Tips Fokus dan Produktif Berbisnis dari Rumah

21 comments


Tips Fokus dan Produktif Berbisnis dari Rumah - Bagi ibu rumah tangga seperti saya, mengerjakan bisnis dari rumah merupakan sebuah impian. Karena bisa sembari mengurus rumah, dan merawat orang tua. Bahkan tidak perlu membayar sewa, atau membayar transportasi keluar rumah. Dari sekian keistimewaan berbisnis di rumah, bukan tanpa hambatan. Justru banyak pebisnis yang gagal, karena tidak bisa membagi waktu dan produktif.


bisnis online dari rumah yang cocok dijual di rumah lowongan bisnis online bisnis online terbaru bisnis tanpa modal di hp join usaha tanpa modal bisnis online tanpa modal
Tips Fokus dan Produktif Berbisnis dari Rumah



 

Mengapa bisa demikian? Karena tidak ada jam kerja yang mengikat, jadi lebih bersantai. Apalagi kalau kedistrak hal lain, karena kebetulan di rumah kan ada mertua yang sepuh dan nggak bisa jalan. Belum lagi ada warungan mertua yang setiap kali ada pembeli, belum mengurus rumah, belanja, ada ternak ayam juga milik mertua. Bisa bikin gagal fokus, nggak produktif, dan bisnis milik sendiri jadi keteteran. Mau mengerjakan mood juga jadi ilang, karena sudah kelelahan. Gimana  tipsnya biar tetep produktif dan fokus sih?

 

 

5 Tips Fokus dan Produktif Berbisnis dari Rumah



 

Belajar Menetapkan Jam Kerja

 

Walaupun di rumah saja, dan segudang pekerjaan rumah yang tidak ada habisnya. Kita harus memiliki jam kerja pasti, misalnya nih bangun tidur sampai jam 8.00 pekerjaan sudah harus beres. Maka setelah itu fokuslah, mengurus bisnis. Misalnya harus dilanggar tidak tepat waktu, maka lebihkan waktu yang terbuang tersebut.

 

Saya sendiri harus bekerjasama dengan mas suami, karena kan ada banyak yang diurus. Seperti mandiin orang tua, ngurusin makannya, mendampingi kalau mereka butuh ke kamar mandi, dan juga kalau ada pembeli di warung. Kalau saya ada kerjaan mendesak, mau nggak mau ya suami yang handle.

 

Memiliki Ruang Kerja Sendiri

 

Andai rumahmu cukup besar, carilah spot untuk menjadikan ruangan tersebut tempat kerja. Kalau saya sendiri ya di kamar, karena tidak ada spot lain yang bisa dijadikan ruang kerja. Apalagi rumah masih nimbrung dengan mertua kan, suami saya anak bontot mendapat amanah menjaga orang tuanya. Ketiga kakak perempuannya ikut suaminya semua.

 

Kamar saya yang sepetak tersebut cukup menampung lemari, kasur, dan juga meja tempat kerja saya. Meski bersebelahan dengan kasur, saya kalau lagi ada kerjaan ya tidak berani naik ke kasur. Ya ada kalanya meluruskan punggung, dan kaki sejenak boleh lah ya. Tapi jangan terlena.

 

Menata Ruang Kerja dengan Baik

 

Seperti halnya ketika dahulu kerja di kantor, kita pasti memiliki meja yang rapi dan tertata. Buatlah meja kerja atau ruang kerjamu juga demikian. Hal ini akan membuat kita ketika bekerja jadi semangat. Saya juga sering menggonta ganti posisi apa yang ada di meja, biar tidak bosan. Lebih bagus lagi kalau dekat dengan jendela, dan ada tanaman hijau di dalam rumah. Untuk mengalihkan perhatian, sejenak dari menatap komputer.

 

 

Meminta Orang Rumah Bekerjasama




bisnis online dari rumah yang cocok dijual di rumah lowongan bisnis online bisnis online terbaru bisnis tanpa modal di hp join usaha tanpa modal bisnis online tanpa modal
Tas Laptop salah satu bisnis dari rumah saya


 

Saya dan suami tidak bisa memiliki waktu yang pas dan tepat untuk mengerjakan bisnis kami atau pekerjaan saya menulis. Karena setiap jam, setiap waktu ada aja yang menyela. Tetapi kalau memang sedang kepepet atau memang  harus fokus, saya meminta suami untuk jangan menganggu saya dahulu. Karena kan menulis butuh fokus, disela dikit kadang udah ilang moodnya. Terlebih kalau tulisan fiksi, wah bisa kacau jalan ceritanya.

 

Allhamdulilalh suami saya sangat kooperatif, beliau juga dari awal tahu kehidupan saya ya berkecimpung di konten. Kalaupun sedang ada orderan souvenir begitu, suami saya juga meminta pengertian ke bapak mertua supaya tidak terus menyela. Sebab kalau pekerjaan di tunda-tunda, akan banyak yang tidak selesai dan justru membuat kepikiran ya kan? Apalagi kalau deadline waktunya sedikit.

 

Memisahkan Akun Pribadi dan Akun Bisnis

 

Dahulu saya masih gabung nih antara akun bisnis dan akun pribadi, tapi makin ke sini saya belajar memisahkan. Yang mana untuk bisnis, dan khusus untuk bereksplorasi dengan diri sendiri. Kalau akun bisnis kan nggak boleh sembarangan, sementara akun pribadi bisa sebebasnya.

 

Semoga Tips Fokus dan Produktif Berbisnis dari Rumah sederhana ini, dapat membantumu mengalokasikan waktu dengan baik dan produktif ya. Karena kalau bukan kita yang membagi waktunya dengan baik, ya siapa lagi? Displin adalah kunci kesuksesan. Semangat!

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

21 comments

  1. Terima kasih untuk tips nya, mbak. Semenjak pandemi mengharuskan saya untuk berbisnis juga dari rumah.

    Semoga saya bisa melakukan tips yang mbak berikan. Terima kasih ya, mbak 🙏

    ReplyDelete
  2. Diantara 5 poin, saya masih belum bisa mengatur jam kerja, Nyi. Tipikal kerja saya berdasarkan mood, lebih milih dikejar DL dengan mood bagus ketimbang DL jauh tapi masih ingin santai😂. Klo dipaksa percuma, hehe

    ReplyDelete
  3. Tips di atas antul banget, memang hal yang utama ketika bisnis di rumah adalah kita adalah bossnya, dan harus bisa melawan diri sendiri yang kadang banyak santuynya.
    Semoga bisa konsisten ya Nyi, sukses selalu dengan bisnis dari rumahnyaaa.

    ReplyDelete
  4. Semuanya betul banget Mba, saya ngeblog aja pengen serius itu susah amat, soalnya ya kecampur gitu ama kerjaan rumah, hahaha.
    Pengen banget bisa mengatur jam kerja sayanya, dengan berasumsi saya kerja kantoran, tapi kadang jam kerja para freelance ini memang nggak menentu waktunya.

    Semoga ke depannya saya bisa lebih fokus dan bisa ada support sistem yang lebih baik :)

    ReplyDelete
  5. sukses untuk bisnisnya ya Nyi. saya juga menyimpan salah satu karyamu Nyi. cover untuk menyimpan buku. keren lho dan aku suka. btw makasih tips fokus berbisnis di rumah. memang tidak mudah ya, tapi memang harus dirapihkan ya, agar berbisnis di rumah sama berhasilnya dengan kerja di kantor

    ReplyDelete
  6. hebat nih mba nyi. bisnis dari rumah sambil urus orang tua pula. kalo aku, manjemen waktunya yang agak syulit. takut bablas malah santai-santai.. hihi..
    bener banget harus netapin jam kerja, pasang alarm sekalian biar gak lupa waktu.. hehe..
    Semangat mba nyiii..

    ReplyDelete
  7. Kalau sudah serius berbisnis memang seharusnya dipisahkan ya akun pribadi dengan akun bisnis di media sosial, ya, Nyi. Terima kasih tipsnya, semoga Nyi sukses selalu usahanya.

    ReplyDelete
  8. Tips nya mantul banget nih ... beneran kalau aku melihat meja kerja rapi itu jadi mood booster. jadi kalau mau nulis aku beresin dulu mejanya hehe...

    ReplyDelete
  9. Salah satu tantangan bekerja di rumah memang mengatur waktu. Kalau di kantor, setidaknya lebih jelas. Jadi memang harus komitmen untuk disiplin waktu kalau kerja di rumah

    ReplyDelete
  10. Aku tipikal orang yang kalau lagi kerja ngga bisa diganggu. Kalau keganggu, wah, moodnya langsung ambyar. Tapi pelan-pelan mau coba biar bisa tetap kerja dalam kondisi apapun sih. Soalnya anak-anak SFH, kalau mau ngikutin mood ya bubar semua kerjaan.

    ReplyDelete
  11. Perlahan tapi pasti kalau konsisten maka akan membuahkan hasil yang baik. Anak suami ke urus, duit juga didapat

    ReplyDelete
  12. memang harus semangaat, disiplin dan juga konsisten ya agar bisnisyang dijalankan bisa maju dengan pesat

    ReplyDelete
  13. Tetap semangat berbisnis dari rumah dan tetap semangat merawat mertua ya, Mbak. Setuju banget nih kalau harus memisahkan antara akun pribadi dan akun bisnis.

    ReplyDelete
  14. kekompakan dengan orang rumah emang perlu banget, saling bekerjasama gitu, aku doakan semoga bisnis kamu makin maju

    kamunya juga sehat terus yaa

    bisnis is bisnis..

    kamu orang baik :))

    ReplyDelete
  15. Nah iya ya, Mbak menjalankan bisnis di rumah itu memang harus siap membagi kegiatan di rumah dengan bisnis.

    ReplyDelete
  16. Makasih ya tipsnya, Nyi. Tapi ini hasil tangan Nyi memang bagus sekali, rapi dna layak jual. Aku tuh mau pesen dijahitkan saja kok ya belum terwujud ya, karena memang aku masih belum dapat bahannya hiks

    ReplyDelete
  17. Salut nih dengan semangatmu Nyi, mengerjakan berbagai macam jenis pekerjaan dan sukses semua. Jadi kepikiran untuk pesan tap laptop kayak di foto itu untuk anak wedok nih. Ntar kujapri ya Nyi.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah, Nyi..
    Bahagia banget kalau memiliki pasangan dan support system yang sangat tahu bahkan mendukung langkah Nyi untuk berkembang.

    Memang menjadi konten kreator, penulis dan segambreng pekerjaan yang berhubungan dengan sosial media ini membutuhkan konsentrasi yaa, Nyi.

    Sukses selalu, Nyi..

    ReplyDelete
  19. Tipsnya mantul banget nih Mbak. Memang kalau kita ingin fokus kerja di rumah dan tetap produktif sekaligus terlihat profesional gitu kudu banget punya ruang kerja sendiri dan pandai atur waktu juga dengan baik selain itu orang di ruah juga patut banget dipahamkan dan mau diajak kerjasama gitu

    ReplyDelete
  20. Iyes kalau kerja di rumah, walaupun di rumah tetep kudu ada ruangan sendiri buat bekerja ya supaya bisa fokus dan gak terdistraksi dengan gangguan di rumah. Walau kerja di rumah soalnya jg kudu tete profesional memenej diri supaya manajemen waktunya jg baik,

    ReplyDelete
  21. Iyaa... pengen banget pnya ruang kerja sendiri, tapi sekarang asih nempelin meja di dalah satu dinding buat kerja. Tapi alhamdulillah, semua pekerjaan masih kehandle

    ReplyDelete

Post a Comment