Thursday, 18 May 2017

Praktik Pembuatan Batik di Kauman [Day 2]

Batik Pekalongan


Nyipenengah.com - Peningkatan / Pengembangan Kewirausahaan Pemuda Berbasis Klaster Pelatihan Bidang Batik Tahun 2017, pada hari kedua diisi dengan Praktik Pembuatan Batik di Kauman. Dalam jadwal tertera kelompok III, kumpul jam 09.00 di ball room Hotel Indonesia. Tidak tahunya jadwal dimajukan, karena kami kehabisan penginapan di Hotel Indonesia makanya kami menginap di hotel Istana. Sebelahan sih, tapi ya itu ... kalau pas ada jadwal pemajuan atau ada sesuatu informasi kami ketinggalan.

Insiden ketinggalan bus nggak lantas membuat kami patah semangat, ikut praktek membatik. Setelah berusaha menghubungi resepsionis dan panitia, kami menyusul sendiri ke lokasi praktik membatik. Ialah Kampoeng Batik Kauman, exclusive batik gallery & workshop Griya Batik Mas.

Batik Kauman Pekalongan


Kami berempat naik becak, yang tentunya sudah tawar menawar harga. Ketika melewati jembatan, kami ditawar oleh orang untuk didorongkan becaknya karena agak menanjak. Melihat bapak becak yang sepuh, kami iyain aja untuk dibantu dorong dan cukup membayar 1000 rupiah saja. Sempat nyasar juga karena bapak becak kurang tahu lokasi, sementara becak yang ditunggangi Zain sudah melaju dengan cepat. Lagi-lagi kami ketinggalan untuk kedua kali, saya dan Asri hahaha ...

Alhamdulillah ketika sampai di Griya Batik Emas, kami berempat langsung tancap gas praktik mengejar ketinggalan. Dari menggambar di atas kain mori, menempelkan malam (lilin) yang telah dicairkan di atas kompor kecil dan terakhir mewarna. Udah jadi gitu aja? Belum teman, masih ada proses lagi ialah melorot. Dimana kain yang sudah saya beri motif dicuci di air biasa kemudian ditaruh dalam panci besar dengan air yang sudah mendidih, untuk menghilangkan malamnya yang menempel di kain mori tadi. Setelah dirasa hilang, kain diangkat dimasukkan kembali ke dalam air dan dicuci bersih kemudian dijemur dan ... jadi deh! Hahaha ... simple ya. Tapi ... prosesnya bo' kecipratan malam yang panas, waktu menggunakan canting saat membatik terus mikir gimana sih bikin motif yang oke nggak pasaran ternyata harus berpikir keras. Rasanya seneng deh waktu jadi, walaupun sih nggak bagus-bagus amat jelek malah. Namun saya yakin, semangat peserta ini akan menumbuhkan kesuksessan kelak aamiin.

Batik Kauman Pekalongan


Selain diacari membuat batik tulis, kami juga diajari cara membuat batik cap. Proses membuat batik cap lebih enak menurut saya, kami cukup menggunakan canting cap dimana cantingnya itu sudah memiliki motif dan canting cap ini lebih cepat digunakan dalam proses pembuatan batik. Tinggal ngecap canting ke kain mori, lalu diwarnai, dicelup dan dijemur. Jadi inget waktu bikin Shibori kemarin di Hokben.

Batik Kauman Pekalongan


Saya share sedikit ya bahan apa saja yang dibutuhkan dalam proses membuat batik :

Kain
Kain yang digunakan bisa kain mori, rayon, kain dobi atau kain sutra ATM/ATBM. Jenis kain yang digunakan akan menentukan kualitas kain batik yang dihasilkan nanatinya.

Lilin / malam
Lilin yang digunakan ada dua macam, dari kimiawi dan alami. Lilin dari kimiawi (pabrik) ada yang berwarna putih, kuning dan hitam. Sementara lilin alami ada lilin tawon dan lilin klanceng yang terbuat dari sarang lebah dan ada bahan-bahan lilin yang lain.

Zat pewarna
Zat pewarnaan yang digunakan ini dari bahan kimiawi dan alami. Yang berasal dari bahan alami ini, ada naphtol dan garam.

Batik Kauman Pekalongan


Setelah bahan sudah, peralatan apa saja yang digunakan untuk batik tulis ialah:

Gawangan
Perkakas yang digunakan untuk membentangkan kain, saat dibatik. Biasanya terbuat dari kayu atau bambu.

Canting tulis
Canting tahu kan? Alat yang digunakan untuk mengambil cairan malam, tempatnya itu bernama nyamplung, nah ujung yang kayak pena itu namanya cucuk.

Wajan
Wajan yang digunakan ini terbuat dari baja atau tanah liat.

Kompor atau anglo
Ialah alat yang digunakan untuk membuat api untuk memanaskan malam. Kompornya bukan kompor gas ya, tetapi kompor kecil kayak mainan anak-anak gitu dengan isi menggunakan minyak tanah.

Gimana sudah ada gambaran? Kepengen belajar membatik juga? Kebetulan saya ada kontak mas Hisyam dan pak Khosib perwakilan dari kampoeng batik Kauman. Hubungi saja nomornya untuk yang ingin belajar membatik, oke.

Batik Kauman Pekalongan


Mas Hisyam                081542159123
Pak M. Khosib            081567980258

Baca juga : Klaster Pelatihan Batik Tahun 2017 [Day 1]

8 comments:

  1. Jadi tau proses membatik, dulu pernah membatik di Sekolah tapi kok ga sama kaya mbak ya. Punya mbak lebih bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha lha ini batik betulan mba Yun :-D
      yang di sekolah dulu belum maksimal kali ya :-D

      Delete
  2. Aku udah pernah mbatik dengan canting dan mbleber kemana-mana, hahahaa

    ReplyDelete
  3. Kauman ini kan terkenal banget sebagai kampung batik. Workshopnya bisa individu apa harus sekelompok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih individu bisa mba Helen, coba hubungi kontak mba. Tapi kalau kelompok biasanya biaya lebih terjangkau

      Delete
  4. Ngebatik, kayaknya harus butuh kesabaran dan ketelitian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mba Yul. Aku kok nggak sabaran wkwkkw kecipratan malam aja udah teriak2.

      Delete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat