Tips Aman Keluar Rumah Saat Pandemi Virus Corona

By Nyi Penengah Dewanti - Friday, April 10, 2020



Tips Aman Keluar Rumah Saat Pandemi Virus Corona - Semenjak virus corona masuk ke Indonesia, dan pemerintah sudah mengeluarkan titah untuk dipatuhi bahkan sudah banyak yang meninggal kita semua harus waspada. Memberlakukan lockdown adalah sebuah kebijakan menurut saya, tetapi masih memberikan akses seseorang keluar untuk kebutuhan mendesak juga kebijakan. Karena ini adalah salah satu cara untuk bertahan hidup, ya kan?


Tips Aman Keluar Rumah Saat Pandemi Virus Corona
Masker buatan @nyipedesouvenir


Kamis 9 April 2020, saya harus keluar rumah lebih jauh dalam jarak satu jam perjalanan. Untuk kebutuhan belanja bahan dan bahan lain untuk pembuatan masker. Alhamdulilah ada 300-an masker yang sudah diorder, dari teman, instansi dan juga komunitas. Mau nggak mau saya harus keluar, dan kegiatan menjahit masker adalah salah satu hal yang saya dan mas suami bisa lakukan.


Siapkan Hal ini Jika Hendak Keluar Rumah Saat Pandemi Virus Corona


Sebelum berangkat pastilah ya, doa-doa kebaikan kita panjatkan. Agar diperjalanan nanti, kita dipermudahkan dalam segala urusan dan bisa pulang dengan cepat. Nh, tips lain agar aman saat keluar rumah, apa yang harus kita terapkan? Ini dia tips Tips Aman Keluar Rumah Saat Pandemi Virus Corona versi saya:

1. Pakai baju lapis atau rangkap dua

Karena sepulang dari keluar kita harus tanggap, untuk melepaskan semua pakaian yang untuk bepergian tadi. Maka jika keluar rumah pakailah baju lapis, memang sih panas tapi demi keamanan. Karena bila tidak sengaja tersenggol, masih ada pelindung baju rangkap di dalam.

2. Menggunakan masker kain dua lapis untuk melindungi wajah

Siapa sih yang seneng maskeran, engap! Nggak bisa napas dengan bebas. Eit, ini demi kebaikanmu. Selain itu masker yang dua lapis tadi, sisipin dengan tisu. Agar pertahanan kita lebih kebal, double engap dong? Nggak apa-apa semua ini untuk menjaga kesehatanmu sendiri dan orang lain juga. Makanya penting banget make masker.

Tips Aman Keluar Rumah Saat Pandemi Virus Corona
Masker buatan sendiri, masker dua lapis



Ada kejadian lucu tadi siang, kan mas suami lagi antri beli benang. Karena harus jaga jarak, Mbak pegawainya nggak denger kita ngomong apa. Akhirnya ya mau nggak mau dilepas sebentar, saya sempat kaget tadi mas suami ngelepas masker. Padahal keadaan lagi nggak aman. "Mbak pegawainya nggak denger aku ngomong apa, Dek!" Ucap mas suami menenangkanku. Dan updatean dari Kemenkes, kita harus mengganti masker setiap 4 jam sekali.

3. Menggunakan kaki, siku atau buku jari untuk perlindungan

Karena nggak punya uang cash buat kulaan, saya harus ngambil uang di ATM dong. Nah ATM kan harus memasukkan kode PIN, cara menyiasatinya gunakan buku jarimu. Terus kalau buka dan tutup pintu, gunakan bahu, kaki atau juga bungkus tangan dengan sweater atau pakaianmu. Bagusnya sih bawa sarung tangan aja, biar praktis.

4. Jaga Jarak

Namanya juga beli barang, pastilah di toko banyak orang yang mengantri beli. Maka lakukan jaga jarak, untunglah ada pembatas juga tadi di toko jadi  nggak khawatir dan ada perantara kerangjang untuk memberikan uang tagihan.

Tips Aman Keluar Rumah Saat Pandemi Virus Corona
Toko benang penuh sesak. Jangan lupa jaga jarak!


5. Cuci tangan atau mandi setibanya di rumah

Pertahanan terbaik untuk tidak tertular dari virus corona ini, adalah dengan mencuci tangan. Lakukan selama 20 detik, dengan 7 atau 6 langkah gerakan mencuci tangan. Biar kumannya musnah. Ganti pakaian keseluruhan, dari hijab, atasan, bawahan kaoskaki.


6. Bersihkan kendaraan

Karena saya berkendara dengan motor, setelah menjalankan tugas di luar untuk memberi perlengkapan yang diperlukan di rumah. Tidak ada salahnya untuk mencuci motor atau mengelap mobil lebih dahulu. Karena bakteri ini bisa menempel pada benda aapapun, selain dari kontak fisik. Semua demi keamanan kita.

7. Hindari memegang uang tunai terlalu sering

Pembayaran yang sering kita lakukan adalah cash, karena di kota kecil. Uang tunai ini bisa menjadi perantara tertimbunya virus lho, karena datangnya dari perpindahan banyak tangan. Sebisa mungkin lakukan pembayaran via dompet digital tapi kalau nggak ada, ya otomatis memberikan langsung. Tapi ingat setelahnya cuci tangan. Semoga Tips Aman Keluar Rumah Saat Pandemi Virus Corona, dapat bermanfaat. Salam!

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Untungnya saya jarang keluar rumah kecuali buat beli bahan. Dan ternyata baru sadar ternyata pake uang elektronik ngebantu banget biar gak terkena kuman, bakteri, atau virus saat transaksi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat