Sunday, 7 February 2016

Ide untuk Menulis Datangnya dari Mana sih?


 Nyipenengah.com - Ide untuk menulis datangnya dari mana sih? Ide itu sendiri apa to? Ide atau gagasam menurut KBBI ialah rancangan yang tersusun di pikiran. Kalau buat saya ide itu sesuatu yang muncul dalam pikiran secara spontanitas (mendadak, nggak direncanain, nggak diatur begitu saja). Seperti datangnya yang tiba-tiba ide juga nggak kenal tempat sama waktu. Jadi ide kapan saja sesuka hati bisa muncul, di mana saja dan betebaran di sekelilingmu.
Bisa dari apa yang kita dengar, kita rasain, kita baca, coba berhenti beberapa detik saja. Bunyi apa yang bisa kamu dengar selain kesunyian? Misalnya suara keyboard yang sedang saya ketik menimbulkan bunyi selain kesunyian ... kamu? Apa yang kamu dengar?
Sering-seringlah melakukan pengamatan di sekitar kita, belajarlah peka untuk menangkap moment, jika sudah menemukan ide maka segera ikat dia dengan menuliskannya agar tidak lekas menguap.
Lha kalau ide udah ketemu, ditulis juga udah eh … pas mau nulisnya susah? Kalau gitu atur waktu yang paling kamu nyaman ketika menulis. Saya sendiri paling suka nulis abis sholat malem menjelang subuh, suasanya encer banget. Tapi ada temen saya yang nulis tengah malem sampai pagi, tergantung kita menemukan kenyamanan. Waktunya terserah yang terpenting sediakan waktu untuk menulis, kaya kamu nyediain waktu untuk ketemu seseorang *eh ....

Ingatan adalah mata yang selalu terjaga, setia menatap seraut wajah dan punggung hingga akhirnya rindu lahir menjulang hingga gunung.
Pengalaman adalah guru yang keras karena dia memberi kita tes yang pertama lalu pelajaran setelahnya dan kenangan ialah sesuatu yang tidak pernah berakhit meski segalanya telah terhenti. Ingatan, pengalaman dan kenangan, ketiganya bisa kau jadikan ide kreatif dalam menulismu.
Tips dong, biar bisa gampang memancing ide? Baiklah ada beberapa cara untuk memancing ide, tapi jangan lupa sertakan kailmu ya?


·         Menulis dari yang paling kamu sukai, kuasai dan pahami
Karena menulis dari hal yang kamu sukai akan berimbas pada tulisan yang bisa mengalir tanpa henti. Sementara hal yang paling kamu pahami kamu lebih bisa menguraikannya bahkan bisa memberikan informasi lebih. Misalnya kamu kuliah di fakultas manajemen pasti penguasaanmu akan penulisannya lebih detail dibanding penulis yang kuliah di jurusan Pertanahan. Taruhlah kamu suka menanam bunga, pasti kamu akan lebih mengerti kenapa bunga bisa layu, tersebab kurangnya disiram, kurang memberi pupuk atau hal lain.
·         Menulis dari pengalaman hidup
Pengalaman yang pernah dilalui satu orang dan lainnya pastilah bebeda, jadikan pengalamanmu gagasan dan buatlah sekreatif mungkin.
·         Menulis dari hobi
Kamu hobi bermain gitar, maka kembangkanlah ide dari hal yang kamu gemari.
·         Menulis dari pergaulanmu yang luas
Kamu memiliki banyak teman, bisa dari teman main, teman sekolah, teman lingkup kerja, teman nongkrong dan lain-lan. Jadikan ide untuk menangkap apa yang mereka ceritakan, dunia mereka dan dunia kamu, combain.

·         Menulis dari apa yang kita tonton dan baca
Menonton sebuah tayangan baik secara langsung maupun tidak bisa membuat kita berfikir konsep ide yang kreatif dan membaca buku juga membuat kita memiliki kaya akan bahan tulisan. Misalnya dalam sebuah cerita seorang penulis hanya menuliskan dengan sekilas tokohnya yang menyukai dunia lukis, kamu bisa ambil ide tersebut dan eksplore dengan lebih.
Koneksikan otak dengan jari jemari, menulislah yang banyak karena kuantitas menentukan kualitas. Semakin sering menulis, saat kamu merangkai kata itu menjadi hal yang tak sulit lagi.

Yuk, mulai menulis!

2 comments:

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat