Strategi Marketing Mengembangkan Usaha Kecil Menjadi Besar bersama AVANA

By Nyi Penengah Dewanti - Sunday, April 05, 2020



Strategi Marketing Mengembangkan Usaha Kecil Menjadi Besar bersama AVANA - Saya punya cerita ilustrasi menarik, yang pernah saya baca di mana kisahnya bercerita tentang seekor kelinci flamboyan. Seekor kelinci nyentrik yang tinggal di hutan belantara, bulunya sangat putih dan suka memakai kacamata hitam dengan stelan tuxedo hitam. Kelinci yang dikenal dengan cerdas tangkas.



Di suatu pagi yang cerah dan indah, matahari menyinari dengan sangat terik penghuni hutan belantara. Burung berkicau dengan merdu dan gembira. Kelinci bersantai di depan gua, sembari membaca koran mengikuti informasi. Eh ... di tengah kelinci asik membaca, tiba-tiba muncul seekor anjing gila yang kelaparan. Melihat kelinci putih yang nyentrik anjing gila tidak sabar, untuk melahapnya. Dalam bayangannya daginya pastilah empuk, dan enak.

Anjing gila yang sigap secepat kilat akan menerkam kelinci, tapi kelinci tidak kalah gesit bahkan kelinci sempat melakukan penawaran. "Stop! Anjing gila! Kamu ingin menerkamku ya? Jangan ngagetin dong, begini kalau kamu mau memakanku boleh saja. Tapi sebelumnya aku tantang kamu untuk bertarung di dalam gua. Aku jamin akan mengalahkanmu dalam waktu lima menit, aku akan keluar gua dengan menghisap tulang anjing, hahaha ..." ucap kelinci memberikan penawaran yang merupakan tantangan bagi si anjing.


Anjing merasa kelinci tersebut sudah tidak waras, mana bisa kelinci mengalahkan anjing gila. Dia merasa tertantang dan siap menghadapi kelinci. Mereka berdua masuk ke dalam gua, sambil bergandengan tangan #Eh ...

Setelah masuk beberapa menit, terjadi kegaduhan akibat perkelahian. Saya deg-degan lho pas mendengarkan cerita ini, ternyata kelinci keluar dan selamat. Meski bulu putihnya sedikit berlumur kena darah, dan dia tidak terluka sama sekali. Apa yang terjadi? Dia keluar dengan menghisap tulang anjing. Kemudian menuju kolam air dan membersihkan diri.



Pada siang hari ketika kelinci asik menonton berita selebriti, datanglah serigala yagn buas. Tapi tidak untuk memangsa, dia ingi menonton televisi bersama dengna kelinci. Mereka terlihat sangat akrab, tapi serigala perutnya mulai keroncongan. Kelinci menawarkan wortel, serigala menolak karena tidak pernah makan worter. Nafsu buas serigala naik ke ubun-ubun, dia ingin menyantap daging kelinci yang lezat. Kelinci langsung sigap, dia melakukan penawaran dengan serigala.

"Hai serigala! Kamu ini benar-benar nggak tahu diri ya, sudah dapet tumpangan eh, mau nyantap dagngku juga. Aku sih nggak keberatan, tapi aku punya syarat. Kita bertarung di gua, aku jamin tidak sampe sepuluh menit, aku akan keluar gengan membawa tulangmu, hahaha ..." Kata kelinci sambil tertawa, serigala menyeringai berkelakar dalam hati, 'mana mungkin'. Tapi serigala menuruti permintaan si kelinci. Sama seperti kejadian sebelumnya, kelinci keluar dengan kulit yang terkena bercak darah, di kembali membersihkan tubuh di kolam.

Setelah hari mulai gelap, kelinci mengemasi barangnya menuju dalam gua. Ketika  kelinci keluar lagi, dia keluar ditemani seekor macan yang kekenyangan. Mereka berdua berjabat tangan dan saling mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang terjadi hari ini. Bukanlah kelinci yang bertarung di dalam gua hari ini, melainkan si macan. Pantas saja kelinci selalu menang.




Inti dari kisah tersebut adalah kerjasama, kerjasama yang dilakukan oleh kelinci dan macan yang harus ktia terapkan dalam dunia marketing. Coba kita selisik, jika tidak ada kerjasama tersebut? Kelinci pasti berlarian dan berusaha bersembunyi di kejar macan. Kelinci juga akan dikejar binatang buas lainnya. Demikian juga sang macan, dia akan berlarian mencari mangsa, membidik hewan-hewan lainnya yang belum tentu dia dapatkan. Berapa banyak waktu dan tenaga yang akan dihabiskan oleh macan? Tetapi dengan kerjasama tersebut, masing-masing mendapatkan keuntungan.

Di dunia marketing, begitu banyak sekali orang dengan brand yang diusungnya ingin menjual sebuah produk seorang diri dan tidak mau bekerjasama dengan yang lain. Salah satu kelemahannya adalah, mereka menganggap bahwa produknya lah yang paling unggul, paling bagud dan merasa mampu menjualnya sendiri tanpa bantuan siapa pun. Padahal dunia ini begitu beragam, begitu banyak pihak yang punya kelaemahan dan kelebihan masing-masing. Jika kesempatan kolaborasi dibuka, keuntungan bersama pun akan diraih. Karena kerjasama adalah proses perpaduan beberapa sumber kekuatan, untuk meraih keungungan bersama-sama. Ingat kelinci dan macan, hehehe ...




Bagaimana Membangun Bisnis Hingga Sukses Bareng AVANA?


AVANA, namanya cantik ya? Eit ... tapi ini bukan orang, melainkan nama dari platform e-commerce yang sudah berdiri sejak Oktober 2017. Kalau dulu bilangnya, tak kenal maka tak sayang, tapi sekarang tak kode maka tak peka hehehe ... mari berkenalan dengan AVANA, sebuah platform e-commerce yang didirikan oleh Muhammad Ghazi Alghifari, sebagai CEO dari AVANA.

AVANA merupakan sebuah e-commerce platform, yang hadir menjadi alat bantu untuk pelaku usaha dalam mengelola bisnis online dengan mudah dan efektif.

Kan sering nih, kita sebagai pelaku usaha merespon permintaan atau chat pelanggan setiap saat, setiap waktu, balesin satu-satu. Nggak di instagram, facebook, whatsapp, website dan lain sebagainya. Padahal kita nggak cuman ngadepin monitor doang, apalagi kayak saya yang belum punya karyawan. Makanya di CS-in sendiri, dipromosiin sendiri, beli bahan baku sendiri, untunglah saya bisa kerjasama dengan mas suami beliau bagian produksi. Allhamdulillah disyukuri, tapi bagaimana yang sudah mau naik level kejaran orderan bejibun? Nggak mungkin kan balesin terus chat satu-satu, belum lagi upload produk, promosi, kudu kulakan, capek deh!




Inilah tugas AVANA, sebagai e-commerce platform yang akan mengintegrasikan pengelolaan sosial media dalam satu wadah. Cukup sekali unggah doang produknya di media sosial langsung deh AVANA akan mengintegrasikan ke berbagai kanal milik kita sebagai jualan. Jadi saya yang biasanya jadi CS nggak perlu nih mantengi 24 jam, tapi AVANA lah yang akan bekerja. Karena ada fitur Auto-Reply, jadi kita nggak perlu balesin. Jadi pelanggan makin senang, respon chatnya dibales dengan cepat. Jadi kita sebagai pelaku usaha santai, nggak diuber-uber kudu membalas satu-satu sampai jari keriting hehehe ...

Sesuai dengan tujuan AVANA,  "Terciptanya sistem yang dapat membantu banyak orang agar dapat memanfaatkan waktu untuk berwirausaha tetapi tidak mengorbankan waktu ibadah dan keluarganya," ungkap Ghazi Alghifari mantap dalam launching AVANA. Tidak dipungkiri pertumbuhan e-commerce di Indonesia, dalam sepuluh tahun terakhir ini menurut BPS (Badan Pusat Statistik) mengalami perkembangan yang pesat.





Perbedaan E-commerce Platform dengan Marketplace


Ada yang bilang AVANA mirip dengan marketplace, tetapi saya tekankan bahwa AVANA bukan marketplace. Karena kalau marketplace itu pelaku usaha (penjual/seller) disediakan tempat berjualan, seperti pasar. Marketplace sebagai pihak ketiga, penyedia tempat. Di marketplace kita juga yang harus balesin satu-satu, di e-commerce Platform AVANA ada fitur balas pesan otomatisnya. Jadi kita bisa leha-leha, bersantuy kalau anak jaman sekarang bilang.

Perbedaannya lagi, e-commerce Platform itu perangkat lunak yang diciptakan untuk berjualan online dan ada storefrontnya. Penjual jadi punya webstore dan facebookstore sendiri. Kekuatan Avana terletak di dashboarnya, yang mana kita bisa mengunggah produk secara langsung dan otomatis produk itu akan langsung muncul di webstore dan facebookstore. Nggak perlu deh satu-satu upload, atau satu-satu bagikan ke sosial media. Dengan AVANA semuanya sudah langsung otomatis, hanya satu kali kerja.

Selain auto-replynya, ada juga fitur manajemen order, sistem pembayaran, database pelanggan, dan manajemen produk yang efisien. Dengan adanya webstore sendiri, pelanggan atau calon pembeli akan mudah menemukan toko online kita di mesin pencari dan penjual jadi terlihat lebih professional.




5 Fitur Terbaik yang ada di AVANA


Sama dengan waktu kita ngeblog, semua berpusat di dashboard, demikian juga dengan AVANA. Semuanya berpusat dalam satu sistem yang mudah digunakan.

Sistem admin dari mengelola semua saluran jualan di kanal media sosial kita, ada di bagian dashboard. Dalam memperbarui informasi atau halaman toko, kita juga ke dashboard. Untuk tahu pembayaran dari pelanggan yang terintegrasi ada di dashboard, trafik situs web, analisis google pun di dashboard. AVANA juga punya 5 fitur andalan terbaiknya, apa saja sih? Kuy kita kenalin:


Fitur Media Sosial

Setelah anda join dengan AVANA, semua fitur yang ada di AVANA akan menghubungkan seluruh kegiatan berjualan dari website ke jejaring media sosial yang anda punya.  Dari Facebook, instagram, twitter dan blogspot. Fungsinya adalah, agar penjual tidak kerepotan mengupload produk satu persatu.




Fitur Messenger Store

Di AVANA ada dua jenis mesenger yang akan dikelola, yakni messeger store dan blast (pesan otomatis). Pelanggan akan mendapatkan pesan otomatis, berupa koleksi produk yang kita jual. Kurang lebih seperti di beranda tampilannya. Ada gambar, ada harga dan juga deskripsi produknya. Calon pembeli akan merasakan kemudhan, karena tidak perlu bolak-balik buka beranda dan messenger.

Kelebihannya lagi muncul tombol, 'beli'. Kalau calon pembeli tertarik, bisa langsung membelinya dan otomatis calon pembeli digiring otomatis dalam dashboard pembayaran. Praktis dan efisien. AVAN menerima berbagai pembayaran dari pelanggan lokal maupun internasional lewat online banking, kartu kredit, transfer, Alfamaret, Indomaret dan lain sebagainya.




Fitur Managemen Order

Sakit kepala karena harus mengelola orderan? Tidak akan lagi kalau anda memakai AVANA. Karena:

Anda akan menerima notifikasi pesanan baru dari email
Pesanan dari berbagai media sosial juga akan masuk dalam satu dashboard
Faktur, pelacakan pembaruan nomor dan penerimaan otomatis juga akan dikirim ke pelanggan.
Anda juga bisa memfilter order, berdasar status pesanan
Fitur managemen order ini, akan memudahkan penjual mengekspor pesanan dengan detail untuk dianalisis guna memepersiapkan pemasaran selanjutnya



Fitur Managemen Inventory Produk (Mengatur stok secara otomatis)

Mengelola stok produk sekarang nggak perlu ribet lagi, mudah dan otomatis. Anda cukup menambahkan, mengedit dan daftar produk satu kali saja. Kemudian drag dan drop gambarnya bisa ditambahkan langsung. Anda juga bisa mengelompokkan produk sejenis dalam kategori masing-masing, tampilkan serta harga sale produk jika produknya promosi dan kemudahan lainnya.

Dalam mengupload produk tidak ada batasan bandwithd maupun jumlah produk. Pelanggan atau pun pesanan artinya tidak terbatas.

Fitur Promosi

Fitur promosi ini ditawarkan bisa menggunakan harga diskon, atau kode kupon. Yang mana untuk meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan baru maupun pelanggan lama.
Add caption



Cara Bergabung dengan AVANA



Untuk mendaftar dan bergabung dengan AVANA, pendaftaran akan berlangsung kurang dari lima menit. Serius, karena gampang banget. Cukup dipersiapkan email dan nama bisnismu. Penjualan facebook, instagram, web, twitter akan dikelola satu tempat. Nyaman banget kan? Hal yang harus kita lakukan ketika mau mendaftar adalah :



  • Masuk ke website 'Avana.id' di browser. Klik 'Daftar'.
  • Mulai memasukkan alamat email, atau langsung masuk menggunakan facebook. Pilih salah satu saja.

  • Selanjutnya, 'Create a New Store', masukkan nama toko, email toko, nomer HP, dan bahasa yang digunakan untuk website. Klik 'Create'. Selamat! Anda sudah resmi berjualan di AVANA. 
  • Jangan lupa untuk melengkapi data diri kita, seperti informasi toko, pengiriman menggunakan apa, tambahkan produknya apa saja dan juga pembayarannya.

Cara Unggah Produk di E-commerce Platfoam AVANA



  • Hal pertama yang harus kita lakukan adalah, masuk ke dashboard AVANA. Kemudian klik tombol 'Add New Product'.
  • Setelah muncul jendela baru, 'Add Product'. Isi semuanya isian kolomnya, dari foto produkmu, nama produk, SKU, IDR, Estimasi sampai, berapa produk stok, beratnya dan deskripnya. Kalau sudah, baru klik 'Submit'.
Cara Upload Produk

  • Percobaan pertama saya jualan di AVANA, sungguh memuaskan. Mudah dan cepat. Lihat saja, unggahan produk, 'Masker Dua Lapis Oxford', sudah nangkring langsung di dashboard product. Kita bisa membagikannya, ataupun dengan mengintegrasikan langsung.



  • Kalau anda baru pertama kali belajar jualan seperti saya, tenang kalau nggak ngerti kita bisa ngeklik tombol paling bawah, 'Tutorial'. Di sana akan dijelaskan lengkap, apa itu AVANA, fitur apa saja, bagaimana cara menggunakannya dan lain sebagainya beserta tips untuk meningkatkan jualannya. Tapi kalau kurang suka dengan artikel anda bisa intip youtubenya, AVANA Indonesia. Di sana dibagikan videonya dengan lengkap. Tinggal kita praktikan, mudah bukan? Dibutuhkan kerjasama semacam inilah, agar bisnis kita semakin melesat. 

Postingan Produk Masker saya di AVANA yang sudah dibagikan di Facebook dan Twitter



Salah Perbaiki Lakukan Inovasi dan Kolaborasi Karena Berhenti Berarti Mati



Kegagalan dan kesuksessan itu sama-sama bisa berakhir petaka dan bahagia. Kegagalan bisa membuat kita putus asa dan berhenti akan membuat kita jauh dari kesuksesan, sekalipun kesuksessan itu tinggal satu langkah lagi kita injakan. Sementara kesuksessan akan membawa kita petaka, jika kita merasa telah berpuas diri dan berhenti untuk berinovasi. Akibatnya kita bisa tertinggal dari kompetitor, yang terus memperbaiki diri. Karena sudah banyak kasus pemasaran yang berakhir demikian.

Masih ingatkan anda dengan brand telepon gengam nokia? Yang merajai pasar dunia? Bergeser dengan handphone blackberry. Blackberry pun demikian, kena geser dan tidak mampu bertahan dengan adanya smartphone berbasis android.






Dinamika dalam berbisnis akan selalu ada perubahan. Perubahan dapat terjadi kapan saja, dan sulit ditebak. Pasar bisa berubah, teknologi pun berkembang pesat. Jumlah kompetitor semakin tak terhitung, dan keinginan pelanggan pun semakin tak terbilang. Ketika berada pada situasi semacam ini, jika kita tidak siap melakukan inovasi berarti siap-siap saja untuk dilindas kompetisi. Karena berhenti, itu mati.

Kalau Steve Jobs bilang, 'Stay foolish, stay hungry'. Tetap merasa bodoh agar kita mau terus belajar, dan tetap selalu merasa lapar agar kita tidak pernah tidur dengan keadaan kekenyangan. 'Gagal ulangi, salah perbaiki, berhenti mati'. Mari berinovasi tiada henti, salam!





Add dan Follow Media sosial AVANA di sini:
Instagram : @avana.id
Website : Avana.id
Youtube : Avana Indonesia



Sumber informasi :

Blog Avana
Buku Think Like There is No Box
Buku Briliant Marketing
Youtube Avana Indonesia

Sumber foto :
Instagram Avana
Pexels

Sumber aplikasi edit:
Canva
Photoscape
Edited by blogger


  • Share:

You Might Also Like

59 comments

  1. Nggak hanya lengkap tapi juga sangat memudahkan ya. Umkm online harus nyoba nih avana

    ReplyDelete
  2. Nyiii, jual maskernya berapa? Eh malah salah fokus hihihi.

    Memang ya Avana ini top buat dipakai jualan karena berbeda dengan market place pada umumnya. Dari dasbornya kita bisa kelola 3 macam toko online kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dualapis ecer8ribu bun hehehe
      Asli avana enak ya sistemnya

      Delete
  3. Aku waktu kali pertama tahu tentang AVANA, auto inget dirimu Mba
    Alhamdulillah ternyata udah join social commerce ini, ya.
    Semogaaaa makin cethar membahana bareng AVANA ya Mbaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya Allah mba Nurul
      ayok semangat, semoga kita sukses bareng aamiin

      Delete
    2. Aamiin aamiin ya robbal alamiiin.
      Semoga iklim usaha di Indonesia tetap apik ya Mba

      Delete
    3. Iya Nyi, semoga usahamu selalu lancar yaaa... Di masa sulit gini harus bisa membuka lapak dimana saja agar omzet tak turun-turun amat

      Delete
  4. Jadi penasaran sama website-nya Avana, setelah ini aku mau coba lihat alias melipir ke sana deh..

    ReplyDelete
  5. baru tahu ada ecommerce Avana ini. bakalan jadi terkenal nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih..setelah baca ulasan positif dari teman2 makin yakin merekomendasikan ke kerabat yg mau buka toko online..

      Delete
    2. Bener banget, aku pun yang udah nyobain buka akun di sana ya merasa dimudahkan loh. Tinggal sekarang nyiapin stok barang yang mau dijual dulu.

      Delete
  6. wah pencerahannya detail banget mba, aku jaid paham soal Avana, ini aku lagi merilis usaha sama adek, mudah-mudahan bisa masuk ke sini juga ah buat marketplace aku, dan daftarnya juga cukup mudah ya

    ReplyDelete
  7. avana ini sangat praktis ya mbak, semua aplikasi bisa dibuka lewat avana. sangat memudahkan untuk umkm

    ReplyDelete
  8. Awalnya tak pikir Avana ini juga marketplace, mba.
    Ternyata e-commerce platform yang sangat memudahkan penjual. Upload produk yg cukup satu kali dan sudah terhubung langsung ke web dan medsos, ini sangat simple sekali ya.
    Keren Avana.

    ReplyDelete
  9. Wow..aku gagal fokus dg Si Kelinci nyentrik ituu..haha.. Untuk Avana, emang keren ya...

    ReplyDelete
  10. Owalah baru tahu ada social commerce jadi pengen join aku tuh

    ReplyDelete
  11. Cakep juga ya AVANA karena satu kali klik, maka tiga platform udah langsung kerja, pemasaran yang efektif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gak perlu kerja diuble ya mbak cukup upload satu kali aja didashboard langsung terintegrasi ke semua ptalform

      Delete
  12. Praktis pakai AVANA, gak usah repot2 bikin toko online sendiri ya, dan produk yang diupload juga langsung terintegrasi ke facebook ya jadi bisa double jualannya di berbagai tempat

    ReplyDelete
  13. Yang baru mulai merintis bisnis online pas banget nih dengan adanya Avana. Mengakomodir kebutuhan...

    ReplyDelete
  14. Keren yah kak Avana ini, sangat membantu loh menarik untuk dicoba soalnya simple banget tuh kak kalu liat dari uploadtan kakak

    ReplyDelete
  15. Aku udah ada nama tokoku di AvANA, tinggal menunggu hasilnya, apakah bsa smart seperti penjelasan di webnya atau gimana, lagi belajar sih

    ReplyDelete
  16. wah ini bisa jadi solusi untuk belajar hal baru di tahun ini. keren juga fitur2 yang ada di avana

    ReplyDelete
  17. Wah kereenn ada lagi karya anak bangsa yg ciptain eCommerce utk membantu para UKM di Indonesia. Musti di support dan di share nih

    ReplyDelete
  18. Udah beberapa kali denger Avana tapi gak nyangka kalau sebagus ini platformnya. Ini sih simple dan memudahkan banget ya. aku juga jadi pengen cobain buat bisnis handletteringku ah

    ReplyDelete
  19. Kalau menurutku Avana ini kabar baik bagi para seller yang ingin lebih mudah menjual produknya. Thanks banget mbak Nyi udah berbagi informasi :)

    ReplyDelete
  20. avana ini sangat membantu pelaku bisnis.. butuh banget memang hal-hal yang membantu bisnis seperti avana..

    ReplyDelete
  21. Avana memang joss yah mempermudah banget para UKM nih kabar baik nih buat para penjual...

    ReplyDelete
  22. Salut Nyi...
    Penyajianmu mengenai Avana bikin ku penasaran dan membaca hingga akhir.
    Memang beda kalau yang menulisnya sendiri punya pengalaman di bidangnya. Jadi lebih mantap.

    ReplyDelete
  23. Aku cek kemarin untuk biaya perharinya mulai 8ribu. Ada paket toko online yang lebih terjangkau nggak ya mbak?

    ReplyDelete
  24. Aku salfok sama gambar srigalanya jadi inget cerita srigala gitu hahaha ..

    Bdw avana emang dikhususkan buat promosi bisnis gitu ya mams?

    ReplyDelete
  25. O brati ini semacam marketplace kayak yang lain gitu ya mba? Lengkap banget ya fiturnya. Kayaknya emang pas dan mendukung banget buat para pelaku UMKM nih.

    ReplyDelete
  26. Setuju Nyi, janga. pernah berhenti untuk berinovasi. Jaman terus bergerak menyesuaikan eranya, kalau kita ga berkembang, waah bisa ketinggalan ya.

    Avana ini bantuin banget ya para penjual yang biasanya bingung mengatur gimana harus jualan di berbagai platform medsos. Pakai Avana ini gampang banget, tinggal buka akun dan dan posting foto aja.

    ReplyDelete
  27. Waaahhh kebetulan aku lagi berburu informasi soal buka toko online. Abis baca ini kayaknya aku maulah ngembangin bisnis kecil2anku melalui atau dg bantuan avana ini. Makasih infonya ya mbk

    ReplyDelete
  28. Kalau punya usaha kaya dirimu, cocok banget ya pakai Avana ini. Apalagi sudah diintegrasikan sama sosial media. Jadi gak buka banya tab dan ngurus satu-satu

    ReplyDelete
  29. kayaknya avana bisa nih jadi alternatif kerjaan di tengah wabah covid ini. kerjanya online kan?

    ReplyDelete
  30. kreatif ya Avana ecommerce soscial media jadi bisa memasarkan dengan lebih aktif

    ReplyDelete
  31. semoga dengan makin banyaknya platform yang membantu UKM seperti ini industri UMKM kita pun makin besar, maju, dan kuat yaa mba

    ReplyDelete
  32. avana ini praktis banget emang ya, sangat membatu nih terutama buat yang pengen praktis da hemat waktu, aku kemaren cobain avana juga

    ReplyDelete
  33. Ku betah banget baca ceruta tentang kelincinya nih. Hihihi trus edih dong karena udahan. Asik ya jualan di Avana ini, serasa punya CS pribadi dan urusan dagang lekas tuntas

    ReplyDelete
  34. Aku baca sampai dua kali yang jadi CEO-nya, aku pikir Al-Gazali wkaka ternyata beda ya. Wah enak banget sudah ada platform lokal sendiri untuk membantu olshop, lumayan banget nih mba. Kalau mau pake fitur mereka, bayar berapa ya mba? Takut mahal :(

    ReplyDelete
  35. Bisnis model seperti ini jadi lebih simpel ya karena terhubung dengan media sosial yang hampir semua orang menggunakannya.

    ReplyDelete
  36. Skrg makin mudah ya buat penjual yg butuh lapak online. Ga perlu lapak offline. Sudah banyaj yg bantu macam Avana nih.

    ReplyDelete
  37. Wah, penggiat UMKM kudu coba iniiih. Sayang kalau kesempatan bagus ini dilewatkan. Padahal dari tahun 2017 ya, kok aki baru tau sekrang? Dasar ga peka. Hahaha

    ReplyDelete
  38. Sekarang kalau mau jualan lebih mudah ya. Pemasarannya bisa online dan gabung dg Avana makin meluas juga iklannya.

    ReplyDelete
  39. lagi hapenning ini AVANA, jadi ada pilihan bagi yang hendak terjun di toko online. Kalau pakai Avana ini free kah? Atau bayar mbak?

    ReplyDelete
  40. Aku sudah coba free trial AVANA juga.
    Bisa jadi referensi nih buat jualan mudah di sosial media rasa marketplace

    ReplyDelete
  41. Iya ya.. kerjasama memang pentinf banget di dunia bisnis sekarang ini. Nggak bisa kita selamanya egois dan merasa paling unggul

    ReplyDelete
  42. semakin banyak baca mengenai Avana, semakin hasrat menggebu ingin nyobain jualan di Avana juga

    ReplyDelete
  43. Belanja dan jualan di AVANA sangat mudah ya, semoga bisnisnya makin lancar ya, Nyi. Sukses selalu deh. Senang lihat fitur-fitu di AVANA sangat mudah ya buat UMKM.

    ReplyDelete
  44. Pertama...suka sama cerita ilustrasi di awal. Penasaran aku, kok bisa kelinci ngalahin para binatang buas. Ternyata...ha..ha kerjasama sama harimau.

    Kedua..jd lebih tahu tentang AVANA. Semoga UMKM di Indonesia lebih maju dengan AVANA yaa..

    ReplyDelete
  45. Ih saya juga deg-degan pas baca kisah kelinci. Kaget juga kok bisa menang gimana caranya? jangan-jangan kelinci punya aji-aji apa gitu, eh gak tahunya ada si macan. Wkwkwk... keren nih ceritanya

    ReplyDelete
  46. Wah jadi lebih tahu tentang Avana. Kayaknya kalau pengin bisnis online harus klik klik lagi nih ya Avana. Jadi penasaran nih. Tengkyu mbak artikelnya

    ReplyDelete
  47. Peluncur ke web avana kebetulan punya bisnis online selama ini via tokped n ig aja boleh juga nih nambah avana

    ReplyDelete
  48. Pas banget buat aku pemula dalam bisnis online nih. Mau pelajari dulu aahhh..

    ReplyDelete
  49. Wah cocok nih di masa sekarang di mana kita cuma bisa jualan via online. Belanja pun via online supaya ga kena Corona. Pake Avana aja ya.

    ReplyDelete
  50. benar banget, jaman sekarang kalau kita masih sama saja, enggak ada inovasi apapun dengan produk yang kita jual, siap-siap kalah dengan kompetitor. untuk pemula bisnis online, avana ini recommended banget

    ReplyDelete
  51. boleh di coba neh situsnya.. otw ah aku mau coba ya nyi.. pas banget aku bsa jualan produk di web ini.. otww

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat