Saturday, 24 February 2018

Alasan-alasan Tuhan Membebanimu dengan Musibah



Berapa kali dalam setiap hari kita mengeluh? Dari hal kecil dan hal sepele yang menimpamu? Lantas kita menyalahkan-Nya, bukan justru memperbaiki diri sendiri. Seringkali kita bilang, "Tuhan mengapa kamu memberikan cobaan ini padaku?" atau "Tuhan  apakah kau tidak menyayangiku?" dan "Tuhan, Engkau tidak adil!"

Kamu harus baca alasan-alasan mengapa Tuhan memberimu masalah dan kamu akan mengerti kemudian:



Ujian dari Tuhan sebanding dengan kemampuanmu

Tuhan tidak akan memberikan ujian kepada hamba-Nya, melebihi kemampuan dirinya. Kamu harus percaya, masalah berat yang ditimpakan padamu itu karena Tuhan yakin kamu bisa mengatasinya dengan gampang. Maka mintalah kekuatan lebih pada-Nya untuk menanggung beban. Bukan lantas mengeluh.

Ucapan adalah doa sekalipun lirih terdengar

Seringnya mengeluh, apakah beban yang menimpamu selesai begitu saja? Tidak bukan? Justru semakin sering mengeluh, beban yang sebenarnya ringan terasa lebih berat. Ingat, apa yang kita ucapkan adalah sebagian dari doa, maka berhenti mengeluh dan selesaikan masalah.

Allah menyayangimu setiap detik

Masalah yang datang, bahkan bertubi-tubi menyerang itu karena Allah percaya kita dapat melaluinya. Dan itu artinya Allah semakin menyayangi kita, karena setiap diberikan masalah kamu mendekat pada-Nya. Allah ingin mendengarmu berkeluh kesah pada-Nya, Allah ingin tahu apakah kita masih mengingat-Nya.

Jangan mudah menyerah

"Boleh jadi kita membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagi kalian, dan boleh jadi kalian mencintai sesuatu, padahal ia amat buruk bagi kalian." Ingat surat Al-Baqarah 216? Allah Mengetahui apa yang sama sekali tidak kita ketahui dan mengerti. Maka tugas kita, janganlah berburuk sangka dahulu, dengan masalah yang menimpa. Justru masalah yang datang, seringkali membuat kita berpikir lebih dewasa.

Kehidupan laiknya kertas

Kehidupan yang kita jalani akan terus berjalan, laiknya kertas yang terpakai, bergantilembar, dirobek atau bisa jadi dibuang. Begitupun dengan masalah yang datang, lambat laun akan berganti dengan kegembiraan. Kadang kita butuh ditimpa kesakitan, agar tahu betapa berharganya sebuah kebahagiaan.

Allah pemilik skenario terbaik

Allah adalah Sang Pencipta dunia dan seisinya, Ia selalu Tahu apa yang terbaik untuk kita. Setiap masalah yang diberikan, agar kita mengambil pelajaran. Dimana kedepannya kita tidak akan mengulangi lagi dengan kesalahan yang sama berulang kali. Berpositif thinkinglah dengan skenario terbaik dari-Nya.

Kemudahan adalah ujian syukur dan kesulitan adalah ujian sabar

Pernah mengengar pepatah di atas? Ujian kesulitan dan musibah adalah cara Tuhan menguji seberapa kuat sabarmu dan seberapa peka kita untuk mensyukuri karunianya. Maka mulai berikan senyuman, ketika ujian atau masalah datang. Tarik nafasmu, dan ucapkan, "Allah sedang menyayangiku".

Salam

Baca juga : 


1 comment:

  1. Oh, Nyi.. nasehat ini pas sekali buatku. Terima kasih :-)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat