Yuk Kenalan sama Alta School, Sekolah Online Berijazah Resmi


Yuk Kenalan sama Alta School, Sekolah Online Berijazah Resmi - Pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia selama hampir 2 tahun ini membuat banyak aktivitas jadi terganggu. Jika dulu kamu bebas kemana-mana tanpa takut ancaman virus, sekarang semua gerak dibatasi dan harus selalu menerapkan protocol kesehatan dimana pun berada. Salah satu sektor yang sangat terkena dampaknya adalah pendidikan. Karena pandemi ini sekolah-sekolah harus melakukan pembelajaran secara daring, mulai dari tingkat PAUD hingga perkuliahan.


Alta School Bimbel Bimbel online Bimbingan online
Alta School


 

Pembelajaran daring ini memiliki banyak kekurangan dibandingkan pembelajaran secara tatap muka, namun mau nggak mau kita harus beradaptasi dengan keadaan ini. Salah satu upaya adaptasi ini adalah dengan menerapkan sistem pembelajaran yang tepat untuk sekolah daring. Nah, salah satu sistem pembelajaran yang sangat cocok untuk sekolah ini ada di Sekolah Online Alta School yaitu sistem pembelajaran blended learning. Apa sih sistem pembelajaran blended learning ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

 

 

Pengertian Blended Learning

 

 

Blended learning merupakan metode pembelajaran yang di dalamnya didukung dengan adanya kombinasi efektif antara penyampaian, cara mengajar, dan gaya pembelajaran berbeda yang ditemukan pada komunikasi terbuka pada semua bagian yang terlibat dalam pembelajaran. Metode pembelajaran blended learning ini memiliki kelebihan yakni adanya penggabungan pembelajaran face to face dengan pembelajaran secara daring yang di dalamnya mencakup elemen dari interaksi sosial, antara lain:

  • Terdapat interaksi antara guru dengan peserta didik
  • Dapat memilih pembelajaran secara langsung atau daring
  • Blended learning artinya combining instructional modalities
  • Blended learning artinya combining instructional methods

 

Metode blended learning ini juga memiliki manfaat yaitu bisa memberikan fleksibelitas untuk memilih waktu dan tempat ketika ingin mengakses pembelajaran, bahkan pembelajaran jenis ini bisa diakses tanpa internet. 

 

 

Temukan Metode Blended Learning di Alta School

 

 


Alta School Bimbel Bimbel online Bimbingan online
Blended learning Alta School




Tidak banyak yang telah menggunakan metode blended learning ini dalam kegiatan pembelajaran. Padahal sistem ini sangat cocok digunakan dalam situasi pandemi dan di masa depan yang memang lebih mengutamakan teknologi dalam pembelajaran. Salah satu sekolah yang telah menggunakan metode blended learning ini adalah Alta School. Seperti apa sih blended learning Alta School ini?

 

Alta School merupakan sebuah sekolah yang memiliki sistem pembelajaran lebih fleksibel dan juga interaktif, baik itu guru, murid, dan pastinya tetap berada di bawah pengawasan orang tua. Sekolah berbasis teknologi ini akan membantu peserta didik menjadi lebih aktif, kreatif, dan juga kritis terhadap lingkungan sekitarnya.

 

Alta School menggunakan metode blended learning yang mengkombinasikan kelas dengan guru yang berperan sebagai penyampai materi dan self learning melalui kit yang dikirimkan serta materi pembelajaran daring yang didapatkan. Selain itu, siswa juga akan mendapatkan pembelajaran secara fleksibel sehingga siswa lebih mudah untuk menggali minat dan bakat yang dimilikinya.

 

Fasilitas Alta School

 

Fasilitas di Alta School dibagi menjadi dua yakni fasilitas untuk tingkat PAUD dan fasilitas untuk sekolah dasar kelas 1-3, namun hampir keseluruhan fasilitas PAUD dan SD kelas 1-3 sama. Berikut fasilitas yang ada di tingkat PAUD dan SD kelas 1-3:

 

 

Live Teaching

 

Fasilitas pertama yang dimiliki oleh Alta School adalah live teaching yakni pembelajaran yang dilakukan secara 45 menit yang dilakukan 3x dalam satu minggu. Live teaching ini dilakukan dengan tujuan memperkenalkan siswa kepada sistem sekolah.



Homebase Project

 

Homebase project merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan peralatan yang ada di rumah menjadi sebuah pembelajaran bagi siswa. Di sini siswa bisa berkreasi dengan alat yang tersedia di rumah dan pastinya sangat baik untuk meningkatkan kreativitasnya.



Offline Activity with Parent

 

Fasilitas ketiga yang dimiliki oleh Alta School adalah pembelajaran bersama orang tua di rumah. Jadi, siswa di sini akan melakukan aktivitas secara langsung bersama orang tua atau pengasuh dalam kegiatan belajarnya.



Tutoring Class

 

Selain live teaching bersama guru atau tutor, Alta School juga memberikan fasilitas tutoring class dimana siswa akan mendapatkan tutor yang akan membantu ketika mengalami kesulitan dalam belajar.



Kelas Add On

 

Melalui fasilitas kelas add on, siswa akan mendapatkan metode pembelajaran melalui video, lagu, animasi, lembar kerja siswa, dan assignment. Metode pembelajaran ini dapat membantu pengasah kemampuan yang dimiliki oleh siswa.



Life Skill Education

 

Siswa juga akan mendapatkan pembelajaran untuk mengasah skill yang dimilikinya. Orang tua juga akan mudah mengenali bakat yang dimiliki siswa sehingga lebih mudah untuk mengembangkannya ke depannya.



Learning Kit

 

Orang tua juga akan dikirimkan learning kit yang nantinya akan membantu kegiatan pembelajaran siswa di Alta School.



Konseling

 

Fasilitas selanjutnya yang dimiliki oleh Alta School adalah konseling. Di sini orang tua dapat menggunakannya untuk melakukan evaluasi terhadap perkembangan siswa.



Alta School Bimbel Bimbel online Bimbingan online
Homeschooling Alta School



Modul

 

Alta School juga akan menyiapkan modul pembelajaran yang digunakan untuk menentukan waktu belajar yang tepat bagi siswa.



Kartu Pelajar


Siswa juga akan mendapatkan kartu pelajar sebagai identitas siswa.


Laporan Pembelajaran

 

Sama seperti sekolah pada umumnya, Alta School juga akan memberikan laporan atau rapot dari seluruh kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa.



Field Trip & Outbound

 

Field trip dan outbound merupakan kegiatan di luar rumah dan bersifat optional karena keadaan pandemi saat ini.



Ruang Belajar (Khusus untuk SD)

 

Fasilitas ruang belajar merupakan fasilitas yang dimiliki oleh Alta School dimana siswa dapat bergabung bersama teman-teman lainnya secara online menggunakan platform bernama Platform Classroom Online.



Mendapatkan Ijazah Resmi

 

Selain semua fasilitas yang ada di atas, Alta School juga akan memberikan ijazah resmi kepada siswa yang telah lulus. Dimana lagi bisa menemukan sekolah fleksibel dan dapat ijazah resmi pula.

 

 

 

Kesimpulan

 

 

Itulah tadi penjelasan mengenai sekolah berbasis blended learning Alta School. Homeschooling Alta School merupakan pilihan tepat di tengah situasi pandemi sekarang ini dan pastinya kedepannya dimana sekolah lebih mengutamakan pembelajaran berbasis teknologi. Jadi, tunggu apa lagi yuk kepoin sekolah Alta School ini langsung di website resminya yakni https://www.altaschool.id/.

 

Postingan Terkait

26 komentar:

  1. Wohoo, keren banget ini Alta School!
    Ponakanku lagi cari sekolah, apa aku recommend ini aja ya?
    Cocok buat masa pandemi kayak sekarang

    BalasHapus
  2. ini pas banget dengan keadaan seperti sekarang. blended learning Alta School beneran jadi solusi dan pendidikannya juga sudah punya standart bagus. kece juga nih buat di coba

    BalasHapus
  3. Aku memang lagi nyari-nyari nih buat bocil yang udah usia sekolah. Sipp ini mau coba eksplorasi websitenya dulu.

    BalasHapus
  4. jadi inget pernah belajar blended learning ini pas di perkuliahan dan gak nyangka sekarang udah berkembang, anak-anak SD udah belajar blended juga karena pandemi ini sistem belajar juga jadi lebih fleksibel ya mba

    BalasHapus
  5. Saya juga baru tau sistem blended school, kalau di masa pandemi, sistem nya cocok yah Kak. Jd skrg kalau mau sekolah online bisa masuk di Alta school, ini berlaku semua wilayah?

    BalasHapus
  6. Bagus bagus ya program di Alta School ini. Salah satunya Life Skill Education, bagus banget buat masa depan siswanya!

    BalasHapus
  7. Bagus nih Alta School. Banyak banget ya fasilitas dari sekolahnya. Sistem Blended Learning yang di negara kita masih terbilang baru pasti bakal banyak ditiru...
    Lihat aja, hehehe

    BalasHapus
  8. Nyi, aku baru dengar ttg Alta School ini.. Hanya utk PAUD s.d klas 3 SD ya? lalu klas lanjutannya di sekolah biasa atau gmn ya?

    BalasHapus
  9. wah, sistem yang menarik buat anak-anak. Secara jaman now, anak-anak udh gelisah kalau belajar online kelamaan. Harus pake metode yang menarik

    BalasHapus
  10. Alta School ini berarti ijazahnya apa ya mbak? karena kan TK mah enggak ada paket dari dinas pendidikan mbak. sementara ini adanya pkaet A, B dan C. kalau TK saya belum pernah dengar ada ijazah dari dinas pendidikan. oh mungkin ijazah dari Alta Schoolnya langsung ya mbak, sama dengan TK TK swasta lainnya :-)

    BalasHapus
  11. Wah lengkap banget isinya, udah kaya berasa di sekolah offline biasanya ya. Kayanya bagus nih infonya disebarin ke keluarga terdekat

    BalasHapus
  12. Sistem blended learningnya cocok banget dengan kondisi sekarang yaa, jadi anak-anak belajarnya lebih luwes, biasanya sih malah lebih gampang paham.

    BalasHapus
  13. Waaah, sekarang online school juga bisa mendapatkan ijazah resmi ya. Keren banget konsepnya. Based project learning itu bagus banget untuk mengasah rasa tanggungjawab dan kreativitas anak

    BalasHapus
  14. Ada pilihan lagi yang terbaik ini Alta School, sekolah online
    yang dibutuhkan di tengah pandemi begini.
    Aplagi dengan metode pembelajaran blended learning ini memiliki kelebihan dengan adanya penggabungan pembelajaran face to face dengan pembelajaran secara daring yang di dalamnya mencakup elemen dari interaksi sosial.
    Makin huhuy.

    BalasHapus
  15. Kini, sekolah semua serba online, memang sebaiknya orangtua lebih bijak dalam memilih pendidikan untuk anak-anak yang sesuai dengan passion dan kegemaran mereka. Kerena banget metode pembelajaran yang diterapkan oleh Homeschooling Alta School.

    Anak-anak tetap belajar dengan gembira dan tanpa paksaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucu banget ya, Nyi..
      Meski Homeschooling Alta School adalah sekolah dengan basis Homeschooling, tapi ada kartu pelajarnya loo..
      Aku kangen liat anak-anak uda punya identitas masing-masing.

      Sekolah anakku gak punya kartu pelajar.
      hiiks~

      Hapus
  16. Wah keren banget nih membanatu para ortu yang ingin menyekolahkan anaknya secara Homeschool, cocok banget utk kondisi pandemi seperti sekarang ini.

    BalasHapus
  17. Baru tahu tentang Alta School ini dan ternyata keren banget. Pandemi ini membuat sekolah2 tidak semuanya siap melaksanakan sistem pembelajaran secara daring. Selain kurangnya prasarana penunjang, para pendidik pun juga belum semuanya bisa mengajar berbasis internet. Inilah yang membuat pembelajaran agak terhambat. Kalau ada sekolah seperti Alta School ini pastinya membuat anak didik makin bersemangat untuk sekolah meski dari rumah saja

    BalasHapus
  18. Gebrakan baru di dunia pendidikan semakin bertambah. Dengan berbagai layanan di atas, Alta School sepertinya bisa menjadi jawaban atas kurang efektifnya sekolah dengan sistem PJJ saat ini. Bisa untuk kelas berapa aja ya, Mbak?

    BalasHapus
  19. oke bangt nih ya mba... jadi Alta School ini basisnya online namun juga memberikan ijazah buat para peserta didiknya ya

    BalasHapus
  20. Jadi Alta School ini memang khusus sekolah online ya mba? Wah bagus nih ada inovasi baru, apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini

    BalasHapus
  21. sekolah model gini lebih asik dikala pandemi karena mereka konsepnya memang blended learning dan terlihat lebih siap dalam pembelajaran daring ya. aku lagi ceki2 sekolah gini untuk anakku yg mau SMP nih :)

    BalasHapus
  22. Di masa Pandemi begini, sepertinya Alta School yang paling siap menerapkan peraturan pemerintah yaitu pembelajaran jarak jauh, sebab memang model pembelajarannya seperti itu. Keren ini.

    BalasHapus
  23. Hikmah dari pandemi salah satunya anak bisa belajar dari rumah. Sebagai orang tua homeschooler terasa susah sekali mencari sekolah yg bisa memfasilitasi pemberian ijazah jika anak memilih belajar dari rumah. Inovasi dari Alta school ini pasti kabar baik bagi orang tua yg ingin anaknya tetap bersekolah dari rumah

    BalasHapus
  24. Blended learning sekarang banyak diminati ya mbak. Lengkap pembelajaran di Alta School. Apalagi ada kelas add on nya juga. Anak pasti jadi lebih semangat. Home based project sekarang juga jadi salah satu tugas yang mengasah kreativitas anak

    BalasHapus
  25. Baru tahu istilah blended learning,
    Aku kuliah di universitas terbuka, cocok nih pakai istilah ini. Sama persis penjelasannya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat