Perbedaan Antara Obat Loratadine Dan Cetirizine

Post a Comment

 

Perbedaan Antara Obat Loratadine Dan Cetirizine - Alergi memang merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Penyebab dari terjadinya alergi itu sendiri bisa karena banyak faktor antara lain seperti cuaca, makanan, bahkan faktor genetik. Alergi biasanya muncul saat  tubuh orang yang memiliki alergi menerima zat asing yang biasa disebut allergen.


perbedaan loratadine dan cetirizine harga loratadine dan cetirizine perbedaan ctm dan cetirizine




Biasanya sistem imun tubuhlah yang bertugas untuk menyerang zat asing, tetapi pada beberapa kasus sistem imun tubuh tidak dapat bereaksi terhadap zat asing tersebut sampai akhirnya muncul sesuatu yang mengganjal di tubuh kita yang biasa dikenal sebagai alergi.


Karena sistem imun tubuh kita tidak dapat mengatasi zat asing, dengan sendirinya maka diperlukanlah bantuan obat anti alergi untuk meredakan gejala yang dirasakan. Obat anti alergi atau yang dikenal juga dengan obat antihistamin ini banyak sekali jenisnya yang bisa disesuaikan dengan reaksi alergi yang anda rasakan.


Salah satu jenis antihistamin atau obat alergi yang paling sering digunakan yaitu Cetirizine dan Loratadine yang dimana kedua obat ini berfungsi untuk meredakan gejala alergi yang terjadi seperti gatal – gatal ataupun bersin – bersin. Hanya saja obat anti alergi ini tidak dianjurkan untuk alergi yang bersifat sistemik.



Perbedaan Loratadine dan Cetirizine




Diantara kedua obat anti alergi tersebut, manakah yang paling cepat meredakan gejala alergi? Terkadang kedua jenis obat ini baik Cetirizine maupun Loratadine sering dibanding – bandingkan padahal kedua obat ini memiliki fungsi yang sama, hanya saja anda perlu membaca info ini untuk mengetahui perbedaannya mengingat setiap imun orang berbeda.


Menurut hasil studi diketahui bahwa hasil penggunaan Cetirizine lebih efektif untuk meredakan alergi rhinitis dibandingkan Loratadine tetapi hal tersebut tidak membuat Loratadine menjadi obat yang lebih buruk daripada Cetirizine. Hanya saja penggunaan kedua obat tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing.


Jadi jika anda sedang mengalami reaksi alergi berupa bersin – bersin, hidung tersumbat, tenggorokan gatal, dan lain – lain pada saluran pernafasan anda maka ada baiknya anda mengkonsumsi obat Ceritizine ini, tetapi jika anda mengalami reaksi alergi seperti gatal – gatal di tubuh maka anda bisa mengkonsumsi obat Loratadine.


Hanya saja meskipun untuk sebagian orang obat Ceritizine ini memiliki hasil yang lebih baik tetapi sebenarnya obat ini juga memiliki kandungan atom hidrogen dan oksigen yang lebih besar dibanding atom karbonnya. Itulah kenapa orang yang mengkonsumsi obat Ceritizine ini merasakan rasa kantuk yang berlebih.


Selain itu obat Ceritizine ini juga memiliki efek samping bisa menyebabkan penggunannya sedikit kesulitan bernafas tetapi hanya sebatas kesulitan bernafas tahap awal saja dan juga rasa ketidaknyamanan ringan pada tubuh. Sedangkan pada obat Loratadine ini biasanya memiliki efek samping seperti diare dan juga rasa kantuk.


Pada beberapa kasus penggunaan obat anti alergi ini reaksi yang ditimbulkan bisa berbeda – beda tergantung kepada kondisi tubuh penggunanya. Itulah kenapa sebaiknya obat ini diminum berdasarkan resep dari dokter dan semuanya telah di konsultasikan berdasarkan kondisi anda, karena efek samping yang timbul bisa berbeda – beda.


Penggunaan obat anti alergi seperti ini juga sebaiknya dihindari oleh orang – orang yang memiliki gangguan fungsi hati, ginjal, dan jantung. Jika sebelumnya anda juga sedang mengkonsumsi obat lain ada baiknya di konsultasikan karena obat anti alergi ini memiliki beberapa jenis obat yang mungkin menimbulkan kontraindikasi.


Bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan juga anak – anak ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter sebelum meminum obat anti alergi ini. Terimakasih sudah membaca artikel, ‘Perbedaan Antara Obat Loratadine Dan Cetirizine’, sampai selesai. Salam.


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment