Tuesday, 11 July 2017

Liburan Paling Berkesan Selama Lebaran

Liburan Murah


Nyipenengah.com - Liburan itu nggak harus jalan-jalan kan? Ngumpul keluarga besar juga termasuk plesiran, iya nggak? Hehehe ... Selama ini sibuk kerja, pulang kerja ngerjain kerjaan sampingan baru deh tidur. Begitu terus siklusnya sampai nemu weekend. Itu juga kalo sempat dolan, biasanya lebih milih berada di kostan istirahat dan malas-malasan. Kalau nggak weekend kapan lagi coba?

Liburan lebaran tahun ini emang nggak nargetin kudu kemana sih, lebih menikmati ngumpul bersama keluarga. Kegiatan apa aja sih yang sempet aku lakuin sama keluarga? Intip bentar yuk!

Belanja, masak dan makan bersama

Karena masih puasa, aku dan ibu nyempetin waktu bersama buat belanja. Dari persiapan buat buka dan buat lebaran nantinya. Masakannya sih biasa aja, nggak special banget tetapi makannya sama-sama. Kebetulan sejak dapet cuti lebaran dari kantor, langsung mudik ke rumah mbah Enomku. Bersyukur banget masih bisa ngumpul begini, karena udah lama nggak ngumpul keluarga dari nenek. 

Kembali ke alam, kembali bercocok tanam

Rumah nenek itu penuh dengan pepohonan, macem-macem banget. Sampai depan rumah aja ketutupan banyak pohon, alamnya masih asri. Ibuku ini paling seneng banget buat nanem, alhasil setiap kali aku nyari beliau nggak ada pasti sedang berasyik ria menanam dan ngurusin kebun. Kalau aku sendiri bener-bener nggak hobi nanem, liat cacing aja jijik hahaha ... tapi beda sama ibu. Biasa aja dan tiap kali nanem apa pun pasti tumbuh. 

Nambah ilmu masak

Nenek dulunya kerjanya memasak dan sampai sekarang masakan beliau menjadi makanan terenak di keluarga kami. Ibu menyarankan aku belajar memasak dengan nenek, karena beliau bumbunya itu khas enaknya. 
"Beda sama bumbu kebanyakan," begitu ucap ibu memuji nenek. Tapi emang bener, waktu aku ngebantuin masak opor hmmm ... sedepnya nggak ketulungan. Jadilah aku dikit-dikit belajar masak dari sang ahli langsung. 

Main sama keponakan

Di tempat nenek ada ponakan aku yang tinggal di sana, Abi namanya. Kemudian ada juga Zakia dan Galang, cucu nenek dari anak nomor dua. Ada juga dek Arga, cucu nenek dari anak terakhir, masih ada lagi Edel dan Nala cucu nenek dari anak nomor tiga. Pokoknya kalau di rumah nenek tuh, seru, ramai dan nggak pernah sepi. Sayangnya keponakanku tiga yang di Cikarang tahun ini nggak mudik, meski ada yang kurang tetapi doa terbaik selalu terpanjat buat mereka. Yang penting mereka semua sehat dan bahagia selalu. 

Liburan kayak gini nih yang paling berkesan, bisa mengeratkan tali silaturahmi lama yang terputus karena tempat tinggal yang jauh. Karena saling sibuk mengurus pekerjaan dan rumah tangga, sehingga waktu bertemu lebih sedikit. Dengan libur lebaran ini, saling bermaaf-maafan membuat kami saling kembali menyayangi. Apalagi kalau ada yang pulang satu persatu anak dari nenek, rasanya hati ikut ke bawa pergi. Baru kemarin juga kumpul, eh ... udah mau pisah lagi aja. Bawaannya masih pengen bareng terus, kalau udah kumpul sama keluarga. 


Thanks ya Mom Traveler sama Mba Wuri, yang sudah meluangkan waktunya melempar tema yang mengingatkan kembali untuk selalu bersyukur memiliki waktu liburan. Selamat telah memenangkan #ArisanBlogGandjelrel dikocokan kelima. Siapa lagi setelahnya? Stay tune terus di blog aku ya, buat tahu tema apa yang diberikan di setiap kali kocokan. 

Salam 

16 comments:

  1. Wah ditunggu hasil nambah ilmu masaknya Nyi. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaah kalo ke rumah embah lagi mba :-D
      sementara kembali ke kerjaan, mau balik ke embah lumayan jauh sih.

      Delete
  2. Alhamdulillah, asyiknya ngumpul keluarga, belajar masak juga, sedaap...

    ReplyDelete
  3. bercocok tanamaaa (kemudian Nyi nyama2in saya dengan ibunya)
    Bukan apa2 Nyi, dulu saya nggak suka banget berkebun. Sekarang udah lain cerita :D

    ReplyDelete
  4. Liburan saya uplek aja main sama anak :D

    ReplyDelete
  5. Aku pengennya masak-masak pas liburan trus ajakin Arya. Eh, dianya malah milih main sama teman2nya. Haha..

    ReplyDelete
  6. Asyik emng kalo udh kumpul btenf kluarga

    ReplyDelete
  7. Wah hebat mbak Nyi udah bisa masak, kirim icip-icip ke rumah dong mbak :)

    Saya libur lebaran kemarin di rumah saja mbak, nggak mudik la wong nggak ada kampung halaman, mau mudik kemana coba? Tapi tetap seru dong, kan kumpul bersama keluarga agak lama meskipun lebih banyak makan dan tidur, hehe..

    ReplyDelete
  8. udah belajar masak, bercocok tanam lalu belajar momong. wah siap berumah tangga nih. eh, :))

    ReplyDelete
  9. Dimanapun berada, liburan selalu seru....

    ReplyDelete
  10. Moment bersama keluarga memang selalu spesial yaa mba :)

    ReplyDelete
  11. Emang balik kampung itu menyenangkan ya mbak. Suasananya itu lho, bikin berkesan..

    ReplyDelete
  12. Happy aja ya kalau ngumpul sama keluarga besar walaupun cuma masak, belanja bareng dan bercocok tanam, seru 😊

    ReplyDelete
  13. Ehem, liburannya kok kaya mempersiapkan diri untuk berumah tangga ya, uhuks XD.

    ReplyDelete
  14. Nyi itu berpotensi ahli tanaman dan ahli masak karena bisa belajar dari Ibu dan Nenek ☺

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat