5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Puasa


5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Puasa - Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Nah, dalam rangka di bulan yang penuh dengan rahmat ini, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan?



kegiatan yang bisa dilakukan saat puasa 10 kegiatan di bulan ramadhan contoh perbuatan baik di bulan ramadhan 5 kebaikan di bulan ramadhan
5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Puasa



Banyak sekali tentunya kegiatan atau amalan sunnah di bulan puasa Ramadan yang bisa dikerjakan, salah satunya dengan melakukan sahur saja kita sudah mendapatkan keberkahan.

 

Ditulis dalam hadist riwayat Al-Bukhari dari nas bin Malik radhiallahanhu bersabda, "Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan". MasyaAllah.

 

 

Ini Dia 5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

 

 

Memperbanyak Ibadah Sunah

 

Jika di hari biasa kita jarang mengerjakan ibadah sunah, saatnya pas Ramadan kita perbaiki ibadah sunah tersebut. Misalnya nih, waktu kita sahur ngepasin waktu untuk bisa sholat Tajahud, kenapa tidak dikerjakan sekalian ya kan?

 

Sehabis buka puasa, kita juga bisa melaksanakan salat Tawarih dan witir bersama keluarga.

 

Saatnya Mengkhatamkan Al-Quran

 

Sembari menunggu waktu bedug buka, tidak ada salahnya kita melakukan kegiatan yang luar biasa bermanfaat dan berkah adalah belajar mengkhatamkan Al-Quran. Tantang dirimu untuk mengerjakan satu juz dalam sehari, berikan reward saat kamu berhasil melakukannya.

 

Seperti yang kita tahu membaca dan mengamalkan Al-quran dalam kehidupan sehari-hari akan membuat kita diberikan kecukupan oleh Allah. Aammin.

 

Bersedekah Bersama


kegiatan yang bisa dilakukan saat puasa 10 kegiatan di bulan ramadhan contoh perbuatan baik di bulan ramadhan 5 kebaikan di bulan ramadhan
5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Puasa


 

Allah akan melipatgandakan sedekah yang kita lakukan saat bulan Ramdhan, dibandingkan hari biasa. Maka berlomba-lomba dalam bersedekah yuk, misalnya membagikan takjil di jalan, berbagi lauk dengan tetangga dan lain sebagainya. MasyaAllah.

 

Dulu sebelum menikah, saya sering melaksanakan berbuka puasa bersama teman-teman di Oemah Sedekah di panti asuhan. Karena sudah pindah kota, saya pun bergabung dengan komunitas yang ada di sekitar. Meski jarang bergabung karena harus merawat mertua, saya berusaha berkontribusi. Semangat untuk bersedekah teman-teman.

 

Diriwayatkan dalam hadist HR. At-Tirmidzi mengatakan, "Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu". MasyaAllah.

 

Memperbanyak Doa

 

Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah mengatakan, ada tiga doa yang tidak pernah akan ditolak oleh Alla. Siapa saja orang-orang tersebut? Adalah pemimpin yang adil, orang yang berpuasa, dan orang yang teraniyaya. Mumpung bulan Ramadhan nih, jangan lewatkan kesempatan ini untuk berdoa sebanyak-banyaknya.

 

Beriktikaf

 

Iktikaf memiliki makna berdiam diri, dalam rangka untuk interopeksi diri mencari dan mengharapkan ridha Allah. Oleh tokoh agama Quraish Shihab, Iktikaf ini bisa juga dilakukan di rumah, tidak harus ke masjid sebagai muhasabah. Apalagi keadaan Indonesia sedang ada pandemi, sebaiknya iktikaf di lakukan di dalam rumah dan yang terpenting niatnya.

 

Demikian di atas 5 kegiatan di bulan Ramadan yang bisa dilakukan saat puasa di rumah. Masih banyak juga yang lainnya, semoga bermanfaat. Salam

 


Postingan Terkait

5 komentar:

  1. Masyaallah semua kegiatannya apik, Nyi. Semoga puasa kita dalam keberkahannya

    BalasHapus
  2. kegiatan ini juga bisa dilakukan walaupun ramadhan usai nih, pas banget icc juga ada program berbagi untuk anak yatim siapa tau ada pembaca di sini yang mau ikutan melakukan kegiatan bersedekah seperti di artikel ini :)

    BalasHapus
  3. Beritikaf nih yang dari dulu belum pernah terlaksana :D
    padahal pengen banget rasanya beritikaf :)
    moga bulan puasa kali ini berjalan lancar ya, Nyi puasa kah? Sehat-sehat ya Bumil :-*

    BalasHapus
  4. Masya Allah, terasa sempurna Ramadan kita kalo bisa konsisten ngelakuin kelimanya ya, mbak Nyi.

    BalasHapus
  5. Masya Allah, terasa sempurna Ramadan kita kalo bisa konsisten ngelakuin kelimanya ya, mbak Nyi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat