Wednesday, 28 November 2018

Untung dan Rugi Membuat Blog Lebih dari Satu



Untung dan Rugi Membuat Blog Lebih dari Satu - Awalnya banyak yang nggak percaya, kalau penghasilan saya selama ini ya dari ngeblog. Hanya dengan menulis, saya dibayar. Tapi lama kelamaan aktivitas ngeblog, mulai dikenal orang dan mereka mulai tertarik dengan dunia ngeblog yang selain bisa membuat unek-unek yang bersarang dipikiran jadi hilang. Pun mendatangkan pemasukan, bahagia bangetlah buat saya yang sudah berumah tangga ini.


blog lebih dari satu membuat blog lebih dari satu memiliki blog lebih dari satu cara membuat blog lebih dari satu
Pic by Canva edited by me


Sukses dengan satu blog, saya jadi kepikiran nih untuk membuat blog lagi sebagai blog cadangan. Apa yang tidak saya tulis di blog pertama, akan saya tulis di blog kedua, kemungkinan juga blog kedua lebih spesifik hehheeh ... masih rencana sih.

Namun sebelum memutuskan untuk membuat blog lagi, atau yang bisa disebut dengan ternak blog, memiliki beberapa kekurangan dan keunggulan. Kalian bisa membacanya dahulu, sebelum memutuskan untuk lanjut atau tidak, ini dia:

Keuntungan Membuat Blog Lebih dari Satu

Pada kenyataanya blogger banyak yang memiliki lebih dari satu blog, mengapa? Karena terkadang blog yang pertama berisi hanya curahan hati saja. Tetapi yang lain berisi niche lebih spesifik misalnya bisnis, fotografi dan lain sebagainya. Dengan cara ini seorang blogger bisa memaksimalkan diri. Karena hobi seseorang nggak mungkin dong satu tok gitu? Seperti saya sendiri misalnya, selain nulis, suka baca, suka nonton film. Bisa banget jika hobi saya nonton itu, saya jadikan dalam satu blog saja. Lebih maksimal dan tidak tercampur dengan isi blog yang lain.


Pic by google.co.id


Kekurangan Membuat Blog Lebih dari Satu

Fokus terpecah

Memiliki blog lebih dari satu, pasti akan membuat fokus kita terpecah. Tidak semua memang, kalau sudah konsisten memutuskan. Hanya saja, perhatian ke blog yang pertama dibuat pasti akan mengalami penurunan. Tipsnya pinter-pinter bagi waktu saja, misalnya senin update blog pertama, selasa update blog kedua dan seterusnya.

Waktu luang semakin berkurang

Ngeblog itu mengasyikan, tetapi jika ngeblog sudah mulai dijadikan ladang penghasilan itu berarti kita harus serius dan konsisten menjaga updatean. Agar trafik terus meningkat, dan job pun terus berdatangan. Hal yang harus dikorbankan dari itu semua, adalah memiliki waktu luang yang berkurang. Apalagi blog yang dimiliki lebih dari satu. Pertimbangkan lagi, apakah kamu sanggup atau tidak.

Jadi bagaimana sudah siap untuk memiliki blog lagi? Apapun pilihanmu, yang penting jada konsistensi dan menulislah selalu tulisan yang bermanfaat untuk orang lain. Salam!


3 comments:

  1. Betul. Bikin jadwal khusus posting. Dadi semangat ngisine.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkaca dari dirimu beb, 4 blog berdomain dan semua dikelola dengan baik. Salut!

      Delete
  2. Aku ngurus 1 aja udah gempor Nyi. Hihihi ... Jadi kumemilih punya 1 saja sudah cukup.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat