Sunday, 24 July 2016

Fenomena Naik Harga pada Hari Besar


Nyipenengah.com - Fenomena naik harga sepertinya bukan hal baru lagi pada hari besar. Di Kaliwungu, Kabupaten Kendal, pada acara Syawalan tujuh hari setelah Hari Raya Idul Fitri kuliner-kuliner mengalami kenaikan harga.

Ini saya alami sendiri ketika membeli harga es baby jeruk, dari Rp 5 ribu menjadi Rp 10 ribu per cupnya. Sosis bakar yang biasanya Rp 8 ribu menjadi Rp 13 ribu, mie goreng Rp 7ribu jadi Rp 13 ribu dan nasi goreng Rp 7 ribu naik Rp 18 ribu.


Salah seorang sahabat saya Opix, 23 tahun sempat protes. Karena ia waktu keluar memang membawa uang pas.

"Naikmu sejak kapan to Mas?" ungkapnya pada sang penjual nasi goreng, "saya cuma bawa uang pas, 7 ribu," imbuhnya dengan rasa cuek saja.

Kemudian mas penjual malah bilang, "Yowes Mas, ndak apa-apa."
Saya dan sahabat saya Oky pun begitu sempat tidak jadi membeli, tapi karena mas penjual meyakinkan jeruk babynya manis dengan memotongkan seiris. Akhirnya Oky menurut, tetapi hasil jadinya tidak semanis seperti dugaan saya.



Usut punya usut mas yang jual berasal dari Klaten, untuk berjualan ini pun dia jah-jauh hari sudah mengurus surat kontrak sewa tempat pada kelurahan setempat. Mas penjual sosis dan jeruk ini bilang jika sewa tempatnya saja selama tempo 10 hari di hargai Rp 500 ribu. Akan ada penambahan sewa biaya jika lebih dari 10 hari ia berjualan di Syawalan.

"Penjual-penjual yang dagangan di sini, sama seperti yang tahun-tahun sebelumnya, Mba. Kecuali kalau ada yang tidak hadir baru yang lain bisa berdagang di sini."



Ternyata sistim berjualan di sini begitu ya, saya jadi mengerti. Sudah jauh-jauh hari semuanya dipersiapkan dan tidak bisa diganti dengan pedagan yang lain. Namun, jika pedagang lain dari daerah lokal seperti mba Yuni yang kebetulan rumahnya tepat di jalur yang dilalui untuk Syawalan ini, tentulah tidak perlu mengurus perijinan.




Mba Yuni berjualan es blend Cafeos, minuman aneka rasa dengan varian coklat dan kopi ini mengantongi omset 100 cup perharinya lho.  Bagaimanapun cukup tidaknya hasil yang kita dapat, harus selalu bersyukur. Namanya rejeki kita nggak akan pernah tau mau banyak atau sedikit yang penting ikhlas aja. Semuanya udah diatur oleh kehendakNya.


2 comments:

  1. Lama kelamaan emang harganya makin baik, mbaa. Harus pinter2 atur uang nih :)
    Mmh aku jadi pengen makan sosis nih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi biasanya akan kembali normal setelah acara besar selesai Mba, hahaha.
      Sosis bakar lebih enak daripada goreng Mba.

      Delete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat