4 Pesan Syekh Ali Jaber Tentang Sedekah, Malaikat Akan Doakan Orang Yang Bersedekah

Post a Comment


4 Pesan Syekh Ali Jaber Tentang Sedekah, Malaikat Akan Doakan Orang Yang Bersedekah - Siapa yang tidak mengenal Syekh Ali Jaber? Yang Semasa hidupnya, Syekh Ali Jaber tiada henti – hentinya menyebarkan inspirasi yang sangat mendalam. Pesan – pesan beliau untuk arti sedekah disetiap dakwahnya sangat bermakna dan humanis. Kelembutan hati Syekh Ali Jaber membuat masyarakat Indonesia bertafakur ditengah hingar bingar dunia. 





Pada suatu kesempatan dakwah, beliau menyampaikan sabda Rasulullah SAW bahwa sedekah subuh adalah yang sedekah yang terbaik. Namun bukan berarti sedekah lain tidak boleh, hanya saja sedekah subuh memiliki keutamaan yang sangat besar untuk hidup yang lebih makmur sebagai insan Allah di dunia. MasyaAllah.

Terdapat pepatah “Gajah mati meninggalkan gading, manusia meninggalkan nama”. Berikut dibawah ini akan diperkenalkan 4 pesan sepanjang hayat Syekh Ali Jaber tentang sedekah, terutama sedekah subuh, di antaranya yaitu : 

  1. Pesan Syekh Ali Jaber : Malaikat Akan Doakan Orang Yang Bersedekah


Beliau menyampaikan pada tausiyahnya bahwa malaikat akan mendoakan orang yang suka bersedekah, termasuk doa sedekah subuh. 


Jika seorang wanita sedang berhalangan untuk bangun subuh dan solat, maka sedekah subuh adalah kegiatan yang bermanfaat sebelum memulai aktivitas. Syekh Ali Jaber menyarankan untuk membuat semacam kotak amal di rumah untuk bersedekah dipagi hari. 


  1. Pesan Syekh Ali Jaber : Sedekah Membawa Ketenangan


Dan jika ingin hati tenang, maka bersedekahlah. Ketenangannya bisa membuat Anda siap beraktivitas karena merasa diiringi oleh langkah kebaikan. Meski sedekah subuh bisa memberi dampak yang sangat besar, namun beliau mengusulkan untuk senantiasa sadar diri dihadapan Allah. Artinya, saat meminta kepada Allah, maka Anda juga harus berusaha untuk memperbaiki diri. 


  1. Pesan Syekh Ali Jaber : Jika Ingin Cita – Cita Tercapai, Lakukan Sedekah Subuh


Pada acara tausiyah di Palembang, Syekh Ali Jaber tiada henti – hentinya menekankan betapa dahsyatnya sedekah subuh. Beliau menuturkan bahwa sedekah subuh yang diiringi dengan doa bisa membantu melancarkan hajat seseorang, contohnya saat ingin mendapatkan pekerjaan idaman. 

Sedekah subuh yang diiringi dengan doa bisa mengangkat penyakit, melancarkan rezeki, mengabulkan hajat, bahkan hingga memudahkan urusan. Beliau benar – benar menganjurkan untuk tidak lupa berdoa setiap subuh. Doa sedekah subuh juga upaya untuk mendoakan kesehatan serta keselamatan orang – orang tersayang, misalnya orang tua. 


  1. Pesan Syekh Ali Jaber : Sedekah Angkat Derajat Orang Lain


Apa yang Syekh Ali Jaber bagikan saat tausiyah, maka beliau akan mengamalkannya. Salah satu kisah inspiratifnya yaitu Muhammad Al-Ghifari, seorang bocah yang diangkat menjadi anaknya untuk disiapkan menjadi imam besar di Madinah dan dibimbing untuk fokus menghafal Al-Quran. 


Beliau mengangkat derajat pemulung menjadi anaknya untuk dibimbing menghafal Al-Quran. Bocah itu sering mengaji ditengah kesibukannya. Keteguhan hati sang bocah untuk membawa Al-Quran kemanapun ia pergi membuat Syekh Ali Jaber tertarik untuk mengangkatnya menjadi anak. 


Betapa dermawan dan mulianya beliau, hingga kepergiaannya meninggalkan duka mendalam bagi dunia. Ternyata, pintu – pintu langit sudah sangat merindukan kehadirannya untuk beristirahat di taman surga. Kembali ke pangkuan Allah dengan penuh rahmat, beliau merupakan ulama dan guru yang tidak tergantikan. 

Mari kita perbaiki amalan sedekah subuh kita, yuk! Secara fisik, beliau memang sudah tidak ada di depan mata kita, namun ilmu dan jasanya akan selalu tumbuh. Ayo, lanjutkan kedermawanan Syekh Ali Jaber dengan bersedekah subuh dan tumbuhkan empati untuk menolong saudara, dimulai dari diri kita.


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment