Tuesday, 6 September 2016

Pesan Primadonna Angela Biasakan Diri untuk Menulis


Nyipenengah.com – Mba Prim, begitu saya memanggil beliau kemarin, dalam acara #PadiMeetUp di gedung, Telkomsel, Jl Pahlawan, Semarang. Mba Prim memiliki satu mantra, hanya satu-satunya rahasia menulis yang ia miliki, ialah NIAT. Kalau niat untuk menulis yang kita miliki kuat, kekuatan niat itu akan terus membuat kita berlatih. Mengupayakan waktu untuk terus menulis, sesibuk apa saja waktu yang kita gunakan pasti ada waktu terbaik yang kita usahakan untuk menulis. Kapan pun dan di mana pun. Asah kemampuan menulis setiap hari, nggak cuman sepuluh menit, dua puluh menit yang penting sisihkan waktu.

Nah mba Prima, membeerikan kita tip dan trik menulis agar kita terbiasa menulis, supaya menulis menjadi kebiasaan kita setiap harinya.



Membawa buku catatan ke mana saja

Ide  yang tercetus tanpa kita undang, harus kita tangkap. Bagaimana menangkapnya? Ide kan mengawang nggak berwujud? Kita bisa menuliskannya, menjadikan imajinasi menjadi bentuk tulisan. Catat ide (pikiran) pada media yang kita punya untuk kemudian bisa kita ingat kapan pun. Bisa ide, bisa inspirasi di sekitar kita, bisa hal-hal yang kita temui untuk dicatat. Ketika kebuntuan ide menyerang kita, kita punya panduan untuk menemukan jalan keluarnya, dengan cara membuka catatan yang pernah kita tuliskan. Itu salah satu hal yang akan menjadi penyemangat kita kembali saat berkarya.

Temukan ritual yang menyenangkan

Jenuh, bosen, boring sering terjadi pada kita dan salah satu solusi terbaiknya ialah menemukan/menciptakan suasana yang menyenangkan ketika kita menulis. Bagaimana caranya? Ubah konsep kamar yang monoton, tata ulang ruang yang biasa kita gunakan untuk menulis biar kita betah. Ciptakan ritual yang ngangenin, seperti berdoa sebelum nulis, ngopi, ngeteh atau nyoklat. Hal-hal yang hanya kita lakukan saat menulis. Dan, ya ... satu hal lagi. Jangan sampai menulis menjadi kewajiban. Menulis ialah waktu untuk kita bersenang-senang. Menulis ialah hiburan, media untuk berbagi, so jangan dijadikan beban.

Yuk yang mau kepoin kak Primadonna Angela
Twitt   : @cinnamoncherry
IG       : @primadonna_angela



22 comments:

  1. Mari menulis dan berbagi kelak menjadi ladang yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukkk, aamiin.
      Semoga yang kita tuai kelak bisa meringankan beban kita menuju timbangan.

      Delete
  2. Aah Promadona Angela aku sempet ngefans sama dia dulu. Ngga sombong orangnyaa, au pernah menayen di twitter dan direply sama dia. Hihi

    ReplyDelete
  3. aku waktu SMA suka banget baca novelnya mbak prim. skrg udah jarang baca karena sok sibuk. bener banget, kunci apapun itu adalah niat

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sedang belajar menggiatkan lagi membacaku :D haahahha meski kadang males banget

      Delete
  4. Setuju banget menulis adalah waktu untuk bersenang-senang. Buatku menulis kaya short giveaway gitu, semacam refreshing.

    Wah senangnya ketemu Mbak Prim. Aku seneng banget baca resep cherry:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mindset harus diubah jika menulis adalah waktu kita bersenang-senang itu bener banget. Saya juga punya cerita favorite yang ditulis mba Prima :D

      Delete
  5. Kendala buat ibu tumah tangga kayak saya nggak cukup dengan niat yang kuat, tapi konsistensi yang kadang terasa sangaaat berat -___-.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan ibu rumahhtangga Nyak
      saya aja yang masih single niat aja masih kurang kuat wkwkkw. Tosssss nyak!
      :-D

      Delete
  6. duh aku lg nyoba bangkit lg buat semangat nulis nih. kelamaan mager :p

    ReplyDelete
  7. Aku pernah ikut sharing kepenulisan dengan mbak Primadona juga, di Bandung duluu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kaget waktu datang ada pembicara mba Prima, aduh tahu gitu bawa bukunya minta TTD :D

      Delete
  8. wah salam kenal ya mBa primadona, makasi tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. add aja mba fb, atau twitternya
      beliau rajin banget buat ngebalas kok

      Delete
  9. bener banget, nduk. nulis ide yang ada minimal jadi draft coret2an dulu di buku. ntar bisa dikembangin lebih detail lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mencacatat emang perlu banget yo
      aku juga kudu nyatet, nek ga lali beb

      Delete
  10. Ritual menulis ini tiap orang bisa beda tergantung kenyamanan juga. Temenku kalau nulis harus ada kopi di sampingnya. Sementara saya nggak bisa spt. Jadi memang harus sesuai aja dg kenyamanan masing-masing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kudu ada camilan bun hahahha
      kalo ga ada cemilan butek pikirannya

      Delete
  11. Menulis kadang bisa jadi hiburan asal niatnya buat me time :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat