Tips Memulai Bisnis Kerajinan agar Sukses di Internet

113 comments

 

Tips Memulai Bisnis Kerajinan agar Sukses di Internet - Selain kuliner, kecantikan, dan fashion yang jadi primadona untuk dipilih pemula dalam berbisnis. Produk kerajinan juga banyak dilirik untuk dijadikan usaha. Mengapa bisnis kerajinan menjadi katergori, yang cukup menjanjikan?




qwords.com login qwords domain qwords vps qwords wordpress qwords promo hosting adalah hosting murah



 

Tidak dipungkiri, semua manusia pasti membutuhkan makanan, perawatan, dan juga sandang untuk menutupi badan. Tetapi kerajinan juga diperlukan, untuk mempercantik segala hal dan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Contoh simpelnya begini, coba tengok ke kanan dan kiri temanmu. Apakah mereka dalam berpenampilan cukup menggunkan pakaian? Pasti mereka membutuhkan aksesoris yang bisa menunjang penampilan. Misalnya kalung, gelang, anting, bandana, tas, dan lain sebagainya.

 

Kemudian tengok juga ke dalam isi rumahmu, bagaimana pot bunga, tatakan gelas, hiasan dinding, dan lain sebagainya juga turut mempercantik ruangan? Siapa sih yang tidak ingin melihat rumahnya cantik, dengan pernak-pernik? Inilah yang kita ambil sebagai peluang.

 

 

Mengapa Harus Berjualan Produk Kerajinan di Internet?

 



qwords.com login qwords domain qwords vps qwords wordpress qwords promo hosting adalah hosting murah





 

Pertanyaan ini memang sangat sering kita dengar, mengapa harus berjualan di internet? Ya karena kita ingin menambah penghasilan, ya karena kita ingin menjangkau pasar yang lebih luas, ya karena kita ingin produk kita semakin dikenal oleh banyak orang. Apalagi di musim pandemi, yang sudah mewabah dalam setahun terakhir semua akses tidak sebebas biasanya. Ada perasaan khawatir, karena berjualan di luaran sana, salah satunya cara untuk tetap bisa mendapatkan penghasilan ya harus berjualan melalui internet.

 

 

Berikut 7 alasan membuka toko online barang kerajinan di Internet:

 

 

Modalnya relatif kecil

 

Dalam berbisnis apapun, pasti butuh yang namanya modal. Tetapi modal yang kita keluarkan, tidak melulu harus besar. Nah, jualan online modalnya relatif kecil. Mengapa? Karena nggak perlu sewa toko, bayar karyawan, stok produk fisik karena bisa diakali dengan sistem dropship atau reseller. Pengeluaran jadi lebih minim.

 

Teknologi internet yang semakin canggih

 

Kita patut bersyukur, karena hidup di jaman yang sduah serba banggih. Yang mana untuk mendapatkan penghasilan, tidak perlu ke luar rumah. Dari rumah, cuma dasteran atau koloran pun bisa mendapatkan untung. Tentunya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, seperti menggunakan media sosial untuk berjualan, marketplace, website, dan lain sebagainya.




qwords.com login qwords domain qwords vps qwords wordpress qwords promo hosting adalah hosting murah



 

Lebih minim resiko

 

Banyak yang bisa kita pilih dalam berjualan, dengan memproduksi barang sendiri. Seperti saya yang mengelola usaha fashion and craft, yang dibuat sendiri. Atau menggunakan sistem dropship/reseller, tugas kita hanya memasarkan. Urusan produksi, packaging semua ditangani oleh supplier. Enak kan? Minim resiko banget.

 

Menjangkau pasar yang lebih luas

 

Kelebihan dari jualan lewat internet, kita bisa menjangkau pasar/audiens yang lebih luas. Tidak hanya di Indonesia, tetapi bisa sampai  mancanegara. Tugas kita, membuat unggahan produk yang ciamik, membuat iklan yang menarik, dan tambahkan video yang unik.

 

Tidak adanya batasan waktu

 

Bisnis online tidak ada batasan waktu, kita bisa memajang jualan 24 jam. Makanya banyak ibu rumah tangga yang sukses di rumah kan? Karena jualan online juga bisa disambi dengan mengurus keluarga di rumah. PR-nya, harus fokus agar meminimalisir kesalahan. Maka bagilah waktu dengan baik.

 

Mudah dalam menyampaikan informasi

 

Misalnya nih, produk A kosong, produk B kosong, lantas yang perlu kita lakukan dengan memberi keterangan informasi terbaru mengenai stok. Yang mana bisa dilakukan dalam hitungan detik, untuk memperbaharui informasinya. Tinggal media mana yang digunakan untuk berjualan, tinggal edit beres!

 

Memiliki potensi untung yang besar

 

Kalau usaha dropship atau reseller kenceng, ataupun produksi sendiri kenceng. Kesuksessan atau keuntungan sudah pasti di depan mata. Tetapi anda tidak boleh menyepelekan juga, karena jualan diinternet butuh komitmen dan pengorbanan yang besar pula. Sudah memutuskan untuk menjual kerjainan apa? Kalau masih bingung ini dia rekomendasi jenis kerajinan yang bisa dijual.

 

 

 

Jenis-jenis Benda Kerajinan yang Bisa Dijual di Internet

 



qwords.com login qwords domain qwords vps qwords wordpress qwords promo hosting adalah hosting murah


 

 

Perhiasan tradisional

 

Di setiap tempat wisata, biasanya pedagang kaki lima menjual beraneka perhiasan tradisional. Contohlah Malioboro, di sana banyak pedagang yang menawarkan anting, kalung, gelang, dan lain sebagainya. Perhiasan tradisional tersebut bisa dijual melalui internet.

 

Lukisan

 

Teman saya yang pandai menggambar, sering kali mendapatkan tawaran melukis gara-gara mengupdate setiap gambar buatannya di media sosial facebook. Siapa sangka hal tersebut bisa mendatangkan peluang, jika anda mampu menggambar dengan baik tidak ada salahnya lho membuka jada lukis.

 

Tas

 

Tas bisa dikreasikan menggunakan berbagai macam bahan, dari rotan, eceng gondok, tenun, batik, kulit hewan, dan lain sebagainya. Kerajinan tas banyak sekali dijumpai di internet, dengan beragam model yang memikat.

 

Batik dan baju tradisional

 

Batik merupakan kain tradisional Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Beragam motif batik, bisa dijual melalui internet. Ada yang dijual melalui media sosial, ada yang lewat toko online, website, atau blog. Tidak hanya kain yang bisa dijual, tetapii sudah dalam bentuk baju semi tradisional dan modern.

 

Mebel-mebel antik

 

Pernah menjumpai meja atau kursi dari akar kayu? Nah itu termasuk mebel antik. Bisa juga mebel dari jaman kerajaan, atau dinasti China, dan lain sebagainya. Mebel-mebel yang memiliki nilai sejarah, banyak diburu oleh pengoleksi barang antik. Tugas kita, membuat desain antik atau kuno jika ingin menarik minat konsumen.

 

Kerajinan dari kertas

 

Ada banyak kerajinan kertas yang bisa dijual dengan sangat laris, seperti bunga kertas, kipas, paper craft, kotak pensil, hiasan dinding, celengan, tas jinjing, dan lain sebagainya.

 

Kerajinan dari kaca

 

Coba sebutkan benda dari kaca di rumahmu, ada apa saja? Cermin, lampu gantung, gelas, partisi, vas, dan lain sebagainya. Kerajinan dari kaca memang terlihat eksotik, ini bisa menjadi peluangmu yang suka berkecimpung di kerajiinan kaca untuk dipasarkan online.

 

Stitch atau rahutan dan pola-pola

 

Stich, rajutan, pola-pola hadir dalam berbagai bentuk. Bisa berbentuk lukisan berambar rajutan, kaos kaki, boneka bermanik-manik, taplak meja, dan lain sebagainya. Yang biasanya desain mengikuti perkembangan jaman. Beberapa teman saya yang suka merajut, sering menerima orderan custom rajutan tas, sepatu, dan lain sebagainya. Rajutan termasuk kerajinan yang harganya terbilang wow, karena menuntut keterampilan yang teliti.

 

Lilin-lilin antik

 

Lilin merupakan benda lunak yang bisa dibentuk sesuai dengan keinginan, oleh pengrajinnya. Jika kamu ingin bergelut dibidang menjual lilin antik, makan buatlah produk jenis lilin yang unik dan bervariasi. Lilin aromaterapi merupakan lilin yang laris beberapa tahun belakangan ini, karena digunakan untuk memberikan kenyamanan dan rileks bagi penggunanya.

 

Boneka, patung, wayang dan benda miniatur

 

Benda-benda seperti boneka, patung, wayang, dan miniatur umumnya dibentuk seperti makhluk hidup, bangunan, dan lain sebagainya. Bisa dibuat dari beragam bahan, dari kayu, gips, keramik, kain dan lain sebagainya. Di kabupaten saya tinggal, ada pengrajin wayang yang penjualannya sudah sampai mana-mana. Jika kamu menyukai minat di bidang ini, bisa juga memaksimalkan pengrajin yang sudah ada dengan menjalin kerjasama.

 

Barang-barang yang terbuat dari tumbuhan dan rempah-rempah

 

Tumbuhan dan rempah-rempah, tidak hanya digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan, tetapi bisa juga sebagai minuman kesehatan. Rempah-rempah juga bisa digunakan untuk mandi kesehatan, caranya dengan mengeringkannya. Pernah minum wedang uwuh atau wedang secang? Keduanya termasuk barang yang terbuat dari tumbuhan dan rempah-rempah. Beberapa pengusaha rempah di daerah saya, menuai sukses yang luar biasa hanya dengan berjualan itu.

 

Keramik dan Vas

 

Vas dengan bunga, selalu menarik ditaruh di manapun sebagai hiasan yang mempermanis rumah. Keramik dan vas, merupakan kerajinan yang dibuat dari berbagai bahan. Seperti dari rotan, keramik, pecahan kaca, tanaman eceng gondok, dan lain sebagainya. Tetapi untuk berbisnis jenis ini, hati-hati dalam mengirimkan benda tersebut karena rentan rusak.

 

Kerajinan dari kayu

 

Kerajinan kayu sering kita jumpai di mana saja, dari ukir-ukiran, miniatur, mainan tradisional anak-anak, tatakan gelas, sendok, garpu, meja, kursi,  dan lain sebagianya merupakan benda yang sangat laris dipasaran. Bahannya sendiri terbuat dari berbagai jenis kayu, ada kayu jati, mahoni, sengon, akasia, pinus, dan lain sebagainya. Saya pernah menjadi dropshiper kerajinan kayu dari Jogja, untungnya lumayan banget.

 

Kerajinan dari barang jahitan

 

Saya termasuk salah satu yang memproduksi kerajinan dari barang jahitan, bahan yang saya gunakan biasanya menggunakan kain batik, kain katun, kain kanvas, kain waterprof, dan lain sebagainya untuk dijadikan beragam barang bernilai guna. Seperti booksleeve, cover book, dompet pensil, masker, aneka pouch, dan lain sebagainya.

 

 

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar Bisnis Sukses


 

 

Dari beberapa kerajinan yang bisa dijual di atas, mana yang ingin kamu pilih? Kalau sudah memilih cenderung kemana, tinggal mencari formulal yang pas untuk menguasai pasar. Apa saja yang bisa kita lakukan? Ini Dia 6 kiat sukses yang harus dijalankan:




qwords.com login qwords domain qwords vps qwords wordpress qwords promo hosting adalah hosting murah




 

Mengamati tren yang sedang berjalan

 

Agar produk laris dipasaran, pastikan kamu mengikuti tren yang sedang ramai saat ini. Lakukan riset kecil-kecilan melalui media sosial, platform, google, majalan, televisi, dan lain sebagainya. Apa yang sedang tren, terapkan pada produk buatanmu. Awalnya saya membuat booksleeve karena permintaan teman, setelah jadi ternyata ramai peminatnya. Kalau dalam ranah kuliner, tahun lalu yang ramai ada dimsum, korean garlic bread, roti kapas, dan lain sebagainya.

 

Analisa harga pesaing atau kompetitor

 

Setelah tahu tren yang sedang berlaku, maka tugas selanjutnya adalah menentukan harga yang sesuai. Siapa target market kita juga harus diperhatikan. Kalau masih bingung coba tengok akun pesaing atau kompetitor anda. Berapa harga yang dibandrol, dan lihat kualitas apa yang mereka tawarkan.

 

Membuat promo untuk menjaring konsumen

 

Kerajinan memang tidak semua orang butuhkan, makanya penting sekali mempunyai target market yang pas. Cara yang  bisa diambil bisa dengan melakukan promo, agar produk makin dikenali. Bisa dengan memberikan potongan harga sekian persen, buy 1 get 1, atau juga dengan bonus. Semakin banyak promo, maka kesempatan dikenal luas akan semakin lebar. Apalagi kalau kita sedang membangun brand

 

Menggunakan foto produk yang menjual

 

Jualan apapun di internet, harus menampilkan potretan yang bagus. Nggak perlu bak model, semuanya bisa dilatih sendiri, dengan cara mencari tutorial di internet. Tetapi jika budgetmu banyak, kamu bisa meminta bantuan jasa fotografer, atau juga menggunakan model agar terlihat lebih menarik.

 

Tante saya yang jualan aksesoris dari kawat, menggunakan model dan pendapatannya bisa untuk menutup pembayaran model tersebut. Faktanya menggunakan model, jauh lebih menjual. Model bisa loh dari teman-temanmu sekitar jika budgetnya cekak.

 

Bolehlah sesekali membagikan tips untuk pembeli

 

Orang sudah bosan kali ya, dengan yang namanya promosi jualan. Sesekali bikin atau bagikan tips untuk mereka. Misalnya tips dalam merawat dompet, tips agar dompet selalu tampak baru, dan lain sebagainya. Bagikan tips tersebut di semua akun jualan anda.






 

Perhatikan dengan baik tampilan toko online

 

Produk kerajinan memang tidak selaris produk makanan, yang tiap saat dibutuhkan. Tetapi siapa tahu karena kita memajang banyak produk, konsumen yang awalnya cuma melihat-lihat jadi tertarik untuk membeli. Makanya diperlukan untuk memerhatikan tampilan toko online, milik kita. Pandangan pertama haruslah mampu menggoda, selanjutnya ... transaksi kemudian, ea ...

 

Untuk menarik perhatian calon pelanggan, agar betah berlama-lama, tugas kita harus melay-out toko online dengan cantik. Baik website, instagram, facebook, line, dan lain sebagainya. Supaya mereka kerasan, meskipun cuma stalking akun doang. Siapa tahu dari stalking, naik levelnya jadi pembeli rutin. Nggak ada yang bisa menebak ya kan?

 


 Membangun Website Agar Bisnis Semakin Dipercaya

 

 

Maraknya jualan online di Indonesia ini, bagi sebagian orang memberikan keuntungan, tetapi sebagiannya lagi justru memanfaatkannya untuk melakukan penipuan. Pernah dengar cerita penipuan online? Yang pesannya handphone, dikirimnya batu bata. Hal ini berdampak untuk penjual online yang jualannya, dengan niat yang sungguh-sungguh untuk menafkahi keluarga.

 

Lantas apa yang harus kita lakukan, untuk meminimalisir ketakutan calon konsumen? Mengingat sistem jualan online konsumen harus membayar/mentransfer sejumlah uang. Maka yang perlu kita lakukan adalah membangun kepercayaan, terhadap mereka; calon konsumen. Selain membangun toko online di marketplace, ada baiknya bangun kepercayaan konsumen dengan membuat website. Berikan pelayanan terbaik, yang bisa dilakukan untuk membuat trust kepada pembeli.

 

Website sendiri merupakan kepanjangan tangan sebuah produk agar makin di kenali. Website bisa jadi pintu awal calon konsumen mengenal produk lebih jelas, lebih lengkap, lebih detail, dan lain sebagainya agar terlihat seperti profesional. Gunakan template yang cantik, yang mudah diakses, katalog tersusun rapi dan seabgainya. Jika ada budget lebih beli template yang profesional sekalian. Ingat pandangan pertama harus menggoda.

 

 

 

Website harus memiliki domain dan hosting sendiri

 

 



qwords.com login qwords domain qwords vps qwords wordpress qwords promo hosting adalah hosting murah






 

Menurut Qwords.com, sebuah perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia, domain diartikan nama unik yang ditujukan untuk mengidentifikasi server di sebuah jaringan internet/komputer. Analogi simpelnya, domain ini sepetak tanah, sementara hosting merupakan bangunannya/rumah yang berdiri di atasnya.

 

Contoh nama domain dari situs anda di internet ini, seperti: com, net, org, co.id, web.id, dan lain sebagainya. Nah kalau saya sendiri memiliki website/blog pribadi, seperti yang sedang anda akses ini; nyipenengah.com. Tapi kalau untuk bisnis ya biasanya menggunakan nama bisnisnya/brandnya.

 

"Aku nggak bisa buat website nih, bingung juga dengan domain atau hosting!"

 

Nah, kan belum apa-apa udah mau nyerah. Ingat kesuksessan ada di tangan anda, jadi mau nggak mau harus belajar juga mengenali  semua hal yang mendukung bisnis. Salah satunya ya website ini. Tapi, kalau nggak mau ambil pusing soal hosting, serahkan aja kepada ahlinya.

 

Qwords.com Web Hosting di bawah naungan PT. Qwords Company International merupakan perusahaan penyedia jasa web hosting dan nama domain di Indonesia. Sejak 2005 Qwords sudah berdiri dan melayani lebih dari 35.000 pelanggan dari seluruh Indonesia dan dunia. Jadi, tinggal serahkan saja kepada Qwords.

 

Untuk pemilihan hosting, ada banyak yang ditawarkan oleh Qwords, seperti : Value Hybrid Performance, High Performance, Unlimited Hosting, Business Cloud Hosting, dan Wordpress Hosting. Semua disesuaikan oleh anda sebagai pembeli. Namun, untuk bisnis disarankan menggunakan Business Cloud Hosting. Karena performanya yang tinggi dan optimal, untuk website profesional perusahaan. 

 

Tenang, di Qwords terkenal dengan hosting murah, banyak pilihan, banyak fiturnya, dan banyak diskonannya.




Cara Membeli Hosting di Qwords

 

 


qwords.com login qwords domain qwords vps qwords wordpress qwords promo hosting adalah hosting murah






 

  • Kunjungi halaman Qwords hosting Indonesia
  • Pilihlah paket yang disesuaikan dengan kebutuhanmu. Seperti pada contoh Paket Web Hosting Business, pilih 'startup'.
  • Pilih yang sesuai dengan budget, karena aa pilihan pembayaran jatuh temponya. Untuk digunakan dalam rentang waktu, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, dan seterusnya lantas, 'Daftar Sekarang'.
  • Pada menu 'Pilihan Backup', anda diminta untuk memilih. Mau tanpa daily back up, atau mau dibackup dengan harga Rp45.000,- perbulannya.
  • Ketik nama domain yang anda inginkan, lalu klik 'cek domain' sampai anda menemukan nama yang paling cocok dengan bisnis yang digunakan dan pesan.
  • Pastikan biling yang masuk sesua dengan apa yang dipesan. Tambahkan juga voucher potongan, jika kamu memilikinya.
  • Isi lengkap data yang dibutuhkan, untuk keperluan membershipnya dengan register lebih dahulu. 
  • Melakukan pembayaran sesuai dengan pilihan yang telah disediakan. Dengan virtual account, credit card, gopay, ovo, setor tunai, indomaret/alfamaret, dan internasional bisa dengan visa/paypal.

 

Sampai di sini, semoga informasi yang saya tulis mengenai 'Tips Memulai Bisnis Kerajinan agar Sukses di Internet', dapat bemanfaat ya? Karena kebetulan saya memiliki usaha kerajinan juga, jadi siapa tahu, bisa membantumu. Karena berbagi tak pernah rugi, salam! 


Informasi Media Sosial Qwords


Facebook         : ​https://www.facebook.com/qwordsdotcom 
Instagram        : https://www.instagram.com/qwordsdotcom 
Twitter​              : ​https://twitter.com/Qwordsdotcom 
Youtube           : ​https://www.youtube.com/user/qwordsvideo
Website           : https://www.qwords.com/
 

Alamat Office :

 

Cyber Building 1, Lantai 3. Jl. Kuningan Barat no.8. 12710, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia.





 

Sumber artikel pendukung

 

www.qwords.com
https://www.instagram.com/nyipedesouvenir 


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku Apalagi membaca hatimu

Related Posts

113 comments

  1. Akan banyak peluang berbisnis di Internet, asalkan ada kemauan diri kitanya yaa. Alhamdulillah udah 10 tahunan ini mengenal dunia berbisnis onlen, cirle mentemen yang emang jualan onlen,makin seneng kalo dah berbagi di sana.
    Dan bener banget pentingnya website buat usaha, minimal biar profesional dan terpercaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Teteh udah mampir, jaman sekarang ya Teh kudu pinter-pinter sendiri cari peluang.

      Delete
    2. Bikin kerajinan emang seru ya mba Nyi. Dulu pernah jualan tas homemade via internet, lumayan rame peminat. Tapi ya itu, tantangan usaha sendiri susah konsisten.

      Delete
    3. Aku salut banget utk Nyi dan Jadi yg kompak banget bikin kerajinan & memasarkannya secara online. Thx utk sharing tips nya ya

      Delete
    4. sama-sama mba aku masih belajar juga ini

      Delete
  2. Dengan adanya internet justru usaha kecil bisa berkembang pesat karena pemasaran jadi tanpa batas ya, Nyi.

    Terimakasih informasinya. Saya masih mundur maju cantik nih mau bisnis apa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul teh, aku pernah ada pesenan dari India tapi cara kirimnya belum tau dan lebih mahal hehehe

      Delete
  3. Selama pandemi beli online terus, kecuali sembako dan makanan sehari-hari ya yang dekat rumah, karena sangat terbantu adanya toko online

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih aman juga karena nggak perlu keluar rumah ya Mba Wuri

      Delete
  4. Saya juga dulu awalnya bikin blog karena mulai berbisnis online, tapi seiring berjalannya waktu akhirnya keterusan dengan cerita-cerita ku sendiri. Semoga kita bisa sukses berbisnis dengan website yang kita punya.

    ReplyDelete
  5. Keren deh Mbak Nyi jualan online nya makin sukses dan melanglang buana. Aku dlu juga jualan online masih pakai Facebook tapi hehe. Sekarang udah off udah ga sempat. Tapi suatu hari nanti pingin juga jualan kerajinan hasil gambar anakku di barang2 gt kayak pouch, cover bantal, tas dll. Doain ya

    ReplyDelete
  6. Kalau orangnya kreatif, suka adaaa aja idenya yaa, Nyi.
    Dan kini saatnya kita bersahabat dengan dunia digital. Yang memungkinkan dagangan kita dikenal lebih luas lagi ke dunia tanpa batas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produknya Nyi cantik dan cakep-cakep.
      Kreatif banget, Nyi..
      Semoga dengan adanya dunia digital ini, semua bisa lancar dan mudah.

      Delete
    2. Nyi, ada jalan keluarnya gak yaa..kalau akun bisnis di IG di hack gitu..
      Bakalan dibebasin kalau nebus 600 ribu, katanya Nyi.
      Sedih banget ya...bisnis online di"kerjain" orang begini.

      Delete
    3. Uni makasih udah mampir. Sodaraku yang bisnis wire dihack udah ratusan ribu followernya akhirnya dia bikin lagi karena nggak bisa ngatasi orang-orang atau temen yang ahli IT

      Delete
    4. Ya Allah, Nyi...
      Sedih banget dengernya. Aku gak tau ini gimana kelanjutan temen aku. Sepertinya memang lebih aman bikin lagi yaa..tapi beneran jadi mulai dari nol tuh yaa..

      Delete
  7. Harus belajar banyak dari Nyi nih, aku baru mau merintis bisnis online nih. Tapi sementara nanti aku promosiin melalui blog ku dulu. BTW, aku juga pake hostingnya Qwords, udah 5 tahunan ini loh buat 2 blog ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qwords sahabat baik buat bisnis online ya Bun. Semangat kita

      Delete
  8. Memang makin ke sini, segala sesuatunya serba digital kan.
    jadi sungguh penting utk punya website dgn hosting yg kredibel.
    Alhamdulillah ada Qwords yg memahami kita semua ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba membantu kita-kita yang berkecimpung di dunia ngeblog

      Delete
  9. Wah kebetulan domain saya juga beli di qwords. Yuhuuu, betul semua sih yang ditulis di atas. Dg memiliki web sendiri, bisnis akan lebih dipercaya oleh calon pelanggan.

    ReplyDelete
  10. Lumayan murah ya bun, sebulan 100rb-an aja. Wah kudu cari web developernya nih biar mantap~

    ReplyDelete
  11. Betul sekali Nyi, pemasaran melalui internet menjangkau lebih luas ya.. Keren nih tips2nya.. insya Allah berkah ya Nyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang hampir sebagian besar usaha melakukan promosi secara online ya mba. Jangkauannya jadi lebih luas dan potensial menambah customer baru.

      Delete
    2. Aamiin ya Allah sukses juga buat mba Tanti

      Delete
  12. Foto produk memang jd salah 1 kunci penting ya nti kalo mo jualan online karena calon pembeli bisa lihat barang dari foto aja. Semoga toko online mu laris manis juga ya say

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih MOM, terima kas ih udah sering dilarisin juga.

      Delete
  13. Bener banget kak, ngikutin tren itu penting banget yesss, demi meningkatkan penjualan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak Joe, kalau ketinggalan trend kadang juaaln jadi sepi

      Delete
  14. buat hasil kerajinan gini foto produk emang wajib banget menjual yaaa hihihi, seru banget sebenernya bisnis kerajinan yg dibikin sendiri kaya gini yaa, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak Demi heheeh suka bikin kerajinan apa? Siapa tahu mau dibisniskan

      Delete
  15. foto produk memang salah satu kunci ya mbak, kalau fotonya burem atau ga jelas, mana ada yang minat beli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba Win, belajar memotret penting juga ya ternyata

      Delete
  16. Kalau misal enggak harus mengikuti tren gitu bisa nggak ya? Jadi misal kita ingin membuat produk yang unik, yang justru tak banyak orang lain membuatnya gituh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mba Uniek, kita yang menciptakan trend malahan bukan pengekor lebih keren

      Delete
  17. Saya pernah berjualan menggunakan website, memang lebih menguntungkan jangkauan pembelian lebih luas.

    ReplyDelete
  18. Baca ini jd banyak inspirasi nih aku baru jualan satu macam aja..hehe

    ReplyDelete
  19. Aku jujur pengen punya usaha bisnis mba. Tapi mentok nih mau usaha apa ya. Senangnya mba Nyo bisa berbagi tips dan semoga aku juga bisa punya usaha seperti mba ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih dari kegemaran mba Lid aja apa hehehe nanti baru jualan dari hal yang disenangi

      Delete
  20. wah, kerajinan tangannya banyak juga ya. internet bisa membuat banyak orang melakukan banyak hal dengan ide2nya. makin kreatif dan aktif.

    Btw, aku juga beli domain di Qwords. pelayanannya bagus dan ga mengecewakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain yang aku tulis di atas emang banyak banget mba Lita
      Qwords udah dipercaya banget ya mba asli

      Delete
  21. Setuju sih mba jualan online menjangkau pasarnya lebih luas dan minim resiko tapi sayangnya aku buruk manajemen jualan apapun kayaknya berenti hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sedang belajar mengenali pasar nih mba hehehe pelan-pelan belajar diriku

      Delete
  22. Berbisnis kerajinan dan memasarkannya di internet jika rajin dan tekun Insya Allah akan banyak keuntungan ya Nyi. Sudah banyak contoh sukses usaha di bidang ini. Siapapun bisa mencobanya.

    ReplyDelete
  23. Setujuuu banget sama tips pakai foto yang menjual. Jualan online memang bener bener rely on foto produk ya mbak. Kalau fotonya nggak menarik, jarang yang melirik.

    ReplyDelete
  24. Memang kerajinan bisa banget dipasarkan secara online. Apalagi di tengah situasi sekarang ini. Orang-orang nggak mungkin ke luar rumah hanya karena ingin beli pernak-pernik doang. Iya kan ya. Apalagi kalau sudah ada websitenya. Lebih top dah...

    ReplyDelete
  25. wah keren banget mbak ini tipsnya penjualan melalui internet emang jangkauannya bisa lebih luas dan lebih cepat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba nggk harus kita terus yang impor produk ya, bisa juga kita ekspor

      Delete
  26. keren banget ini tips yang diberikan, jadi bikin semangat yang ingin mencoba peruntungan bisnis di era digital seperti sekarang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaksih sudah mmapir mba Andi, bener banget kudu melek go digital

      Delete
  27. Emang internet tuh bikin hidup makin mudah ya Nyi. Mau cari kebutuhan apa pun juga dengan mudah bisa didapat di internet. Peluang ini yang bisa ditangkap.
    Meski tampak mudah, tapi sebenernya perlu trik khusus supaya pasar di internet yang cocok dengan barang kita bisa lihat barang kita. Tips dari kamu menarik nih.

    ReplyDelete
  28. Sementara jualanku di marketplace dan iG sama banyakan malah offline...temen-temen di kantor ehehehe

    ReplyDelete
  29. Kalau ada bisnis kerajinan dan modalmya minim jadi ngebantu juga untuk memulai usaha di masa pandemi seperti sekarang ya mba

    ReplyDelete
  30. Aku pake QWords looo..
    Sudah susah pindah ke lain hati, eh, lain QWords ^^
    Layanannya user friendly. Yakin!

    ReplyDelete
  31. Salut sama perajin dan crafter yang kreatif dan inovatif, setelah produk jadi harus bisa mempromosikan dengan baik ya secara daring dan offline..

    ReplyDelete
  32. Step by step nya runut dan mudah dipahami oleh orang yg awam soal bisnis kaya aku, jd pengen share soal ini ke ibuku beliau suk membuat kerajinan

    ReplyDelete
  33. Banyak juga ya peluang bisnis kerajinan. Kalau aku dulu pernah jualan produk bros dari kain flanel. Berjualan online memang banyak keuntungannya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  34. UMKM kudu banget menjangkau pasarnya sejauh mungkin dan kalau bisa emang buka 24 jam ya. Dengan go online semuanya bisa direngkuh!

    ReplyDelete
  35. Banyak kerajinan yang memang bisa berpotensi laku di pasaran ya mba.. platform digital sekarang akan sangat membantu

    ReplyDelete
  36. kalauaku, cari testimoni dengan keyword yang sama dengan si penjual, hehehe selain betul mba Nyi, tampilan website juga bisa menjadi pertimbangan ya.

    ReplyDelete
  37. Kerajinan memang banyak banget ya jenisnya. Dan memang banyak juga peminatnya setahu aku. Tapi kalau di zaman digital sekarang enggak jualan online ya ketinggalan ya, hehehe. Selain itu jualan online memang memperluas pasar sih.. jadi udah kaya keharusan gitu ya berbisnis secara online di era digital ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyayaa, kak..
      Kalau lagi lihat-lihat di e commerce itu asa gemaash sama kerajinan yang warna-warni.
      Makin bangga menggunakan produk UMKM.

      Delete
    2. Asli mba Diah, hehehe kalau nggak mau go digital akan banyak ketinggalan banget

      Delete
  38. Aww aku ngefans lho dari kraft kreasi2nya Kak Nyi ituuh, gemas-gemas. Ternyata dari modal kecil ini banyak bisa mengkreasikan hasil kerajinan ya, apalagi sekarang tuh orang2 pada suka yang lucu2 gitu. Pun dengan ditambah strategi penjualan yang tepat, banjirlah orderan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba hehehe jadi malu. Doakan terus ya semoga bisa bertahan nih usahanya

      Delete
  39. Bila bisa menghasilkan kerajinan tangan, zaman sekarang ini ternyata sangat mudah untuk di pasarkan dengan olshop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak. Yuk bantu pasarkan kerajinan di lingkungan sekitarmu

      Delete
  40. Thank you tips nya mba,,, aku juga kepikiran untuk jualan online juga tapi apa ya yang ku bisa. Btw kerajinan mba Nyi bagus banget. Semangat ya mba, sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak asti jualan skincare aja hehehe yang udah paham dibidangnya

      Delete
  41. kebeteulan saya sedang merambah bisnis mba, artikelnya sangat bermanfaat buat saya yang pemula pula dalam membuka usaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba meski hanya pengalaman kecil ya semoga bermanfaat

      Delete
  42. Wah in menarik banget tips dan infonya sangat membantu banget. Salut juga sama Kakak yg udh mau berbagi pengalamannya dan bisa bikin usaha sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedang belajar membangun nih kak Reva, semoga kita semua dimudahkan dan sukses ya aamiin

      Delete
  43. thanks infonya soal qwords, mba, aku tuh sempat berencana untuk migrasi hosting hehehe cuma masih cari yang sekiranya cocok dan pelayanannya oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat bunda Biya siapa tahu cocok ya dengan qwords aamiin

      Delete
  44. Wah kerajinan tikar anyaman gitu lagi banyak juga diminati. Bisa dipasarkan dg sistem PO juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak Gio tikar anyaman bisa dibikin berbagai macam dengan bahan anyaman.
      Laris buat properti foto biasanya

      Delete
  45. Setuju banget neh, sekarang jualan nggak susah-susah, cukup lewat internet semua lancar, tinggal mantenance penjualan ya Kak

    ReplyDelete
  46. Dulu aku pernah jual aksesoris bros bikinan sendiri. Smpt juga belajar dr yutub bikin tas mini tp gak dijual krn gak sebagus itu hhaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu terus berlatih dan jam terbang dibanyakin pasti bisa mba Vin hehehe

      Delete
  47. Untuk harganya terjangkau banget ya, apalagi untuk yg ingin memulai nih. Sangat membantu sekali bagi para UMKM yang mau berkembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya Mba Dwi Qwords mengerti banget kebutuhan UKM yang perlu dibantu

      Delete
  48. Emang selama pandemi aku juga selalu belanja online nih mba jadi gak kemana2 lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih aman dan nyaman ya Mba Rummy nggak perlu keluar rumah.

      Delete
  49. saya malah belum pernah jualan dengan membuat web hosting sendiri, web cuman untuk ngeblog jualannya di marketplace. boleh juga ni tips2 nya uk dicoba jualan di marketplace. makasi infonya mba

    ReplyDelete
  50. zaman sekarang kalau mau usaha lancar memang harus melek teknologi ya Nyi. harus punya website atau minimal media sosial laah

    ReplyDelete
  51. banyak sekali peluang bisnis yang bisa dikepakkan di internet ya mba aku pun tmsk pelaku ukm tp aku geraknya di makanan hehe

    ReplyDelete
  52. Pengen banget punya bisnis di bidang kerajinan, karena menurut aku bisa bebas eksplor dan tentunya unik. Thanks ya tipsnya berguna banget buat dikemudian hari nanti kalau mau memulai berbisnis kerajinan.

    ReplyDelete
  53. karena sekarang eranya online dan serba digital, semua UMKM/pengusaha kudu aware dan menguasai hal ini ya.
    Kece nih artikelnya.

    ReplyDelete
  54. Kalau belajar dari yang berpengalaman ini jadi tahu kalau kerajinan buat usaha ternyata minim resiko, di pikiranku tuh kalau kriya begini lebih dinomor sekiankan karena fungsi paling hanya sebagai pajangan bukan sehari2 gitu, ternyata lho kalau yang unik2 dan lucu2 dijadikan fungsional kaya sampul buku gitu bs jadi banyak peminatnya yaa

    ReplyDelete
  55. Kalau bisnis harus bisa menganalisa harga pesaing atau kompetitor itu benar banget, kita juga harus punya harga modal dan bisa menghitung untung-rugi nya...

    Apalagi sekarang jaman nya serba online, jadi bikin e-commerce pun mudah, terutama ada qwords ya kak, disana paket2nya murah kok... saya juga pengguna Qwords..

    ReplyDelete
  56. Terima kasih atas tips nya kak,

    Iya benar sekali, di jaman yang sudah semakin maju seperti saat ini, kemajuan teknologi begitu memudahkan untuk proses jual beli produk.

    Namun untuk mempercepat penjualan produk, tentu harus dirancang dan ditentukan strategi yang tepat.
    Seperti harga produk, pengemasan produk, tampilan produk di foto pemasaran, kualitas, pemilihan pasar yang tepat, dan tentu saja kualitas bahan produk. Semua harus diperhatikan dengan sungguh. Agar tercipta efektifitas dan efisiensi penjualan. Dan, agar tetap bisa bersaing dengan produk lain dari toko lain.

    ReplyDelete
  57. iya nih, yang pertama dibangun saat berbisnis adalah trust
    mendapatkan kepercayaan orang-orang
    dan adanya official website yang keren, bisa menjadi penunjang trust itu

    ReplyDelete
  58. makasih tipsnya, Mbak. Aku suka liatin lho hasil-hasil kerajinan Mbak Nyi Penengah. Semoga sukses selalu ya. Salut banget, karena aku tahu susah susah gampang berjualan kerajinan tangan ini.

    ReplyDelete
  59. Kalau mau berbisnis, sebenarnya banyak banget barang yang bisa dijual. Asal kitanya mau saja. Makasih lho tipsnya. Lain waktu bisa dicoba

    ReplyDelete
  60. jualan produk kerajinan ini salah satu solusi mengatasi masalah keuangan di masa pandemi ya mbak. Apalagi kalau kerajinan itu bisa kita buat sendiri, atau misalnya ada tetangga, teman, saudara yang pinter bikin kerajinan, kan bisa kita jualin tuh.hehe
    Nah, terkait web hosting di qword ini lumayan terjangkau ya, jadi pas banget untuk pebisnis UMKM

    ReplyDelete
  61. Tipsnya sangat bermanfaat, Mbak. Sebagai pedagang online, saya harus terus meng-upgrade ilmu digital marketing juga untuk lebih bisa mengenali dan memahami tuntutan pasar agar kita bisa survive dan maju. Laris manis usaha kerajinannya ya, Mbak 😊

    ReplyDelete
  62. Peluang bisnis di internet memang bagus banget kak karena saat ini juga orang-orang lebih senang belanja obline belum lagi platform e commerce menyediakan toko online lebih mudah tinggal foto-foto produk jualan dan upload deh.

    ReplyDelete
  63. Bisnis bikin kerajinan memang cocok bgt utk yg bertangan kreatif. Tinggal mengelolanya saja lagi agar lebih terpercaya.

    ReplyDelete
  64. Wah kerwn tuh idenya dan langkah langkahnya juga bagus

    ReplyDelete
  65. Ga butuh banyak modal ya mba, aku sih setuju dengan adanya internet bisa menjangkau seluruhnya jadi bisnis bisa berjalan

    ReplyDelete
  66. Zaman now, kehidupan kita makin dipermudah dengan adanya internet termasuk untuk memulai bisnis. Banyak kisah sukses pebisnis kecil yang mulai naik setelah melakukan pemasaran di internet.

    ReplyDelete
  67. Sepakat banget sama tulisannya. Aq juga beli kerajinan di Internet mba. Lebih mudah nyari, bandingin harga meski ga bisa pegang langsung barangnya. Dan tinggal transfer trs tunggu barang datang deh

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email