Setiap Perjalanan Pasti Punya Cerita | Live in Semarang Bersama Disporapar Jawa Tengah

By Nyi Penengah Dewanti - Saturday, February 22, 2020



Setiap Perjalanan Pasti Punya Cerita | Live in Semarang Bersama Disporapar Jawa Tengah - Dalam setiap perjalanan, pasti ada hal mengasyikan selain kenangan. Dalam sebuah kenangan, pasti memberikan kita pengalaman. Misalnya pengalaman melakukan perjalanan dengan orang baru. Kebayang nggak sih? Rasanya berdampingan duduk di dalam bus, dengan orang yang baru saja kita kenal beberapa detik yang lalu? Bagi saya rasanya seru!


traveling itu apa sih pengertian traveling makna traveling hobi traveling tujuan traveling traveling or travelling manfaat traveling traveling indonesia


Ajakan Mas Asmari via WhatsApp untuk melakukan perjalanan, membuat saya tertarik. Setelah mendapatkan izin, saya mengiyakan ajakannya yang lantas diteruskan oleh Mas Wawan. Beliau yang mengkoordinir acara ini, 'Live in di Hotel Milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah'. Lho pemerintah punya hotel sendiri to? Iya. Saya juga baru tahu nih gengs. Namanya Hotel Garuda yang ada di Kopeng, Kabupaten Semarang.

Acara Live in Semarang bareng Disporapar Jawa Tengah, berlangsung selama dua hari tanggal 20-21 Februari 2020. Tujuannya sendiri adalah untuk mempromosikan aset hotel Pemprov Jawa Tengah, dengan merancang paket-paket wisata untuk berkolaborasi bersama Agen Travel, Asita, PHRI, ASPPI, PPW, IBTC. Nah, tugas saya di sana sebagai blogger, yang membantu mempromosikan rangkaian acara bareng penggiat sosmed yang lain.


Berkolaborasi bersama untuk Mempromosikan Wisata Jawa Tengah



traveling itu apa sih pengertian traveling makna traveling hobi traveling tujuan traveling traveling or travelling manfaat traveling traveling indonesia



Sebuah perjalanan tidak selalu sesuai harapan, manusia bisa berencana namun Tuhanlah yang Maha penentunya. Dari kemarin hujan turun dengan lebatnya, saya sampai mengenakan sandal jepit dari rumah. Perjalanan yang diiringi dengan hujan, menjadi syahdu dan romantis. Ada beberapa kunjungan yang terpaksa batal, karena hujan.

Andai saya memutuskan untuk berhenti dan tidak ikut dalam acara, mungkin saya tidak akan merasakan serunya bertemu dengan orang baru, indahnya menikmati kesejukan di Hutan Pinus Kragilan, dinginnya lereng Gunung Telomoyo dan bagaimana nyamannya menginap di Hotel Garuda.

Jadi perjalanan dua hari kemarin, Live in Semarang bareng Disporapar Jawa Tengah ke mana saja? Hari pertama kami sarapan dan jalan-jalan di Kampung Kopi Banaran. Istirahat siang di Hotel Garuda sekalian makan, sorenya kami berkunjung ke Gunung Telomoyo. Sementara hari kedua adalah mengunjungi Desa Menari di Tanon, Hutan Pinus Kragilan dan terakhir Ketep Pass.

Alhamdulillah saya sangat berbahagia dalam acara tersebut, menemukan sahabat dan keluarga baru yang memiliki tujuan yang sama. Dari pihak Disporapar sendiri yang punya gawe adalah bapak Cahyo Danu Sukmono, S.Par sebagai Kasi Pengembangan Usaha Pariwisata, ada Mas Eka sebagai Humas, Bu Yuti, dan Mas Wawan.


traveling itu apa sih pengertian traveling makna traveling hobi traveling tujuan traveling traveling or travelling manfaat traveling traveling indonesia



Beberapa pelajaran hidup yang saya dapatkan dari perjalanan Live in Semarang bareng Disporapar Jawa Tengah:

Saya bertemu dengan banyak kehidupan baru, kultur yang berbeda, situasi yang berbeda dan juga aksen gaya berbicara yang berbeda. Tapi anehnya saya merasa nyaman.

Saya melatih diri untuk bisa menerima situasi baru, dan bagaimana bertahan di dalamnya. Saya keluar dari zona nyaman, apalagi pas malam diskusi bagaimana membuat paket perjalanan dengan satu grup. Sebuah pengalaman yang baru!

Saya menemukan orang-orang dengan tipe berbeda, dan dari latar belakang yang tidak sama. Meski ritme hidup kami berbeda, tapi dengan interaksi yang baik dan terbuka membuat kami seolah sudah kenal lama.


traveling itu apa sih pengertian traveling makna traveling hobi traveling tujuan traveling traveling or travelling manfaat traveling traveling indonesia


Saya belajar menilai sesuatu, dengan cara mengenalinya langsung. Biasanya yang hanya memandang, saya belajar merasakannya. Keputusan bijak adalah mereka yang tidak gegabah, dalam mengambil penilaian terhadap sesuatu. Itulah mengapa ada istilah tak kenal maka tak sayang.

Saya belajar dalam perjalanan, mengenai ujian dan tantangan. Bagaimana rasanya kehujanan, bagaimana rasanya jalan terjal, kabut yang mengepung jalan, dingin yang membalut malam dan juga teman-teman yang memiliki banyak pengalaman hebat.

Perjalanan membuat saya belajar beradaptasi, berada  di mana sesama manusia pada satu titik akan saling terhubung. Tinggal bagaimana kita yang membuat pilihan. Memilih kesepian, atau dibahagiakan. Banyak sisi menarik yang saya temukan dari setiap teman baru, dan saya jadi merasa kaya. Bahagia memang selalu datang dari hal-hal sederhana, jika kita menikmatinya.


traveling itu apa sih pengertian traveling makna traveling hobi traveling tujuan traveling traveling or travelling manfaat traveling traveling indonesia



Terima kasih untuk Disporapar Jawa Tengah dan teman-teman hebatku. Terima kasih sudah memberikan sebuah perjalanan yang berharga. Semoga lain waktu kita bisa bertemu kembali, laiknya rumah sebagai tempat tinggal dan pulang. Salam!

  • Share:

You Might Also Like

9 comments

  1. Desa Menari ini beda kan, ya, Mbak, sama Desa Penari (kayaknya di Jatim ya kalau yang itu), atau memang terinspirasi dari situ? Wisata Jateng memang enggak ada habisnya, ya, dieksplorasi. Saya yang sama suami sama-sama dari Jateng aja masih sering tertakjub-takjub, wah ada tempat wisata baru lagi ya itu.

    ReplyDelete
  2. Waah walaupun aku kuliah di Semarang dan asli Jogja jadi sering ngelewatin daerah-daerah tersebut, tapi ternyata masi banyak tempat wisata yang belum pernah aku datengin 😂 Pasti seru bangettt ya mba wisata alam gituu

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah bahagianya yaah Mbak bisa Bertemu teman-teman baru yang satu passion, bisa tukar ilmu juga. Apalagi sesama dari daerah yg sama :)

    ReplyDelete
  4. Yeeeay, aku sempet nih ke Kampung Kopi Banaran, makan di situ sambil duduk-duduk di tikar, hadeeemmm... pingin ke Semarang lagi deh, masih banyak yg belum didatengin. Anywy asik bgt jalan2 ama temen2 baru yg hangat yaaaa..

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, senangnyaaa bisa jalan2 sama teman-teman baru yg satu hobi, satu passion dan langsung klik. Aku pernah tuh ke Kampung Kopi Banaran, makan-makan di tikar di bawah pohon, hadeeemmm....

    ReplyDelete
  6. Asyiknya melakukan perjalanan ya seperti ini. Bisa nambah wawasan dan teman baru. Aku juga pengen jalan-jalan tapi gak bisa sering-sering euy.

    ReplyDelete
  7. Pasti asik banget ya mbak, bisa ketemu teman-teman baru yang sama-sama suka berwisata. Aku jadi pengen nambah teman dengan ketertarikan yang sama yang satu daerah juga sama aku, tapi kok susahnya minta ampun

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat