Sunday, 16 October 2016

Stand Up Indo Kendal Hebohkan Tea.co Cafe Kaliwungu



Stand Up Indo Kendal


Nyipenengah.com - Populernya stand up comedy di Indonesia sejak beberapa tahun silam, membuat Ade ketua stand up Indo di Kendal mempelopori adanya wadah yang menaungi pelawak tunggal berbakat di Kendal. Pada Sabtu, 15 Oktober 2016 bertempat di Tea.co Cafe, Kaliwungu stand up Indo kendal open mic dengan tema 'kampung halaman'.

Bibit-bibit baru dengan lawakan segar dari seluruh komika Kendal, pun mulai dijaring untuk audisi dan dilanjutkan untuk mengikuti #Show1Scandal. Dari dua puluhan komika, terpilih 12 finalis yang akan berjuang menjadi 3 besar.



12 komika open mic dengan kemampuan dan keunikan masing-masing

Komika yang tampil pertama kali mengusung tema 'kampung halaman' ialah Alif, dengan mengenakan baju merah dan celana hitam ia tampil dengan percaya diri dan membuat tertawa penonton.
Disusul oleh Ivan dari Boja, Dadang dari Patebon, Bachtiar dari Kangkung, M'Syukron dari Sawah Jati, Fajar, Roki, Fakhrul, Ipung, Wisnu, Jarot dan Malrani.

M'Syukron sempat membuat penonton terpingkal-pingkal dan kemudian saya tahu bahwa dia pernah menjadi juara stand up Kendal di Batang Expo bulan kemarin. Ada Fajar yang masih anak SMA, dengan gaya flatnya dan tangan kiri di pinggang membuat saya sampai sakit perut karena ketawa, punchline dia unik. Sementara Malrani ialah satu-satunya komika cewek di Kendal, sayangnya ia harus close mic malam itu. Serta  Jarot komika dari Klaten yang lebih mengemas  lawakannya dengan blues



Bagaimana juri memberikan komentatornya?

"Set up yang sudah diucapkan sebaiknya jangan diulang-ulang lagi," ucap Novel yang menjadi juri #Show1Scandal mengomentari penampilan Wisnu dari Boja.

"Budaya daerah setempat lebih di eksplore lagi, ya!"  pesan Novel kepada salah seorang komika.

"Materi kamu itu saya tahu sumbernya, sebaiknya jangan mengambil materi yang sudah ada. Kamu bisa cari materi lain yang orang lain belum angkat".



Saya rasa komentar dari Novel dan Ade malam itu, bisa menjadi masukan yang bermanfaat agar komika Kendal, semakin mengekplore kemampuannya. Tidak melulu berkiblat pada komika papan atas yang sudah ada. Namun tidak dipungkiri pula, kalau komika yang sudah wara-wiri di layar kaca mengjadi inspirasi bagi mereka. Karena komika pun masih belajar dan terus belajar untuk menemukan keunikan dan ciri khasnya, agar bisa memberikan lebih dan lebih lagi agar penontonnya terus mencintai mereka.

Budaya roasting dalam stand up comedy juga menjadi bagian dari acara, untuk meredakan ketegangan dan menunggu siapa yang bakalan close mic. Ripong salah satu MC malam itu menjadi sasaran roasting dari komika Kendal.



Dari segi apa juri memilih pemenang?

"Orisinal materi yang dia punya, materi yang bersih tidak  mengandung sara dan blues" ucap Ade menuturkan komika yang layak maju ke show scandal selanjutnya.

Ade berpesan agar warga Kendal yang menyukai dunia lawak, untuk bisa bergabung dengan stand up Kendal. Ia juga berharap kepada pemerintah, untuk memberikan suportnya untuk stand up Kendal.

Saya rasa bu Mirna patut bangga dengan pemuda-pemudi Kendalnya, seni mereka yang tinggi dan kekreatifitasannya harus benar-benar dijembatani agar berkembang terus. Semoga saya terus bisa meliput acara-acara serupa untuk mengabadikannya menjadi tulisan. Kalau bukan kita sendiri yang peduli, lalu siapa lagi?

Buat yang mau gabung dengan stand up Indo Kendal langsung bisa kepoin in Fanspagenya : @standupindokendal atau IG-nya @standupindokendal. Setiap malam minggu stand up Indo Kendal, akan menemani nongkrong asyikmu. Dan tema minggu depan adalah 'gosip', mau tahu bagaimana ke-10 komika yang lolos mengeksplore materinya?


Don't miss it ya!


15 comments:

  1. Asik ya bisa lihat stand up langsung gitu, bikin ngakak abis kalo ketemu yang lucu dengan materi orisinil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menghibur diri biar ga cepet tua Mba Hiday ahhahaha

      Delete
  2. Stand up comedy emang lagi ngehits banget ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, mendingan standup dari pada sinetron yang ga tamat2 wkkwkw

      Delete
  3. Keren ih Kendal ya, kekinian banget dengan bikin open mic. Dan salutnya tema yang diangkat tentang kampung halaman sendiri. Btw kamu nggak ikut Nyi? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bakat ngelawak nyak. Lebih bakatan kamu deh Nyak soal ngelawak hahahha

      Delete
  4. Aiih..stand up comedy.
    Pasti serru yaa kl live..drpd cm liat di tipi.

    ReplyDelete
  5. Stand up comedy emang gokil dan pecah banget. Kalau kantorku ada acara, selalu hadirkan standup comedy. HIhii

    ReplyDelete
  6. Wowo, ternyata orang Kendal inisiatif dan kreatif juga yah. Well, sukses ters standup kendal. Mudah2an punya style sendiri :-)
    Coba lihat Ahok dari sisi bukan sebagai pemimpin | sri mulyani: tax amnesty

    ReplyDelete
  7. asyik juga liat stand up gratis sambil menyeruput secangkir kopi ..... :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat