Fitur Lengkap Ruangkelas dari Ruangguru


Fitur Lengkap Ruangkelas dari Ruangguru - PPKM Darurat diperpanjang, akibat pandemi virus Covid-19 yang makin memanas kian hari. Kegiatan belajar mengajar baik sekolah, perguruan tinggi, akademi, maupun tempat pelatihan masih dilakukan dengan online atau daring.






 

Tidak hanya siswa yang mengeluh dalam belajar, banyak orangtua dan tenaga pendidik yang mengalami kesulitan dalam penyampaian materi karena tidak efektif. Bahkan tugas sering terlambat dikumpulkan, karenanya membuat tenaga pendidik gagal menelesaikan penilaian tepat waktu.

 

Maka dibutuhkan satu solusi pengenalan pemanfaatan platform yang tepat dan pas untuk menunjang pembelajaran online tanpa melakukan tatap muka secara langsung. Dengan memanfaatkan teknologi inilah, akan tercapai proses pembelajaran yang menyenangkan, seperti apa saja sih?

 

Tenaga pendidik dan siswa dapat belajar kreatif, inovatif dan melatih kreatifitasnya dalam proses pembelajaran jadi lebih menyenangkan. Apalagi kalau ada videonya, jadi tambah menarik

 

Tenaga pendidik dan siswa dapat sama-sama belajar menggunakan teknologi, dan mengoperasikan dengan baik. Seperti menggunakan aplikasi belajar online atau platform belajar online dengan durasi yang sudah disepakati

 

Tenaga pendidik bisa menyusun dan mengolah pembelajaran agar belangsung dengan efektif dan efisien selama proses belajar

 

Demikian halnya orangtua, dapat memberikan masukan dan timbal balik kepada tenaga pengajar agar tercipta pembelajaraan online yang maksimal.

 

 

Allhamdulillah Ruangkelas Hadir sebagai Learning Management System untuk Sekolah

 

 

Untunglah kekhawatiran-kekhawatiran akan pembelajaran dapat ditepis, dengan hadirnya Ruangguru. Perusahaan yang menyediakan layanan pendidikan dengan basis teknologi terbesar di Indonesia.

 

Kegiatan belajar-mengajar yang tidak perlu dilakukan tatap muka, akan dimudahkan dengan kelas darng di ruangkelas dari Ruangguru. Apa saja yang bisa dilakukan? Pemberian materi belajar, pemberian tugas kepada siswa, diskusi tugas antara siswa dan guru, penilaian hasil belajar, yang mana transparan bisa diakses oleh kedua belah pihak. Oleh guru maupun siswa dengan pembelajaran yang dilakukan di Ruangguru tentunya.

 

Dilansir dari website Ruangguru, Belva Devara selaku Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru mengemukakan bahwa, "Ruangkelas sebagai sebuah sistem kelola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), merupakan langkah Ruangguru dalam membantu guru dan siswa di seluruh Indonesia untuk memastikan PJJ di tahun ajaran baru ini tetap terlaksana secara mudah, efektif, dan efisien."

 

Dengan LMS untuk Sekolah (Learning Management System) produk dari Ruangguru ini kegiatan belajar mengajar menjadi lebih mudah dan dilengkapi dengan fitur menarik.

 

 

Berikut Fitur Ruangkelas yang Bisa Dimanfaatkan oleh Guru dan Siswa

 

 

Tersedia Materi yang Lengkap

 

Fitur ruangkelas mempunyai materi yang beragam dan lengkap, sehingga bisa digunakan guru untuk memberikan pelajaran kepada peserta didiknya. Seperti materi pembelajaran video, pun ada rangkuman belajarnya.

 

Guru juga bisa mengunggah materi yang dibuat sendiri, tenang aja. Lantas untuk bentuk filenya, bisa bermacam-macam. Dari PDF, Ms. Excel, Word, Power Point, Mp4, Foto, dan lain sebagainya. Memudahkan untuk PJJ bukan?

 

Kelas Sendiri Bisa Dibuat






 

Guru bisa memanfaatkan ruangkelas, untuk membuat kelasnya sendiri sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Hal tersebut membuat siswa merasa berada di kelas sendiri, seperti berada di sekolah.

 

Fitur Obrolan Kelas

 

Ruangkelas juga memfailitasi komunikasih antara guru dan siswa loh, jadi ada grup kelas gitu jadi dalam pembelajaran jadi lebih interaktif.

 

Fitur Tugas

 

Tugas pada fitur ruang guru beragam, dari model yang esai, pilihan ganda, latihan topik dan disediakan bank soal. Guru disarankan mengunggah file dalam bentuk Ms. Word, pun ada template yang disediakan oleh ruang guru. Nantinya guru bisa dengan mudah mengatur kapan pengumpulan tugas, dan bisa juga memeriksa dengan otomatis. Asyik kan?

 

Fitur Soal Acak

 

Guru dapat melakukan fitur soal acak untuk siswa, jadi hal tersebut bisa untuk meminimalisir siswa yang curang. Hanya dengan satu kali klik saja, soal akan teracak otomatis.

 

Analisis Nilai Tugas

 

Selama masa Pembelajaran Jarak Jauh, guru akan mudah dan terbantu dengan adanya fitur analisis nilai tugas yang disediakan ruangkelas. Ada grafiknya, nilainya, performa pengerjaan tugas, dan dalam pengumpulannya. Dengan sekali download, hasil analisis nilai akan dapat dilihat seketika.

 

Fitur Daftar Hadir

 

Sama seperti ketika datang ke sekolah, fitur daftar hadir juga akan membantu guru dalam memeriksa kehadiran siswanya melalui absensi ini. Guru juga tidak perlu merekapitulasi kehadiran, dengan otomatis ruangkelas akan membantu guru melakukannya dengan sekali unduh.

 

Luar biasa bukan? Fitur-fitur yang ada di ruangkelas ini, karena Ruangguru ingin memberikan yang terbaik meski belajar mengajar hanya bisa dilakukan di rumah saja. Walaupun demikian, tetap menggunakan platform yang praktis dan efektif pun memudahkan bapak/ibu Guru menyampaikan materi dan siswa juga dapat menerima dengan baik. Mereka mengerjakan tugas juga dengan hati riang.




Nah, keuntungan untuk murid sendiri dalam mengunakan ruangkelas ini ada banyak. Seperti murid bisa mengakses ruangkelas dengan mudah, dengan materi yang sangat lengkap. Murid bisa berkomunikasi dengan guru dan teman sekelas jadi lebih gampang, dengan ruang chat kelas, serta belajar jadi lebih praktis nggak ribet.

Postingan Terkait

14 komentar:

  1. Kalau punya anak lebih dari 1, rasanya wajib punya aplikasi ruang guru deh. Karen seorang ibu biasanya agak stress juga nih jika harus dampingi dua murid sekaligus

    BalasHapus
  2. Ruangguru selalu berinovasi yah, nih baru tau soal ruang kelas, banyak juga fitur pilihannya yg menarik

    BalasHapus
  3. Wow berasa berada di kelas beneran ya. Ada daftar hadir segala. Keren nih

    BalasHapus
  4. Bersyukur ya anak-anak jd tertolong belajar di rumah aja dg program begini, mantaap ;)

    BalasHapus
  5. Ruangguru nih memang nggak ada matinya buat bikin betah anak-anak belajar, ya mbak, banyak sekali produknya dan kece2 pula..

    BalasHapus
  6. Ruangguru nih komplit banget ya fitur-fiturnya. Nggak cuma buat belajar sama ortu, buat sekolahan pun ada fiturnya sendiri. Mantaaap! Kurekomendasikan ke sekolah anakku aah.

    BalasHapus
  7. Ruang obrolan kelas bagus banget buat tempat membahas kesulitan soal y kak

    BalasHapus
  8. Bersyukur banget dengan hadirnya ruang guru di tengah pandemi begini, antara guru dan siswa masih bisa melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif dan kreatif ya Nyi

    BalasHapus
  9. keren, ruangguru lengkap sekali fitur-fiturnya. bisa menjadi salah satu tools menambah semagat belajar anak ya

    BalasHapus
  10. Keren bangett emang. Lengkap fiturnya. Aku jg udah pernah cobain ruangguru tahun laluu. Blm ada lengkapnya kek gini sihh. Itu aja udah Seruu

    BalasHapus
  11. Iya nih PPKM diperpanjang, pasti pusing deh yang daring lagi. Tapi untung fitur ruang kelas nih ngga bikin bosen yah. Banyak yang menarik, apalagi soal diacak. Pasti ngga bisa curang hihi.

    BalasHapus
  12. Fitur ruang guru semakin banyak pilihan ya. Orang tua sangat terbantu dengan produk produk ruang guru yang selalu inovatif dan canggih

    BalasHapus
  13. Aku berpikir ruang guru ini layak dapat penghargaan ya..
    Terobosannya membuktikan dia komitmen sebagai perusahaan teknologi bidang pendidikan

    Menjawab kegalauan semasa pandemi karena belajar online mulai dari siswa orang tya hingga gurunya

    BalasHapus
  14. Ruangkelas by Ruangguru mengkoneksikan si guru dan murid sepanjang PJJ rupanya. Asik sekali karena walau sekolah masih jarak jauh, murid bisa turut merasakan punya teman sekelas dan guru pun jadi bisa lebih terbantu dalam mengajar.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat