7 Kiat Mudah Agar Postingan Nyaman Dibaca Pengunjung Blog



7 Kiat Mudah Agar Postingan Nyaman Dibaca Pengunjung Blog - Pernah nggak sih penasaran apa yang membuat visitors blog itu, betah berlama-lama mantengin sebuah blog? Selain itu blog idola mereka, cerita yang memikat ataupun gaya bahasanya menarik? Ternyata ada juga yang lebih penting dari itu, adalah struktur tulisan yang tertata dengan rapi dan baik.



tips blog tips blogger tips blogger pemula tips blogspot tips blog banyak pengunjung tips blogger sukses tips bloger tips blog schrijven tips blogabet tips blog seo tips blog writing tips blog wordpress tips blog name blogging tips and tricks blogging tips 2017 blogging tips in hindi blogspot tips and tricks blog tips 2018 blogger tips in tamil blogging tips for writers blogging tips for small business
Pic by Canva Edited by me



Yuk, sama-sama saling perbaiki struktur tulisan agar semakin nyaman dibaca oleh pengunjung blog kita. Ada 7 kiat sederhana, yang mulai saya terapkan dalam postingan blog, adalah:

1. Membuat per paragraf yang pendek

Saat saya sendiri membaca paragraf bacaan, yang terlalu panjang. Saya akan merasa mudah lelah dalam membaca. Ini mulai saya terapkan dalam postingan, membuat paragraf yang pendek. Misal 3-5 kalimat.

2. Tambahkan sub judul

Siasati menuliskan postingan dengan menggunakan sub judul, misalnya judul pertamanya adalah; Untung dan Rugi Membuat Blog Lebih dari Satu. Lantas kemudian setelah penjelasan sedikit, berikan sub judul, 'Keuntungan Membuat Blog Lebih dari Satu', ada beberapa keuntungan pastinya, kemudian jabarkan lagi.

3. Menggunakan tambahan angka atau bullet point

Seperti dalam postingan yang saya tulis ini, dengan judul '7 Kiat Mudah Agar Postingan Nyaman Dibaca Pengunjung Blog', saya menggunakan angka untuk penjabarananya. Hal ini memudahkan pengunjung dalam membaca.

4. Pilih gambar yang relevan / cocok

Setiap postingan perkuat dengan gambar,  sebaiknya gambar juga jangan banyak-banyak. Misalnya gunakan 3 gambar atau 5 gambar saja, cukup. Bisa dengan jepretan sendiri, editan dari aplikasi atau ambil di internet. Tentu saja jangan lupa untuk menyertakan, sumber yang ada. Gambar juga harus sesuai isi yang ditulis.

5. Postingan tidak terlalu panjang

Tulisan yang termasuk baik menurut google, adalah 300 kata dan sampai 2000 kata. Tapi kalau saya sendiri menerapkan dalam postingan, adalah di atas 500 kata. Kadang juga kalau pas mentok, yang penting sudah melewati batas dari 300 kata hehehe ... inilah pentingnya story telling dari pengalaman, biasanya akan menambah jumlah kata yang ada dalam postingan.

6. Baca ulang sebelum publish

Tidak ada salahnya untuk merunut ulang tulisan, dibaca sebelum anda memostingnya guna mengidentifikasi kesalahan atau typo dalam penulisan. Tapi jika tidak sempat tidak apa-apa, lakukan pengeditan nanti.

7. Pilih font yang bersahabat

Jenis huruf sangat berpengaruh dalam proses membaca seseorang, karena saya pun demikian. Maka pilih font huruf yang enak dibaca, dan nyaman dipandang. Seperti Times New Romans misalnya, pokoknya jangan pilih yang rumit. Soalnya kasihan pembaca, yang ada mereka nggak jadi baca gegara font kita sukar terbaca.

Semoga 7 Kiat Mudah Agar Postingan Nyaman Dibaca Pengunjung Blog, dapat membantu kalian untuk memaksimalkan blog yang dibuat. Semoga bermanfaat, salam!

Baca juga : Untung dan Rugi Membuat Blog Lebih dari Satu

Postingan Terkait

2 komentar:

  1. Aku biasane sisan dowo. 1200 kata minimal. Jadi jarang update tapi artikel detail dan dibutuhkan orang. Dadi pasti akeh sing moco nganti rampung. Tp nek pas sibuk yo sing penting update. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk aku sing penting update di atas 300 kata wakakak
      nulis panjang kadang gampang kadang susyeh

      Hapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat