Sunday, 21 October 2018

4 Alasan Sebuah Brand Harus Mempunyai Blog



Alasan Sebuah Brand Harus Mempunyai Blog - Beberapa sahabat saya yang tergabung dalam komunitas Bukalapak, tidak kesemuanya telah memiliki blog atau website. Padahal mereka bergelut di bidang penjualan, dan mereka telah memiliki merek dagang yang dikenal luas.


branding dengan blog branding blog branding blogging branding blogs branding blog topics branding bloggers branding blog posts branding blog espaƱol branding blog design branding blogspot branding blog post ideas branding blogs uk branding blogs 2018 branding blog name branding a blog branding agency blog branding design blog branding for blog branding food blog


Mengapa peran brand menjadi begitu penting dalam bisnis? Ya agar bisnis kita semakin kuat, agar strategi pemasaran dalam meraih hati pelanggan semakin mudah. Yang paling penting adalah agar konsumen, semakin mudah mengenali produk yang kita punyai dan percaya kalau produk kita benar-benar ada. Contoh kecilnya adalah, Starbucks. Sudah pada tahu kan? Apa yang ada dalam benak kamu, saat saya menyebutkan Starbucks? Mahal, berkualitas, berkelas, kopi, enak, tempat nongkrong asik, modern dan lain sebagainya. Seseorang langsung bisa menebak, berarti branding Starbucks sangat sukses di pasaran.

Jadi dapat ditarik kesimpulan kalau brand adalah, merek dagang. Yang terkait dengan sebuah perusahaan, produk, layanan, atribut dan harapan yang berwujud atau tidak. Jika kamu seorang pemula yang sedang akan menciptakan produk buatanmu, maka jangan anggap enteng hal itu gaes! Brand adalah aset yang bernilai, yang mana menciptakan diferensiasi dalam mendapatkan hasil yang jangka panjang. Ketika sebuah brand memutuskan untuk membuat blog, maka semakin maksimalah perannya dalam memasarkan produk.

Apalagi perkembangan dunia internet dan bisnis online yang semakin menggemparkan ini, maka blog adalah pilihan yang sangat tepat. Apa sih sebenarnya manfaat yang bisa kita ambil dalam pemanfaatan media blog ini untuk bisnis?

Memperkuat identitas brand

Lihat sekelilingmu, pelaku bisnis dalam skala kecil maupun besar hampir semua sudah memanfaatkan media online untuk kebutuhannya. Tidak hanya pelaku bisnis online, offline pun demikian. Sudah berjubel kampanye dari brand di media sosial, dari sini bisa dilihat bukan betapa pentingnya sebuah blog untuk brand kita. Citra bisnis akan semakin menguat, yang memungkin seluruh Indonesia bahkan mancanegara mengenal bisnis yang kita jalankan.

Tempat promosi yang efektif

Blog bisa menjadi tempat promosi efektif sebuah brand, mengapa? Karena bisa dikenal semakin luas dan menyeluruh. Tidak mengapa pencapaian transaksi masih biasa, yang penting brand terus berkibar dan semakin dikenal. Beberapa orang sangat menaruh percayanya jika suatu produk atau brand, telah memiliki blog atau website official.

Sebagai lalu lintas informasi

Media promosi tidak hanya media sosial, blog juga bisa menjadi salah satu media promosi yang keren. Blog juga bisa jadi ajang menyampaikan informasi terkait dengan produk jualan, misalnya ada promo, diskonan, bundling dan lalin sebagainya. Selain itu kita juga bisa menaruh cerita sejarah, mengapa brand diciptakan, bisa juga manfaat, kegunaan, keunggulan produk kita dari yang lainnya.

Rekam jejak brand

Semua aktivitas kita dalam dunia digital, terekam dengan baik dalam mesin pencari Google. Mengapa tidak kita manfaatkan untuk mengelola blog dengan baik? Begitu juga dengan seorang blogger, membranding dirinya itu sangat perlu. Di Indonesia ada berapa banyak blogger? Maka pilih branding yang mencerminkan dirimu, jadilah unik dan berbeda agar kita mudah dikenali. Namun tetap jadi dirimu sendiri. 

Bagaimana? Sudah memutuskan untuk membuat blog untuk brandmu? Jangan menunggu nanti-nanti, terapkan sekarang juga meski mengawali dengan blog gratisan lebih dahulu. Toh tidak ada salahnya, yang penting sudah ada niatnya. Dan sebaiknya juga di domainkan (com, net, org, web id dan lain-lain), agar brand yang kamu bangun terlihat profesional. Dengan menjadikan blog kita berbayar, insyaAllah manfaat yang akan kita ambil juga banyak. Banyak sekali jasa domain di internet, kamu bisa memilih salah satunya. Harganya juga cukup bervariasi dari Rp 100 ribu, hingga 500-an ribu. Tetapi kita cukup mengeluarkan pembayaran domain pertahun sekali, tertarik?

Baca juga : 
7 Niche Blog Pilihan untuk Blogger

2 comments:

  1. diri sendiri juga harus punyabrand pribadi ya mbak, untuk meningkatkan nilai jual pribadi untuk zaman sekarang ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat