MENU

Wednesday, 19 June 2019

Tips Mencari Ide dari Ko Ernest Prakasa


Tips Mencari Ide dari Ko Ernest Prakasa - Seseorang yang berkecimpung dalam dunia tulis, ada kalanya mentok dalam menemukan ide yang baru untuk bahan tulisannya. Bisa untuk dituangkan ke blog, bisa untuk calon buku, bisa juga ide lain untuk menulis apa saja. Hal tersebut sangat wajar, kadang tidak selalu ide bagus muncul di saat yang tepat. Jangan juga memaksa otak untuk menemukan ide, bisa-bisa nanti stress malahan.


cara mendapatkan ide kreatif mencari ide membuat aplikasi cara mencari ide untuk suatu tulisan tempat mencari ide cara menemukan ide bisnis mendapat ide tts cara mencari ide pokok dalam cerpen contoh ide cerita yang menarik


Saya mau share tips mencari ide dari Ko Ernest di youtubenya, yang diberikan tag 'Seriyosa'. Saya suka mengikuti youtube beliau, karena ko Ernest tidak pelit dalam membagikan ilmunya. Beberapa yang saya dapatkan bagaimana mencari ide versi ko Ernest adalah sebagai berikut :

1. Melatih kepekaan diri

"Sumber ide terbaik datangnya dari diri sendiri," ucap Ko Ernest dalam video di chanel Youtubenya, "nggak usah jauh-jauh yang kita perlu adalah melatih kepekaan". Peka terhadap diri sendiri, dan peka terhadap sekeliling.


Pernah nggak dalam diri kita, waktu diem terus mendengar suara-suara. Kadang juga mengingat kenangan masa lalu, biasanya momen-momen kita anteng atau melihat sesuatu di sekitar memunculkan ide. Itu yang harus kita tangkap dan simpan langsung.


cara mendapatkan ide kreatif mencari ide membuat aplikasi cara mencari ide untuk suatu tulisan tempat mencari ide cara menemukan ide bisnis mendapat ide tts cara mencari ide pokok dalam cerpen contoh ide cerita yang menarik



2. Mencatat ide yang terlintas

Jangan mengandalkan feeling, "Ah biarin aja ntar juga ingat." Padahal setelahnya kita lupa, gemas sendiri kan? Maka ko Ernest mengingatkan kepada kita, untuk mencatat ide langsung. Entah di ponsel, entah di buku, di media apapun yang jelas ide jangan sampai hilang begitu saja.

Ko Ernest juga cerita pernah dia lagi lewat di jalan tol, eh ... ide tiba-tiba hinggap. Langsung saja mobilnya di tepikan, dan ide tersebut langsung ditulisnya segera agar tidak menguap.



Siapa sih Ernest Prakasa?

Buat kalian yang belum tahu ko Ernest, saya kenalin sekilas tentang beliau ya? Ernest yang bernama lengkap Ernest Prakasa, adalah seorang pelawak berkebangsaan Indonesia. Saya mengenalnya juga pas dia ikut Stand-Up Comedy di Indonesia di tahun 2011. Ko Ernest yang masih keturunan Tionghoa ini, sering menjadikan materi standup soal pengalamannya didiskriminasi karena keturunan Tionghoa.




Makin ke sini, Ko Ernest makin melebarkan kariernya. Dia pribadi yang kreatif dan imajinatif menurut saya. Beberapa film garapannya yang sukses ada; Cek Toko Sebelah, Susah SInyal Milly & Mamet dan lain sebagainya. Yang terbaru ini adalah film Ghost Writer yang sudah saya tonton, di XXI Pekalongan. Satu kata, "Keren". Semoga share tentang tips mencari ide menulis dari Ko Ernest ini bermanfaat. Salam!

*) Tulisan ini diperuntukan untuk Ko Ernest Prakasa agar terus melanjutkan serial SERIYOSA yang ada di chanel youtubenya. Agar beliau update terus, di tengah kesibukannya untuk membagikan ilmu gratisnya hahaha ... Thanks ya Ko! Sehat terus, dan berkarya selalu.


Sumber tulisan :

Google.com (kata kunci Ernest Prakasa)
Youtube.com (Ernest Prakasa)

1 comment :

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat