Wednesday, 17 May 2017

Klaster Pelatihan Batik Tahun 2017 [Day 1]






Nyipenengah.com - Peningkatan / Pengembangan Kewirausahaan Pemuda Berbasis Klaster Pelatihan Bidang Batik Tahun 2017, akhirnya terlaksana juga. Waktu itu sahabat saya Zain, bilang kalau dia akan ikut pelatihan membuat batik yang diselenggarakan oleh Disporapar. Langsung saja saya nyamber bilang kepengen ikut dan langsung acc dari dinas. Kurang lebih 3 bulanan lalu sih daftarnya..

Pada Selasa, 16 Mei 2017 bertempat di Hotel Indonesia Pekalongan, Jl Gajah Mada No 27-31 ini Disporapar melaksanakan pembukaan pukul 13.00 pm. Perwakilan dari kabupaten yang ada di Jawa tengah, benar-benar memenuhi ruangan. Antusiasme untuk bisa belajar membatik ini terlihat tidak dibatasi usia, ada yang baru lulus SMA, mahasiswa, pengusaha batik, dan juga ada orang tua. Disporapar Jateng, tidak membeda-bedakan pemilihan umur ternyata, kata Zain padahal ini dibatasi maksimal berusia 30 tahun.

Sesi pertama materi di isi oleh bapak Zahir Widadi, dengan tema Sejarah Perkembangan Batik. Kemudian Pembuatan Pola Batik oleh pak Arif Wicaksono, Proses Produksi Batik Tulis, bapak M. Hisyam Diputra.

Banyak ilmu baru yang saya dapatkan di sini, bagaimana pertama kali batik lahir oleh perantara siapa. Bagaimana batik diklaim saat itu oleh negara Malasyia.

"Batik merupakan kerajinan khas nusantara yang sudah mendapatkan pengakuan dari Unesco sebagai Warisan Budaya Tak Benda". (halaman 4- materi Pemasaran Produk Kerajinan Batik).



Peserta klaster bidang batik ini masing-masing mendapatkan makalah yang isinya mengenai Batik, komplit dan lengkap. Saya paling tertarik dan seneng pada sesi Marketing Batik Modern, dimana pemateri menyampaikan pemasaran dan strategi jualan via online.  Kita juga diajari penyampaian soal konten-konten marketing, saya banget deh pas sesi ini. Soalnya berkutat dengan  kerjaan saya di Oscorp Industries, sebagai penulis konten produknya.

Materi-materi yang disajikan sudah habis dan rencananya, Rabu, 17 Mei 2017 peserta langsung praktek membuat batik. Wah ... nggak jadi nggak sabar deh. Oh iya, acara Peningkatan / Pengembangan Kewirausahaan Pemuda Berbasis Klaster Pelatihan Bidang Batik Tahun 2017 berlangsung 3 hari. Dari penginapan, makan sudah dijamin oleh Disporapar dong.

Karena tempat acara berlangsung di ballroom Hotel Indonesia, kami awalnya juga menginap di sana eh tapi penuh. Kami datang memang agak telat sih, akhirnya kami kebagian penginapan yang di hotel Istana. Enaknya malah di sini sekamar bisa berdua, saya bersama Asri dan Zain dengan Mujib adiknya. Kami berempat ini mewakili Kabupaten Kendal, untuk klaster pelatihan batiknya. Meski bolos kerja 3 hari, semoga berkah ilmu yang didapat ini bisa bermanfaat ke depannya aamiin.



Ada beberapa kesenangan yang aku dapatkan dari pelatihan ini :

·         Mengenal lebih dalam batik
·         Mendapatkan ilmu dan pengalaman seru
·         Mendapatkan kawan baru dari berbagai Kabupaten yang ada di Jawa Tengah
·         Bisa membuat batik nantinya.

Kegiatan ini memang setiap tahunnya di adakan oleh pemerintah, jadi buat kamu yang kepengen ikutan. Coba tanyakan di daerah masing-masing, di disporaparnya. Karena biasanya informasinya akan dibagikan ke khalayak umum dari sana. Tunggu postinganku selanjutnya ya, soal praktik pembuatan batik. Ada 3 kelompok dan 3 lokasi yang akan kami datangi. Masing-masing kelompok akan mendatangi satu tempat, ialah Kauman, Pesindon dan Sampangan. Saya jadi bagian kelompok 3, yang bertempat di Sampangan nanti praktiknya. Doain lancar ya.



10 comments:

  1. Jadi inget anakku prakarya bikinnya juga batik Nyi. Ternyata nggak mudah. Seneng bange bisa ikut pelatihannya...

    ReplyDelete
  2. Batik mah emang keren dan inovatif selalu ya mb nyi 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Vit hhahaha motifnya buanya sampai bingung

      Delete
  3. Sukak banget sama batik apalagi klo dipake pas ngajar. Berasa tambah ayu hahhaha

    ReplyDelete
  4. Asik ya bolos demi ikut klaster pelatihan batik, tapi menarik juga sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe soalnya daptarnya udah lama banget, sayang kalo dicancel mba Hiday :-D

      Delete
  5. Asyiik banget ya mbak, nambah ilmu dan me time banget kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nambah ilmu, pengalaman dan silaturahmi mba Yulia :-D

      Delete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat