MENU

Monday, 21 October 2019

Sudah Saatnya Koperasi Zaman Now Memenuhi Kebutuhan Milenial


Sudah Saatnya Koperasi Zaman Now Memenuhi Kebutuhan Milenial - Pertama kali mengenal koperasi, saat itu saya berada di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Pengelola kantin sekolah menawarkan kepada kami untuk bergabung dengan Koperasi Konsumsi. Kami bisa menjual berbagai produk olahan sendiri. Waktu itu, kebanyakan makanan yang dititipkan. Namanya juga anak sekolah, habis pelajaran ya perut kelaparan yang ada dipikiran biasanya ya makan. Tapi ada juga yang menitipkan barang lainnya, namun yang paling laris tetap makanan.


koperasi berbasis digital manfaat koperasi digital koperasi digital adalah pertanyaan tentang koperasi digital koperasi millenial koperasi di era milenial contoh koperasi digital koperasi digital bejo


Koperasi sendiri mempunyai pengertian badan usaha yang dimiliki dan dioperasikan oleh anggotanya untuk memenuhi kebutuhan bersama dalam bidang ekonomi. Guru saya juga bilang, kalau koperasi mengampu asas kekeluargaan, dengan tujuan mensejahterakan semua anggotanya dan pengambilan keputusan juga berdasarkan keputusan bersama.


Pengertian Koperasi Menurut Ahli


Di Indonesia kita punya Bapak Koperasi, siapa coba tebak? Adalah Bapak Mohammad. Hatta. Beliau mengemukakan bahwa, "Koperasi merupakan usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong-menolong". Sementara menurut ahli dari berbagai negara Koperasi adalah:


  • P.J.V.Dooren : Koperasi yakni sebuah asosiasi anggota, baik pribadi atau perusahaan. Dimana secara sukarela datang bersama-sama dengan mengejar tujuan ekonomi umum

  • Munker : Koperasi merupakan organisasi tolong-menolong ang menjalankan 'urusniaga' secara kumpulan berazas tolong menolong. Semata-mata dengan tujuan ekonomi, bukan sosial seperti dikandung gotong-royong.

  • Arifinal Chaniago : Koperasi adalah perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang memberikan keebasan kepada anggota untuk masuk maupun keuar dengan bekerjasama secara kekeluargaan. Menjalankan usaha untuk peningkatan kesejahteraan para anggotanya.

Dan Koperasi di Indonesia termakub dalam UU No.25 / 1992, dimana Koprasi ialah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan landasan kegiatan berdasar prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas azas kekeluargaan.





Kalau di sekolah ada Koperasi Konsumsi, di daerah tempat tinggal bude saya ada yang namanya KUD (Koperasi Unit Desa). KUD ini lebih banyak bergerak dibidang pemenuhan kebutuhan masyarakatnya seperti; pertanian, perikanan, pendidikan, peternakan hasil kerajinan dan lain sebagainya yang intinya sebagai wadah sosial kemasyarakatan. Bude saya sendiri juga menjadi salah satu anggota KUD tersebut, beliau mendapatkan manfaat bisa mendapatkan harga beras dengan murah melalui KUD.


Mengenal Tujuan dan Fungsi Koperasi


Dari jaman dahulu sampai sekarang, tujuan dan fungsi Koperasi masih sama, dimana membantu meningkatkan kesejahteraan untuk anggotanya, seperti:


  • Meningkatkan taraf hidup anggotanya dan masyarakat
  • Membantu kehidupan anggotanya dalam hal ekonomi
  • Membantu pemerintah mewujudkan masyarakat adil, makmur dan turut serta membangun tatanan perekonomian nasional.

koperasi berbasis digital manfaat koperasi digital koperasi digital adalah pertanyaan tentang koperasi digital koperasi millenial koperasi di era milenial contoh koperasi digital koperasi digital bejo


Namun bagaimana dengan fungsi Koperasi? Yang mengacu pada UU No,25 Tahun 1992 pasal 4 ini?

  • Adalah membangun dan meningkatkan potensi ekonomi anggotanya.
  • Meningkatkan kualitas hidup anggota dan masyarakat
  • Memperkuat perekonomian sebagai dasar kekuatan dan ketahanan ekonomi nasional
  • Turut mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang lebih baik dengan berdasar asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.


Koperasi dan Generasi Milenial Zaman Now




Produk apa saja yang dibuat oleh manusia, selalu bisa berganti mode. Pengaruh berganti mode ini juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, yang artinya mode baru yang dibuat selalu memiliki tujuan-tujuan. Suharno, Koordinator Program Studi Magister Ilmu ekonomi Universitas Jenderal Soedirman menegaskan jika, "Koperasi di Indonesia saat ini dihadapkan kepada tantangan globalisasi, dimana persaingan antarlembaga keuangan ini menggunakan teknologi informasi". Karena memang faktanya, zaman now semua orang butuh layanan yang bisa diakses kapan saja dan dimanapun dengan sekali sentuhan jari.

PR besar bagi Koperasi Indonesia untuk membangun wajah baru, sesuai dengan kebutuhan pasar. Nah tujuannya sendiri apa sih sebenarnya?


Menggantikan mode lama dengan yang baru


Tujuan dibuatnya mode baru, biasanya untuk menggantikan mode lama yang sudah ketinggalan. Ibaratnya penyempurna, biasanya mode baru akan mempunyai kelebihan yang lebih praktis dan menarik. Terlebih generasi milenial yang suka dengan kreativitas yang berkesinambungan.


Menciptakan keunggulan dalam bersaing





Ibaratnya produk, pasti memiliki pesaing atau kompetitor. Dengan menciptakan mode baru yang berhasil menarik minat generasi milenial dan masyarakat jelas suatu bukti bahwa kita bisa tetap suvive serta lebih unggul.


Memperluas pilihan kepada masyarakat


Manusia di muka bumi, cenderung memiliki sifat yang gampang bosan. Itulah mengapa Tuhan menciptakan banyak flora dan fauna. Mode baru yang diciptakan, akan membuat manusia bersemangat bahkan memperluas pilihan mereka.


Membuat terobosan dan nilai tambah

Biasanya produk yang diciptakan, sebagai sebuah trobosan dalam mengatasi atau menghadapi masalah. Maka buatlah terobosan atau ciptakan ide-ide baru yang cemerlang. Karena zaman dahulu dan zaman sekarang banyak sekali perbedaan masalah yang dihadapi. Maka dengan sendirinya produk baru yang baru muncul akan memberikan nilai tambah secara otomatis.


 Harapan Kepada Koperasi Indonesia


koperasi berbasis digital manfaat koperasi digital koperasi digital adalah pertanyaan tentang koperasi digital koperasi millenial koperasi di era milenial contoh koperasi digital koperasi digital bejo


Generasi milenial saat ini merupakan aset bangsa yang berharga, dimana mereka banyak mewakili manifestasi ide-ide yang kreatif,  berpikir out of the box dan inovasinya tanpa batas.  Semoga Koperasi Indonesia semakin mematangkan konsep platform websitenya, platform mobilenya, media sosial yang aktif, pendaftaran online dan layanan digital lainnya yang memudahkan para anggota dan calon anggota khususnya generasi milenial dalam berinteraksi.


Soalnya masih banyak yang belum tahu apa itu koperasi, manfaat dan tujuannya dan sering kali orang-orang yang tinggal di daerah kurang mengerti apa itu kegunaan koperasi. Semoga Koperasi Indonesia, memberikan edukasi menyeluruh kepada masyarakat sedini mungkin. Karena masyarakat hanya tahu, biasanya yang namanya koperasi ya tempat untuk melakukan simpan pinjam uang. Sebab Koperasi sudah ada semenjak abad ke-20, maka jangan sampai Koperasi hilang ditelan masa begitu saja. 

Seperti kata Mohammad Hatta, Bapak Koperasi Indonesia, "Jatuh bangunnya negara ini sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekadar nama dan gambar suntaian pulau di peta". (*)


Artikel dengan judul, 'Sudah SaatnyaKoperasi Zaman Now Memenuhi Kebutuhan Milenial' ini sudah tayang dan diikutkan dalam lomba PRAJA 2019. Semoga bermanfaat. #PRAJA2019 #anugerahMISGroup #koperasi #wirausaha


koperasi berbasis digital manfaat koperasi digital koperasi digital adalah pertanyaan tentang koperasi digital koperasi millenial koperasi di era milenial contoh koperasi digital koperasi digital bejo


2 comments :

  1. Setuju banget kalau Koperasi bisa menyesuaikan dengan harapan generasi milenial. Sekarang ini Generasi Jaman Now lebih suka sesuatu yang cepat dan responsif.

    ReplyDelete
  2. Koperasi memang harus berinovasi. Selama ini yang saya temui, kebanyakan koperasi simpan pinjam dan kebanyakan buat memenuhi ini nginan anggota membeli motor. Itu melenceng dari tujuan awal nggak ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat