tanpa halangan. Sebenarnya agak kesiangan sih ngurusnya jam Setengah 1 Siang, padahal jam 2 Balai Desa biasanya sudah tutup.

 


Pindah Domisili Adalah

 

 

Ada seseorang yang tinggal dan menempati suatu daerah dalam kurun waktu yang lama atau selamanya, ada juga seseorang yang berpindah-pindah, dari satu kota ke kota yang lainnya. Biasanya mereka harus pindah karena alasan bisnis, pekerjaan, ataupun berpindah karena mengikuti keluarga. Saya termasuk yang mengikuti keluarga dari mas suami.

 

Sederhananya pindah domisili adalah, pindahnya penduduk dari alamat asal ke daerah yang baru akan ditinggali atau sudah ditinggali dalam kurun waktu lebih dari satu tahun. Penduduk yang baik, harus melaporkan alasan mengapa pindah kepada pelaksana daerah asal maupun daerah yang baru ditinggali. Nantinya penduduk akan mendapatkan surat pindah domisili yang mempunyai fungsi melancarkan segala prosedur dokumen di tempat yang baru.

 

 

Syarat Mengurus Surat Pindah Domisili






cara mengurus surat pindah secara online 2020 cara mengurus surat pindah domisili online 2020 cara cek surat pindah online syarat pindah penduduk contoh surat pindah domisili cara pindah ktp online 2020
cara mengurus surat pindah domisili 


 

 

Sebelum diberitahu oleh petugas balai desa, bahwa sekarang cara mengurus surat pindah secara online saya ke tempat Sekretaris RT, Pak RT, Pak RW, dan ke Balaidesa lebih dulu.

 

Barulah sesudah sampai di Balaidesa, Pegawai Balaidesa yang ditempat saya bernama Mbak Erna, memberitahu kalau cara mengurus surat pindah domisili online dilakukan dengan mengakses Aplikasi 'Pak Dalman', tetapi ini tidak bisa disamaratakan sih. Kalau di tempat kalian belum menggunakan aplikasi, kalian harus menyiapkan beberapa persyaratan sebagai berikut:

 

1. Kartu Keluarga Asli/Fotokopi

2. KTP Asli/Fotokopi

 

Kedua hal tersebut, sebagai syarat untuk mengisi formulir surat pindah dari pengantar RT/RW setempat. Kalau sudah mendapatkan tanda tangan keduanya, baru ke balaidesa. Pihak balaidesa yang akan memproses selanjutnya.



cara mengurus surat pindah secara online 2020 cara mengurus surat pindah domisili online 2020 cara cek surat pindah online syarat pindah penduduk contoh surat pindah domisili cara pindah ktp online 2020
Ruang tunggu Balaidesa Cepiring


 

Balaidesa Cepiring tempat saya tinggal, menyarankan untuk menggunakan aplikasi Pak Dalman. Jadi surat pengantar yang dari RT/RW sudah tidak diperlukan lagi. Saya tinggal mengakses aplikasi Pak Dalman, yang sudah diisi dengan keterangan lengkap data-data milik saya. Setelahnya baru saya mendapatkan nomor penjadwalan, kapan Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI) dikeluarkan.

 

Kalau SKPWNI sudah keluar, giliran saya mendaftarkan ke Kecamatan tempat domisili yang baru untuk proses selanjutnya. Semoga sharing cara mengurus surat pindah domisili ini, dapat bermanfaat ya? Salam.


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku Apalagi membaca hatimu

Related Posts

13 comments

  1. Semoga makin berkaahh ya Nyi.
    Memang kalau anak diamanahi merawat ortu/mertua itu adalah kesempatan intan berlian (bukan sekedar emas) yg kudu kita optimalkan.

    Makasi sharing cara urus surat pindah domisili ini ya.

    ReplyDelete
  2. Zaman sekarang serba mudah. Cuma terkadang masih ada oknum yang mau mempersulitkan. Ini itulah alasannya, padahal cuma bawa KK dan KTP bserta fotokopy, selesai semua urusan.

    ReplyDelete
  3. Enak dong ya mba, kita jadi ga perlu nyiapin surat pengantar lagi, kadang kan yang kecil2 begitu bikin lama

    ReplyDelete
  4. Keren nih udah ada aplikasinya, kalau aku kemarin repot banget harus ke kantor untuk mengurus surat pindah karena katanya pelayanan onlinenya sudah tidak ada lagi. Semoga daerah lain bisa meniru ini nih, biar semakin mempermudah segala urusan.

    ReplyDelete
  5. Dulu ketika ngurus surat pindah dari Subang ke Bandung, kami harus menyediakan surat pengantar dari RT/RW. Sekarang lebih mudah mengurus surat kepindahannya ya...

    ReplyDelete
  6. Aku juga abis nikah langsung pindah "kewarganegaraan" ikut suami. Waktu itu prosesnya gampang aja. Niatnya waktu itu kalau KTP sama kan gampang bisa bikin KK sendiri.
    Wah baru tahu skrng bisa mengurus secara online Pak Dalman jg lbh praktis ya mbak. Ya sih kan KTP pun bnrnya dah elektronik. Jd mestinya apa2 lbh gampang onlen2

    ReplyDelete
  7. Masya Allah, istri sholelah banget nih, Mbak. Insya Allah akan menemukan keluarga baru yang saling sayang menyayangi :)

    ReplyDelete
  8. seneng banget kalau semuanya sudah mudah dan aksesnya juga bisa online. Jadi lebih cepat mengurusi ini itu tanpa harus repot lagi

    ReplyDelete
  9. Proses pengurusan dan persyaratan mudah. Apalagi ternyata, sudah bisa dilakukan melalui aplikasi.

    ReplyDelete
  10. Aku juga urus pindah domisili mba. Hiks jadi sedih sekarang udah ktp depok. Bukan jogja lagi

    ReplyDelete
  11. Wah enak banget sudah bisa online ya proses surat perpindahannya, kalau didaerah aku masih manual datang ke kantor desa utus-urusnya

    ReplyDelete
  12. Jadi inget pas ngurusin surat pindah domisili dari Bandung ke Sukabumi, sekarang bisa online yah lebih praktis

    ReplyDelete
  13. Semoga makin berkah dunia akhirat..dan mertua sehat selalu ya mba.., insha Allah dimasa dwpan anak2 juga mau merawat kita disaat kita tua nanti..

    Terimakasih untuk info aurat pindah domiailinya..ini berlaku sama tiap daerah ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email