Saturday, 14 April 2018

Sayuran Penambah Darah Rendah



Sayuran Penambah Darah Rendah - Anemia sering saya rasakan beberapa bulan belakangan ini, anemia sendiri adalah kondisi seseorang yang kekurangan jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin (hb). Yang tercetus dalam kepala adalah membeli sayuran penambah darah alami, di pasar.


sayuran penambah darah sayuran penambah darah rendah sayuran penambah darah hb sayuran penambah darah merah sayuran penambah darah ibu hamil sayuran penambah darah putih sayuran penambah darah pasien hd sayuran penambah darah kumpulan tips sayuran penambah darah saat hamil sayuran penambah darah cepat sayuran penambah darah alami sayuran penambah darah untuk wanita hamil sayuran penambah darah dan stamina sayuran penambah darah apa saja sayuran penambah darah yang baik untuk ibu hamil sayur penambah darah kumpulan tips sayuran penambah darah apa makanan penambah darah alami makanan penambah darah anemia makanan penambah darah adalah makanan penambah darah anak makanan penambah darah atau hemoglobin makanan penambah darah atau hb makanan penambah darah ampuh makanan penambah darah ab makanan penambah darah alami untuk ibu hamil makanan penambah darah ayam aduan makanan penambah darah atau anemia makanan penambah darah akibat pendarahan makanan penambah darah apa ya makanan penambah darah atau zat besi makanan penambah albumin darah makanan penambah darah untuk anemia makanan penambah darah yang aman untuk ibu hamil sayuran penambah darah bagi ibu hamil makanan penambah darah bagi ibu menyusui makanan penambah darah bagi wanita hamil makanan penambah darah buat ibu menyusui makanan penambah darah bagi penderita anemia makanan penambah darah bayi makanan penambah darah buat bayi makanan penambah darah bagi penderita maag makanan penambah darah bwt ibu hamil makanan penambah darah buat wanita hamil makanan penambah darah bagi penderita ginjal makanan penambah darah bg ibu hamil makanan penambah darah bagi penderita diabetes makanan penambah darah buat ayam makanan penambah darah bagi ibu hamil 8 bulan makanan penambah darah bagi tubuh makanan penambah darah bt ibu hamil


Dengan diantar suami sekalian belanja untuk ibu mertua, berburulah kami sayuran penambah darah cepat untuk lauk keseharian. Karena kalau minum vitamin atau sejenisnya agak kurang sreg. Penyebab kurangnya darah merah ini juga bermacam-macam lho, kawan. Bisa jadi karena menstruasi yang sedang kita alami, kelainan bawaan, kurangnya asupan makanan yang membentuk sel darah merah, terkena cacingan dan lain sebagainya. Kemungkinan karena saya terkena cacingan, hehehe ... kemarin-kemarin baru mengobati diri dengan minum combantrin. Karena terkahir kali minum, ketika saya SD yang meninggalkan kenangan buruk. Semacam trauma, hahaha ...

Apa sih sayuran penambah darah merah?

Setelah tanya google, dan minta masukan di sana-sini termasuk dokter. Ketemulah beberapa jenis sayuran yang belakangan, rajin saya konsumsi adalah :

Sayur bayam

Jadi ingat serial kartun jaman kecil, Popeye si pelaut. Setiap kali buka kaleng, makan bayam dia jadi super hero yang bisa ngalahin musuhnya. Benar sekali, karena bayam ternyata mengandung banyak zat besi. Nggak cuman zat besi sih, ada vitamin C-nya, kalsium, beta karoten dan vitamin B9. Cara pengolahannya selera sih, baik dioseng ataupun dibuat sayuran.

Sayur brokoli dan buncis

Dahulu jaman saya masih kecil, brokoli jarang dijumpai di pasar tempat saya tinggal. Tetapi sekarang terdapat di mana-mana, karena banyak yang membudidayakannya. Brokoli terkenal dengna sayur yang mengandung anti oksidan, dan mencegah gejala penyakit kanker. Jaman kerja di luar, biasanya brokoli diolah dengan daging sapi. Untuk mendapatkan gizi yang banyak, sebaiknya jangan diolah terlalu matang. Biasanya saya merebusnya dahulu di air mendidih, tunggu beberapa detik lantas disaring. Barulah diolah dengan daging sapi irisan tipis-tipis.

Sementara untuk sayur buncis, lebih banyak dimasak dengan menumiskannya. Tetapi untuk lebih baiknya lagi, dimakan dalam keadaan mentah kayak wortel gitu hehehe ... tapi saya kurang doyan nih.

Meski tidak saya tuliskan dalam postingan ini, sayuran hijau lainnya juga mengandung zat besi. Seperti sawi hijau, selada, pakchoy, daun singkong dan sebagainya. Usahakan setiap hari kamu mengonsumsi sayuran penambah darah dan stamina, ya kawan! Agar tubuh tidak kekurangan darah merah.

Dan makanan penambah darah alami yang lain bisa dari, kacang kedelai, tahu, tempe, jamur, telur, keju, hati hewan seafood dan lain sebagainya. Pilih yang kamu sukai, agar waktu makan juga menikmati tidak terpaksa. Karena kebutuhan kita wajib terpenuhi, setiap harinya supaya tidak mudah merasa lelah ketika melakukan kegiatan. Apalagi buat kamu pekerja kantoran, yang setiap hari harus beraktivitas di luar ruangan kawan. Jaga kesehatan ya! Salam.


13 comments:

  1. Kalau aku dirumah hampir tiap hari tahu tempe always ada mbak. Cuma cara pengolahan nya aja paling yang tiap hari ganti menu

    ReplyDelete
  2. Kalau aku tuh andalannya sayur bayam mba kalu darah rendah. Jarang suka brokoli soalnya mba :)

    ReplyDelete
  3. bawang putih biasanya aku mbaa. langsung coapleng, tp bau nyaa nggak nahan hahahhaha

    ReplyDelete
  4. Penambah darah bikin semangat beraktivitas. Makanan tercukupi maka kita tidak perlu multivitamin lagi

    ReplyDelete
  5. Aku paling suka sama sayur bayam mba!
    Cuma terlalu banyak mengandung zat besi, gak cocok sama yg punya penyakit thalassemia :(

    ReplyDelete
  6. Aku nih yg sering anemia. Andalanku sih sayur bayam, seger banget dimakan pas masih anget-anget.

    ReplyDelete
  7. Sy jg suka darah rendah nih. Suka sayur bayam jg, sering konsumsi. Tp klo brokoli disini mahal. Hihi.

    ReplyDelete
  8. buncis ternyata bisa dimakan mentah-mentah kayak wortel , ya? Saya baru tau, nih. Tapi ga mau nyoba soalnya kayaknya ga enak hahaha...
    Putih telur katanya bisa menghambat penyerapan besi pada anak-anak. Karena saya bacanya dari sumber buku-buku MPASI anak sih :D

    ReplyDelete
  9. Karena keluargaku banyak yang suka tahu, tempe, dan telur, jadi hampir setiap hari lauk tersebut dihidangkan. Ternyata bisa untuk anemia ya.

    ReplyDelete
  10. Setuju mbak. Jangan sampai terpaksa makan suatu makanan, yang pentingkebutuhan nutrisi tetap terpenuhi.

    ReplyDelete
  11. Wait, Nyi appaaah? dirimu sudah menikah? Kapan? Duh aku kok ketinggalan berita. Jadi gak bisa kirim kado ke sana. Barokalloh ya Nyi, semoga rumah tangganya sakinah mawaddah warohmah.

    ReplyDelete
  12. Wah tahu tempe bisa juga yaa. Kalo aku doyan, sayur2 hijau juga. Yang susah anak-anakku, pilih-pilih kalo makan sayur, nggak semua mau :)

    ReplyDelete
  13. Yang paling cepet makan sate kambing, Nyi...
    In syaa Allah pusing-pusing karena kurang darah langsung bisa teratasi.

    ((kalo ini andalan aku banget! Hhaha))

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat