Review dan Sinopsis Film Korea Peninsula 2020

By Nyi Penengah Dewanti - Wednesday, August 26, 2020



Review dan Sinopsis Film Korea Peninsula 2020 - Peninsula merupakan, film Korea Selatan yang memiliki latar cerita bertema zombie. Masih ingat Train to Busan (2016)? Nah, ini sekuelnya. Jadi orang-orang yang berhasil selamat dari wabah serangan zombie, di Train to Busan melanjutkan hidupnya kembali. Salah satunya pria bernama Jung-seok, ia mantan tentara yang berhasil lolos dari kawasan terinfeksi zombie.

train to busan 2: peninsula sinopsis film peninsula download film train to busan 2 terbit21 film peninsula sub indonesia film zombie korea indofilm peninsula trailer peninsula peninsula asianwiki


Premisnya dari Peninsula 2020 ini, Jung-seok yang berhasil lolos dan tinggal di Hongkong harus kembali ke sarang zombie untuk menyelesaikan misi. Dia bersama tiga rekan lainnya, kembali ke Seoul lewat pelabuhan Incheon.

Film lain bertema zombie yang baru saya tonton ada Alive 2020, itu juga nggak kalah serunya. Entah kenapa setiap ada film dengan tema zombie, saya selalu penasaran akan pergerakan ceritanya. Intinya pengen tahu aja keunikan dari satu film dengan film yang lain, ide dan alur yang dibawa masing-masing penulis ceritanya selalu bikin seru soalnya.

Sinopsis Film Korea Peninsula 2020


Latar waktu 4 tahun setelah film, Train to Busan. Orang-orang di semenanjung Korea, dan selamat dari hancuran serta virus zombie berjuang untuk bertahan hidup. Mereka naik kapal bernama Peninsula. Jeong-seok tentara yang berhasil selamat dan membawa keluarga kakak perempuannya bersama naik kapal harus merelakan kakaknya. Karena siapa sangka ada satu orang yang terjangkit virus, dan berhasil membuat seluruh awak kapal jadi zombie.


Jadilah Jeong-seok dan beberapa orang lain selamat tinggal di Hongkong, tapi menjadi semacam orang yang dibuang. Karena orang-orang takut dengan mereka. Atas sebuah tawaran, ia harus kembali ke sarang zombi untuk menyelesaikan misi. Dia tidak sendiri, ada suami kakaknya yang berhasil selamat dan dua orang lain yang menjalankan misi. Apakah mereka berhasil, kembali?

Pemeran Film Korea Peninsula 2020


  • Gang Dong-won sebagai Jeong-seok, tentara yang berhasil selamat
  • Lee Jung-hyun sebagai Min-jeong. Ibu dengan dua orang anak yang berhasil lolos dari virus dan mencoba bertahan hidup dengan sembunyi-sembunyi
  • Lee Re sebagai Joon-i, anak dari Min-jeong.
  • Kwon Hae-hyo, sebagai kapten Kim
  • Kim Min-jae, sebagai sersan kelas satu Hwang
  • Koo Kyo-hwan sebagai kapten Seo, penjahat yang harusnya menyelamatkan orang-orang yang tertinggal
train to busan 2: peninsula sinopsis film peninsula download film train to busan 2 terbit21 film peninsula sub indonesia film zombie korea indofilm peninsula trailer peninsula peninsula asianwiki


Review Film Korea Peninsula 2020



Setelah menonton Film Korea Peninsula, sekuel dari Train to Busan saya langsung menduga bahwa budget yang dikeluarkan untuk pembuatan film ini pasti besar. Benar saja, disinyalir dari CNNIndonesia dot com, Peninsula menghabiskan dana US$16 juta setara dengan Rp240 miliar, sementara Train to Busan hanya US$8,5 juta. Yang bikin keren lagi, Peninsula lolos seleksi dewan juri dan berhak menyandang label filmnya dengan sebutan, 'Official Selection Cannes 2020."

Seperti sinopsisnya, Peninsula bercerita tentang kehidupan setelah empat tahun dari serangan zombie. Mereka yang berhasil lolos memulai kehidupan baru, ada Jung-seok yang menjadi tokoh utama dalam film ini. Mantan tentara yang kini hidup di Hongkong, tapi dia menjadi orang buangan gitu yang hidupnya dibilang pembawa virus. Semua orang yang berdekatan dengan dirinya takut, dan semua orang juga meremehkannya.

Makanya pas ditawari oleh orang Hongkong macem preman gitu, untuk mengemban misi kembali ke Seoul ia ragu. Tapi makin yakin setelah suami kakaknya di sana, terlilit hutang. Dia ingin menyelamatkan kakaknya, dengan pergi kembali ke Seoul melalui Pelabuhan Incheon untuk mengambil sesuatu. Nahkoda alias kapten bule yang pernah berlayar bareng Jeong-seok menyimpan uang miliaran dolar di sebuah truk. Mereka harus mengambilnya, agar  bisa hidup dihargai. Maksudnya imbalan untuk mengambilnya, bisa digunakan hidup menjadi orang yang lebih dipandang tidak seperti saat ini. Tapi saya yakin mereka hanya dimanfaatin aja sih, meski begitu mereka tetap berangkat. Karena si kakak mata duitan, mungkin karena sudah stress dipandang rendah oleh orang-orang. Padahal mereka sudah bilang tidak terjangkit dan bebas dari virus.

Cerita berlatar Hongkongnya sebentar doang sih, pas pembukaan. Lantas mereka berlayar kembali ke Seoul, melalui pelabuhan Incheon. Miris banget pas tahu pelabuhan rusak parah dan seperti kota mati banget. Salut untuk penggarapan grafis komputernya, keren banget dan adegan aksinya itu juga luar biasa.

train to busan 2: peninsula sinopsis film peninsula download film train to busan 2 terbit21 film peninsula sub indonesia film zombie korea indofilm peninsula trailer peninsula peninsula asianwiki


Setiba mereka berempat di pelabuhan Incheon, mereka siap sedia senjata dan mengendap-endap takut tiba-tiba zombi menyerang ya kan?  Jeong-seok, Hyungnya, satu lagi teman hyungnya perempuan tapi pintar nyetir, dan satu lagi mahir dalam hal-hal jaringan menemukan sebuah mobil yang layak untuk dikendarai. Mereka terus mencari truk bernomor plat sesuai yang diperintahkan, pas ketemu dan dicek ada uang di dalamnya. Benar-benar dolar dan berkantong-kantong. Sayangnya perjalanan mereka tak semulus itu. Ada dua bocah yang mengamati, dan sekelompok orang yang mengintai, mereka anggota Army Unit 631.

Army unit 631 tersebut menyalakan ledakan cahaya, yang membuat semua zombi keluar mengejar arah datangnya cahaya. Truk dan sedan masing-masing dikendarai dua orang, tapi yang berhasil selamat Jeong-seok dan hyungnya. Jeong-seok diselematkan oleh dua bocah, hyungnya bersembunyi di dalam truk yang dibawa Army 631 ke markasnya. Di markas ini parah banget sih. Kok tega gitu lho. Jadi hal terparah yang ada di markas ini, orang-orang yang bukan berasal dari Army Unit 631 diberi nomor di tubuh mereka lantas pada waktunya mereka ditarungkan dengan zombi. Harusnya mereka di tolong malah diadu, dengan zombi. Yang selamat ya dikasih makan, tapi rebutan. Di lempar tiga ramen direbut oleh banyak orang. Kakak dari Jeong-seok merasakan miris luar biasa dan ia mencoba untuk terus bertahan hidup.


train to busan 2: peninsula sinopsis film peninsula download film train to busan 2 terbit21 film peninsula sub indonesia film zombie korea indofilm peninsula trailer peninsula peninsula asianwiki

Beberapa konflik lain dalam Peninsula adalah :



Jeong-seok bertemu dengan Min-jeong, orang yang pernah sempat minta tolong agar anaknya diselamatkan ini ternyata ibu dari dua bocah yang menolongnya. Mereka bertiga bersama satu orang lagi, yaitu kakeknya. Kakeknya terus menghubungi Jane, temannya yang menjadi tentara untuk meminta diselamatkan. Jeong-seok berhutang nyawa di sini, dan dia merasa menyesal

Army Unit 631dipimpin oleh Kapten Seo, orang yang kerjaannya cuma nyuruh-nyuruh. Di sini setelah ketahuan truk tersebut berisi uang dolar, ia langsung mempunyai cara licik untuk kabur. Ia membuat orang-orang berpesta, Sersan kelas satu Hwang di bawah dirinya sempat curiga sih. Tapi dasarnya mereka dalam karakter ini bodoh, ya biasa menganggap tidak ada apa-apa.

Min-jeong memutuskan untuk menyusup ke markas, Army Unit 631. Mengambil telepon satelit di dalam truk, yang satu sudah diambil Kapten Seo dan yang satu lagi rusak. Hal ini membuat mereka harus melawan, Kapten Seo. Meski di sini dia jatuh tertembak, tapi nanti dia bangun lagi dan membuat semua hal makin kacau.

train to busan 2: peninsula sinopsis film peninsula download film train to busan 2 terbit21 film peninsula sub indonesia film zombie korea indofilm peninsula trailer peninsula peninsula asianwiki


Jeong-seok dan Min-jeong menyusup berdua. Sementara dua bocah, Joon-i dan kakaknya terus mengawasi dari jauh. Jeong-seok tahu kakaknya masih hidup, ia berusaha menyelamatkan dan membuat markas porak poranda. Zombi kabur, orang-orang yang ditahan berusaha menyelamatkan diri untuk hidup dan seluruh anggota Army Unit 631 sadar markasnya dikepung akhirnya keluar dari pesta.

Pertempuran terjadi antara Army Unit 631, dan kelompong Jeong-seok. Mereka terus menuju pelabuhan Incheon sebelum matahari terbit. Pertarungan kejar-kerjaran ini efeknya keren banget, saya paling benci sama sersan yang menjadi petinggi Army Unit 631. Tapi akhirnya dia dikeroyok zombi mobilnya, saya puas hahaha ... habis jahat sih!

Ketika sudah sampe pelabuhan Incheon, si kapten Seo ini muncul dan membuat rencana rusak. Dia menyandera kakak Joon-i, membuat Min-jeong dan Jeong-seok tak berkutik. Mereka harus menjatuhkan senjata dan si kecil Joon-i berusaha menyelamatkan kakaknya. Tapi dasar si kapten Seo ini edan, mau membunuh anak kecil untunglah si kakek cepat tanggap dan menjadi penyelamat. Yang jadi si kakeknya ini cameo aja sih menurutku, karena dia sering tampil di drama Korea dan dia aktor kawakan di Korea sana.

train to busan 2: peninsula sinopsis film peninsula download film train to busan 2 terbit21 film peninsula sub indonesia film zombie korea indofilm peninsula trailer peninsula peninsula asianwiki


Kapten Seonya berhasil kabur membawa truk berisi miliaran dolar uang, dan berhasil masuk ke dalam kapal. Kapal mulai berjalan, dan preman-preman Hongkong menyambut dengan gembira kedatangannya. Tapi apa yang terjadi? Mereka menembak kapten Seo dengan membabi buta, eheheh ... jahat sih! Tapi ya itu tadi, feeling saya nggak enak pas diawal. Saat misi itu berhasil, pasti ada yang nggak beres. Beneran deh kapten Seonya mati, menggantikan geng Jeong-seok untuk tetap hidup.

Di endingnya, mereka tetap berusaha bertahan untuk hidup ketika helikopter bantuan datang. Dua bocah itu langsung menyalakan kembang api, untuk memberi pertanda. Mereka terus berlari dan berlari agar helokopter itu mau turun.

"Kau sudah janji kan mau menolongku?" ucap Min-jeong, "karena kau berutang nyawa dan diselamatkan oleh anaku tolong bawa mereka," tegas Mi-jeong. Langsung saja Jeong-seok berusaha mengejar dua bocah itu, dan Joon-i digendong oleh Jeong-seok agar selamat dari kejaran zombi.

Min-jeong yang tinggal di belakang, karena berduka dengan meninggalnya kakek. Terus berusaha mengawasi dan menembaki zombi yang berusaha mendekat. Pada akhirnya dua bocah dan Jeong-seong berhasil selamat dan akan masuk helikopter. Tapi kakak Joon-i meminta tolong kepada mereka tim penyelamat untuk menyelamatkan ibunya.


train to busan 2: peninsula sinopsis film peninsula download film train to busan 2 terbit21 film peninsula sub indonesia film zombie korea indofilm peninsula trailer peninsula peninsula asianwiki


Min-jeong sengaja masuk ke dalam mobil, dan memencet klakson dengan keras berkali-kali untuk mengalihkan penglihatan zombi. Mobil tersebut dikepung oleh zombi, dan Min-jeong akan menembakan pistol ke arah dagunya. Dua bocah mengamati dari jauh, dan Jeong-seok tidak bisa berbuat apa-apa. Lantas ia teringat kakaknya, ia harus melakukan sesuatu. Tidak dua kali untuk menyesal bukan? Nah endingnya, ini ntar yang bikin saya nggak kecewa lagi sama Jeong-seok ehehe ...

Kalu diambil perbedaan dari Train to Busan dengan Peninsula ada pada alurnya sih. Train to Busan lebih menggiring penonton menyadarkan arti kemanusiaan, di Peninsula justru soal uang jadi perebutan dan keinginan hidup jadi lebih baik. Apapun itu ambil sisi baiknya, dan hikmahnya. Siapapun yang minta bantuan, sudah seharusnya kita tolong agar tidak timbul penyesalan. Happy watching!


  • Share:

You Might Also Like

14 comments

  1. ekspektasi terhadap train to busan 2 ini, sangat besar. bisa gak ya ngalahin film sebelumnya? dan ternyata saya di bikin susah move on sama film ini. terutama karena pemain utamanyaKang dong won dong! hihihihi

    jalan cerita yang dibikin nangis di awal dan akhir huhuhuhu.

    btw, salam kenal kak
    eka - artjoka

    ReplyDelete
  2. Baca reviewnya bikin aku ikut deg-degan dong haha
    aku sudah nonton Train to Busan yang pertama tapi ga sampai selesai saat itu...Cuma sampai pertengahan menuju ending gitu (nanggung banget ya)

    Film tentang zombie emang slalu bikin gregetaan...trus kadang heran...ngapain sih lu cari gara-gara dengan masuk ke sarang zombie?! Tapi ya itu kan yang bikin seru dari filmnya hehehe

    ReplyDelete
  3. Gegara pada heboh sama peninsula ini aku iseng nyari film ya di YouTube, ada ya thriller gt yaaa. Tp aku gaberani jg nontonnya, horror gitu.

    ReplyDelete
  4. Salfok liat foto mbak Nyi, mirip skali sama temen SMAku, Mutia namanya, hihi.. ok skip :D

    Aku masukin list tonton nanti deh, kebetulan belum pernah nih nonton zombie kaum oppa & nuna, hehe..

    Salam kenal mbak Nyi ^^,

    ReplyDelete
  5. Aku udah jarang nih lihat film korea, tapi Baca review dan lihat foto review film ini aja udah bikin degdegan ya, beda fg film korea biasanya

    ReplyDelete
  6. Menarik banget ceritanya ya.. sayang nya aku ini lagi suka chinese movie hahah buat juga dong review chinese movie

    ReplyDelete
  7. Wah jarang-jarang aku nonton serial korea yang genre nya kayak gini. HIhi, serem euy. cukup baca reviewnya aja deehh hahaa

    ReplyDelete
  8. Train to Busan sempat liat dulu di Netflix, tapi saya pikir bukan film zombie. Tau gitu ditonton... heheh iya, saya penggemar berat film Zombie. Walking Dead, Warm Body, dll itu ditontonin semua.
    Train to Busan dan Peninsula ini sekarang masuk ke dalam list. Keren film Peninsula ini sampai masuk jadi nominasi Cannes Festival. Walau sayang perhelatannya sendiri pending karena corona tahun ini.
    Makasih reviewnya kak.

    ReplyDelete
  9. Oh ternyata ini sekuel train to busan toh. Aku train to busan belum nonton, masih Belum sanggup wkwk. Entah mengapa setelah nikah malah gak minat film horor. Dulu masih lajang suka padahal hehe.

    ReplyDelete
  10. train to bussan bikin aku gak bisa move on dari si Gong Yoo, hehe, yang ini belum nonton. pengen ekhhhh

    ReplyDelete
  11. belum nonton, padahal saya sama suami suka sama film begini wkwk. kemarin abis nonton film alive juga, terus penasaran sama peninsula ini. ah jadi pengen cepet nonton, maksih sharingnya mba.

    ReplyDelete
  12. Tobe honest, aku ngeri kalau genre film thriller gini. Bisa2 kebayang pas mau bobo...dulu cm berani nonton trailernya doang train to busan, penasaran krn pemeran utamanya yt mainin goblin tea yaa

    ReplyDelete
  13. Oh ternyata 😍 train to busan saja udah bikin jantungku berdegup kencang hahaha apalagi yang ini ya. Menurutku seru. Eh tapi semua film tentang zombie emang keren ya. Thanks for sharing kak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat