Resep Oseng Tempe Pare Anti Gagal

2 comments


Resep Oseng Tempe Pare Anti Gagal - Ada yang suka dengan pare? Memang rasanya pahit, tapi pahitnya pare bisa hilang kok jika memasaknya dengan tepat. Bahkan ada cara menghilangkan pahitnya pare, dengan cara meremas pare setelah diiris terlebih dahulu dengan garam. Barulah ditumis, agar meresap dahulu garam ke dalam parenya.



oseng tempe resep oseng tempe resep tempe kecap tempe kecap tumis tempe cara membuat oseng tempe
Resep Oseng Tempe Pare 



 

Dahulu saya juga tidak menyukai pare, sayuran yang pahit luar biasa. Tetapi gara-gara ibu kalau memasak nggak pahit saya suka banget, berbeda dengan kadang tumis pare yang beli, masih ada rasa pahitnya. Pare juga bisa diaplikasikan dengan berbagai olahan sih sebenarnya, bisa dengan teri, udang, tempe, dan lain sebagainya sesuai selera.

 

 

Cara Membuat Oseng Tempe Pare


 

Jadi nggak perlu lama-lama lagi, bagaimana cara membuat oseng tempe pare ini yuk!

 

Bahan Tempe Kecap Pare

 

1 buah pare bisa ukuran besar atau kecil

1 buah tempe ukuran besar atau kecil

Bawang merah

Bawang Putih

Cabai rawit atau setan

Lengkuah di geprek

Daun salam dua lembar

Sere secukupnya

Garam

Air

Minyak goreng

Saus tiram

 

 

Cara Masak Tempe Kecap Pare

 

  • Iris tempe sesuai dengan selera, kalau saya seringnya dipotong dadu. Tempe ini bisa digoreng setengah matang atau tidak. Sesuai dengan selera
  • Ambil pare, cuci bersih, hilangkan isinya dan potong dengan ukuran yang sama dengan tempe. Agar tidak pahit, remas dahulu pare dengan garam hingga layu. Nggak keras lagi intinya. Lalu cuci bersih.
  • Panaskan mintak goreng, tumis semua bumbu dan juga lengkuas, daun salam, sere. Kalau sudah harum baru dimasukan tempe dan parenya.
  • Tambahkan air, dan saus tiram supaya pare lekas layu dan bumbu meresap. Kalau sudah mendidih, diincipi dahulu, dan kurang apa tinggal ditambahkan.

 

 

Tips Memasak Oseng Tempe Pare


 

  • Pare diremas dengan garam agar tidak ada rasa yang pahit. Setelah diremas, baru dicuci lagi, agar rasa asinnya tidak begitu pekat menempel.
  • Ketika memasak, gunakanlah api yang sedang saja. Jangan terlalu besar, agar bumbu dapat meresap dengan baik.

 

Nah, semoga Resep Oseng Tempe Pare Anti Gagal di atas, dapat memberikan sedikit referensi teman-teman yang ingin mengolah pare dengan tempe agar tidak pahit dan rasanya tetap enak. Selamat mencoba membuatnya ya!

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

2 comments

  1. Enak banget ini nduk, kalau di masak pare. Dioseng dengan telur juga enak.

    ReplyDelete
  2. kalo ditambahin tahu juga bisa ya kak? makin enak :9

    ReplyDelete

Post a Comment