Belajar Akademi Instagram Bareng Kreavi di Impala Space



Belajar Akademi Instagram Bareng Kreavi di Impala Space - Sudahkah kamu memiliki tujuan hidup hari ini? Hmm ... kalau tujuan terlalu berat, pertanyaan saya ganti dengan apakah kamu sudah punya mimpi? Mimpi sama dengan tujuan hidup, yang akan menggerakan hidup kita menjadi terarah, tidak hanyut terbawa air yang mengalir begitu saja.


akademi instagram akademi instagram bandung akademi instagram adalah akademi instagram jogja akademi instagram jakarta akademi instagram indonesia


Mimpi yang ingin kita genapi, harus disusun dengan baik, harus dikuatkan agar senantiasa mudah kita wujudkan. Misalnya seperti saya yang suka ngeblog, saya punya mimpi untuk bisa menulis 500 postingan dalam tahun 2019. Berarti saya harus menulis setiap hari berapa postingan? Dengan memiliki mimpi kita akan mudah memetakan, apa saja yang harus kita lakukan. Bung Karno jauh-jauh hari sudah bilang, "Gatungkanlah impianmu setinggi langit," benar begitu bukan? Apalagi kita sebagai generasi muda penerus bangsa.

 
Mengenal Akademi Instagram



Atas informasi sahabat blogger mba Archa di group WhatsApp, saya mengenal informasi 'Akademi Instagram' yang akan berlangsung di Yogyakarta. Dengan bejibun nara sumber yang akan mengisi acara, sangat tergoda sekali untuk ikutan. Lantas tidak selang beberapa lama, Erina juga japri akan ada kumpul bareng di Impala Space soal akademi instagram. Kebetulan pas ada acara di Semarang, sekalian ikutan ngangsu ilmunya.


Jum'at, 16 November 2019, Pada pukul 16.00 WIB sesuai di flyer acara, saya datang tepat waktu ke Impala Space. Disambut oleh Mauren, sahabat saya menulis untuk registrasi. Karena yang hadir lumayan sudah berkumpul, acara pun dimulai dengan sambutan oleh mas Erwin yang mewakili dari Impala Space dan disusul oleh mas Saudayat dari Kreavi. Kreavi adalah platform digital yang memiliki fokus memberdayakan para kreator visual Indonesia.


akademi instagram akademi instagram bandung akademi instagram adalah akademi instagram jogja akademi instagram jakarta akademi instagram indonesia


Disampaikan oleh mas Dayat, bahwa program 'Akademi Instagram' ini sengaja di buat sebagai pilot project program yang dirancang untuk wirausahamuda untuk meningkatkan keterampilan digital dalam mengembangkan bisnisnya. Kita patut berbangga lho, karena Indonesia adalah negara pertama dengan program seperti ini. Namun, bisnis tersebut adalah yang bergerak dalam 16 subsektor dari industri kreatif Bekraf. Seperti kuliner, fashion, musik, film, kriya dan lain sebagainya.

Jadi Akademi Instagram yang akan berlangsung di Yogyakarta mendatang adalah, diperuntukan kepada 350 orang yang telah terpilih dari seleksi yang memenuhi kriteria. Dari 350 orang akan diambil 10 orang untuk diinkubasi dan diambil 5 bisnis profilenya. Meski hanya baru di 3 kota, Jakarta, Bandung dan Yogyakarta antusias pesertanya sungguh luar biasa sudah mencapai 1000 orang lebih pendaftar.

Benefit apa sih yang akan didapatkan nantinya, bagi yang terpilih? Beberapa diantaranya akan mendapat mentoring langsung dari ahlinya, mendapatkan materi lebih dalam soal instagram dan juga diharapkan mendapatkan orang-orang yang memiliki invoasi dalam jangka panjang.

Saat saya bertanya kepada mas Saudayat, bagaimana tipsnya untuk bisa ikutan acara tersebut ternyata kita harus punya bisnis yang potensial. Potensial bisa dari segi unik,  punya dampak terhadap sekitar, punya prospek yang bagus, punya scale up yang kece dan juga harus punya 'story' yang dibawa. Sehingga emosionalnya dapet, dan mampu membuat orang lain susah buat nolaknya.


Tips Membuat Orang Lain dengan Mudah mengenali Bisnismu


akademi instagram akademi instagram bandung akademi instagram adalah akademi instagram jogja akademi instagram jakarta akademi instagram indonesia


1. Bikin Karakter Bisnismu Terlihat Lewat Profil Instagram


Siapa yang punya bisnis terus jualannya di instagram? Cung! Mas Dayat memberikan kita tips agar kita mengisi bio profil instagram jualan dengan baik. "Bisa juga disertakan dengan emoticon, kalau bisnis kita jasa fotografer bisa ditaruh emoticon kamera dan lain sebagainya," ungkapnya.

Pengambilan foto produknya harus terlihat jelas dan bagus. Jangan lupakan untuk menulis caption yang bisa mengambil emosi konsumen untuk tidak menolak membeli.

2. Olah Konten Vertikal dengan Maksimal

Olah konten yang dimaksud, adalah dengan memanfaatkan story instagram kita setiap hari. Untuk apa? Agar orang lain mengenal produk kita. Bisa sebagai ajang pamer, yang membuat pelanggan kita penasaran.

Sesekali jangan lupa juga untuk mengisi konten IG Live. Hal ini bisa kita jadikan ajang promosi, misalnya seperti saya memamerkan barang baru dengan lebih detail dan eksplorasi konten untuk IGTV. 


akademi instagram akademi instagram bandung akademi instagram adalah akademi instagram jogja akademi instagram jakarta akademi instagram indonesia


3. Tingkatkan Interaksi dengan Pengikut

Di Instagram pastinya ada fitur komentar, yang bisa kita gunakan untuk berinteraksi dengan audience. Manfaatkan hal tersebut, karena semakin sering semakin bagus. Bisa juga dengne mmbuat pertanyaan-pertanyaan yang interaktif.

4. Gunakan Hastag yang Unik

Hastag dalam instagram sangat penting sekali, karena berfungsi untuk menambah followes instagram dan membuat orang lain mudah dalam menemukan akun instagram kita. Sebaiknya gunakan hastag nama bisnis kita. Misalnya bisnis saya bookseleeve, alangkah baiknya menambahnya dengan penulisannya begini #BooksleeveIndonesia. Bisa 3-5 hastag di setiap postingan, serta jangan bikin hastag yang selalu sama. Diselang-seling juga bisa.




5. Promosikan Konten yang paling Menarik

Menggunakan fitur instagram ads untuk menjangkau pengikut baru yang sesuai dengan target audience, bisnis yang kita jalani.

Mudah-mudahan apa yang saya bagikan dapat bermanfaat. Terima kasih buat teman-teman yang sudah mengundang, Erina, Mauren dan juga mas Dayat dari Kreavi yang telah berbagi. Semoga acara serupa bisa terus terlaksana, dan mudah-mudahan bisa lulus nih di Akademi Instagram yang akan berlangsung di Yogyakarya meski saingannya ribuan hahaha ... coba aja dulu nggak masalah ya kan? 

Buat teman-teman yang mau daftar Akademi Instagram di Yogyakarta, bisa langsung mendaftar ke : akademiinstagram.kreavi.com.  Acaranya akan berlangsung tanggal 24 Agustus 2019, buruan ya jangan sampai ketinggalan buat mendaftar. 

Pesan dari Mas Erwin, "Point dari sebuah kumpul-kumpul jangan hanya ilmu yang dibawa pulang, tapi juga networking. Siapa tahu teman dekat sebangku kalian saat ini adalah calon networking di masa depan."


akademi instagram akademi instagram bandung akademi instagram adalah akademi instagram jogja akademi instagram jakarta akademi instagram indonesia



Postingan Terkait

12 komentar:

  1. Jakarta kapan yah ada akademi instagram ? Menarik dan bermanfaat sekali ini mbak acaranya ? Karena gak cuma dpt materi tp di mentoring juga

    BalasHapus
  2. Beberapa waktu lalu di Bandung ada juga nih dan saya terpilih untuk ikut serta tapi karena satu hal ada keperluan lain jadi batal deh menyerap ilmu keren huhuhuh,

    BalasHapus
  3. Mba punten itu salah yah tahunnya? mba tuliskan 16 november 2019 hehehe kan sekarang masih agsutus :D

    Aku pengen ikutan nih kalau ada biar nambah ilmu terus :) acaranya menarik yah

    BalasHapus
  4. Teryata memanfaatkan IF Tv ini bisa jadi ajang promosi produk terbaru ya. Jujur aku nggak pernah pakai IG TV dan penasaran buat mencobanya :)

    BalasHapus
  5. Mana sekarang instagram udah bisa bikin filter insta story sendiri ya mba, kudu ekstra kreatif

    BalasHapus
  6. Seru banget ya ada acara akademi instagram gini... Bermanfaat buat kita yang akan membangun bisnis seperti ini

    BalasHapus
  7. Ini bagus banget acaranya ya, apalagi memang instagram ini yang setiap harinya kita pakai juga. Membuat konten semenarik mungkin sangat penting untuk kita yang memang selalu mengandalkannya.

    BalasHapus
  8. Makasih ya sharingnya Nyi, keren banget ini infonya. Bisa di praktek deh. Bisa bikin followers nambah ya.

    BalasHapus
  9. Dapat ilmu lagi untuk bisa jualan IG tapi memang aku belum pernah menggunakan untuk jualan ya. aku pun pernah punya pengalaman tertipu iklan di IG dan pas sudah melakukan pembayaran, website langsung down dan nomor kontak, email gak bisa dihubungi

    BalasHapus
  10. Kereeen mba Nyi, aku jg mau belajar mengoptimalkan lagi platform instagram ini. Seru banget ya mba d Jogja udah ada akademi instagram ini

    BalasHapus
  11. Keren banget ini programnya mba, aku salah satu orang yang masih cari2 trik baik untuk mengeolah instagram dan kayaknya kepengen daftar juga

    BalasHapus
  12. Baru kepikiran kalau hashtag unik tuh perannya juga penting. Jadi pengen rombak ratusan postinganku hihi... jadi kaya ada menu daftar isi gitu bisa diklik² khusus postingan relevan yaaa... Makasi ya nyi...

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat