Review Film Parasite 2019 | Terinspirasi dari Kisah Hidup sang Sutradara

By Nyi Penengah Dewanti - Tuesday, March 10, 2020



Review Film Parasite 2019 - Saya termasuk yang paling terlambat mungkin, untuk menonton Film Parasite 2019 ini. Karena di grup sinematografer sudah ramai, dan di grup kepenulisan contoh scriptnya sudah tersebar. Soalnya Film Parasite 2019, termasuk film yang banyak meraih penghargaan. Setelah Cannes, dia menang di Oscar tahun 2020 yang meraih penghargaan, 'Best Picture'.


review film parasite kaskus akhir cerita film parasite spoiler film parasite penjelasan ending film parasite akhir film parasite ending parasite parasite spoiler penjelasan ending parasite



Diakui oleh Bong Joon-ho sang sutradara, bahwa Film Parasite 2019 terinspirasi dari kisah hidupnya. Dahulu dia juga menjadi guru les dari keluarga kaya, tapi sayangnya dipecat. Mungkin kalau nggak dipecat dia tidak akan menghasilkan karya-karya hebat, yang bisa ditonton kita semua ini ya kan? Premis ceritanya sendiri adalah keluarga miskin yang sedang berusaha bertahan hidup, dengan cara yang tidak biasa.


Kehidupan sebenarnya keluarga kaya dan keluarga miskin


Keluarga Ki-Taek (Song Kang-ho) dan Chung-Sook (Jang Hye-jin) adalah keluarga yang hidupnya melarat dan keempat anggota keluarganya menganggur. Adegan pertama di buka di rumah keluarga Ki-Taek, yang luar biasa parah banget. Sudah tinggal pemukiman kurang mampu, eh dia lebih lagi di bawah yang tidak mampu itu. Jadi rumahnya itu di bawah tanah. Di mana banyak serangga berkeliaran, coba kalao kita diposisi itu pasti udah teriak-teriak ya karena banyak kecoa hehehe ... di sini peran mereka sungguh luar biasa.


Ki-taek punya dua anak, perempuan dan laki-laki. Yang laki-laki bernama Ki-woo (Coi Woo-shik), harusnya dia melanjutkan kuliah tapi karena tidak ada biaya mereka sekeluarga melakukan pekerjaan apapun. Termasuk menjadi pelipat kardus pizza. Suatu saat sahabat Ki-woo datang ke rumahnya. Sahabat kaya raya yang harus pergi ke luar negeri, untuk menempuh pendidikan di sana. Dia mewariskan sebongkah batu, yang dipercaya mendatangkan banyak rejeki.


review film parasite kaskus akhir cerita film parasite spoiler film parasite penjelasan ending film parasite akhir film parasite ending parasite parasite spoiler penjelasan ending parasite
Keluarga Ki-taek


Ki-woo juga disuruh untuk menggantikan sahabatnya mengajar bahasa Inggris, di rumah keluarga kaya. Tapi dengan syarat Ki-woo harus pura-pura berasal dari keluarga berpunya. Kebetulan Ki-Jung (Park So-dam) adik Ki-woo, mahir dalam bermain photoshop, dimulailah dia membuat piagam dan surat kelulusan dari sebuah universitas agar bisa diterima di keluarga kaya tersebut. Berhasilkah? Spoiler ya, sukses besar.

Dari sini Ki-woo mulai putar otak, bagaimana kalau adiknya juga bisa bekerja di sini karena kebetulan di rumah keluarga Park tersebut, ada anak kecil yang bisa dikembangkan bakatnya. Karena Nyonya Park hanya bisa percaya kepada orang yang direkomendasikan padanya, dari orang terdekat. Masuklah Ki-jung dalam rumah Nyonya Park sebagai guru les anak nomor dua keluarga Park.

Kerennya di Film Parasite 2019, selalu tidak pernah tertebak dalam scene yang berlangsung. Pas waktu sopir keluarga mereka menggoda Ki-jung, eh tiba-tiba dia berusaha melepaskan celananya untuk apa? Kirain mau digoda juga. Ternyata dia menjebak sopir tersebut agar dikeluarkan. Agar ayahnya bisa masuk bekerja di keluarga Park juga. Dengan catatan mereka tidak saling mengenal.

Setelah itu, giliran bibi yang sudah mengabdi tahunan dari semenjak keluarga park belum tinggal di situ lho. Keluarga Ki-taek berusaha menjebak, dengan mencari kelemahan bibi tersebut. Jadilah mereka berempat sudah masuk di keluarga Park, dengan profesi masing-masing.


review film parasite kaskus akhir cerita film parasite spoiler film parasite penjelasan ending film parasite akhir film parasite ending parasite parasite spoiler penjelasan ending parasite
Tuan dan Nyonya Park


Kejutan tak terduga

Karena anak tuan Park yang paling kecil ini suka pramuka dan ala indian-indian gitu. Di hari liburnya mereka bersepakat untuk kemah, di luar kota sekeluarga. Senang dong keluarga Ki-taek, bisa bebas tanpa ada gangguan. Mereka mabuk sampai puas, berlagak bagai orang kaya.

Tidak dinyana si Bibi yang pernah kerja di sana, datang meminta bantuan untuk mengambil barangnya yang tertinggal. Ternyata, si bibi punya rahasia. Ada rumah bawah tanah tempat ia menyimpan sesuatu.

"Memangnya kamu menyimpan apa?" Ucap Chung-Sook istri Ki-taek.

"Mari kita lihat bersama," ucap bibi dengan pandangan yang sangat mengerikan. Saya kira pada bagian ini akan dibunuh, hahaha ... nyatanya dugaan saya salah. Pun setelah tahu di bawah ternyata ada suami si bibi, yang sengaja tinggal karena takut dikejar rentenir ini hidup. Gila, kalau kata saya. Soalnya nggak ketebak banget kisahnya.

Keributan di bawah tanah itu, membuat Cung-sook pun ketahuan jika ternyata sekeluarga mereka bersekongkol bahkan menipu. Bibi yang merasa terhina akhirnya, merekam kejadian mereka terjatuh pas menguping. Dijadikan kunci agar mereka bisa ke luar, gantianlah mereka yang berasa menjadi majikan hahaha ... Film Parasite 2019 juga menawarkan adegan-adegan yang bikin ketawa. Ada humornya juga, Di saat kisruh tersebut, sang majikan tuan dan nyonya Park 8 menit lagi akan pulang. Kebayang bagaimana hebohnya mereka kan? Lantas, akhrinya episode baku hantam terjadi. Si bibi jatuh tergelincir ke bawah tanah, dan sang suami diikat oleh Ki-taek agar kebohongan mereka tidak terungkap.

review film parasite kaskus akhir cerita film parasite spoiler film parasite penjelasan ending film parasite akhir film parasite ending parasite parasite spoiler penjelasan ending parasite
Ki-woo dan Ki-jung


Delalahnya keluarga mereka ini polos banget lho, makanya gampang banget ditipu. Meski pemainnya tidak sebanyak kebanyakan film lain, di sini porsinya pas dan tidak terasa ada kekurangan orang. Tapi tuan Park orangnya jijik-an, kayak benci banget sama hal-hal yang berbau kotor. Bahkan sering kali Ki-taek kena sindir karena badannya bau. Nah, hal inilah yang memicu dia menjadi brutal kemudian menghilang setelah menusuk tuan Park.

Awalnya saya penasaran kenapa sih kok parasit judulnya, ternyata ya ini nih. Orang-orang yang tega menganggu, mengambil keuntungan dari orang inti yang padahal sudah menolong. Lantas bagaimana nasib bibi dan suaminya yang dikurung di bawah sana? Ada satu yang bisa kabur, dan ada satu yang meninggal. Salah satunya balas dendam dengan keluarga Ki-taek. Menjelang klimaks dan ending Parasite, semakin seru saja ceritannya dan lagi-lagi tidak terduga. No Spoiler film parasite

Tapi menurut saya di dalam Film Parasite 2019, tidak ada karakter yang jahat banget gitu enggak. Hanya saja sedikit menyimpang, demi untuk bertahan hidup. Mereka juga mengalir, adegan demi adegannya dan semuanya sesuai dalam kehidupan. Intinya akhir cerita film parasite ini saya mengambil satu keputusan, jangan pernah berbohong. Sekalipun kamu orang biasa dan tidak punya, junjung tinggilah kejujuran. Happy watching, salam!


Baca juga review : 

Review Film The Divine the Fury 2019


  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat