Cara Membersihkan Microwave dengan Benar

By Nyi Penengah Dewanti - Monday, November 02, 2020


Cara Membersihkan Microwave dengan Benar - Banyak manfaat yang didapat jika Anda memiliki microwave, beberapa di antaranya seperti mengembalikan tekstur renyah dalam makanan, membuat rempah kering, mempercepat dalam proses pemanggangan roti, melelehkan makanan beku, melembutkan kue dan lain sebagainya.



cara membersihkan microwave dengan lemon cara membersihkan microwave dengan baking soda
Cara Membersihkan Microwave dengan Benar



 

Manfaat microwave dinilai sangat memudahkan Anda dalam menghasilkan makanan yang diinginkan. Masalahnya, microwave seringkali menghasilkan noda yang menumpuk dan bermasalah setelah memasak, sehingga Anda harus membersihkannya dengan hati-hati agar microwave tetap awet dan tahan lama.

 

Untuk menjawab masalah noda yang ada pada microwave, Artikel ini akan membahas bagaimana cara membersihkan microwave dengan benar berdasarkan bagian-bagian microwave serta masalah yang sering muncul setelah Anda memasak dengan menggunakan microwave. Beberapa di antaranya adalah:

 

1.         Bagian Pintu Microwave yang Berlemak

 

Untuk membersihkan bagian pintu yang biasanya berlemak atau berminyak, langkah yang harus dilakukan adalah dengan terlebih dahulu membasahi spons dengan air dan sedikit baking soda atau soda kue. Setelah itu lap dengan kain lembab untuk membilas sisa baking soda yang ada di pintu.

 

Bila pintu microwave dipenuhi dengan minyak yang berlimpah, langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat campuran air dan cuka sebanding 50:50. Rendam kain dalam larutan tersebut dan lap hingga kering.

 

Saat Anda membersihkan bagian pintu, usahakan jangan semprot air baking soda atau air campuran cuka secara langsung di pintu, supaya microwave tidak cepat rusak dan tetap berfungsi normal.



 

cara membersihkan microwave dengan lemon cara membersihkan microwave dengan baking soda
Bagian Dalam Microwave



2.         Bagian Dalam Microwave

 

Ketika Anda ingin membersihkan bagian dalam, langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan cara menyiapkan 1 cangkir air dan perasan lemon ke dalam mangkuk anti panas microwave, Anda juga dapat menambahkan cuka apel atau cuka putih sebanyak 1 sendok.

 

Kemudian masukan larutan ke dalam microwave, tutup, dan panaskan dalam suhu tinggi sampai air mendidih. Jika sudah, lap dengan menggunakan sponge sampai microwave bersih dan berkilau.

 

3.         Bagian Luar Microwave

 

Langkah membersihkan luar microwave adalah langkah yang paling mudah dilakukan, bila dibandingkan dengan bagian-bagian microwave lainnya. Untuk membersihkannya, cukup gunakan cairan deterjen atau pembersih lain pada kain lap. Usap pada seluruh bagian microwave yang kotor dan biarkan hingga mengering.

 

Lagi-lagi seperti yang disarankan, jangan menyemprotkan air detergen atau air sabun secara langsung ke microwave. Ini bertujuan agar microwave tidak rusak dan bisa dipakai dalam waktu yang lama.

 

4.         Microwave Dengan Sisa Makanan yang Menempel

 

Kadangkala bagian dalam microwave masih tersisa makanan yang mengering hingga menghasilkan noda yang membandel. Sisa makanan tersebut biasanya menempel di sela-sela meja putar microwave.

 

Untuk mengatasi masalah makanan yang menempel dalam microwave, sediakan cairan pembersih, cuci dengan air sampai berbusa dan lap hingga kering. Sebelum melakukan hal ini, baca terlebih dahulu buku manual kerja microwave dan lihat apakah meja putar microwave tetap aman dibersihkan menggunakan detergen atau tidak.




cara membersihkan microwave dengan lemon cara membersihkan microwave dengan baking soda
Microwave Dengan Bau yang Mengendap


 

5.         Microwave Dengan Bau yang Mengendap

 

Bau mengendap dalam microwave berasal dari makanan yang sebelumnya dimasak, namun aromanya masih tetap ada dan mengendap ketika Anda ingin memasak makanan yang baru.

 

Bila ingin menghilangkan bau yang tidak sedap dalam microwave, cara yang harus dilakukan adalah dengan membuka lebar-lebar pintu microwave dalam waktu yang lama. Bila hasil tidak memuaskan, masukan semangkuk soda kue atau baking soda ke dalam microwave. Baking soda dipercaya ampuh di dalam menyerap bau makanan yang ada di dalam microwave.

 

Apabila bau dalam microwave masih sangat kuat yang biasanya terjadi karena bahan makanan yang gosong, langkah yang dilakukan adalah dengan membersihkan sisa makanan di dalam microwave dan masukan gel penyerap bau. Biarkan beberapa menit sampai bau gosong menghilang.

 

Catatan

 

Selain mengetahui cara membersihkan microwave, hal yang juga patut Anda perhatikan adalah dengan mengetahui cara merawat microwave dengan baik.

 

Perawatan microwave dapat dilakukan dengan cara selalu menutup rapat pintu microwave setelah selesai menggunakannya, rajin membersihkan microwave, hindari penggunaan bahan logam saat memasak makanan, matikan microwave saat tidak digunakan dan selalu servis microwave secara berkala. Ini semua akan mendukung cara kerja microwave tetap baik dan terjaga.

 

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan microwave dengan benar. Ikuti petunjuk-petunjuk yang telah disebutkan, semoga microwave Anda tetap awet dan tahan lama, sehingga Anda dapat menghasilkan berbagai makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Selamat mencoba!

 


  • Share:

You Might Also Like

16 comments

  1. ga punya microwave mbak kebetulan tapi mertuaku punya hahaa saya info mertuaku aja deh biar microwavenya awet :)

    ReplyDelete
  2. Aku setiap habis menggunakan microwave biasanya langsung dibersihkan karena kalau nanti-nanti keburu lupa.

    ReplyDelete
  3. wah tips ini berguna banget buat microwave di rumah. Bakalan coba diaplikasikan dengan bantuan mama hahaha!

    ReplyDelete
  4. Makasih idenya mba. Jadi ingat punya micorowave tapi malah udah lama banget nggak digunakan. Kayaknya harus aku bersihin deh :)

    ReplyDelete
  5. Bookmark dulu.. ternyata microwave tuh harus dibersihkan juga ya. Duh cocok gak ya untuk orang yg males dan banyak alasan kaya saya hahaha

    ReplyDelete
  6. Pas banget nih ovenku belum dibersihin. oven sama microwave itu mirip ya cara bersihinnya. suka takut salah soalnya.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih mba, bermanfaat bgt ini, biasanya klo bersihin cm di lap2 pake kain basah doang. Haha, klo pake cara ini pasti jd awet ya

    ReplyDelete
  8. Iya lho kebersihannya ngaruh ke kualitas hasil baking. Kalo kotor gitu biasanya baunya malah campur aduk bikin eneg 😅

    ReplyDelete
  9. Baru tau kalo bersihin microwave itu ada step-stepnya dan gabisa seenaknya yaa hehe Selain membersihkan cara perawatannya pun perlu diperhatikan juga yaa

    ReplyDelete
  10. sebagai perempuan yang baru saja belajar masuk dapur dan merawat perlengkapan dapur atau alat masak gini, ini sangat bermanfaat sekali buat saya mba

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah sudah melakukan cara-cara diatas. Tapi sekarang ini aku jadi lebih suka oven dibanding microwave hehehe.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah aku udah menjalankan semua itu tapi sekarang lebih suka oven sekarang daripada microwave.

    ReplyDelete
  13. Aku udah lama banget gak bersihin microwave, hehehe..
    Soalnya lama juga gak make, karena wattnya gede.

    ReplyDelete
  14. Aku ga punya kicrowave sih tp informasinya bikin aku tahu kalo nanti pny microwave hrs sering2 dibersihin yah 👌

    ReplyDelete
  15. Aku dirumah adanya toaster hehe biasanya habis ngangetin aku pasti langsung cuci si tampannya nice artikel mba

    ReplyDelete
  16. kemarin suami mau beliin microwave, tapi saya ragu2 karena takut rusak gara2 saya gak bs bersihkannya. apalagi kan itu harganya mahal ya. setelah baca ini, jd ngeh deh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat