18 Tema untuk Video YouTube yang Paling Banyak Ditonton

31 comments


18 Tema untuk Video YouTube yang Paling Banyak Ditonton -  Tema video YouTube yang paling banyak ditonton, tema seperti apa sih? Nah, ini penting banget buat kamu yang ingin jadi YouTuber profesional, langkah pertama yang harus diperhatikan, adalah tema untuk video YouTube, mau yang seperti apa? Bisa dengan Mempelajari Trend di YouTube.



tema video youtube yang paling banyak ditonton cara menentukan tema video youtube cara membuat tema video youtube tema untuk video youtube
Tema untuk Video YouTube



 

Cara menentukan tema video YouTube, yang kita banget sebenarnya bisa dilihat dari video-video yang pernah kita tonton. Bisa juga memilih tema video yang diminati oleh pasar, seperti apa saja yang sudah banyak dibuat oleh YouTuber, ini dia rekomendasinya.

 

18 Tema Bikin Video YouTube



Video Blog

Video blog, seringkali dikenal dengan sebutan Vlog. Video yang isinya catatan keseharian pemilik akun, istilah penyebutannya atau panggilannya Vlogger.

Isi dari vlog sendiri bisa bermacam-macam, intinya keseharian yang dianggap menarik atau gaya hidup yang sehari-hari dijalani. Dimulai dari seroang pengusaha, artis, motivator, pelatih, presiden, dan lain sebagainya.

Alat yang digunakan untuk membuat vlog, bisa dengan ponsel pintar milik kita. Tinggal rekam keseharian yang ingin diunggah ke YouTube. Nggak perlu peralatan canggih untuk membuat vlog.

Siapa saja Vlogger di YouTube, yang sudah memiliki subscriber bejibun? Ada Atta Halilintar, Deddy Corbuzier, Mata Najwa, Ria Ricis, Baim Wong, dan lain sebagianya.

 

Video Parodi

Video parodi atau video humor, yang istilahnya plesetan dibuat dari video populer yang beredar di masyarakat. Biasanya mereka akan mendapatkan subscriber dari video parodi tersebut. Sasaran video parodi, bisa dipastikan dari video atau film yang punya trafik tinggi atau viral.

Contoh video parodi yang beredar di YouTube, salah satu diantaranya adalah Video Blekjek, parodi dari video klip Blackpink.

 

Video Tingkah Laku Binatang

Pernah liat video kucing yang lucu, bertingkah laku konyol? Ini yang dinamakan video tingkah laku binatang. Biasanya target marketnya penonton anak-anak atau keluarga.

 

Cara membuat tema video YouTube, model ini dibutuhkan kejelian dan pintar menangkap momen tidak terduga dari binatang yang kita pelihara. Misalnya kucing yang sedang mengejar tikus, kucing yang nonton tikus di video, dan lain sebagainya.


Video Serial

Video serial ini ada banyak macamnya, seperti reality show, lelucon, animasi, dan lain sebagainya. Yang antara satu dengan yang lain, videonya memiliki konsep cerita sama. Contoh yang viral ada Ucup Klaten, Serial film India dari Zee TV, dan lains sebagainya

 

Video Edukasi dan Ketrampilan







Nah ini nih yang sering dibuat oleh mas suami, ketrampilan soal tips menjahit. Pernah sampai di telepon sama orang yang nonton YouTubenya, Bagaimana Cara Mengatur Mesin Lubang Kancing Kecil dan Tips.

 

Tema edukasi atau ketrampilan, merupakan video yang membahas banyak hal, yang intinya target penonton mereka yang ingin meningkatkan ketrampilannya dengan otodidak. Salah satu contoh video model ini, adalah Ngekraft Channel dan 5-Minute Crafts.

 

Video Berita

Video berita memiliki dua opsi, ada bertia yang dibuat oleh stasiun televisi, dan video yang dibuat oleh netizen.

 

Video yang dibuat oleh stasiun TV, biasanya targetnya memperluas berita. Sementara kalo berita netizen biasanya dibuat oleh orang umum yang berada di lokasi kejadian. Bisa kebakaran, kecelakaan, kriminalitas, tempat populer, yang nantinya justu unggahan tersebut digunakan stasiun televisi untuk jadi pelengkap berita yang ditayangkan.

 

Video Musik

Saya paling suka nih, buka video musik. Biasanya label rekamannya, yang akan mengunggah video tersebut untuk memopulerkan penyanyinya. Karena pihak labelah, yang punya hak cipta dari lagu dan video klip tersebut.

 

Video Music Cover

Cover musik biasanya diunggah, oleh mereka yang memiliki kemampuan menyanyi. Jika kamu punya hobi menyanyi, bisa jadi pilihan nih. Dahulu sebelum tenar, Raisa, Afgan, Vidi, juga mengunggah videonya ke YouTube lho.

 

Video Olahraga

Video dengan konsep olahraga, isinya biasanya tentang latihan olahraga yang bisa dipraktikan dengan mudah. Bisa kiat-kiat, tips berolahraga ringan, yang intinya berkaitan dengan namanya olahraga

 

Video Unboxing







Unboxing adalah bahasa Inggris yang kalau diterjemahkan berarti membongkar kemasan. Video ini yang sering saya coba juga, unboxing sebuah paket. Bisa buku, kosmetik, elektronik, dan lain sebagainya. Video unboxing ponsel yang sering diburu, salah satunya adalah channel YouTube milik akun Gadgetin.

 

Video Trailer

Model video trailer biasanya diunggah oleh studi yang memroduksinya, seperti Starvisionplus, misalnya. Tujuannya diunggah trailer ini, sebagai bentuk mereka promosi.


Video Seminar

Video seminar ini biasanya berisi kegiatan yang merekam sebuah acara, dan didistribusikan online. Bisa dari motivator, coach, trainer, secara lebih luas lagi.


Video Kompilasi

Video kompilasi berisi video kumpulan, lantas dijadikan satu dengan judul tertentu, misalnya 'Pop Hits 2021', dan lain sebagianya.


Video Live

YouTube memiliki fitur live streaming, biasanya ini digunakan untuk membantu acara yang harus disiarkan langsung. Terlebih di tengah pandemi ini, yang tidak boleh berkerumun. Live streaming bisa jadi pilihan agar ribuat orang bisa menonton, meski tidak berada di lokasi acara. Siarannya biasanya real-time. Contohnya pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.

 

Video Podcast

YouTuber yang sering melakukan tayangan Podcast ada Deddy Corbuzier. Saya sering menonton, jika temanya pas saya suka. Model video podcast ini layaknya talkshow di televisi, ada host dan narasumber yang berdikusi. Persiapan yang dibutuhkan seperti, ruang yang sunyi, audio redorder yang jernih, dan tempat duduk yang nyaman.

 

Video Kampanye Politik

Seorang politikus kini juga menyasar YouTube, sebagai tempat  mengkampanyekan sesuatu. Bisa ketika dia ingin mencalonkan diri, atau kegiatan mereka untuk memeroleh simpati dan suara oleh masyarakat luas

 

Video Photo Gallery

Photo Gallery ini biasanya berisi foto-foto yang dijadikan satu, kadang diberikan efek, lagu, transisi, dan lain sebagainya untuk menjadi lebih menarik. Bisa foto-foto artis yang dibuat oleh penggemarnya, dan kita sendiri pun bisa.

 

Video Screencast







Tema video screencast ini model video yang beraktivitas di dalam layar monitor. Misalnya kita sedang menggambar atau mendesign menggunakan laptop dan aktivitas tersebut direkam. Kalau diponsel itu ada menu yang 'rekam layar', inilah yang dimaksud screencast. Bentuk videonya bisa tutorial, bisa tutorial mendesain atau menggambar, tutorial ngegame agar mudah menyelesaikan misi, dan lain sebagainya.

 

Bagaimana? Ada tema untuk video YouTube yang klik denganmu? Rencanankan mulai sekarang, dan siapkan akun untuk membuat lantas maksimalkan channel YouTube-mu untuk mendapatkan penghasilan. Semoga tema video YouTube yang paling banyak ditonton di atas dapat bermanfaat. Salam.

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

31 comments

  1. Saya lagi seneng2nya nonton podcast nih mbak apalagi yang dibawakan artis gitu. Dan kadang bintang tamunya suka ga sadar terlaluu jauh membuka kehidupan privacynya

    ReplyDelete
  2. Kalo temanya banyak gini, jadi semangat bikin konten ya, mbak..

    ReplyDelete
  3. Wah dapet ide konten nih. Kadang suka bingung bikin konten. Tapi sebagai penonton youtube aku suka genre komedi, unboxing, gitu gitu yang ringan2 aja. Apalagi pamdemi ya. Butuh hiburan bgt orang2 :')

    ReplyDelete
  4. Ada banyak model ya ternyata. Menentukan tema memang gampang2 susah menurutku hehehe tapi kalau udah dapaet mungkin lebih mudah kedepannya ya buat bikin video.

    ReplyDelete
  5. Video unboxing selalu menarik memang. Aku pun kadang seneng lihatnya padahal barangnya bukan barang yang lagi dicari 😅

    ReplyDelete
  6. Baru tahu istilah video podcast. Begitu banyak ya tipe video konten youtube yang bisa dicoba. Saya sudah coba yang video keterampilan

    ReplyDelete
  7. Pengen nyoba yang podcast tapi sadar diri penampilan wajahngga cameraface jugaa. Mau coba keterampilan tapii gapunya keterampilan wkwkwkw. Apa dong yaaa

    ReplyDelete
  8. Palig favorit sih macam podcast gt ya, apalagi kalo obrolan temanya kekinian hehe

    ReplyDelete
  9. Video masak adalah favoritku di Youtube. Ngeliatnya seru dan bikin ngilerr

    ReplyDelete
  10. kak ada tema untuk video tiktok juga gak? wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Wuih mantap ini... bisa dijadika buat konten nulis... ternyata video tentang blog banyak yang nyari juga yak.

    ReplyDelete
  12. Aku sbnrnya jarang kalo nonton youtube mba. Tapi ada sih video2 YT yg JD favoritku :D. Rata2 bertema makan2 dan kuciiiing hahahahha. 2 itu doang. Even tema traveling aku ga begitu suka. Krn khsus traveling aku lebih suka ngerasain sendiri drpd liat video orang :p

    ReplyDelete
  13. Video screenshot jadi solusi buat yang nggak pede nampilin si pemilik YouTube yaa mba,hehehe

    ReplyDelete
  14. Thank you Mbak Nyi, jadi ada ide buat bikin vlog besok. Aku sih tertarik sama review skincare atau nggak review film hehe

    ReplyDelete
  15. wah banyak ya temanya, itu yang disenangi masarakat ya

    ReplyDelete
  16. Banyak tema makin seru explore ya mbak, akumah tetep sesuai mauku aja gado gado YT nya hahha...yg ptg bs terekpresikan dan semoga bisa memberi manfaat siii yg ptg :)

    ReplyDelete
  17. Ada banyak ide sebenarnya untuk bikin video di channel Youtube kita ya. Tinggal siapkan kreatifitas, peralatan dan sebagainya yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  18. Ini bisa bikin mood ngonten jadi menggebu deh mbaa kalau banyak temanya gini yaa

    ReplyDelete
  19. Aku lebih suka nonton tema serial & musik sih. Soalnya buat ngilangin strees, pokoknya youtube tuh hiburan banget buat anak kos seperti aku.

    ReplyDelete
  20. kalau aku sukanya nonton video masak sama make up sih dulu. kalau vlog orang biasanya nggak terlalu tertarik nontonnya

    ReplyDelete
  21. kadang aku juga suka nonton beberapa tema youtube tapi yang aku heranin apa ya serunya nontonin video youtube orang maen game berjam jam hehehe tapi rame juga

    ReplyDelete
  22. Akhir-akhir ini aku suka nonton video interior rumah. Kok ada di list hehehee... tp jgn khawatir, ada video olahraga drinlist diatas yg asyik juga buat ditonton nih. Makasih ya

    ReplyDelete
  23. Di rumahku, yang banyak ditonton itu video gaming. Anak-anak suka game minecraft dan Among Us. Jadinya banyak nonton itu. Aku sendiri banyak nonton trailer2 drakor dan musik. Terutama finferstyle. Kalo suami nontonnya tutorial drum sama bola. Nah kalo anak gadis nontonnya konser KPop. Hehehe... di aku nonton Youtube-nya beragam.

    ReplyDelete
  24. baru mau belajar tentang youtube jadi inspirasi niy mau ambil tema videonya, saya pengen buat tentang traveling, kayaknya cocok di video blog ni kak punya saya

    ReplyDelete
  25. Video unboxing itu nyenengin. Meski kitanya enggak punya tapi kita dapat informasi dan bisa saja jadi tertarik untuk memiliki. Biasanya aku lihat unboxing beauty influencer, hehe

    ReplyDelete
  26. Cara mendapat cuan dari youtube ini memang menggoda banget ya tak heran zaman sekarang banyak yang berlomba2 pengen jadi blogger. Dan tentunya ada banyak ide yang sebenarnya bisa kita angkat ketika mau bikin channel YT seperti yang udah diulas di atas

    ReplyDelete
  27. Aku suka menikmati video-video yang tayang di youtube channel.
    Sering dengerin kisah hantu juga, hehhee...rasanya bisa bikin video keren-keren ini, pengen minta resepnya gitu..

    ReplyDelete
  28. Aku paling suka video kehidupan bin renungan bin edukasi wkwkwk. Belajar lewat yt jadinya lebih semangat kalo videonya enak dilihat. Vlog asyik juga sii karena ga dibuat2 dan natural kan ya hehe.

    ReplyDelete
  29. Pas banget saya mau mulai ngeyoutube lagi setelah sekian lama vakum. Niatnya mau kategori unboxing dan review, biar bisa bermanfaat juga ^^

    ReplyDelete
  30. Artikel yang bikin melek org2 yang lagi sinau peryutuban kayak aku.

    Ya ampun. Makin merasa ilmuku belum cukup masalah video video an inihhh

    ReplyDelete
  31. Kalau aku senangnya nonton video blog dan video reaction sih mbak. Eh suka juga dengan video makeup dan unboxing sih hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment