Menikmati Wisata Eling Bening di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

By Nyi Penengah Dewanti - Tuesday, September 15, 2020


Apakah kamu pernah merasakan jatuh cinta pada setiap perjalananmu?

 


Saya seringkali melihat ada banyak cinta dalam setiap perjalanan. Ia tercecer di mana-mana. Kadang dibangku bandara, di stasiun kereta, di perhentian bus yang ramai, dan lain sebagainya. Ia terlukis jelas di wajah seseorang, baik laki-laki atau perempuan, tua maupun muda. Ia memancarkan cahaya terang, membuat seseorang merasa buncah di kedalam hatinya bahkan saya yang melihatnya ikutan kecipratan sinarnya.

 

Menikmati Wisata Eling Bening di Era Adaptasi Kebiasaan Baru


Jatuh cinta memang membuat segalanya yang sukar menjadi mudah, mereka yang kesepian menjadi tak sunyi lagi, membuat warna yang hitam pun pudar menjadi berubah merah jambu. Siapa saja, yang merasakan jatuh cinta akan merasa penuh dan utuh dengan kebahagiaan

 

Pagi itu, usia pernikahan kami yang belum genap setahun membawa saya dan mas suami memutuskan untuk berkeliling ke wilayah Ambarawa, dan Eling Bening menjadi tujuan wisatanya. Salah satu wisata di Kabupaten Semarang, yang populer dan mudah ditemukan. Sebuah resort wisata, dengan ragam fasilitas yang memberikan panorama indah sekaligus memanjakan mata dengan sejuknya pegunungan yang mengitarinya.

 

Saya tersenyum merasa senang, ternyata tidak sejauh yang ada dalam pikiran untuk menemukan wisata Ambarawa Eling Bening. Dua petugas jaga yang berjaga, siap menyambut kami dengan senyum ramah. "Selamat pagi, dua orang ya Kak?" Sepasang matanya bertaut, membentuk garis lintang yang cukup manis.

 

 

Protokol Kesehatan yang Aman di Eling Bening Wisata Kabupaten Semarang

 

 

Menikmati Wisata Eling Bening di Era Adaptasi Kebiasaan Baru


"Pengen ke Eling Bening lagi, Dek?" ucap Mas suami melihat saya yang sedang membuka-buka album memori di handphone. Saya agak berfikir, apakah itu keputusan yang tepat bepergian di era new normal. "Tenang, Dek. Protokol kesehatan dan keamanan Covid-19 udah diterapin kok di Eling Bening," lanjut mas suami, saya lantas melihat tanggal dan jam. Kemon aja lah ya, kalau sudah ada protokol kesehatan.


Seperti yang kita ketahui sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh negara, Industri pariwisata salah satu yang terdampak. Padahal industri pariwisata yang paling besar salah satunya dalam menggerakan roda ekonomi negara dan di beberapa bulan belakangan ini sektor pariwisata sedang memulihkan diri dengan tetap menerapkan standart protokol kesehatan untuk mencegah wabah menyebar. Pemerintah melalui Kemenparekraf (Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) sudah membuka kembali pariwisata Indonesia di era adaptasi kebiasaan baru dan mengusung program CHS (Cleanliness, Health, and Safety) untuk membangun kepercayaan orang-orang melakukan perjalanan ke sejumlah wisata di Nusantara. Tentunya hal ini tidak akan tercapai tanpa adanya masyarakat dan semua stakeholder yang terlibat. Di Kabupaten Semarang, sejumlah destinasi pariwisata sudah aktif dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, serta perilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya adalah Eling Bening, Ambarawa.

 

Di pintu masuk dan loket tiket Wisata Ambarawa eling Bening dijaga dengan ketat, siapapun pengunjung yang masuk langsung dicek menggunakan thermo gun untuk mengetahui suhu tubuhnya. Petugas juga siap sedia menggunakan masker dan faceshield, untuk memperlancar tugasnya pun siapa saja yang akan mengunjungi lokasi wisata wajib menggunakan masker.


Menikmati Wisata Eling Bening di Era Adaptasi Kebiasaan Baru


Persiapan Wisata di Era New Normal, ketika kembali berwisata, harus mematuhi hal-hal berikut:

 

  • Memilih pendaftaran online, atau pembayaran non-tunai untuk meminimalisir transaksi
  • Menggunakan transportasi prbadi, akan jauh lebih baik
  • Membawa bekal dalam perjalanan, minuman, atau makanan dari rumah
  • Datang lebih awal akan jauh lebih baik, untuk menghindari kerumunan atau bertemu orang banyak
  • Mengenakan masker, membawa hand sanitizer, dan jaga jarak selalu
  • Rajin untuk cuci tangan, dan membuang sampah pada tempatnya
  • Melakukan karantina mandiri, setelah pulang dari destinasi wisata untuk menetralisir energi

 

 



Rute, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Wisata Eling Bening


 

Destinasi wisata Eling bening menawarkan banyak spot wisata berpadu dengan keindahan alam, sekalinya nyoba ke sini pasti ingin kembali lagi karena semua spot dan fasilitasnya memberikan konten-konten yang instagramable dan zaman now banget. Dikelola dengan modern yang dibutuhkan oleh anak-anak muda. Selain menyatu dengan keindahan alam, sepert view utama Rawa Pening ini memberikan rasa takjub yang luar biasa. Bahwa Tuhan yang menciptakan pemandangan alam yang seindah ini, semestinyalah kita jaga bersama. Eling Bening menawarkan konsep wisata keluarga, di atas awan karena disempurnakan dengan baground gunung-gunung yang mengelilinginya. Ada Merbabu, Andong, dan Telomoyo yang begitu indah dan gagahnya. Spot inilah yang akan menjadi paling dirindukan.

 Lokasi Eling Bening berada di wilayah Ambarawa, Jawa Tengah. Di Jalan Sarjono, Bawean, Kabupaten Semarang. Untuk wisatawan yang ingin berkunjung, Eling Bening berada 3 Km dari pusat kota Semarang. Dari Jl. Semarang-Surakarta, kurang lebihnya butuh waktu 60 menit saja. Sementara dari pusat kota Salatiga butuh 30 menit saja, dari Jl. Nasional 16  kurang lebihnya 16 Km.


 

Menikmati Wisata Eling Bening di Era Adaptasi Kebiasaan Baru


Harga tiket masuknya cukup murah perwisatawan dibandrol Rp20,000,- dan bisa menukarkan tiket dengan softdrink pula. Jika tidak membawa bekal dari rumah, tenang di Eling Bening semuanya sudah teruji oleh Dinparta (Dinas Pariwisata) dan aman jika ingin makan di lokasi. Petugas dan pegawai sudah menerapkan protokol kesehatan.


Harga Tiket Masuk

Rp.20.000

 

Jam Buka

Senin-Jum'at: 08.00–18.00 WIB

Sabtu-Minggu 07.00–18.30 WIB

 

Kontak Person

Ratih: 0857 2956 5656

Reza: 0821 3300 6969

 

Alamat Lengkap

Alamat: Jl. Sarjono, Ambarawa Kab. Semarang.

 

 

Fasilitas Eling Bening


Garden Party

Outbond

Flying Fox

Kolam Renang

Play Ground

Taman Bunga

Restoran


Lakukan Hal ini Bila Kamu Bekunjung ke Eling Bening

 

Menikmati sunset dari Anjungan Perahu Eling Bening

Jangan lewatkan keindahan alam yang tak terbeli, sunset (matahari terbenam) dari anjungan perahu yang ada di Eling Bening. Tidak hanya menawarkan romantisme, tetapi juga eksotis.

 

Mencoba kuliner khas Jawa Tengah di antara perbukitan dan rawa

View Rawa Pening, dan pegunungan yang megah membentang dan terlihat indah dari Eling Bening. Menu yang ditawarkan beragam, soal harga juga nggak bikin kantong jebol. Kapan lagi menikmati makan romantis di atas awan? Atau makan romantis berkonsep garden resto? Tinggal pilih saja.

 

Menikmati soren dengan berenang di kolam renang yang menghadap pegunungan 

Lokasi kolam renang, menjadi tempat yang paling favorit untuk dikunjungi. Tidak hanya disuguhi vie yang memukau, tetapi juga bisa menikmati pemandangan jalan yang padat kota Semarang dari ketinggian. Dijamin pikiran suntuk jadi hilang dan tubuh yang lelah menjadi segar kembali.

 

Nah, selamat berakhir pekan dengan keluarga tersayang. Ingat untuk BISA (Bersih, Indah, Sehat, dan Aman) serta MAS JAJA CUCITA (Pakai MASker, selalu JAga JArak, dan sering-sering CUCITAngan). Semoga pandemi hempas dari muka bumi, dan kita bisa berkarya lagi tanpa takut rasa khawatir. Salam.

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog “Wisata Kabupaten Semarang Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”.

 

Menikmati Wisata Eling Bening di Era Adaptasi Kebiasaan Baru


Sumber pendukung tulisan


https://www.youtube.com/watch?v=UycVJIM5TKQ [Dinas Pariwisata Kab Semarang]

https://hot.liputan6.com/read/4113441/wisata-ambarawa-eling-bening-tiket-masuk-dan-fasilitas-menariknya

http://elingbening.com/


  • Share:

You Might Also Like

26 comments

  1. Alhamdulillah sudah dibuka lagi ya. Jadinya bisa plesiran tapi tetao dengan protokol kesehatan. Semoga pandemi cepatlah hilang

    ReplyDelete
  2. Pandemo virus emang bikin kita takut ke mana2 termasuk berwisata.
    Tapi kalo tempat wisatanya ketat dalam menerapkan protokol kesehatan sih ok2 aja ya, kitanya merasa aman untuk berkunjung.

    ReplyDelete
  3. Ulalaaa, segerr banget pastinya ya Mba
    Bisa lihat pemandangan itu terapi jiwa banget!
    Mauuukk mampir ke sini kapan2

    ReplyDelete
  4. Beberapa kali lihat wisata Eling Bening di tv, ebeneran bagus banget tempatnya. Setuju banget, kalo pergi ke tempat wisata lebih pilih datang duluan. Cari sepinya, berasa kayak rumah sendiri ya ahahaha

    ReplyDelete
  5. asik! aku jadi kepengen banget-banget ke Semarang nih mba Nyi, belum pernah sama sekali soalnya. Di Eling Bening ini tuh enak banget buat refresh ya

    ReplyDelete
  6. Ya ampun sunsetnya keren ya...Eling Bening, baiklah. Mesti singgah nanti kalau dah boleh mudik. Jalur Semarang-Solo jalur mudikku ke Kediri. Yang sudah pernah ke Semarang Kota, Gedong Songo dan Dieng..Ambarawa lewat doang. Noted infonya:)

    ReplyDelete
  7. saya jatuh cinta pada kata2 pembuka dan alinea pertama

    lalu saya terhibur dengan akronim mas jaja cucita.
    Duuuh ..ngakak krn otak auto connect ke Jaja Miharja dan Cita Citata ^_^

    ReplyDelete
  8. Indonesia tuh kaya yaa akan wisata alamnya. Saya jadi pengen honeymoon kedua deh, liat oenganten baru jalan2 begini ^_^

    ReplyDelete
  9. Pariwisata di Semarang sudah bersiap ya untuk beroperasi lagi di saat pandemi. Tentunya bakal beda dengan sebelumnya. Protokol kesehatan harus diperhatikan banget

    ReplyDelete
  10. Kalo ke tempat wisata seperti ini, kalo gak ada yg fotoin, disana terima sewa fotografer gak mba?

    ReplyDelete
  11. aduhhhh mak saya sering banget ke semarang lewat ambarawa dan belum pernah sempat explore ambarawa. Pengen deh bawa mama papa jalan jalan kemari, sayang beliau2 sudah sepuh jadi susah diajak traveling

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah ke Semarang, tapi membaca artikel ini jadi punya pandangan harus kemana nanti jika berwisata ke semarang. Terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  13. Eling Bening tu sama nggak ya dengan Rawa Pening. Dulu pernah lewat sih, tapi nggak sempat mampir. Indah banget ya tempatnya..

    ReplyDelete
  14. Lokasi Eling Bening ini dekat dengan rumah simbahku, Mbak. Tapi sejak simbah udah gak ada, kami jarang ke sana lagi. Dan belum sempat menikmati keindahan wisata Eling Bening ini

    ReplyDelete
  15. oh ini punya nya dinas pariwisata to,, bagus juga tempatnya ya, pantesan HTM nya murah tapi tiap wahana bayar sendiri lagi ya mba,,, stay safe ya mba,,,

    ReplyDelete
  16. Tulisannya membuat saya ingin ke Semarang. Belum pernah wisata kalau di Semarang, selalu urusan kerja.

    ReplyDelete
  17. Keren banget deh tempatnya. Iya tuh, sunset-nya cantiiik. Dan iya, pastinya ya, walopun itu tempatnya alam terbuka, tetep harus menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Biar kitanya aman dan tenang.

    ReplyDelete
  18. Jalan-jalan di saat new normal begini, tetap harus hati2 ya, Nyi. Dan tetap mempersiapkan banyak amunisi kebersihan.

    ReplyDelete
  19. Wah kalimat pembuka nya puitis banget Nyi. Tapi emang setiap perjalanan selalu ada cinta pada pandangan pertama. Apalagi dengan pemandangan eksotis seperti di Eling Bening. Aku kesana waktu masih baru, jadi udah lama banget

    ReplyDelete
  20. Aah....baca blogpostmu sambil dengerin lagu cinta, uda paling pas.
    Romansa yang kembali terukir di antara 1 tahun pernikahan, semoga Allah berkahi selalu untuk keluarga kecilmu, cantiik..

    Barakallahu fiikum.

    ReplyDelete
  21. wah aku batu denger tentang wisata eling bening ini mak, nanti mampir ah kalo ke semarang.. makasi infonya maaaak

    ReplyDelete
  22. Wahhh adaptasi kebiasaan baru sudah diterapkan juga ya dimana2 termasuk di tempat wisata. Nah kalau misalnya sudah diterapkan juga di Eling Bening jadinya para wisatawan jadi enak dan nyaman pastinya.

    Nah harga tiketnya pun terjangkau ya. Hemm kalau ke Semarang pengen mampir ahh buat ikutan foto2 juga.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah di Wisata Eling Bening sudah menerapkan protokol kesehatan ya, Mbak. Jadi kalau mau ke sana sudah bisa dipersiapkan segala sesuatunya. Yang paling susah mungkin menghindari kerumunan ya Mbak jika pengunjungnya pas banyak :)

    ReplyDelete
  24. Wah bagus ya protokol kesehatannya ya Nyi..jadi pengunjung merasa lebih aman..

    ReplyDelete
  25. Salut dengan Kabupaten Semarang yang sudah mulai menggerakkan sektor pariwisata dengan menerapkan protap kesehatan yang bagus gini. Jadi kangen euy ke Eling Bening lagi, enak lhoo ke sana bareng dengan keluarga.

    ReplyDelete
  26. Tempatnya cantik dan kayaknya damai sekali. Plus sedikit orangnya ya mba.. hati - hati selalu yaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat