8 Tips Bepergian dengan Kereta Jarak Jauh Agar Lebih Nyaman

 

8 Tips Bepergian dengan Kereta Jarak Jauh Agar Lebih Nyaman - Tips naik kereta api sendirian. Kereta adalah salah satu transportasi umum yang banyak sekali digunakan oleh masyarakat. Fakta menarik terkait kereta yang jarang diketahui orang adalah bahwa Indonesia merupakan negara kedua setelah India di kawasan Asia yang memiliki jaringan kereta api tertua.


tips naik kereta api sendirian cara naik kereta api saat ini cara naik kereta api saat corona
8 Tips Bepergian dengan Kereta Jarak Jauh 


Pencangkulan pertama jalur kereta dimulai pada tahun 1864, kemudian bertumbuh dan berkembang sampai saat ini. Kereta merupakan transportasi yang bisa mengangkut puluhan sampai ratusan penumpang. Pada mulanya, kereta dibuat untuk transportasi dari satu provinsi ke provinsi lain, contohnya seperti kereta Bandung Jogja. Namun, saat ini kereta tidak hanya digunakan untuk perjalanan antar provinsi saja, tetapi sudah ada kereta yang beroperasi di dalam satu kota. Contohnya seperti KRL Commuter Line yang dapat digunakan oleh masyarakat jabodetabek.

Banyak masyarakat memilih menggunakan kereta untuk perjalanan jauh karena harganya cukup terjangkau dan cenderung lebih cepat sampai. Tidak hanya itu saja, ketika melakukan perjalanan menggunakan kereta, Anda juga bisa melihat berbagai pemandangan. Mulai dari pemandangan kota sampai pemandangan alam pedesaan, yang jarang ditemui di kota besar.

Hal tersebut tentu akan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Kereta juga merupakan moda transportasi yang sangat cocok bagi Anda yang ingin bepergian bersama teman-teman atau keluarga. Sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta, cobalah untuk melakukan beberapa tips yang dapat membantu perjalanan Anda menjadi lebih nyaman. Intip tips cara naik kereta api saat ini di bawah ya!

 

Tips Naik Kereta Api Jarak Jauh Agar Nyaman Tanpa Halangan


tips naik kereta api sendirian cara naik kereta api saat ini cara naik kereta api saat corona
cara naik kereta api jarak jauh


 

Ketahui Persyaratannya

Semenjak Indonesia resmi menjadi negara yang terdampak virus corona, semua hal tentu menjadi sedikit berbeda, tak terkecuali dalam melakukan perjalanan dengan kereta jarak jauh. Semula, tidak ada persyaratan khusus bagi para calon penumpang. Akan tetapi, banyaknya masyarakat yang terkena Covid-19 membuat calon penumpang kereta diharuskan menyertakan surat bebas Covid-19 dengan tes swab antigen atau swab PCR.

Kemudian, peraturan baru terkait kewajiban vaksin dikeluarkan. Sampai informasi terakhir yang beredar sudah tidak memerlukan surat bebas Covid-19 lagi, asalkan sudah melakukan vaksin. Syarat-syarat seperti itu adalah hal yang wajib Anda ketahui sebelum melakukan perjalanan jauh dengan kereta. Pastikan Anda mendapat informasi dari pihak yang resmi dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pesan Tiket Secara Online

Perkembangan teknologi digital juga berdampak pada proses pemesanan tiket kereta. Saat ini, Anda tidak perlu repot-repot dan jauh-jauh pergi ke stasiun untuk membeli tiket kereta. Cukup secara online saja. Banyak jasa perjalanan yang bekerja sama dengan PT KAI dalam proses pemesanan tiket. Salah satunya adalah Traveloka, yang bisa Anda akses melalui situs web maupun aplikasinya.

Memilih Jam Perjalanan

Memilih jam perjalanan juga merupakan salah satu tips untuk membuat perjalanan Anda terasa nyaman. Jika ingin sembari menikmati pemandangan sekitar, cobalah untuk memilih jam keberangkatan pagi hari atau siang hari. Akan tetapi, jika Anda ingin beristirahat selama perjalanan, maka pilihlah jam keberangkatan pada malam hari.

Membawa Camilan

Perjalanan jauh menggunakan kereta juga memakan waktu yang tidak sebentar. Di dalam perjalanan, Anda akan merasakan haus atau lapar. Bahkan, tak jarang hal tersebut membuat seseorang mabuk perjalanan. Maka dari itu, cegahlah hal tersebut dengan membawa camilan supaya badan tetap terisi dan berenergi. Jika tidak ingin repot membawa camilan, Anda bisa memesannya di kantin yang ada di dalam kereta.

Menyiapkan Hiburan

Tips selanjutnya tidak kalah penting. Terkadang, menatap sekitar terlalu lama juga akan menimbulkan rasa bosan. Terlebih jika Anda menaiki kereta jarak jauh, seperti kereta Bandung Jogja. Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, siapkanlah hiburan terbaik yang mengasyikan. Anda bisa menyiapkan hiburan berupa lagu-lagu atau film kesukaan. Pastikan juga untuk membawa pengisi daya, supaya ponsel Anda tidak kehabisan baterai.

Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang nyaman juga termasuk salah satu persiapan penting sebelum melakukan perjalanan kereta jarak jauh. Pastikan Anda menggunakan pakaian yang nyaman dan santai. Jika melakukan perjalanan lebih dari 8 jam, disarankan tidak menggunakan baju atau celana yang terlalu ketat. Sebab hal itu akan membuat Anda merasa tidak nyaman ketika berada di perjalanan nanti. Jangan lupa juga untuk membawa jaket atau kaos kaki bagi Anda yang tidak kuat udara dingin karena AC.

Membawa Barang Secukupnya

Meskipun semua barang yang dibawa akan disimpan pada tempat penyimpanan barang di atas kursi penumpang, tetapi usahakan untuk membawa barang secukupnya saja. Sebab, ketika Anda baru masuk atau akan meninggalkan kereta, hal itu akan menyulitkan Anda. Terlebih jika Anda turun di stasiun yang bukan merupakan stasiun akhir tujuan kereta tersebut. Biasanya, kereta hanya akan berhenti selama 15 menit sampai 20 menit saja. Maka dari itu, bawalah barang secukupnya supaya lebih memudahkan.

Datang Lebih Awal

Sebelum dapat memasuki kereta atau ruang tunggu, petugas akan memeriksa kelengkapan berkas perjalanan Anda. Seperti tiket kereta, surat vaksin, atau surat keterangan bebas Covid-19. Oleh karena itu, datanglah lebih awal ke stasiun agar tidak terlambat.


tips naik kereta api sendirian cara naik kereta api saat ini cara naik kereta api saat corona
cara naik kereta

Jadi itu dia beberapa tips bepergian dengan kereta jarak jauh. Semoga membantu, buat kamu yang sedang atau akan bepergian dengan naik kereta api. Dijamin seru, menyenangkan dan membuat bahagia. Salam.

Postingan Terkait

17 komentar:

  1. Salah satu moda transportasi yang paling nyaman buatku ya kereta api. Makanya lebih suka naik kereta dibanding naik bis atau pesawat. Cuma sayang sih kebetulan rumah tante di Jakarta, jauh dari stasiun Gambir. Jadilah kalau ke Jakarta lebih sering naik pesawat karena deket banget sama bandara.
    Dan aku seringnya pesen di Traveloka karena lebih gampang dan bisa sekalian cek harga dari pilihan tangalnya

    BalasHapus
  2. Ya ampyuuun betapa kangennya aku bepergian jarak jauh naik kereta api hihihi :D Terakhir 5 tahun lalau ke Pare Kediri mengunjungi anakku yang sebulan belajar bahasa Inggris dari sekolahnya. Kalau pesan tiket pakai Traveloka dijamin aman dan praktis ya :) AKu mau ceki2 ah liburan nanti mau jalan2 lagi :D

    BalasHapus
  3. Asyik ya berkereta api. Semua sekarang sudah ada ACnya. Terakhir kemarin ke Jakarta dari Malang, bukan mudik tapi ngota. hehe

    BalasHapus
  4. Saat aku liburan ke Jogja dan Solo naik kereta api eksekutive dari Gambir, berangkatnya malam hari yang aku persiapkan headphone yang nyaman untuk dengerin lagu & cemilan. Ini membantu banget untuk perjalanan jauh menjadi menyenangkan
    Salam:Dennise Sihombing

    BalasHapus
  5. Aku terakhir naik kereta api belum lama sih, Desember tahun lalu, bertiga sama anak-anak, Kediri-Jakarta. Sekitar 10 jam perjalanan dan seruuu...bener memang mesti nyiapin baju hangat, camilan, dan persyaratan terkait protokol kesehatan

    BalasHapus
  6. Jadi ingat sudah lama juga ngak naik kereta jarak jauh, dulu kalau pulkam ke jawa timur pilih naik kereta biar anak-anak lebih nyaman karena jarak tempuhnya lumayan jauh tapi sekarang lebih banyak naik mobil, plusnya bisa singgah-singgah. Kangen naik kereta apalagi sekarang pesan tiketnya juga mudah banget dan kalau beruntung bisa dapat harga murah.

    BalasHapus
  7. Tips lainnya kalau pergi sendiri pilih dekat jendela jadi asyik bisa menikmati pemandangan ya Nyi. Kapan mau ke Jakarta naik kereta lagi?

    BalasHapus
  8. Nyi udah berapa tahun ya aku ga naik kereta api, asli jadi kangen banget deh. Kalo aku perjalanan santai lebih suka pagi jd menikmati pemandangan. Di jalur pantura kan ketemu lait ada sawah2 asyik deh

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah yaa Nyi..
    Kini sudah diijinkan bepergian dengan aman menggunakan Moda transportasi massal yang satu ini.

    Naik KAI memang paling nyaman. Gak terlalu cepat dan gak terlalu lama sehingga perjalanan tetap bisa dinikmati sembari melihat pemandangan sepanjang perjalanan.

    BalasHapus
  10. Kangen bangettt naik KA.
    Semoga setelah ini, bakal ada rezeki dan kesempatan buat naik jes ejes ejessss

    BalasHapus
  11. Naik kereta api tiuut tuut tuu
    t....Jadi ingetjaman SD SMP kalau lebaran ke jakarta naik kereta.

    Pernah merasakan bejubel masuk kerrta seruuu

    BalasHapus
  12. Terima kasih tipsnya ya mak, kalo kami kalo membawa anak-anak kalo bisa dan lebih suka milih jadwal pagi atau siang hari deh, supaya dianggap ya kayak lagi main aja, hehehe

    BalasHapus
  13. Pokoknya kalau udah niat pakai kereta, kudu on time ya, Mbak. Beda dengan bus yang kadang masih mau menunggu. Xixixixi

    BalasHapus
  14. Pokoknya kalo berpergian apapun armadanya wajib pake banget bawa camilan. Kayaknya biar ga suntuk di perjalanan ya bahagianya nyemil xixii

    BalasHapus
  15. Baca tips bepergian dengan kereta api di atas kok aku jadi seneng, ya. Lama gak naik kereta api, jadi pengen naik lagi. Emang menyenangkan sih, tapi ya harus ontime sesuai jadwalnyaa :)

    BalasHapus
  16. Penting banget ini memakai pakaian yang nyaman dan bawa camilan, haha. Aku paling gak betah kalau di kendaraan jarak jauh pakaianku ribet, ga nyaman dan bengong ga ngemil

    BalasHapus
  17. inget banget aku naik kereta dari krw ke Blitar, ya ampun ternyata lamaa banget haha sampai pegal. Alhamdulillah harus siapin fisik dan yg paling penting ya siapin cemilan itu ya kaak

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat