Sinopsis dan Review Drama Korea Alice di SBS TV

By Nyi Penengah Dewanti - Tuesday, September 22, 2020

 

Sinopsis dan Review Drama Korea Alice di SBS TV- Lagi-lagi saya kembali jatuh cinta dengan drama Korea terbaru, berjudul Alice yang tayang di SBS dan dibintangi oleh Kim Hee-sun, Kwak Si-yang serta Joo Won.


Sinopsis dan Review Drama Korea Alice di SBS TV
Flyer Promosi Drama Korea Alice


K-Drama Alice bercerita tentang Sejoli penjelajah waktu, yang ditugaskan mengambil 'Kitab Nubuat' untuk disimpan. Tetapi dalam perjalanan tersebut, salah satu diantara mereka memilih untuk tinggal dan kitabnya hilang. Apa yang terjadi setelahnya? Kekacauan terus datang, dan Alice (Aelliseu) memiliki penayangan 32 episode yang menarik untuk ditonton.

 

Sinopsis Drama Korea Alice 2020

 

Park Jin-kyum adalah detektif yang tidak bisa menunjukkan emosinya. Ia tidak mengenal sedih, cinta, dan emosi lain untuk menunjukkan ekspresi. Ketika menyelidiki sebuah kasus, ia dihadapkan pada hal yang mustahil bahwa adanya penjelajah waktu (time traveler). Para penjelajah waktu itu datang dan pergi, ke masa depan melalui ruang yang bernama Alice.

 

Park Jin-kyum harus melindungi Yoon Tae-yi, seseorang yang persis dengan ibunya yang sudah meninggal di masa yang ia jalani. Pertemuan tersebut, seperti sebuah reuni yang ditakdirkan. Te-yi seorang ahli fisika, ia profesor jenius yang memegang kunci perjalanan waktu dan diburu untuk dibunuh. Di tengah pengungkapan kasus perjalanan waktu, ternyata ada banyak rahasia di belakangnya. Apakah kasus tersebut akan terpecahkan?

 

 

Pemeran Inti Drama Korea Alice 2020

 


Sinopsis dan Review Drama Korea Alice di SBS TV
Pemeran Drama Korea Alice

 



  • Kim Hee-sun, berperan sebagai Yoon Tae-yi, dan Park Sun-young. Sebagai ibu park Jin-gyeom penjelajah waktu yang memilih tinggal, karena ingin membesarkan anak dan harus meninggal terbunuh di gerhana bulan merah darah. Ia juga berperan sebagai profesor, di masa depan yang cerdas.
  • Joo Won sebagai Park Jin-gyeom, berperan sebagai anak Park Sun-young yang tidak memiliki emosi. Dia menjadi detektif, karena ingin mengungkap kebenaran siapa pembunuh ibunya.
  • Kwak Si-yang sebagai Yoo Min-hyuk, bapak dari detektif Park
  • Lee Da-in sebagai Kim Do-yun
  • Kim Sang-ho sebagai Go Hyeon-seok
  • Choi Won-young sebagai Suk Oh-won
  • Choi Jung-woo sebagai Ayah Yoon Tae-yi
  • Oh Young-shil sebagai Ibu Yoon Tae-yi
  • Yeonwoo sebagai Yoon Tae-yeon, Adik Yoon Tae-yi

 

 

Drama Korea Alice 2020 Mengisahkan Perjalanan Waktu yang Penuh Misteri

 

Episode 1 Drama Korea Alice 2020, menceritakan monolog antara Yoon Tae-yi dan Yoo Min-hyuk. Bahwa mereka adalah penjelajah waktu, mereka datang dari tahun 2050 ke tahun 1992. Monolog itu diucapkan saat mereka keluar dari sebuah tempat mengendarai mobil, yang bernama Alice. Pada tahun 1992, mereka masuk ke rumah seorang profesor Jang Dong-shik (Jang Hyun-sung) untuk mengambil 'Kitab Nubuat'.

 

Tapi sayangnya kitab tersebut sudah diambil oleh penjelajah waktu (Lee Se-hoon) yang lebih dulu datang, ia membunuh profesor Jang Do-shik dan akan menghabisi anaknya juga. Untunglah Yoon Tae-yi dan Yoo Min-hyuk menyelamatkan anak tersebut. Kasihan anak umr 5 tahun, melihat ayahnya langsung dibunuh di hadapannya. Tapi sebelumnya anaknya ini bersembunyi di bawah meja, dan membawa sobekan buku dari kitab nubuat di lembar terakhir. Ia mengalami trauma dan syok. Lembar terakhir tersebut adalah kunci, sampai dengan episode Alice ke-9 yang saya tonton lembar terakhir ini belum muncul.

 

Yoon Tae-yi dan Yoo Min-hyuk adalah penjelajah waktu yang berstatus suami istri. Jadi selama mereka melakukan penjelajahan waktu, kalau dalam keterangan subtitle sih disebutnya 'lubang cacing/lorongwaktu'. Tae-yi mengalami masalah, yang langsung dibawa ke dokter dan dikatakan hamil 12 minggu dan bayinya akan mengalami kondisi yang tidak bagus. Entah karena apa, ini dokternya belum menyimpulkan sih.

 

Sinopsis dan Review Drama Korea Alice di SBS TV
Park Jin-gyeom dan Profesor Yoon Tae-yi



Dalam perjalanan pulang ke hotel, mereka dikejar oleh polisi karena ketahuan ada pada lokasi pembunuhan profesor. Yoo Min-hyuk menyuruh Tae-yi turun dulu dari mobil untuk kembali ke hotel, agar selamat sementara ia mengecoh polisi. Tapi ternyata Yoon Tae-yi kabur dari hotel, bersama kitab Nubuat. Ia ingin hidup seperti manusia biasa, membesarkan anaknya dan tidak ingin menggugurkan. Soalnya Min-hyuk ingin anaknya digugurkan, agar tidak cidera ketika melewati lubang cacing. Surat yang ditinggalkan Tae-yi untuk Min-hyuk, berisikan surat perpisahan. Bahwa ia memilih untuk tinggal di tahun 1992 membesarkan anak, dan Min-hyuk dipersilakan untuk memilih Alice.

 

Tae-yi hidup dengan identitas baru bernama Park Sun-young, dan melahirkan anak laki-laki yang diberi nama Park Jin-gyeom. Sepulang dari pasar Sun-young mendapati anaknya sedang bermain, "Boleh ibu bermain besamamu?" tanya Sun-young kepada anaknya dan ia mengangguk. Pas ngeliat, Jin-gyeom bermain kinjeng/kumbang ini eh dipotolin itu sayapnya, dan dipites kepalanya. Aduh! ... jadi ingat adegan Ko Moon-young di K-drama Its Okay Not to Be Okay pas motelin sayap kupu-kupu. Dari sinilah Sun-young sadar bahwa anaknya, benar-benar menderita penyakit yang tidak bisa menunjukkan emosinya. Datar aja gitu, termasuk pas emaknya usus buntu berdarah perutnya di bawa ambulan cuek aja. Bahkan petugasnya menyuruh dia untuk ikut tapi ditolak.

 

"Kemasi barangmu ayok ikut!"

 

"Aku tidak ikut, besok aku sekolah". (secuek itu lho hiks!).

 

Tetapi Sun-young tetap memeriksakannya, dan dokter bilang anaknya menderita penyakit yang nggak punya emosi. Ia berjanji akan menyembuhkan anaknya sendiri. Bagian anaknya tumbuh ini dipercepat sih, Jin-gyeom udah SMA dan tiba-tiba ia dituduh membunuh siswa yang bunuh diri dari atap gedung sekolah. Nantinya bagaimana tonton sendiri ya, eheheh kelanjutannya. Seru banget! Perjuangan Sun-young mengungkapkan kebenaran bahwa anaknya tidak membunuh, sungguh luar biasa.


 

Sinopsis dan Review Drama Korea Alice di SBS TV
Park Jin-gyeom


Cerita semakin menarik dan seru ketika di malam ulang tahun ibu park Jin-gyeom ini, saat bulan purnama merah darah datang ibunya yang lagi beli soju yang habis dikejar oleh drone. Drone yang seperti lebah itu datang, nyenterin lampu warna merah ke Sun-young. park Jin-gyeom mulai curiga nih, kok ibunya nggak balik-balik. Ketika dicari, nggak ketemu tapi ada pecahan sojunya. Pas balik ke rumah ibunya udah meninggal. Di saat yang sama pula, kitab itu diambil profesor. (Ceritanya di buat teka-teki sih. Siapa yang ngambil kitabnya awalnya nggak dikasih tahu. Terjawab di episode lanjutan).

 

"Kalau suatu saat nanti kamu bertemu orang yang mirip ibu. Berlagaklah pura-pura tdak kenal", itulah pesan almarhumah sebelum menghembuskan nafas terakhir.

 

Cerita bergulir, tentang anak kecil yang diculik tiga hari tidak kembali. Ternyata bersama ibunya (Han Sun-hee), eh padahal ibunya yang asli ke luar negeri lho. Jadi siapa dia? Lantas ada lagi, anak SMA yang dibunuh oleh anak muda juga. Ternyata anak yang membunuh itu, dulunya adiknya yang berusia 5 tahun. Mereka berdua datang dari masa depan, untuk membalas dendam, membalas hal-hal yang pernah gagal mereka lakukan. Tapi ya bagaimanapun, ada konsekuensinya. Nah, ALICE ini ada karena menjalankan keinginan-keinginan orang-orang yang kecewa atas apa yang terjadi.

 

Selain itu tidak hanya ada ALICE, ada juga agen penjelajah waktu lain yang menjalankan misi untuk membunuh orang-orang di masa lalu agar ia tidak hidup dan membuat kekacauan. Kekacauan yang dimaksud di sini mungkin, adanya formula ciptaan yang bisa membuat orang kembali ke masa lalu. Tae-yi kan diceritakan profesor yang pinter banget, cerdas, bisa memecahkan apapun termasuk kecanggihan teknologi.

 

Ada yang namanya Kartu jelajah waktu, membuat orang-orang yang pergi ke masa lalu dan bisa kembali lagi dengan kartu tersebut. Ibu park Jin-gyeom juga memilikinya, itu satu-satunya kenangan yang dimiliki kepada ibunya. Ia menemukan kartu yang sama, ketika menangkap Yang Hong-seob (Lee Jung-hyun) penjelajah waktu yang bengis dan melanggar aturan. Soalnya dia sampai berani membunuh, pada Episode 2.

 

 

Sinopsis dan Review Drama Korea Alice di SBS TV
Yoon Tae-yi dan Yoo Min-hyuk


Kesan Nonton Drama Korea Alice

 

 

Episode Review Drama Korea Alice akan berjalan sampai dengan 32 episode, jadi masih panjang. Sampai detik ini udah ada 16 episode yang udah ditayangkan, dan saya baru sampai episode 12. Mengambil jeda sejenak dalam menonton, eheheh ... biar ini mata nggak jereng kan di depan layar handphone terus.

 

K-Drama Alice, nggak bakalan bikin bingung kok ketika nonton. Karena sudah dijelaskan monolog diawalnya, bahwa mereka ini adalah agen penjelajah waktu yang menjalankan misi untuk mengamankan kitab Nubuat. Yang bikin nyesek sih, park Jin-gyeom yang berusaha untuk memiliki emosi. Apalagi dia bertemu dengan orang yang mirip ibunya, yang kalau ditarik kesimpulan sih sepertinya profesor yang dekat dengan dia sekarang itu masa lalu ibunya. Makanya ia pengen menjaga sekali, profesor Tae-yi tetap aman.

 

Genre Drama Korea Alice adalah fantasi, science fiction, misteri, dan juga melodrama yang dikawinkan. Hasilnya tidak mengecewakan, bikin baper malah. Apalagi kalau si Min-hyuk tahu bahwa detektif Park itu anaknya, makin nyesel tuh dia berusaha beberapa kali membunuh agar kliennya di Alice bisa diambil dengan selamat. Paling bikin mau ngakak ya, pas dia bilang "Wajahmu ditemukan di CCTV tahun 1992, tapi mengapa sampai saat ini kamu tidak berubah menjadi tua?"


Sinopsis dan Review Drama Korea Alice di SBS TV
Park Sun-young


 

Saya jadi menimbang-nimbang dan membayangkan, mereka datang dari tahun 2050 saya udah tua banget tahun segitu. Harapannya sih masih diberikan umur yang panjang ya, bisa hidup membersamai anak dan cucu, aamiin. Siapa yang tahu umur ya kan? Tapi saya juga mengambil kesimpulan dari Drama Korea Alice, pas adegan Tae-yi kecil yang profesor itu pernah bertemu dengan detektif Park kecilnya pas di wahana taman bermain dan ibunya Sun-yoeng memotret mereka. Bisa jadi seseorang yang kita temukan sekarang, sudah bertemu kita sebelumnya hanya saja kita tidak menyadari.

 

Jadi ingat Hadist muslim, yang berbunyi demikian,"Dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu beliau berkata, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam menyampaikan kepada kami dan beliau adalah orang yang benar dan dibenarkan, “Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya sebagai setetes mani (nuthfah) selama empat puluh hari, kemudian berubah menjadi setetes darah (‘alaqah) selama empat puluh hari, kemudian menjadi segumpal daging (mudhgah) selama empat puluh hari. Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya ruh dan diperintahkan untuk ditetapkan empat perkara, yaitu rezekinya, ajalnya, amalnya dan kecelakaan atau kebahagiaannya. Demi Allah yang tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain-Nya. Sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli surga hingga jarak antara dirinya dan surga tinggal sehasta. Akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli neraka maka masuklah dia ke dalam neraka. Sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli neraka hingga jarak antara dirinya dan neraka tinggal sehasta. Akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli surga  maka masuklah dia ke dalam surga.” (HR. Bukhari, no. 6594 dan Muslim, no. 2643).

 

MasyaAllah! Luar biasa ya, dari sebuah tontonan kita bisa mengambil banyak hikmah dan peringatan di dalamnya. Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan, dan kelancaran dalam berkehidupan di dunia. Aamiin.

 

Next kalau udah tamat saya akan menulis review Alice lagi, insya Allah dan mungkin akan menulis postingan 7 Alsan Drama Korea Alice Wajib ditonton.

 

Baca juga :

Zombie Detective Drama Korea Terbaru Choi Jin-hyuk

 

Sumber tulisan

 

https://rumaysho.com/16173-rezeki-sudah-ditetapkan-ketika-dalam-rahim-ibu.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Alice_(seri_TV)


 

  • Share:

You Might Also Like

25 comments

  1. Iya nih, sering muncul di Explore IGku, cuma aku anti ongoing hahaha, dan suka yang lucu, tapi nunggu kelar tayang deh baru coba lihat

    ReplyDelete
  2. Waw, penggemar drakor banget ya mbak Nyi nih. Aku blas nggak ngikutin. Btw takut juga kalau ngikutin harus ikutin terus kan kepo akut ya

    ReplyDelete
  3. Setiap drakor pasti ada aja pesan moral yang sampai ya. Dan benar-benar tersampaikan karena akting dan ceritanya benar-benar kena emosinya..

    ReplyDelete
  4. Wah 36 ep ya..lumayan panjang ya. Apa aku bisa ya nontonnya? Hihi..ntar baca review akhirnya saja ah..

    ReplyDelete
  5. aku mau nonton ini mbak, tapi nunggu episodenya banyak dl hahaa skrg nungguin flower of evil 1 lagi aja gregetan :)

    ReplyDelete
  6. Wah menarik ya...jadi inget pernah ada serial barat jaman aku SMP dulu..dia bisa mencegah terjadinya kematian setelah orang itu mati. Jadi misal aku mati kemarin trus ketemu kamu (yang bisa mencegah kematian) makan kita berdua akan flashback dihari saat aku mati dan dia mencegah kejadian yang menyebabkan aku mati...

    ReplyDelete
  7. Tema detective gitu ya. Yuni suka sih genre film begini. Apalagi drama korea. Wah, boleh jadi wishlist nih.

    ReplyDelete
  8. Yg kemarin dirimu rekomend ke aku aja belum sempet ditonton udah ada yg baru lagi. Buanyak bgt ya dek serial baru yg on going

    ReplyDelete
  9. Aku gak jadi milih nonton Alice gara-gara kepanjangan episode nya, wkwkwk
    Tapi ternyata bagus juga ya Nyi, oke deh masuk daftar nonton nanti kalo udah selesai nonton the Bridge

    ReplyDelete
  10. Ini yang diobrolin anakku kemarin, dia suka drakor kek gini meski nggak anti juga sama drama romance. Si Joo Woon ini main di Good Doctor kan ya?

    ReplyDelete
  11. Aku jarang nonton Drakor fantasi kecuali goblin yang masih banyak kehidupan sehari-harinya,menarik juga nih...

    ReplyDelete
  12. Asik nih ada referensi untuk tontonan lainnya, karena lagi ngelist dulu tontonan drakornya. Biasanya aku kalau nonton emang harus tau review dari beberapa teman dulu dan yang paling penting pemainnya kudu cakep.

    ReplyDelete
  13. Akutu jarang sebenernya nontok film Korea. Tapi sejak pandemi, trus ada stasiun tv jg yg nayangin, jadi suka nonton juga sesekali hihi. Beberapa ada yg bagus, bbrp lagi biasa aja. Ini kayaknya mayan bagus ya filmnya :)

    ReplyDelete
  14. Mbak Nyi penggemar drakor garis keras, nih. Saya kudu belajar. wkwkwk. Masya Allah, hikmah drakor Alice keren abis sih. Science fiction euuuy terus alurnya futuristik. Akankah saya tergerak untuk menontonnya? Kok kayaknya sayang banget untuk nggak diintip.

    ReplyDelete
  15. Wiih senangnya yg bisa mengikuti serial drakor. Butuh kesabaran nontonnya smpe beberapa episode ya. Kalo aku udah gak sabaran orangnya cukup membaca skilas reviewnya aja deh

    ReplyDelete
  16. Aku termasuk jarang nih nonton drakor, tapi kayanya drakor satu ini menarik ya karena nggak sekadar cinta cintaan aja.. catet dulu deh judulnya

    ReplyDelete
  17. Aku nunggu tulisan berikutnya aja ya Nyi, tentang alasan apa kudu nonton drakor ini. Wow juga nih nyeritain tentang loncatan kehidupan dari masa datang yaaa

    ReplyDelete
  18. 2 drama yang bikin aku penasaran: flower of evil sama alice! Korea emang kalo bikin film selalu aneh-aneh temanya, keren.

    ReplyDelete
  19. 2 drama yang bikin aku penasaran: flower of evil sama alice! Korea emang kalo bikin film selalu aneh-aneh temanya, keren.

    ReplyDelete
  20. keliatannya bagus jg ni filmnya jdi dapat referensi setelah baca di sini, aku ga suka drakor yg critanya romansa kalau spt ini kan ada crita lainnya gitu jdi sptnya bakal seru ini

    ReplyDelete
  21. baru tayang 2020 ya teman saya penggemar drama korea pasti suka banget niy nonton film korea yang baru. saya sampai hari ini masih suka susah bedain pemain korea ga ada yang hapal satupun nama pemainnya, dan mukanya rasanya sama semua heheh, karena saya memang jarang banget sih nonton drakor.

    ReplyDelete
  22. jadi pengen nonton drakor alice juga nih mba penasaran sama bentuk ruang alice-nya itu, lucuk yah mungkin inspirasi namanya dari alice in the wonderland. bisa nonton di viu juga gak sih mba atau di netflix ?

    ReplyDelete
  23. Plot ceritanya menarik dan gak biasa sih. Kalo cerita time travel ini biasa juga aku suka bingung sendiri karena rasanya muter2. Tpi yg ini menurut mba nggak ya hehehe...

    ReplyDelete
  24. Boleh jadi salah satu referensi nonton drama korea nanti malam nih

    ReplyDelete
  25. Jo Won...
    Aku suka sama aktingnya dia...tapi belum nonton Alice.
    Mungkin karena jalan ceritanya yang fantasy yaa...sulit banget diterima sama akalku.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat