Tips Meningkatkan Penjualan Menjelang Ramadhan dan Lebaran


Tips Meningkatkan Penjualan Menjelang Ramadhan dan Lebaran - Allhamdulillah tidak terasa sebentar lagi memasuki momen Ramadhan, dan Lebaran. Siapa yang tak rindu dengan kedua momen tersebut? Yang jauh jadi mendekat, yang mendekat kembali merapat. Meski momen lebaran kali ini berbeda, dari sebelum-sebelumnya. Indonesia sedang ditimpa dengan ujian pandemi Covid-19.




cara meningkatkan penjualan toko ide kreatif untuk meningkatkan penjualan cara meningkatkan penjualan online inovasi untuk meningkatkan penjualan cara supervisor meningkatkan penjualan




 

Walaupun di rumah aja, tetep dong ingin silaturahmi bareng keluarga kembali menghangat. Segala keperluan bisa dibeli dengan online, nggak harus ke toko langsung dan momen ini biasanya bertabur berkah. Khususnya untuk para pengusaha. Mengapa?

 

Karena momen penjualan di saat Ramadhan dan Lebaran kerap kali meningkat. Maka bersiap-siap untuk meningkatkan omset bisnis, namun semua itu tergantung juga kepada persiapan dan strategi yang dilakukan oleh setiap pengusaha. Biasanya kendalanya adalah kehabisan stok barang. Di rumah aja nggak membuat orang tampil biasa saja, justru di rumah aja biasanya orang-orang ingin tetap memakan cemilan khas lebaran, memakai baju baru, mukena baru, dan sebagainya.

 

 

Persiapan yang Harus Dilakukan Menjelang Ramadhan dan Lebaran untuk Penjualan Usaha

 

 

Memastikan Stok Produk Siap

 








Dua bulan lagi Ramadhan menjelang, jangan sampai anda abai dengan stok yang ingin dijual pada moment tersebut. Kalau biasanya hanya menyiapkan beberapa pcs, sekarang mulailah untuk memersiapkan lebih stok yang akan dijual. Agar musim Ramadhan maupun Lebaran, tidka kelimpungan mencari stok karena ketatnya persaingan.

 

Tipsnya adalah, jual produk berbeda. Biasanya momen Ramadhan pun Lebaran digunakan sebagai ajang pamer model baju, jadi anda harus membuat produk yang berbeda tapi memiliki banyak selera. Berbeda di sini ialah buatlah produk print on demand.

 

Apa sih Print on Demand ini? Merupakan produk yang bisa dicustom atau direquest oleh pembeli. Biasanya saya menerapkan ini pada jualan booksleeve saya. Seringnya pembeli memesan dengan model yang mereka inginkan, barulah saya membuatkannya. Terapkan hal ini juga ke bisnis anda.

 


Buat Strategi Pemasaran yang Tepat







cara meningkatkan penjualan toko ide kreatif untuk meningkatkan penjualan cara meningkatkan penjualan online inovasi untuk meningkatkan penjualan cara supervisor meningkatkan penjualan




 

Perencanaan matang perlu di susun oleh pebisnis, karena banyak yang tidak tahu dan semabrangan dalam memasarkan dan menjual produk. Jadi antara stok dan strategi harus sejalan. Apa saja yang bisa kita sasar untuk berjualan? Platform atau marketplace, semua media sosial, dan lain sebagainya. Kalau ada dana lebih bikin web khusus jualan, untuk menyasar jauh lebih luas lagi kalangan.

 

Bila menggunakan facebook, siasati dengan Facebook Ads, untuk instagram bisa dengan Endorsment, paid promote, atau instagram ads, agar produk yang ditarget pas. Intinya strategi ini harus terarah.

 


Ingat! Kelola Keuangan dengan Baik

 




cara meningkatkan penjualan toko ide kreatif untuk meningkatkan penjualan cara meningkatkan penjualan online inovasi untuk meningkatkan penjualan cara supervisor meningkatkan penjualan




Hati-hati dalam mengelola keuangan, harus tegas dan tepat dalam mencatat. Uang yang masuk untuk apa, yang keluar untuk apa dan hanya digunakan untuk kepentingan bisnis saja. Jika orderan mebludak, untuk mencatat satu-satu pasti tidak punya waktu. Maka gunakan aplikasi penjualan saja, untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan.

 

Aplikasi penjualan yang bisa anda gunakan bernama Youtap. Di mana aplikasi penjualan ini sudah banyak membantu pelaku usaha ataupun UMKM dalam mengembangkan bisnis yang dijalani. Anda bisa mengunduh Youtap di ponsel, untuk memudahkan melakukan report maupun analisa. Semua jenis usaha bisa digunakan, hanya dengan aplikasi Youtap.

 

Apa sih kelebihan Youtap ini? Anda bisa mengelola semua jenis transaksi, Youtap bisa menerima semua jenis pembayaran, Youtap memiliki fitur penjualan dan analisa, didukung dengan teknologi canggihnya sehingga  bisa melakukan banyak keperluan sekaligus.

 

Seperti; fitur scan bardoce, fitur kasir, kalkulator digital, dan bisa mendukung QRIS. Keren kan?




cara meningkatkan penjualan toko ide kreatif untuk meningkatkan penjualan cara meningkatkan penjualan online inovasi untuk meningkatkan penjualan cara supervisor meningkatkan penjualan




 

Memersiapkan Modal

 

Agar usaha bisa berjalan dengan maksimal, pada musim Lebaran dan Ramadhan ini tentunya yang paling utama adalah memersiapkan modal sedini mungkin. Karena semua kegiatan bisnis tanpa adanya modal tidak bisa berjalan, dari persiapan produksi, strategi, operasional, promosi, dan lai sebagainya. Siapkan cashfllow dengan baik, sediakan juga biaya cadangan, dan sisihkan jika bisa disisihkan untuk keperluan yang lainnya.

 

Semoga, Tips Meningkatkan Penjualan Menjelang Ramadhan dan Lebaran ini dapat bermanfaat ya.


Postingan Terkait

8 komentar:

  1. Terima kasih tipsnya, Nyi.. bisa kuteruskan ke adikku yg punya usaha nih..

    BalasHapus
  2. Wah, ternyata sebagai pebisnis ada banyak hal yang harus dipikirkan menjelang ramadhan ya. Untung sekarang ada YouTap jadi sangat membantu dalam mengelola keuangan.

    BalasHapus
  3. Waiyaa...bentar lagi udah ramadhan ya. Aku pun lagi nyiapin apa yang bisa dijual ramadhan nanti, Nyi. Semangat

    BalasHapus
  4. Dibutuhkan banget ni sama para umkm yang bisnisnya juga secara online.
    Auto segera membagikan ulang post ini ke teman-teman UMKM

    BalasHapus
  5. Wah aku baru tahu ada aplikasi penjualan ini. Pebisnis memang harus mengenal banyak hal untuk meningkatkan omzet penjualannya. Termasuk pencatatan keuangan dan mengelola usahanya dengan baik.

    BalasHapus
  6. Hooh. Biasanya jenis produk juga menentukan lho kak. Misalnya, mukena, baju muslimah, takjil dan bahan-bahan kue dan kue keringnya sekalian. Hehehehe

    BalasHapus
  7. Ga kerasa ya bentar lagi udah mau Ramadhan aja. Semoga penjualannya makin membaik ya dengan pengelolaan keuangan yang bagus menggunakan Youtap.

    BalasHapus
  8. Nggak terasa ya, sebentar lagi udah mau Ramadhan. Semoga usaha kita makin lancar di bulan Ramadhan dengan pengelolaan yang baik. Aamiin.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat