Beli Rumah Saat Resesi Bagi Generasi Milenial dan Z

Beli Rumah Saat Resesi Bagi Generasi Milenial dan Z - Issue tentang resesi di tahun 2023 mendatang sudah menghantui. Seperti sebuah momok yang membuat banyak orang khawatir. Namun, bagi Anda yang membutuhkan tempat huni yang layak dalam waktu dekat. Tak perlu khawatir dengan ancaman resesi.


beli rumah kampung atau perumahan situs jual beli rumah harga rumah paling murah
Beli Rumah Saat Resesi Bagi Generasi Milenial dan Z


 

Faktanya, justru saat inilah waktu terbaik untuk membeli rumah. Karena, banyak developer yang mulai melakukan promosi gencar-gencaran dengan memberikan potongan yang besar. Anda bisa memanfaatkan promosi ini agar harga yang didapat bisa lebih murah.

 

Namun, ada beberapa faktor yang harus diketahui sebelum mulai membeli rumah dengan sistem kredit.

 

 

Tips Membeli Rumah Saat Resesi Agar Tetap Lancar

 


beli rumah kampung atau perumahan situs jual beli rumah harga rumah paling murah


Tips Membeli Rumah Saat Resesi Agar Tetap Lancar



1. Pilih Rumah Dengan Harga Murah

 

Meskipun terkadang rumah murah yang ditawarkan kurang memadai. Anda tentu tetap bisa merombak ulang rumah tersebut di lain waktu. Karena, dengan membeli rumah yang harganya murah, akan mempermudah Anda dalam proses pembayarannya. Apalagi issue resesi bisa mengancam perusahaan manapun, yang paling sering terdengar adalah ancaman PHK massal jika memengaruhi finansial perusahaan.

 

 

2. Cicilan Perbulan 30% Dari Pendapatan

 

 

Menurut ahli keuangan, Bank Indonesia akan menghitung pendapatan seseorang sebelum menyetujui pengajuan KPRnya. Dengan menghitung semua pengeluaran harus 30% maksimal dan tidak boleh lebih.

 

Itupun dalam 30% sudah termasuk cicilan kendaraan, bayar listrik, belanja harian hingga pembayaran lain dan termasuk cicilan pengajuan KPR bulanan. Jika sudah masuk dalam 30% maka keuangan Anda termasuk sehat.

 

Dengan pengaturan 70% untuk investasi dan tabungan. Serta 30% untuk pengeluaran keseluruhan setiap bulan. Tingkat mortgage rate bisa diatasi dengan finansial yang sehat seperti ini. Untuk mengecek apakah finansial Anda sehat atau tidak, bisa cek di Mortgage Calculator yang membantu Anda agar bisa melihat kestabilan keuangan Anda.

 

 

3. Developer Harus Terpercaya

 

Mengingat banyaknya promosi penjualan rumah belakangan ini. Faktanya bisa membuat seseorang gelap mata atau terkecoh dengan developer yang menangani perumahan tersebut. Sering kali justru bukan saja developernya yang curang, bahkan salesnya juga bisa saja melakukan tindakan tak terpuji seperti berbohong atau membawa kabur uang customer.

 

Fakta ini bukan untuk menakut-nakuti. Tapi, justru untuk memberikan pendapat sebelum mulai membeli rumah atau deal pembelian dengan developer tertentu.

 

Pastikan Anda sudah mencari tahu mengenai pengembang tersebut berdasarkan data yang ada. Seperti websitenya profesional atau tidak. Kedua, cari keabsahan legalitas pengembang melalui website Sireng milik pemerintah. Atau bisa mencarinya melalui asosiasi terpercaya dari pemerintah.

 

Hal ini dilakukan untuk mencegah Anda dari penipuan. Terutama jaman sekarang, saat penipu sudah semakin mahir dan canggih. Saat bertransaksi, pastikan Anda mentransfer uang DP ke rekening dengan nama yang tercatat di Sireng.

 

 

4. Usahakan Tempat Hunian Di Lokasi Strategis

 

 

Walaupun harga rumah incaran Anda murah dan sudah sesuai dengan perhitungan di mortgage calculator. Dan menunjukkan finansial yang stabil dengan pengeluaran maksimal 30% setiap bulan.

 

Namun, Anda tetap harus memperhitungkan lokasi hunian apakah strategis atau tidak. Strategis memang definisi yang luas, bisa jadi berbeda makna bagi setiap orang. Tapi, Anda bisa melihat apakah lokasi tersebut dekat dengan jalan utama? Dekat dengan akses tol? Dekat dengan swalayan, apotek, klinik, rumah ibadah, sekolah hingga rumah sakit? Dan apakah lokasi tersebut dekat dengan kantor polisi? Jika semua fasilitas publik terjamin, maka rumah Anda bisa dikatakan strategis.

 

Jika hunian Anda tidak bisa memenuhi semuanya, pilih beberapa pelayanan publik yang memungkinkan agar kehidupan Anda bisa stabil tanpa ribet saat hendak mengurus sesuatu. Disarankan untuk mencari hunian dekat klinik atau rumah sakit 24 jam. Setidaknya jika butuh tindakan cepat, bisa langsung ditangani.

 

 

5. Cek Kondisi Penunjang Hunian

 

Kondisi penunjang hunian seperti, apakah lokasi tersebut tempat yang sering banjir atau tidak? Jika tidak, apakah aliran airnya lancar? Terutama aliran got yang ada. Kemudian, apakah aman dari binatang melata? Bisa cek kedekatan dengan sawah, perkebunan atau justru rumah padat penduduk?

 

Setelah itu, cek juga kualitas air. Apakah Anda harus menggali ulang sumber air atau tidak. Semua harus dicek sebelum Anda memutuskan untuk pindah ke tempat tersebut.

 

Sebab, rumah nantinya tidak hanya akan ditempati sebulan atau dua bulan. Tapi, juga akan dihuni sampai hitungan tahun. Karena itu, penting mencari solusi agar hunian Anda nyaman dan tentunya aman.

Postingan Terkait

14 komentar:

  1. Agak khawatir juga sih ini dengan adanya resesi 2023, mudah-mudahan aman dan bisa bertahan ya. Duh ngomongin soal cari rumah emang penting sih, dan setuju dengan point² yang mbak tulis di atas.

    BalasHapus
  2. Penting memang cari hunian yang nyaman, karena pasti digunakan jangka waktu lama.

    BalasHapus
  3. Sebenernya milenial yang harusnya lebih bisa fight beli rumah di kala resesi karena usianya masih produktif dan pemikirannya masih kreatif

    BalasHapus
  4. Sekarang orang sekitarku lebih banyak yg beli tanah, trus nyicil pelan-pelan bangun rumah, kayak rumah tumbuh gitu istilahnya, dan sekarang trendnya rumah minimalis

    BalasHapus
  5. Aku baru tahu tentang sireng ini mbak, langsung googling, dan ketemu deh webnya. Jadi ternyata kita bisa ngecek nama-nama pengembang di sini ya, dengan begitu makin yakin kalau mau ambil perumahan yang ditangani oleh pengembang tersebut karena sudah terdaftar di asosiasi

    BalasHapus
  6. PR banget memang punya rumah yang aman nyaman, bahkan sepertiku yang jauh dari tetangga - mendamba tetangga
    sementara yang deket tetangga pengennya sih jauhan dikit

    menikmati hunian nyaman - bersih - fasum fasos termanage dengan baik = impian semua orang!

    BalasHapus
  7. Nah iya developer harus terpercaya, karena banyak yang ngemplang ya developernya hehe... Kalau mau sih, mending beli rumah yang sudah jadi aja ya. Jadinya nggak repot tuh nungguin rumah hehe.. Tapi bener harga-harga sekarang lebih murah sih, karena resesi mungkin.

    BalasHapus
  8. Gak tau kenapa tapi aku kurang percaya dengan resesi yang selama ini digembar-gemborkan influencer keuangan buat memasarkan produknya hehe. Tapi aku setuju sih supaya lbh hemat dan banyakin inves, apalagi kalau ada uangnya mending inves rumah sih ya buat generasi Z, daripada cuma dipakai sekadar beraktivitas kek ngopi2 atau beli2 yg demi gaya hidup aja :D
    Setuju kalau beli rumah sebaiknya pilih kawasan strategis yaa.

    BalasHapus
  9. Memilih dan menentukan rumah sebagai hunian ini bisa dianggap sebagai investasi jangka panjang ya.. Sehingga gak boleh buru-buru dan hanya tergiur dengan harga. Tapi juga nilai investasi ke depannya yang kudu diperhatikan.

    BalasHapus
  10. beli rumah memang harus penuh pertimbangan ya, mbak. sepakat, sih, tentang 30% dari pendapatan. supaya keuangan tetap aman, ya.

    BalasHapus
  11. Rumah itu kayak jodoh, susah susah gampang nyarinya dan kadang nggak cocok di ini lah itu lah, hehee. Tapi tips nya setuju sih, terutama untuk fasilitas air harus dicek bener-bener agar tidak kecewa karena vital banget kan

    BalasHapus
  12. Nah butuh perhitungan ya mba, setuju sama 30% untuk cicilan sisanya untuk biaya hidup jangan sampe terbalik ya..semoga yang belum punya hunian bisa nih dengan cra begini

    BalasHapus
  13. Setuju sih, terutama yang cicilan maksimal 30% dari penghaslan bulanan. Malahan sebisa mungkin di bawah itu. Karena kebutuhan kita banyak banget. Dan pada bulan2 tertentu masih harus kondangan dsb-dsb.

    BalasHapus
  14. Bagi yang beli rumah saat ini dan jelang resesi semoga benar-benar bermanfaat dan bisa digunakan untuk membangun rumah tangga lebih nyaman dan aman.
    Beli rumah semoga dimudahkan bagi pasangan siapa saja

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat