Monday, 11 December 2017

Permainan Tradisional Jawa di Pasar Karetan Radja Pandapa

permainan tradisional  permainan tradisional jawa permainan tradisional jawa timur permainan tradisional bali permainan tradisional dari bambu permainan tradisional adalah permainan tradisional engklek permainan tradisional egrang permainan tradisional jawa barat permainan tradisional ntt permainan tradisional gobak sodor permainan tradisional pukang berasal dari permainan tradisional congklak permainan tradisional dari jawa tengah permainan tradisional aceh permainan tradisional jepang permainan tradisional dan asalnya permainan tradisional yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak permainan tradisional papua permainan tradisional dalam bahasa inggris permainan tradisional sumbawa permainan tradisional anak permainan tradisional anak usia dini permainan tradisional asal jawa timur permainan tradisional anak paud permainan tradisional anak jaman dulu permainan tradisional apa saja permainan tradisional adalah permainan yang berasal dari permainan tradisional anak bengkulu permainan tradisional asal jawa barat permainan tradisional asal maluku permainan tradisional asal aceh permainan tradisional asal ntt permainan tradisional asal jawa tengah permainan tradisional apollo permainan tradisional anak-anak meningkatkan kemampuan bersosialisasi permainan tradisional agustusan permainan tradisional amerika permainan tradisional anjang-anjangan permainan tradisional berkelompok permainan tradisional bakiak permainan tradisional bentengan permainan tradisional banjar permainan tradisional beserta asalnya permainan tradisional betawi permainan tradisional bengkulu permainan tradisional boy boyan permainan tradisional bakiak berasal dari permainan tradisional banyuwangi permainan tradisional bola bekel permainan tradisional banten permainan tradisional bambu permainan tradisional boi boian permainan tradisional bekel permainan tradisional batak permainan tradisional buaya berlomba permainan tradisional beregu permainan tradisional bangka belitung


Permainan tradisional ialah kekayaan budaya di Indonesia yang harus kita jaga dan saya kembali diingatkan lagi ke masa lalu. "Oh iya, dulu aku pernah mainan ini ya?" ketika saya mengunjungi Pasar Karetan, Radja Pendapa di Boja weekend kemarin.

Jika kembali kekenyataan sekarang, permainan tradisional Jawa hampir punah dan terlupakan. Karena banyak sekali permainan anak jaman sekarang hanya terpaku di gadget, minim ruang. Dahulu, semua anak membaur tidak peduli umur. Selepas pulang sekolah berkumpul, membuat permainan dengan bahan yang terbuat dari alam. Seperti Egrang ini, terbuat dari bambu dan cukup mudah dibuatnya. Siapa menyangka ternyata permainan tradisional Egrang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

permainan tradisional  permainan tradisional jawa permainan tradisional jawa timur permainan tradisional bali permainan tradisional dari bambu permainan tradisional adalah permainan tradisional engklek permainan tradisional egrang permainan tradisional jawa barat permainan tradisional ntt permainan tradisional gobak sodor permainan tradisional pukang berasal dari permainan tradisional congklak permainan tradisional dari jawa tengah permainan tradisional aceh permainan tradisional jepang permainan tradisional dan asalnya permainan tradisional yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak permainan tradisional papua permainan tradisional dalam bahasa inggris permainan tradisional sumbawa permainan tradisional anak permainan tradisional anak usia dini permainan tradisional asal jawa timur permainan tradisional anak paud permainan tradisional anak jaman dulu permainan tradisional apa saja permainan tradisional adalah permainan yang berasal dari permainan tradisional anak bengkulu permainan tradisional asal jawa barat permainan tradisional asal maluku permainan tradisional asal aceh permainan tradisional asal ntt permainan tradisional asal jawa tengah permainan tradisional apollo permainan tradisional anak-anak meningkatkan kemampuan bersosialisasi permainan tradisional agustusan permainan tradisional amerika permainan tradisional anjang-anjangan permainan tradisional berkelompok permainan tradisional bakiak permainan tradisional bentengan permainan tradisional banjar permainan tradisional beserta asalnya permainan tradisional betawi permainan tradisional bengkulu permainan tradisional boy boyan permainan tradisional bakiak berasal dari permainan tradisional banyuwangi permainan tradisional bola bekel permainan tradisional banten permainan tradisional bambu permainan tradisional boi boian permainan tradisional bekel permainan tradisional batak permainan tradisional buaya berlomba permainan tradisional beregu permainan tradisional bangka belitung


Permainan tradisional bakiak raksasa

Bakiak, hayo ada yang masih ingat nggak nih? Sandal yang telapaknya dibuat dari kayu, dengan pengikat dari ban bekas yang telah dipaku pada kedua sisinya. Kami kemarin mencoba permainan ini, dimana kami harus melatih kekompakan dan konsentrasi. Menyenangkan sekali, sudah berapa tahun sampai saya sebesar sekarang tidak pernah lagi menjajal permainan ini. Permainan tradisional Jawa Tengah yang telah tergerus zaman, kini kembali dihadirkan di Pasar Karetan. Salut untuk kerja kerasnya, ya gaes!




Permainan tradisional enggran batok

Enggran batok berbeda dengan enggran bambu, sebenarnya sama-sama melatih motorik, melatih keseimbangan tubuh dan bagaimana kita bisa mengkoordinasikan seluruh badan agar tidak jatuh ketika berjalan menggunakannya. Cara membuatnya pun cukup mudah, dibutuhkan batok kelapa dan tali saja. Kalau sudah lincah, kita bisa beradu lomba cepat dengan teman-teman. Aduh ... baper jadi ingat jaman kecil dulu. Kemarin pun sempat saya bermain enggran batok, dengan sahabat-sahabat.

Permainan hulahoop

Permainan yang cocok buat kamu yang lagi diet, hahaha ... kemarin juga nemuin permainan hulahoop di Pasar Karetan, betah deh main ke sini karena suasanannya itu lho ngademin.

Sebenarnya banyak sekali permainan yang kamu bisa jajal di sini, apalagi ada kakak-kaka dari GENPI yang akan memandu dan membimbing. Permainan tradisional yang tak kalah seru ada, dakon, sunda manda, main kelereng, grobak sodor dan lain-lain.

permainan tradisional  permainan tradisional jawa permainan tradisional jawa timur permainan tradisional bali permainan tradisional dari bambu permainan tradisional adalah permainan tradisional engklek permainan tradisional egrang permainan tradisional jawa barat permainan tradisional ntt permainan tradisional gobak sodor permainan tradisional pukang berasal dari permainan tradisional congklak permainan tradisional dari jawa tengah permainan tradisional aceh permainan tradisional jepang permainan tradisional dan asalnya permainan tradisional yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak permainan tradisional papua permainan tradisional dalam bahasa inggris permainan tradisional sumbawa permainan tradisional anak permainan tradisional anak usia dini permainan tradisional asal jawa timur permainan tradisional anak paud permainan tradisional anak jaman dulu permainan tradisional apa saja permainan tradisional adalah permainan yang berasal dari permainan tradisional anak bengkulu permainan tradisional asal jawa barat permainan tradisional asal maluku permainan tradisional asal aceh permainan tradisional asal ntt permainan tradisional asal jawa tengah permainan tradisional apollo permainan tradisional anak-anak meningkatkan kemampuan bersosialisasi permainan tradisional agustusan permainan tradisional amerika permainan tradisional anjang-anjangan permainan tradisional berkelompok permainan tradisional bakiak permainan tradisional bentengan permainan tradisional banjar permainan tradisional beserta asalnya permainan tradisional betawi permainan tradisional bengkulu permainan tradisional boy boyan permainan tradisional bakiak berasal dari permainan tradisional banyuwangi permainan tradisional bola bekel permainan tradisional banten permainan tradisional bambu permainan tradisional boi boian permainan tradisional bekel permainan tradisional batak permainan tradisional buaya berlomba permainan tradisional beregu permainan tradisional bangka belitung



Pokoknya buat kamu-kamu yang belum main ke Pasar Karetan, join ya setiap weekend. Selain ada permainan tradisional, ada makanan dan minuman tradisional. Ada tempat panahan, zona selfie juga ada, datang ramai-ramai sama sahabat atau keluarga pasti tambah nyenengin dan membahagiakan.

Akses ke Pasar Karetan juga mudah, tinggal ke arah Boja kalau kamu dari Kendal, lantas lurus saja sampai ketemu desa Desa Segrumung, Meteseh, Kecamatan Boja Kendal. Banyak peta jalur yang sudah dipasang, untuk pengunjung yang akan menuju ke lokasi Pasar Karetan. Semoga Pasar Karetan Radja Pendapa menjadi destinasi lokal, yang bisa membudaya dan dicintai oleh masyarakat. Aamiin

Salam


7 comments:

  1. Aku belum pernah coba permainan ini mba, tapi kayaknya seru yahh.. waktu kecil suka takut kalau lihat ada badut naik engrang yang tinggi hehehe.. tapi ternyata engrang ada yang ga tinggi tinggi banget yah

    ReplyDelete
  2. Aahh aku suka mainan di atas, rasanya seneng sambil ketawa2 lepas, mendadak lupa diri deh..
    Cuma jaman sekarang udah jarang ya permainan tersebut, semoga tetep dilestarikan..

    ReplyDelete
  3. Wah kalau dekat mau bawa anak deh. Sekaligus mengenalkan permainan yg sudah mulai hilang kalah sama gadget...

    ReplyDelete
  4. seru banget ada permainan tradisional gini. waktu itu disediakan mainan seperti ini di Perpusnas, anak-anak jadi belajar main juga.

    ReplyDelete
  5. Permainan tradisional mulai langka ya mbak... Anak zaman now mulai gak asing dengan permainan2 itu. bagus deh kalau ada kelompok masyarakat yg menggiatkannya kembali TFS

    ReplyDelete
  6. belum pernah ke pasar Keratan, jadi pengen ke sana... hehehe..

    ReplyDelete
  7. Pingin euii...main sama anak-anakku mainan tradisional gini...
    Dan ini pasti seruu banget.

    Aku dulu hobinya main lompat tali sama bekel.
    Termasuk permainan tradisional juga kan yaa, Nyi?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat