Review Buku Anak Sigung yang Sangat Pemalu | Seri Bijak Mengelola Sikap

By Nyi Penengah Dewanti - Monday, August 17, 2020



Review Buku Anak Sigung yang Sangat Pemalu - Buku anak berjudul Sigung yang Sangat Pemalu, mengisahkan seorang Sigung si binatang mamalia yang punya bulu hitam dan putih. Sigung memang binatang penyendiri, yang mencari mangsanya di malam hari. Saat pagi dan petang, sigung ini lebih memilih berdiam diri di gua dan tempat yang sepi untuk bersembunyi.


buku cerita anak pdf buku cerita anak online buku cerita anak tk buku cerita anak islami buku cerita anak islami bergambar ebook buku cerita anak pdf buku cerita anak indonesia buku cerita dongeng


Penulis Durroh Fuadin K, menulis cerita Sigung dengan sangat apik Sesuai dengan karakter aslinya. Bahkan setelah membaca buku ini, saya langsung browsing penampakan sigung aslinya karena belum pernah melihat secara langsung.

Kelemahan Merupakan Kelebihan yang Harus Disyukuri


Dikisahkan dalam buku ini, tokoh utamanya adalah Sigung. Hewan yang punya keunikan yaitu, bisa mengeluarkan gas bebau busuk dari anusnya. Karena hal ini pula yang membuat Sigung menjadi sangat pemalu, ia lebih memilih tinggal di rumah dan bersembunyi daripada harus bertemu dengan biantang yang lain. Kebayang kan bagaimana kesepiannya hidup Sigung?

Kalau diteliti Sigung justru hewan yang memiliki bulu halus dan indah. Ia hanya mempunya dua warna bulu, hitam dan putih. Selain itu Sigung juga mempunyai hidung mungil yang lucu. Setiap kali temannya bermain, Sigung hanya mengamati dari jauh. Sigung juga mendapatkan undangan ulang tahun dari si Landak, namun Sigung memilih tidak datang. Ia pura-pura memjamkan matanya untuk tidur, padahal ia memikirkan keramaian pesta tersebut.

Usut punya usut ternyata, Sigung tidak percaya diri dengan tubuhnya karena Sigung punya bau badan yang bisa menganggu teman-temannya. Sigung punya kantong di bawah ekornya, yang tiba-tiba bisa menyemprotkan bau busuk. Jadi kalau Sigung tiba-tiba kecolongan lepas kendali bau tersebut bisa keluar. Pernah kejadian Sigung sedang mencari mangsa, eh ada ular datang. Tentu saja dia kaget, dan menyemburlah bau busuk itu membuat ular pingsan, hahaha ... Pada bagian ini saya tertawa, soalnya lucu. Ilustrasi yang digambarkan oleh Bella Ansori tampak, real dan lucu. Dari pengalaman buruk itulah Sigung enggan keluar rumah.

Cerpelai, sahabat Sigung merasakan keanehan akan sifat Sigung. Jadilah diam-diam dia mengirimkan hadiah kejutan untuk Sigung. "Apa ini?" tanya Sigung pada dirinya sendiri.

Setelah dibaca dan dicari tahu hadiah apakah botol ini, ternyata ada cairan di dalamnya. Dan ketika di tekan, sesuai dengan tulisan yang tertera ada aroma bau yang sangat sedap. Sigung merasa senang, inilah yang dia butuh selama ini. Sigung jadi percaya diri kalau keluar rumah dan mulai bermain bersama teman-temanya.

buku cerita anak pdf buku cerita anak online buku cerita anak tk buku cerita anak islami buku cerita anak islami bergambar ebook buku cerita anak pdf buku cerita anak indonesia buku cerita dongeng


Masalah tidak berhenti di sini, setelah botol yang bisa mengeluarkan bau harum tersebut alias parfum habis. Sigung tidak pernah lagi bermain, Musang yang mengundangnya untuk datang pada pesta ulang tahun tidak dihadiri Sigung. Musang jadi marah, ia tidak mau bertegur sapa dengan Sigung lagi.

Akhirnya Sigung berusaha untuk memperbaiki kesalahannya, ia datang ke rumah musang dan ikut bermain. Bermain di hutan membuat monyet merasa bosan, ia mengajak Sigung dan teman lain bermain ke dekat perkampungan manusia. Monyet yang hidupnya bergelantungan, saat sedang bergelantungan eh tidak sengaja ia menarik tali jebakan. Mereka tersangkut di jejaring, yang dipasang oleh manusia. HAP! Semua binatang terperangkap sudah.

Manusia yang bersembunyi di balik rerimbun pohon, menghampiri tali jebakan yang dipasang dengan tersenyum puas. Ternyata mereka jadi buruan. Untung Sigung cepat tanggap, Sigung menyemprotkan bau busuk yang berasal dari bawah tubuhnya. Wushh! Manusia tersebut pingsan. Apa yang terjadi selanjutnya? Cari tahu cerita lengkapnya di dalam buku Sigung yang Sangat Pemalu, ya? Hehhehe ...

Hikmah yang bisa diambil pelajarannya dari buku anak, Sigung yang Sangat Pemalu ini adalah :

  • Mengajarkan anak untuk selalu percaya diri, meskipun dengan kelemahan yang dimiliki
  • Mengajarkan kepada anak, kelemahan yang menurutnya memalukan siapa sangka menjadi kekuatan yang tidak disangka. Bahkan bisa memberikan pertolongan
  • Mengajarkan kepada anak, memiliki sahabat itu perlu. Seperti Sigung yang mempunyai sahabat Cerpelai, yang mengerti akan dirinya.
  • Mengajarkan kepada anak, tolong-menolong adalah sebuah keharusan. Karena kebaikan yang kita tanam, akan dibalas dengan kebaikan lain yang berlipat ganda. Nah, selamat membaca! Salam.


buku cerita anak pdf buku cerita anak online buku cerita anak tk buku cerita anak islami buku cerita anak islami bergambar ebook buku cerita anak pdf buku cerita anak indonesia buku cerita dongeng


Detail Buku Anak Sigung yang Sangat Pemalu



Judul                : Sigung yang Sangat Pemalu
Penulis             : Durroh Fuadin K
Ilustrasi           : Bella Ansori
Penerbit          : Bhuana Ilmu Populer
Tanggal Rilis   : 17 April 2020
Media Baca     : Gramedia Digital
Jumlah Halaman : 32 Halaman
Harga              : Rp55.000


Sinopsis Sigung yang Sangat Pemalu


Di sebuah hutan, tinggal seekor Sigung yang tidak mau bermain bersama hewan lainnya. Ternyata, dia merasa malu karena aroma tubuhnya yang tidak sedap! Sahabatnya pun mencoba membantunya. Kira-kira, apa yang sahabatnya berikan untuk Sigung, ya? Apakah Sigung mau bermain kembali bersama teman-temannya?

Bijak Mengelola Sikap berisi tentang fabel yang mengajarkan nilai moral baik bagi anak, seperti mandiri, sopan santun, percaya diri, berpikir positif, dan mencintai diri sendiri. Yuk, ajak si kecil memilih sendiri jalan ceritanya di buku ini!


Baca juga : 

Auman Si Macan Tutul | Fabel 34 Provinsi Jawa Barat


  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. Bagus buku Sigung ini. Buat anak-anak belajar berperilaku. Bisa dibaca sebelum tidur

    ReplyDelete
  2. Aku tu belum pernah lihat aslinya sigung. Beneran bau gak siy dia hahahaha penasaran yang sesungguhnya. Seringnya ya cuma baca buku gini atau di komik..

    ReplyDelete
  3. Sigung bisa jadi cermin bagi anak-anak. Terutama bila ada orang dewasa yang memperlihatkan cermin itu kepadanya. Bahwa Tuhan maha adil. Setiap kekurangan di satu sisi akan diganti kehebatan di sisi lain. Sigung bisa hanya fokus kepada kebaikan-kebaikan yang ada padanya, bukan pada kekurangannya..Bagus banget buku ini Mbak

    ReplyDelete
  4. ya aps lagi asik-asiknya baca, kelanjutan sigung nolongin para monyet berhenti hihi bikin penasaran pengen tahu ceritanya, cocok saya beli dna baca sama keponakan niy mba

    ReplyDelete
  5. Mbaa, yg bagian si ular pingsan Krn kebauan aja aku ngakaaaak hahahahah. Lucuuu nih bukunyaaa. Aku jd ada ide juga utk bahan dongeng ntr malam ke anak2 :D. Mereka tiap malam hrs slalu didongengin. Kalo udh keabisan bahan, aku biasanya ngarang2 aja yg ujung2nya malah ga nyambung wkwkwkwk.

    Kalo ada bahannya gini, bisa aku improvisasi ntr ke anak2 :).

    ReplyDelete
  6. Bagus ya Nyi isi ceritanya. Dari cerita yang sederhana bisa memberikan hikmah yang besar. Sigung itu apa sama dengan musang ya nyi?

    ReplyDelete
  7. Duh duh kasihan Sigung..untung akhir ceritanya membahagiakan ya, banyak pesan moral dari cerita ini tak hanya menghibur anak-anak..

    ReplyDelete
  8. Aku juga malu kalau punya kelemahan begini, Nyi.
    Gak kebayang bagaimana menjadikannya kekuatan yaa..pasti si sigung rajin baca buku self-improvement yaaa...

    Salut sama cerita fabel untuk anak-anak yang sarat makna.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat