Friday, 4 May 2018

Buah Penambah Darah untuk Tubuh



Buah Penambah Darah untuk Tubuh -  Kekurangan sel darah merah biasanya, saya rasakan ketika sedang duduk kemudian bangun saya merasa berkunang-kunang berarti hemoglobin saya sedang di bawah normal. Saya juga merasa mudah lelah, berarti saya butuh asupan buah atau sayuran yang bisa menambah hemoglobin kembali normal.


Kekurangan zat besi tidak boleh dibiarkan berlarut, karena anda akan menjadi pucat kelopak mata bawah apalagi. Tetapi baru-baru ini saya sempat baca, kalau rambut yang rontok setiap harinya dalam jumlah tidak wajar bisa dikategorikan kita mengalami kekurangan zat besi. Saya banget ini, soalnya nggak tahu kenapa ini rambut ketarik dikit aja rontok, dipegang halus juga mudah jatuh perlu diwaspadai nih. Selain sayur penambah darah, saya juga mengonsumsi buah penambah darah, buah apa sajakah yang sering saya konsumsi itu?

Buah jeruk
Buah jeruk adalah buah yang memiliki banyak kandungan asam folat, yang tinggi selain mengandung vitamin C. Kemarin saya membeli buah jeruk yang berkulit hijau itu sekilo Rp 12, 500 dan yang berwarna kuning sekilonya Rp 15,000,- lumayan juga ya harga jeruk. Saya cuma beli setengah kilo dapet 5 buah. Karena takut beli banyak tidak dikonsumsi dengan cepat, jatuhnya membusuk.



Buah wortel
Untuk makan wortel saya kurang suka, biasanya saya mampir ke warung es buah dan memesan jus wortel. Sayangnya wortelnya sudah ketambahan gula, jadi kemanisan tidak original lagi. Sebaiknya konsumsi wortel tanpa penambahan apapun, karena vitamin A pada wortel bisa membantu memprodksi sel darah merah.

Buah semangka
Semangka juga kaya akan zat besi, anda bisa membelinya dipasar atau bisa juga dengan membelinya di warung es jus. Kemarin saya memsan es jus, segelasnya masih Rp 6000,- cukup terjangkau kan ya? Buat anda yang malas membeli buah, atau malas mengirisnya dengan membeli jus bisa jadi alternatif pilihan.

Buah anggur
Sama halnya dengan jeruk, anggur juga mempunyai asam folat, vitamin A yang baik untuk pembentukan sel darah merah. Memang buah anggur terbilang buah yang agak mahal, sama dengan buah strawberrry. Tetapi demi kesehatan, mengapa tidak? Karena buah stroberi ini juga bisa melindungi sel tubuh dari radikal bebas.

              Kalau kamu sedang mengalami hemoglobin menurun, biasanya kalian mengonsumsi buah apa? Share ya, soalnya saya gampang banget ngalamin yang namanya anemia. Apa karena males makan ya, tetapi kalau sudah makan sekali dan porsi banyak saya betah banget nih buat nggak makan lagi hehehe ... mungkin kantong perut saya kecil kali ya? Jadi nggak gampang buat laperannya, eits ... beda lagi kalau pas puasa hahaha. Duh bentar lagi kita menyambut bulan suci ramdhan, jangan sampai tubuh kamu kekurangan asupan buah dan sayuran ya kawan! Semoga bermanfaat, salam.


1 comment:

  1. Aku semenjak hamil ini jadi suka berkunang-kunang karena kekurangan darah, tapi aku nggak suka minum obat penambah darah dll lebih condong ke konsumsi buah atau jus buah kayak Semangka dengan ekstra manis deh Mbak

    x

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat