Pentingnya Memanfaatkan Instagram Story untuk Bisnis


Pentingnya Memanfaatkan Instagram Story untuk Bisnis - Instagram story merupakan fitur di instagram, yang sering digunakan oleh kebanyakan orang dengan durasi pendek 15 detik. Unggahan bisa berupa status, foto, video, disertai dengan stiker maupun lagu.


contoh story ig promosi membuat konten instagram yang menarik konten games instagram rencana konten instagram ide konten instagram bisnis
ide konten instagram bisnis



 

Instagram Story akan menghilang sesudah 24 jam, kecuali disimpan pada profile highlight. Jadi kita masih bisa tracking apa yang kita post di instagram story. Menurut saya instagram story lebih simple, ketimbang feed yang harus nulis caption dan hastag.

 

Untuk pebisnis dengan adanya instagram story, bisa dimanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Seperti posting foto produk, BTS packaging produk, dan lain sebagainya. Hal ini membuat pelanggan dan pebisnis makin dekat. Ditambah dengan pembaharuan-pembaharuan terkni, instagram story memberikan banyak kelebihan dan bisa meningkatkan engagement. Namun, menggunakan instagram story, juga ada strateginya agar orang-orang dapat tertarik melihat.

 

 

Strategi Membuat Konten Instagram yang Menarik


 

Interaksi dengan audiens bisa dibangun menggunakan Instagram Story, karena akan membuat orang lebih tertaik bahkan bisa membuat followers meningkat juga loh. Nah intip strateginya di bawah ini.


Stiker polling

Stiker polling merupakan cara termudah dan instan untuk meminta pendapat followers. Kita bisa menanyakan sesuatu atau membuat survey. Misalnya nih jasa kita adalah jasa perjalanan/traveling, buat polling dengan menanyakan kepada follower. "Suka liburan ke Bali atau Lombok?"

Setlah itu bikin polling beserta pilihannya.

 

Slide Stiker

Pilihan menggunakan slide stiker juga oke, untuk melakukan interaksi dengan audiens. Mereka cukup menjawab pertanyaan, hanya dengan menggeser emoji ke kanan atau ke kiri. Seberapa tingkat keinginan, sebuah produk atau jasa yang sedang diiklankan.

 

Stiker Pertanyaan

Siker pertanyaan tertulis dengan jelas, 'Beri saya pertanyaan', yang dibagikan dari pemilik akun kepada audiens. Mereka menginginkan apa sih dari perusahaan atau usaha kita?

 

Stiker Kuis

Kita bisa menuliskan pertanyaan kepada audiens, dan meminta mereka menjawab. Kita memberikan opsi jawaban, seperti sedang uujian gitu harus menjawab pertanyaan dengan memilih. Terapkan untuk audiens, misalnya sebuah usaha roti. Berikan pertanyaan ada berapa jenis roti yang dijual? Dan bisa apa saja. Berikan hadiah bagi yang benar menjawab, bisa menjadi interaksi yang bagus.

 

Melakukan Instagram Live

Live instagram akan membuat audiens penasaran, bagaimana produk yang dibuat dan dikelola sampai dengan didistribusikan. Pelanggan yang loyal akan dengan senang hati bergabung, tetapi yang belum bergabung juga bisa mendorong mereka jadi tertarik membeli atau menggunakan jasa kita, karena realnya keliatan saat live.

 

Jika ditarik kesimpulan, Instagram Story ini tidak hanya menjadi ajang promosi, interaksi, tetapi juga memberikan masukan agar usaha yang dibangun menjadi lebih baik, pun lebih berkembang.

 

Jika anda belum memaksimalkan Instagram Story, yuk mulai terapkan langkah di atas. karena bagaimanapun juga membuat konten instagram menarik akan membuat audience makin dekat. Nah, semoga usaha yang dikelola makin lancar dan sukses ya! Salam.

 

Postingan Terkait

19 komentar:

  1. emang ya di era diggital sekarang Ig story perannya penting banget makanya nih endorse selebgram atau influencer ratenya lumayan juga ya

    BalasHapus
  2. Terkadang kalau soal kerjaan Instagram diwajibkan insta story apalagi give away s&k insta story simpan di highlights

    BalasHapus
  3. Instagram terkadang kalau soal kerjaan dibutuhkan insta story apalagi giveaway insta story dibutuhkan banget dong

    BalasHapus
  4. Paling enak buat blogger kayak kita gini fitur swipe up yang ada di IG Story. Enak banget buat share artikel, tapi buat yg followernya udah banyak ya. Huks.. Sebenernya saya masih jarang buanget make fitur di IG, harus mulai dioptimalkan ni kayaknya..

    BalasHapus
  5. Bener banget sih, IG story ngebantu banget buat promosi. Dari IG story juga bisa tahu siapa aja yang lihat story kita tanpa jadi pengikut. Lebih banyak interaksi juga.

    BalasHapus
  6. Instagram Story emang bagus banget nih fiturnya. Bikin lebih dekat sama followers. Apalagi sekarang bisa diiklankan juga ya

    BalasHapus
  7. thank you artikelnya mbaa mudah2an bisa aku terapin. btw bikin artikel tentang instagram reels dong mba hehe aku keteteran banget sama instagram. bikin story aja jarang eh udah ada yang baru aja hahaha

    BalasHapus
  8. thank you artikelnya mbaa mudah2an bisa aku terapin. btw bikin artikel tentang instagram reels dong mba hehe aku keteteran banget sama instagram. bikin story aja jarang eh udah ada yang baru aja hahaha

    BalasHapus
  9. Saya biasanya suka nonton IG Story BTS Packing barang jualannya.. seru aja gitu. Ada juga yg sambil packing sambil bercerita ringan, seru. Tanpa sengaja kita liat barang dagangannya dan ikutan tertarik pengen beli. Memang dengan memaksimalkan IG Story, bisa berdampak besar untuk bisnis ya, Mbak.

    BalasHapus
  10. Iya benar-benar penting mbak, aku hampir setiap hari menggunakan Instagram story utk kelancaran bisnis aku.

    BalasHapus
  11. Sekarang yang lagi rame Instagram Reels, mbak Klien udah mulai lirik reels untuk promosi :D

    BalasHapus
  12. Instagram story aku banyak yang lihat kalau isinya curhatan receh. Kalau iklan malah sedikit kak. Heu heu. Syedihh.. Kudu atur strategi lain nih ya. Hehe

    BalasHapus
  13. IG Story sekarang udah banyak fitur2 macam stiker gif, musik dll nya juga ya.jadi lebih bervariasi

    BalasHapus
  14. Iya ni cucok banget IGS buat para pebisnis. Meskipun cuma video packing. Bener banget butuh strategi biar orang tertarik untuk bertahan nonton sampai akhir

    BalasHapus
  15. Aku banget nih, suka bgt share story pake fitur yg ada, teknologi makin canggih yaa

    BalasHapus
  16. makasih mba sharingnya
    tapi enggak tau kenapa akhir akhir ini insight story memang sedang menurun ya ..

    atau apa aku aja yg begini

    BalasHapus
  17. jadi pengusaha jaman sekarang harus kreatif ya, manfaatin semua fitur media sosial

    BalasHapus
  18. media sosial terutama instagram sekarang ini memang bukan hanya buat hiburan tapi juga sarana mencari penghasilan ya

    BalasHapus
  19. bener banget kaka, harus memaksimalkan media sosial jadi ladang bisnis ya. apalagi instagram mah sudah kenal kemana-mana

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat