Cara Mencegah Penularan Virus Corona

By Nyi Penengah Dewanti - Thursday, April 30, 2020



Cara Mencegah Penularan Virus Corona - Tidak ada yang akan menyangka jika virus Corona, akan menjadi pandemi. Oleh WHO pada 30 Januari 2020, virus corona dinyatakan pandemi (mewabah ke seluruh negara). Sementara di Indonesia pada 29 Februari 2020, Presiden Jokowi mendeklarasikan wabah ini harus diwaspadai karena bisa menyerang siapa saja. Update terkini perkembangan yang sudah meninggal menurut Kemenkes RI, ada 784 orang dan sembuh 1391. Bersyukurnya, yang sembuh lebih banyak daripada yang meninggal. Yang masih positif masih ada 9771 orang, harapannya semuanya segera sembuh dan virus corona segera musnah dari muka bumi. Aaamiin.

virus corona virus corona di surabaya virus corona indonesia virus corona di indonesia virus corona berasal dari virus corona di italia virus corona update virus corona di medan virus corona hari ini virus corona adalah virus corona amerika virus corona amerika serikat virus corona aceh virus corona asal usul



Wabah corona bukan lagi tanggungjawab pemerintah, tapi milik kita bersama. Untuk menyembuhkan dan mencegah wabah ini, Indonesia bahkan menerapkan WFH (work form home) agar tidak ada yang keluar rumah untuk kepentingan apapun. Kecuali mendesak untuk membeli bahan pangan di rumah, yang habis. Sebagai cara untuk terus bertahan hidup. Bukankah mencegah lebih baik, daripada mengobati? Nah, berdasarkan rekomendasi CDC Amerika Serikat, ada 3 langkah perlindungan yang wajib kita terapkan :

1. Perlindungan untuk diri sendiri
2. Lindungi keluarga kita
3. Lindungi rumah kita


Apa yang Bisa kita Lakukan untuk Melindungi Keluarga?


Harta yang paling berharga dan tidak bisa terbeli, adalah keluarga. Maka penting menjaga keluarga, dari virus berbahaya ini. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah wabah ini menyerang, dengan melakukan :


1. Jadilah pelopor dalam mengedukasi keluarga untuk melakukan cuci tangan dengan rutin dan rajin. Awalnya bapak mertua juga susah nih, untuk cuci tangan. Tapi mas suami terus mengingatkan, agar terus menjaga diri. Hindari juga untuk melakukan kontak dengan area wajah, seperti mata, hidung, pipi dan mulut. Ingatkan untuk menutup mulut, ketika batuk agar yang lain tidak terkena imbas juga.

2. Apabila ada keluarga yang pulang dari perantauan, lakukan isolasi di ruangan khusus selama 14 hari. Agar anggota keluarga di rumah tidak terkena imbasnya, karena seseorang bisa menjadi carrier (pembawa). Apalagi kalau di rumah ada orang tua, yang memiliki penyakit diabetes, hipertensi, jantung, ginjal ini perlu diwaspadai. Imun orang tua kan tidak sekuat yang muda-muda ini.

3. Lakukan pembersihan setiap harinya. Dari permukaan sebuah benda, barang, dinding yang intinya sebagai tempat berkumpul. Rutin dibersihkan, untuk mencegah penyebaran.


virus corona virus corona di surabaya virus corona indonesia virus corona di indonesia virus corona berasal dari virus corona di italia virus corona update virus corona di medan virus corona hari ini virus corona adalah virus corona amerika virus corona amerika serikat virus corona aceh virus corona asal usul


4. Hindari berbagi barang bersama, apalagi jika ada keluarga yang memiliki gejala terkena wabah. Pisahkan dari yang terjangkit.

5. Pantau terus situasi wabah di daerah sendiri, perhatikan arahan pemerintah dan tenaga kesehatan terkait dengan wabah yang menyerang ini. Jaga emosi dan kondisi mental sendiri dan keluarga. Karena kadang bapak mertua masih suka keluar rumah berjam-jam, ini yang bikin saya dan mas suami ketar-ketir.

6. Wajibkan memakai masker jika ke luar rumah, awalnya kami tidak melakukannya di rumah. Tetapi lambat laun saya memakai juga, kadang-kadang kalau di rumah. Soalnya di rumah kan ada warungan kecil gitu, jadi ya banyak orang keluar-masuk. Bapak yang awalnya nggak mau pake juga, akhirnya menuruti permintaan kami. Demi keamanan bersama.

7. Apabila keluarga memelihara hewan, sebaiknya waspadai. Karena hewan juga bisa melakukan transmisi dalam penyerabaran. Lakukan cuci tangan, dan pisahkan kandang sejauh mungkin dari rumah.

virus corona virus corona di surabaya virus corona indonesia virus corona di indonesia virus corona berasal dari virus corona di italia virus corona update virus corona di medan virus corona hari ini virus corona adalah virus corona amerika virus corona amerika serikat virus corona aceh virus corona asal usul



Jangan Panik! Ada Halodoc Aplikasi Kesehatan Terbaik



Ponsel yang dipakai jaman sekarang, kebanyakan menggunakan ponsel pintar (smartphone) yang bisa digunakan untuk mendownload aplikasi. Nah, sebaiknya manfaatkan ponsel pintar kita untuk mendowload, aplikasi-aplikasi penting yang mendukungbkegiatan kita sehari-hari. Terlebih di tengah pandemi corona yang menyerang, sebaiknya kita tidak perlu panik.

Halodoc ini merupakan aplikasi kesehatan terpadu, yang memfasilitasi pengguna untuk berinteraksi langsung antara pengguna dan dokter. Terobosan yang keren untuk abad ini, dengan memanfaatkan teknologi terkini yang mana menawarkan kemudahan, akses waktu dan pertolongan dokter dalam waktu yang cepat.  Selain itu, Halodoc memfasilitasi pasien, dalam pemesanan obat. Failitas ApotikAntar, akan mengirimkan obat dengan layanan antar cepat di bawah satu jam.  Saya sendiri pernah mencobanya, ketika mengalami perut kram yang payah akibat tanggal menstruasi yang tidak tentu.

Penggunaannya mudah, cukup download saja aplikasinya, isi dengan nomor handphone dan kita langsung bisa mengakses. Waktu itu saya berbicara dengan dokter umum, mengenai apa yang saya rasakan. Dokter menjawab semua pertanyaan saya, dan saya berkonsultasi dengna nyaman. Dokter juga menyarankan saya beberapa hal, serta memberikan resep obat. Kitanya nggak perlu keluar rumah, kebutuhan medis langsung bisa diantar ke rumah oleh layanan antar. Allahmdulillah sangat dimudahkan, dan sangat terbantu.


virus corona virus corona di surabaya virus corona indonesia virus corona di indonesia virus corona berasal dari virus corona di italia virus corona update virus corona di medan virus corona hari ini virus corona adalah virus corona amerika virus corona amerika serikat virus corona aceh virus corona asal usul


Apalagi di tengah pandemi virus corona, kita juga bisa mengkomunikasikan kepada dokter untuk dibantu. Kadang ada kan yang parnoan, hanya karena batuk atau flu lantas ketakutan. Buat yang mau ke luar rumah, saya juga membagikan Tips Aman Keluar Rumah saat Pandemi Virus Corona lho. Siapa tahu mau baca juga, semoga saling berbagi informasi ini bisa membuat kita semakin waspada. Selamat beraktivitas, salam!

  • Share:

You Might Also Like

23 comments

  1. Halodoc ini jadi good solution ditengah pandemi yaa
    Kita ga perlu harus ke rumah sakit untuk konsultasi.
    Ga harus ke apotek untuk nebus obat.

    Kita aman dirumah, masalah kita pun terselesaikan tanpa perlu kita keluar rumah.
    Semoga kita terus sehat yaaaa.

    ReplyDelete
  2. Seneng deh, ada halodoc ini. Jadi dapat wawasan yang bertanggung jawab tentang kesehatan, ya

    ReplyDelete
  3. Saat ini yang sedang amrak di pemberitaan adalah soal mudik dan pulang kampung hehehe :) Ga mudah memang mengatur masyarakat untuk ga mudik. Tapi ada juga mereka yang sadar dengan cara mengisolasi diri dahulu sebelum sampai di kampung. Informasi jelas tentang Covid-19 mesti digali benar supaya ga hoax ya. AKu searching di Halodoc biar lebih paham tentang virus corona.

    ReplyDelete
  4. Saya juga pakai Halodoc untuk tebus obat dan konsultasi dokter. Dan sekarang malah ada info tentang covid dan jika kita mau test covid ya. Makin lengkap aja deh.

    ReplyDelete
  5. Itu semua yang bisa kita lakukan ya Nyi, melindungi diri sendiri, melindungi keluarga, dan melindungi rumah kita. Semoga kita semua selamat dari virus ini ya Nyi.

    ReplyDelete
  6. Informasi seputar kesehatan lengkap banget yah di Halodoc
    Selalu menjaga kebersihan dan rajin mencuci tangan dengan sabun yah
    Kalau gak penting banget sebaiknya sih tidak keluar rumah
    Bandung sudah kena PSBB sih, jadi memang sudah gak bisa kemana2 juga huhu

    ReplyDelete
  7. Memang yang paling utama itu lindungi diri kita dan keluarga terlebih dahulu. Menjaga kebersihan, konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup dan olah raga. Emang sih yang paling utama tetap menjaga imunitas tubuh.

    ReplyDelete
  8. Menjaga kebersihan dan kesehatan diri ditengah Pandemi seperti sekarang memang harus lebih ditingkatkan. Sebagai langkah dasar dalam perlindungan diri
    Bersyukur banget di era digital kaya sekarang dengan adanya aplikasi layanan kesehatan kaya Halodoc itu ngebantu banget untuk cari informasi atau bahkan konsultasi

    ReplyDelete
  9. Apa-apa memang lebih online ya sekarang, biar mencegah terkena Corona. Aku juga sudah gitu, kemarin juga pakai Halodoc buat konsul mama yang sakit mata. Alhamdulillah mata mama udah sembuh, dokternya juga baik sampai difoto mata mama buat ngelihatin ke dokter.

    ReplyDelete
  10. Jaga kesehatan dgn mngkonsumsi makan makanan bergizi agar daya tahan tubuh kuat

    ReplyDelete
  11. Layanan halodoc makin lengkap yaaa. Zaman dulu suka baca artikel2nya gtu :D
    Skrng enak bisa memesan kebutuhan kyk obat bahkan konsul dokter nanya2 pakai apps ini juga ya mbak.

    ReplyDelete
  12. Wabah corona ini memang sangat mengganggu dan kita mesti melindungi keluarga kita. Jangan sampai terpapar dengan virus itu.

    Semoga Covid-19 segera hilang dari muka bumi ini. Aamiin...

    ReplyDelete
  13. Sekarang saatnya bagi yang belum, untuk memulai hidup sehat. Rajin cuci tangan. Banyak makan buah dan sayur. Minum air putih. Olahraga rutin

    ReplyDelete
  14. yang pasti kita harus disiplin, disiplin, disiplin! dan pastinyaa semua mulai dari diri kita sendiri yaa Nyi...sehat selaluuu

    ReplyDelete
  15. Saya juga selama pandemi ini sudah dua kali membeli vitamin secara online menggunakan halodoc... Membantu banget...

    ReplyDelete
  16. Harus hati-hati ini saat keluar rumah. Kadang-kadang memang ada keperluan keluar rumah ya. Yang penting tetap waspada dan gunakan selalu masker agar terlindung dari paparan virus tersebut ya Nyi.

    ReplyDelete
  17. Aku juga pake halodoc waktu itu karena butuh buatbbelinobat mba mantul banget bgebantu bangetbdeh halodoc dimasa begini

    ReplyDelete
  18. Aku baru tau Nyi kalau virus Corona bisa melalui hewan sebagai perantara.
    Kami termasuk sering bermain sama kucing di rumah. Semoga Allah lindungi selalu yaa...

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah pas kmrn gusi bengkak pake Halodoc dan semua teratasi dengan baik tanpa ke rs

    ReplyDelete
  20. Senang banget ada aplikasi halodoc ini membantu buat memantau kesehatan ya, aku juga sudah download. Jadi tahu RS terdekat dan jadwal dokternya.

    ReplyDelete
  21. Udah hampir 2 bulan ini aku WFH mak. Terus terang, makin berat aja dari waktu ke waktu krn jarang ketemu temen2. Tapi tetep harus ditahan tahanin biar keadaan lebih cepat membaik 🥺

    ReplyDelete
  22. Aku jadi pengen donwload halodoc juga deh. Kayanya lengkap banget infonya yaa. Semoga saja Corona cepat berlalu, dan kita bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala

    ReplyDelete
  23. Tindakan pencegahan selain harus disosialisasi juga harus diikuti tindakan tegas kl ada yg melanggar ya mak. Di sini, biasa2 aja, masih nongkrong di angkringan rang orang, ku jadi geregeten..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat