Tips Memilih Game Edukatif untuk Si Kecil


Tips Memilih Game Edukatif untuk Si Kecil - Sebagai orangtua yang hidep di era serba digital, memang harus pintar-pintar mengedukasi anak dalam memberikan yang terbaik. Mengapa? Karena terlalu banyak pilihan yang ditawarkan. Apalagi anak jaman sekarang, hampir kebanyakan mengenal gadget lebih dini dan apapun bisa didapatkan dari sana. Tinggal sentuh dengan jari, semua informasi bisa didapatkan. Termasuk dengan hiburan yang dapat kita nikmati.


Tips Memilih Game Edukatif untuk Sikecil
Tips Memilih Game Edukatif untuk Sikecil


 

Lha saya saja yang demen nonton drama atau film banyak banget pilihan aplikasi streamingnya, sampai bingung kan? Apalagi untuk hiburan yang lain, seperti game.

 

Coba ingat-ingat kapan kamu mengenal permainan game jaman dulu? Kalau saya kok namanya dingdong dulu kakak saya sering lari ke pasar, buat main dingdong. Kemudian saya mengenal game tangan, yang model air itu lho ada ring-ring yang dimasukan. Yang menang nanti baru gantian sama yang lain, astaga udah bertahun-tahun silam.

 

Sekarang, game sudah berevolusi menjadi game yang bukan sekadar hiburan, tapi juga menjadi e-sport pertandingan. Jadi kamu yang suka main game, dijagoin aja sekalian biar bisa ikut pertandingan cabor e-sport. Sudah banyak kan sekarang?

 

Bagaimana dengan si kecil di rumah? Nah ini jadi PR banget saya sebagai orang tua, harus milih game edukatif untuk si kecil nggak boleh sembarangan. Jadi meskipun dia bermain, tapi juga belajar olah otak di tengah gempuran beragam game yang menawarkan kelebihan-kelebihan. Ini dia tipsnya, baca sampai selesai ya?

 

 

Tips Memilih Game Edukatif untuk Kesayangan

 

 

Tips Memilih Game Edukatif untuk Kesayangan
Tips Memilih Game Edukatif

Cari game yang mendidik

 

Dari sekian banyak game yang hadir, pastikan pilih yang terbaik ya? Bukan hanya dari segi hiburan saja tetapi bijak untuk memilih yang kaya akan manfaat. Lantas bagaimana cara mengtahui game tersebut bisa memberikan edukasi yang mendidik?

 

Salah satu contohnya game yang mengajarkan anak soal memasak. Bukan sekadar game biasa yang cuma mengajari cara memotong bawang, tapi juga bagaimana resep dari negara berbeda. Selain itu juga diajarin bagaiaman cara managemen restoran, wah ... anak-anak bisa jadi pengusaha sejak dini dong ya?

 

Mau game yang lain juga bisa memilih, atau yang pengen anaknya jago matematika tapi dengan cara bermain bisa pilih game dengan level dasar pengurangan dan penjumlahan. Yang pada intinya game-game sekarang tuh berlomba-lomba menawarkan yang bermain itu seakan sedang bersenang-senang bukan belajar.

 

Pilihkan game yang sesuai dengan minat dan usianya

 

 

Memilih game ini memang harus hati-hati, kalau nggak pas bisa kegedean atau kekecilan ibarat baju. Jadi bikin yang make nggak nyaman dan pengen dilepas aja bawaannya.

 

Sudah banyak game yang dirancang sesuai dengan usia anak dan sesuai minat, jadi pilihkan untuk mereka yang 'Ini sih anakku banget'. Pilih yang sederhana, jangan yang rumit juga ya dan pastikan yang interaktif biar anak juga bisa belajar. Apalagi anak saya yang baru setahun nih, yang sedang aktif-aktifnya saya ajari mengenal warna, angka, hewan, dan benda-benda yang lainnya.

 

Untuk anak yang lebih gede juga bisa pilih yang sesuai usianya, biasanya anak segini sih senang-senangnya berpetualang dan yang menantang. Pilihkan yang sesuai minat juga, mari jadi orangtua yang bijak kepada anak.

 

 

Memeriksa ulasan dan rating game tersebut

 

Biasanya game yang bisa didownload, banyak yang mengulas. Maka bisa disiasati dengan melihat rating dan ulasan yang diberikan agar kita punya gambaran. Apakah akan kita pilih atau tidak.

 

Kalau bisa sih hindari yang ada iklannya

 

Biasanya kalau kita lagi nonton ada iklannya, kan jadi gemes ya? Pengen ilangin aja iklanya kalau bisa hehehe ... nah demikian juga dengan main game pilih yang nggak ada iklannya sama sekali. Jadi pas main nggak ada gangguan. Tapi kan ada yang dari iklan, mereka dapat support untuk pengembangan jadi lebih baik lagi ya kan? Tinggal pilihan saja sih sebenarnya.

 

Yuk kenalan dengan Game Kuliner dari CulinarySchools.org

 


Yuk kenalan dengan Game Kuliner dari CulinarySchools.org

 

Butuh rekomendasi game edukatif yang fokus dibidang kuliner? Ada nih website game bagus banget, bidang kuliner adalah CulinarySchools.org.

 

Fokus dari website game ini, untuk mereka yang suka kuliner dan main game. Ada 100 game online lho yang bisa kamu mainkan di sini ; CulinarySchools.org/kids-games/. Nggak hanya untuk anak-anak kok, orang dewasa pun bisa memainkan di sini. Apalagi yang lebih suka tantangan.


Rekomendasi Game Sederhana di CulinarySchools.org

 

 

Cake design

 

Dari judulnya kita sudah tahu isi dari game ini, bahwa kita akan diajak dalam mendesain cake sendiri. Tapi kita tidak akan sendirian, kita akan ditemani seseorang dan ada panduan kita harus mendesain darimana.

 

Pertama dari dasar cakenya yang masih polosan, kemudian ada atasan toping kita bisa menyusunnya. Pertama bisa santai yang selanjutnya semakin cepat, semakin baik dan skor kita akan semakin banyak. Seru dan menyenangkan sih. Kita bisa dimanjakan dengan cake-cake yang lezat. Duh, berasa jadi pengen buat beneran deh.

 

Egg Go


Rekomendasi Game Sederhana di CulinarySchools.org
Rekomendasi Game Sederhana di CulinarySchools.org


 

Seperti judulnya yang memiliki arti telur pergi, jadi kita harus menuntun telur-telur pergi ke tempat yang tepat. Ada 3 pilihan, telur yang mulus jatuh ke atas panci teflon, telur hijau yang busuk buang ke tempat sampah dan yang retak terlihat ada anak ayam di tempat keranjang ayam.

 

Cara mainnya tinggal klik tempatnya aja, kemana telur harus pergi. Ini mudah tapi lama kelamaan telur yang datang makin cepat. Seru, menyenangkan, dan butuh ketelitian. Dimainkan anak-anak maupun dewasa bisa banget ini sih.

 

Kedua rekomendasi game di atas memang mudah, tapi kita butuh juga kecepatan untuk mendapatkan score. Jadi anak bisa belajar banyak nih. Mulai dari menata sesuatu yang pas pada tempatnya, managemen waktu, teliti dalam menaruh barang, dan lain sebagainya. Menyenangkan. Kamu mau ikutan juga? Silakan langsung akses gamenya di sini, dengan gratis : CulinarySchools.org/kids-games/

 

Manfaat Game Edukasi untuk Anak

 

  • Sebagai media pembelajaran dan ilmu pengetahuan yang menarik dan menyenangkan
  • Mendorong anak jadi lebih kreatif
  • Sebagai peningkatan kualitas belajar anak
  • Dapat membantu melatih logika berpikir anak
  • Dapat meningkatkan kemampuan belajar dan memahami
  • Menciptakan lingkungan bermain jadi lebih menyenangkan untuk sikecil


Kesimpulan

 

Belajar dan bermain bisa dilakukan secara bersamaan. Nah salah satu situs permainan atau game, yang bisa dikunjungi adalah culinaryschools.org. Sesuai judulnya game ini banyak menawarkan kuliner, berbagai macam kuliner bisa dijadikan permainan yang seru. Bisa membersamai anak dalam belajar menyenangkan.

 

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat