Tata Cara Serta Niat Mandi Sebelum Sholat Jum’at

Post a Comment

Tata Cara Serta Niat Mandi Sebelum Sholat Jum’at - Sholat Jum’at adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh laki-laki yang beragama Islam, apabila sudah baligh. Nah sebelum sholat Jum’at, lebih baik apabila kita mandi sunnah terlebih dahulu, sesuai apa yang telah diperintahkan oleh Rasulullah. Karena dengan mandi terlebih dahulu, banyak pahala yang bisa didapatkan, dan sebagai tabungan kelak nanti diakhirat. Apa saja keutamaanya? Ini dia:


tata cara mandi sholat jumat niat mandi hari jumat untuk wanita niat mandi sholat jumat arab niat sholat jumat
tata cara mandi sholat jumat



Keutamaan mandi sebelum shalat Jum’at adalah seperti orang yang berkurban seekor unta. Sesuai dengan sabda Rasulullah yang berbunyi sebagai berikut:


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ


"Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju Masjid, maka dia seolah berkurban seekor unta. Dan barangiapa datang pada kesempatan (saat) kedua maka dia seolah berkurban seekor sapi."


"Dan barangsiapa datang pada kesempatan (saat) ketiga maka dia seolah berkurban seekor kambing yang bertanduk. Dan barangsiapa datang pada kesempatan (saat) keempat maka dia seolah berkurban seekor ayam."


"Dan barangsiapa datang pada kesempatan (saat) kelima maka dia seolah berkurban sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para Malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut)." (HR. Bukhari) [ No. 881 Fathul Bari] Shahih.


MasyaAllah ya? Banyak sekali keutamaan yang bisa didapatkan oleh seorang muslim, dengan melaksakan mandi dahulu sebelum sholat Jum'at. Beritahukan kepada saudaramu, dan keluargamu betapa keutamaannya luar biasa. Maha Besar Allah.



Niat Mandi Hari Jum’at


نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lihudhuuri Sholaatil Jum’ati Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa”

Artinya: Saya niat mandi untuk shalat pada hari Jum’at, sunnah karena Allah Ta’ala.



Tata Cara Mandi Sunnah Jum’at


  1. Membaca Niat

  2. Mencuci kedua tangan sampai tiga kali untuk menghilangkan najis yang menempel di tangan

  3. Mencuci kemaluan dan sekitarnya sampai bersih

  4. Berwudhu seperti ketika sebelum melaksanakan shalat fardhu

  5. Guyur kepala sebanyak tiga kali, setelah itu gunakan jari-jari untuk menyela rambut agar airnya membasahi seluruh bagian kepala

  6. Yang terkahir, basahi seluruh badan dengan air seperti mandi pada umumnya.


Sebelum masuk kamar mandi, alangkah baiknya jika kita juga membaca doa agar terlindung dari segala gangguan setan yang terkutuk. Karena kamar mandi merupakan tempat kotor, biasanya banyak setan yang bersemayam di sini. Berikut adalah doa masuk dan keluar kamar mandi yang bisa kamu baca.


Doa Masuk Kamar Mandi


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

للَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillahirahmanirrahim, Allaahumma innii a'uudzu bika minal khubutsi wal khobaa-its 

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan perempuan." 


Doa Keluar Kamar Mandi



غُفْرَانَكَ

Ghufraanaka

Artinya: “Ya Allah, hamba memohon ampunan-Mu.”


Selain itu, kamu juga bisa menambahkannya dengan doa ini:


الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي

Alhamdulillaahil Ladzii Adzhaba ‘Annil Adzaa Wa ‘Aa-faa-nii.

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari ku dan yang telah menyehatkan ku.”

Terimakasih sudah membaca artikel ' Tata Cara Serta Niat Mandi Sebelum Sholat Jum’at', mohon maaf apabila terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam penulisannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan menjadi amalan yang bisa terus memberikan barokah. Sebagai sesama muslim sudah menjadi tugas kita untuk saling mengingatkan.


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment