Cara Membersihkan Rice Cooker yang Benar


Cara Membersihkan Rice Cooker yang Benar - Cara membersihkan rice cooker miyako, cara membersihkan rice cooker cosmos, cara membersihkan rice cooker yongma, dan lain sebagainya itu semua sebenarnya caranya sama.


cara membersihkan rice cooker bagian dalam
Cara Membersihkan Rice Cooker yang Benar


 

Tetapi untuk membersihkan rice cooker bagian dalam, memang harus hati-hati sih. Tapi bagian luar pun juga harus pelan-pelan dalam membersihkan. Terlebih fungsi rice cooker jaman sekarang, tidak hanya bisa untuk memasak nasi tetapi juga bisa untuk menghangatkan lauk bahkan untuk memasak mie.

 

Sebelum membersihkan rice cooker luar dalam, pastikan terlebih dahulu kabel listriknya dicabut dan rice cooker dalam keadaan dingin lho ya!

 

Mengapa rice cooker harus dibersihkan? Percaya atau tidak kalau kita sering merawat rice cooker dengan benar, performa mesinnya bisa lebih awet dibanding yang tidak pernah dibersihkan sama sekali.

 

 

Cara membersihkan rice cooker bagian dalam

 

cara membersihkan rice cooker bagian dalam
cara membersihkan rice cooker bagian dalam

 

  • Ambil kain yang lembab, hindari menggunakan kain basah. Mengapa? Karena bisa merusak mesinnya atau agar tidak terjadi korsleting
  • Gunakan sikat gigi bekas, yang sudah tidak terpakai untuk membersihkan sela-sela rice cooker yang ada di bagian dalam. Sikat gigi juga berguna membersihkan bagian yang sukar terjangkau
  • Jika bagian penutup nasi bisa dilepas, ambil dan rendam dengan air sabun. Kalau sudah dirasa kinclong, tinggal bilas dan keringkan. Namun kalau tidak bisa dilepas, gunakan saja kain yang lembab untuk mengelap bersih sisa-sisa bekas nasi yang menempel
  • Untuk bagian panci anti lengketnya, tinggal dicuci dengan sabun cuci piring. Cuci bersih ya? Sampai tidak ada sisa nasi yang menempel. Mengapa? Kalau ada nasi yang tertinggal, akan membuat nasi mudah bau. Gunakan spon yang lembut ya, bukan yang spon kasar. Hal ini menjaga keawetan panci.
  • Kalau rice cooker kita tidak memiliki kemampuan anti lengket/nanoal, rendam dahulu kurang lebih 15-20 menit. Kalau menggunakan air hangat akan jauh lebih cepat, ketimbang merendam menggunakan air dingin. Sesuaikan saja sih, misalnya biasanya kalau buru-buru maka gunakan rendaman air hangat tapi kalau memasak nasi dengan santai ya rendam air hangat saja.

 

Cara membersihkan rice cooker bagian luar

 

Cara membersihkan rice cooker bagian luar
Cara membersihkan rice cooker bagian luar

  • Cukup menggunakan lap lembab, jangan yang basah ya? Apalagi dengan air yang menetes, mohon dihindari agar tidak menyebabkan korsleting.
  • Bagian yang susah dan tersembunyi bisa diakali menggunakan bekas sikat gigi, kemudian dielap kering.
  • Kalau saya sendiri biasanya lapnya ditambahi dengan sabun pencuci piring, bersihnya lebih cepat daripada lap lembab yang tanpa sabun pencuci piring.

Demikian di atas cara membersihkan rice cooker bagian dalam dan luar, semoga bermanfaat. Salam.

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat