Lahan Gambut di Indonesia Banyak Manfaatnya

Lahan Gambut di Indonesia Banyak Manfaatnya - Potensi sumber daya lahan gambut yang tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia harus dikelola dengan baik. Tentunya ini bertujuan untuk menjaga keberlanjutan manfaat yang optimal dari lahan gambut.


lahan gambut pdf contoh lahan gambut pemanfaatan lahan gambut
Lahan Gambut di Indonesia Banyak Manfaatnya


 

Sayangnya, ada banyak faktor kondisi alam dan aktivitas manusia yang menyebabkan kerusakan beberapa kawasan gambut di Indonesia. Kerusakan tersebut berdampak pada kelestarian lingkungan juga kerugian secara ekonomi.

 

 

Lahan Gambut Indonesia

 

 

Salah satu penyebab kerusakan lahan gambut adalah ketidaktahuan masyarakat tentang manfaat yang sangat banyak dari lahan ini. Suatu ekosistem memiliki manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung. Baik untuk masa kini maupun untuk masa yang akan datang.

 

Karena itu, perlu diberikan pemahaman dan perawatan yang tepat terutama untuk lahan gambut karena manfaatnya yang besar untuk masa yang akan datang.

 

Pemanfaatan lahan gambut di Indonesia ini menang belum optimal. Banyak yang mengira kalau lahan gambut tidak bisa digunakan sehingga banyak dirusak. Padahal keberadaan lahan gambut mampu menahan laju perubahan iklim yang ekstrim.

 

Melalui perbincangan bersama #EcoBloggerSquad dan @pantaugambut kemarin. Aku mendapat banyak ilmu salah satunya fakta menarik bahwa gambut bisa menyimpan karbon sebanyak 60%. Bahkan, mampu mencegah terjadinya kebanjiran dan kekeringan saat musim kemarau.

 

Kerusakan ekosistem gambut menimbulkan konsekuensi besar tidak hanya terhadap kelestarian lingkungan tetapi juga kegiatan ekonomi. Kerugian ekonomi terjadi karena lahan yang rawan terbakar tersebut menyebabkan kebakaran hutan dan asap yang menebal sehingga membuat aktivitas masyarakat terganggu.

 

Karena itu, pengelolaan gambut secara lestari dan berkelanjutan memerlukan penerapan inovasi teknologi untuk menghindari dari resiko kerugian yang semakin besar serta mencegah terjadinya karhutla secara lebih efektif dan efisien.

 

 

Karakter Lahan Gambut

 

Ekosistem gambut merupakan suatu ekosistem yang seringnya ditemui dalam bentuk menggenang. Fungsinya sebagai pengatur hidrologi dan lingkungan serta melindungi keanekaragaman hayati yang hidup di sekitarnya.

 

Lahan gambut bisa didefinisikan sebagai lahan yang terbentuk dari tumpukan atau akumulasi sisa tumbuhan yang sebagian belum melapuk, memiliki ketebalan hingga 50 cm dan mengandung C-organik sebesar 12% dari berat keringnya.


Proses pembentukannya dimulai dari cekungan dangkal yang perlahan ditumbuhi tanaman air dan vegetasi lahan basah. Tanaman yang mati dan melapuk secara bertahap membentuk lapisan yang kemudian menjadi lapisan transisi antara lapisan gambut dan lapisan dibawahnya yang berupa tanah mineral.

 

Tanaman berikutnya tumbuh pada bagian tengah dari cekungan dangkal ini dan perlahan membentuk lapisan demi lapisan gambut hingga penuh dan menutupi permukaannya.

Gambut yang tumbuh dan mengisi cekungan tersebut disebut sebagai gambut topogen. Karena proses pembentukannya yang disebabkan oleh topografi daerah cekungan.

 

Gambut topogen ini umumnya masih dipengaruhi oleh tanah mineral di bawahnya. Sehingga gambut jenis ini relatif subur. Beberapa tanaman masih bisa tumbuh dengan baik di atas gambut ini.

 

Dari penumpukan pelapukan lapisan baru di atas gambut topogen. Terbentuk lagi lapisan gambut baru bernama ombrogen. Pembentukannya dikarenakan air hujan yang terserap. Sehingga kesuburan gambut ombrogen ini lebih rendah dan hampir tidak memiliki pengayaan mineral.


lahan gambut pdf contoh lahan gambut pemanfaatan lahan gambut


 

Dari obrolan bersama @pantaugambut dan #EcoBloggerSquad kemarin, jadi bisa tahu kalau lahan gambut bisa dimanfaatkan lebih maksimal. Bahkan bisa dijadikan lahan yang subur untuk dimanfaatkan hasil panennya.

 

Terutama karena banyak hidup flora dan fauna yang subur dan sehat di sekitar lahan gambut. Bahkan, lahan ini bisa dijadikan kawasan budi daya flora atau fauna untuk dimanfaatkan hasilnya.

 

Agar lahan gambut di Indonesia ini tidak semakin rusak. Kita perlu mendorong agar pemerintah berkomitmen dengan tegas pemeliharaan dan restorasi lahan gambut yang ada. Supaya lahan tersebut masih tetap ada dan manfaatnya bisa dirasakan untuk masa yang akan datang.

 

Postingan Terkait

4 komentar:

  1. Setuju kak, banyak flora fauna yang mendiami lahan gambut. sayang banget kalau harus punah. Apalagi lahan gambut memberikan banyak manfaat untuk bumi kita.

    BalasHapus
  2. Bener dengan menjaga kelestarian lahan gambut keanekaragaman hayatinya juga bisa kita jaga. Padahal lahan gambut memiliki peran penting dalam menahan lajunperubahan iklim. Tapi banyak yang menyalahgunakannya. Sediih

    BalasHapus
  3. Kalau bumi sudah rusak tuh kita cenderung menyalahkan alam yang tidak ramah lagi.
    Padahal ada banyak hal yang telah manusia lakukan mengapa bumi menjadi sedemikian rusaknya. Sedih sekali.. tapi harapan itu masih ada. Semoga kita semua bisa bersama-sama jaga lahan gambut Indonesia yang tersisa dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  4. Potensi yang ada di gambut selain harus dioptimalkan juga harus dikelola dengan baik agar tidak merusak ekosistemnya ❤️

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat